Bukit Ongakan Kediri, Tempat Bersantai Paling Memukau Dengan Jejeran Perbukitan Hijau yang Asri

Bukit Ongakan Kediri

Kamu sedang mencari tempat bersantai buat rehat dari aktivitas keseharian? Wisata Kediri punya destinasi terbaru dengan suguhan alam yang luar biasa indah.

Nama tempatnya adalah Bukit Ongakan atau biasa disebut dengan Bukit Kura-kura. Dengan kualitas udara terbaik dan suasana alam penuh kesejukan menjadikan wisata ini banyak dikunjungi wisatawan.

Daya Tarik Bukit Ongakan

Kota Kediri yang terkenal akan kuliner tahunya, ternyata juga punya tempat wisata alam menarik loh. Meskipun eksistensinya di industri pariwisata Indonesia tidak sepopuler Malang atau Batu. Akan tetapi soal keindahan alamnya tak boleh kamu pandang sebelah mata.

Ada banyak ragam tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Salah satu yang tengah viral adalah Bukit Ongakan. Di sana kamu bisa bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang asri nan hijau. Suasananya juga sepi sehingga cocok dijadikan tempat bersantai untuk melepas rasa penat.

Menjelajahi setiap sudutnya akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Apalagi kalau liburannya bersama keluarga tercinta. Pastinya seru dan menyenangkan, bukan? Apabila kamu ingin tahu info lebih detail dan hal menarik apa saja yang ada di wisata ini silakan simak ulasan berikut.

Gugusan Bukit Hijau

IMG20220809142758
Sumber : Google Maps/lailatul istiqomah

Daya tarik pertama wisata Bukit Ongakan adalah pemandangan alamnya berupa gugusan bukit hijau. Ketika menginjakkan kaki di sana wisatawan bisa melihat keindahan tanah perbukitan berkelok-kelok yang bentuknya mirip tempurung kura-kura. Sungguh unik dan hanya ada satu-satunya di Kediri. Dan belum tentu di tempat lain kamu bisa menemukannya.

Dan spot ini jugalah yang menjadi favorit wisatawan saat berburu foto selfie. Deretan pepohonan hijau yang berpadu dengan hamparan langit biru terlihat begitu mempesona. Ditambah lagi udara sekitarnya yang masih sejuk dan alami membuat wisatawan semakin betah berlama-lama.

Dijamin rasa penat kamu akan hilang seketika. Melihat bentangan alam hijau dari timur ke barat serasa mampu mengobati hati yang gundah gulana. Berdiam diri di sana seolah-olah kita tengah berada di sebuah surga dunia tersembunyi. Datang saja ke tempat wisata ini jika kamu ingin bersantai dengan suasana penuh ketenangan.

Berdekatan dengan Wisata Populer di Jawa Timur

Banyak wisatawan yang bilang kalau Bukit Ongakan adalah surga tersembunyi. Hal ini dikarenakan lokasinya memang jauh dari pusat kota dan jarang terjamah tangan manusia. Makanya kamu jangan heran jika melihat kondisi alamnya yang masih sangat alami. Justru hal inilah yang membuat wisatawan tertarik berkunjung ke wisata ini.

Dari Bukit ini kamu bisa melihat pemandangan alam dari sejumlah tempat wisata populer di Jawa Timur. Seperti Waduk Selorejo Malang, Sungai Lahar Gunung Kawi, Gunung Anjasmara, dan Gunung Arjuna. Hal ini bukan kebetulan karena posisinya memang berada di sekitar lereng Gunung Kelud sehingga menjadikannya dekat dengan lokasi wisata tersebut.

Menuju lokasi Bukit Ongakan itu bukanlah perkara yang mudah. Wisatawan harus berjalan kaki cukup jauh dan lumayan melelahkan. Namun rasa lelah yang kamu rasakan di awal akan terbayar lunas begitu sampai di lokasinya. Bentangan alam hijau akan menjadi obat terbaik sebagai penghilang stres selama perjalanan.

Gardu Pandang yang Memukau

2021 09 27
Sumber : Google Maps/Nurma Dewi

Salah satu spot terbaik di Bukit Ongakan yang biasa dijadikan tempat berfoto ialah gardu pandangnya. Fasilitas ini kerap kali didatangi wisatawan yang ingin mengambil foto dengan background gugusan perbukitan hijau. Tak heran jika spot ini termasuk yang paling favorit di Bukit Ongakan.

Bukan hanya sebagai tempat berfoto saja. Gardu pandang juga bisa pengunjung manfaatkan untuk tempat bersantai. Duduk di alam terbuka sembari menikmati pemandangan alam serba hijau adalah kegiatan yang mampu merilekskan pikiran. Tarik nafas dalam-dalam dan biarkan angin sepoi-sepoi berteman dengan tubuhmu.

Selama berada di gardu pandang jangan lupa memakai jaket tebal. Suhu di sana bisa membuat tubuh kamu menggigil tak karuan. Jangan heran dengan suhu dinginnya. Dikarenakan bukit ini berada di posisi ketinggian 860 Mdpl dan sudah hal yang wajar kalau memang suhu di sana sangat dingin.

Deretan Pohon Pinus

2022 01 16
Sumber : Google Maps/Arif Usman

Selama perjalanan menuju lokasi Bukit Ongakan, pengunjung akan disuguhi deretan pohon pinus sepanjang jalan. Pohon-pohon tersebut berjejer rapi di pinggir jalan dengan kondisi daunnya yang lebat serta rindang. Tentu saja hal ini memberi keuntungan tersendiri bagi wisatawan. Kala cuaca sedang panas mereka bisa berteduh di bawah pohon tersebut.

Deretan pohon pinus seringkali dimanfaatkan wisatawan sebagai background foto. Bentuk pohonnya yang besar dan menjulang tinggi serasa membawa wisatawan masuk ke hutan hujan tropis Amazon. Dijamin hasil fotonya akan tampak bagus kalau dipajang di media sosial.

Untuk mendapatkan hasil foto terbaik jangan datang lebih dari jam 5 sore. Dikarenakan pada saat itu cahaya matahari perlahan-lahan menghilang. Suasana hutan mulai gelap dan tidak ada penerangan sama sekali. Alhasil, foto kamu jadi jelek dan buram.

Harga Tiket

Liburan ke Bukit Ongakan tidak perlu menguras isi dompet terlalu banyak. Kamu cukup merogoh kocek Rp5.000 sudah bisa menikmati keindahan alam sekitar beserta fasilitas umumnya. Bagaimana, wisata ini murah meriah dan ramah di kantong bukan?

Jam Buka

Bukit Ongakan buka setiap hari dari Senin sampai dengan Minggu. Kamu bebas datang di hari apapun. Entah itu weekday maupun weekend. Akan tetapi Jam operasionalnya terbatas. Hanya buka dari Pukul 08.00 dan tutup Pukul 17.00 WIB.

Fasilitas Umum

Soal penyediaan fasilitas umum di wisata Bukit Ongakan tak perlu kamu ragukan. Fasilitas pertama ada area parkir untuk memarkirkan kendaraan pribadi wisatawan. Lahannya cukup luas sehingga mampu menampung puluhan sepeda motor atau mobil dalam sehari.

Selanjutnya, fasilitas yang kedua ada toilet. Di wisata ini tersedia toilet khusus laki-laki dan perempuan. Jangan khawatir mengenai kondisinya toiletnya. Bagian dalamnya cukup bersih dan terawat.

Fasilitas ketiga ada warung makan yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Soal rasa tak perlu kamu ragukan. Sangat enak dan pastinya tidak kalah dengan makanan di cafe atau restoran.

Dan fasilitas keempat ada mushola dan gazebo. Mushola adalah tempat ibadah yang diperuntukkan bagi pengunjung muslim untuk menunaikan ibadah shalat 5 waktu. Sementara gazebo itu bangunan pondok berukuran kecil yang digunakan pengunjung sebagai tempat bersantai dan berteduh dari sinar matahari.

Tips Berkunjung

Liburan ke Bukit Ongakan butuh persiapan yang matang agar perjalanan kamu berjalan lancar dan tidak menemui hambatan apapun. Maka dari itu penting bagi kamu menerapkan beberapa tips berikut ini.

  • Pertama-tama pastikan kondisi badan kamu. Datanglah saat memang tubuh kamu sedang fit dan bugar. Seperti yang kita ketahui bersama, jarak tempuh menuju lokasinya tergolong cukup jauh dan lumayan menguras energi.
  • Bawalah barang-barang yang penting saja selama liburan. Contohnya seperti air minum, obat-obatan pribadi, alat shalat, kamera, dan ponsel.
  • Pilihlah hari saat cuaca sedang cerah. Jangan datang pas musim penghujan yang mana medannya lumayan berbahaya untuk kamu lalui menggunakan sepeda motor.
  • Kenakan pakaian tebal agar tubuh kamu terlindungi dari suhu dingin yang mencekam.
  • Sebelum berangkat pastikan kulit kamu sudah diolesi lotion anti nyamuk. Biasanya di alam terbuka banyak sekali nyamuk berkeliaran di pagi atau sore hari.
  • Jangan liburan seorang diri. Pergilah beramai-ramai bersama teman atau keluarga agar suasananya kian seru dan menyenangkan.

Bukit Ongakan adalah wisata alam Kediri yang wajib masuk ke dalam list liburan kamu. Jangan sampai kamu lewatkan begitu saja mengingat pemandangan alamnya yang indah dan menawan. Selain itu harga tiketnya juga murah dan fasilitas umum yang tersedia sudah cukup memadai.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments