Kampung Tridi – Kampung Wisata Artistik dan Instagenic di Malang

Kampung Tridi Malang

Saat berada di Malang, kurang lengkap rasanya jika kamu tak turut mengunjungi salah satu kampung wisata yang ada di kawasan Embong Brantas Kecamatan Blimbing.

Ya sebut saja Kampung Tridi, selain Kampung Warna-warni Jodipan dan Kampung Biru Arema, nampaknya kamu juga harus mengunjungi kampung wisata tematik yang satu ini lantaran masih berada dalam 1 lokasi.

Alamat : Jl. Temenggungan Ledok, Kesatrian, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.
Lokasi : Google Maps.
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB.
Harga Tiket Masuk : Rp 3.000,-

Bersebelahan dengan Kampung Warna-warni Jodipan, Kampung Tridi ini juga merupakan kampung wisata yang menyuguhkan pemandangan warna-warni pada setiap bangunannya.

Jika Jodipan hanya menyuguhkan pemandangan bangunan-bangunan yang serba warna-warni, maka di Kampung Tridi ini lebih bervariasi dengan fenomena gambar-gambar dinding ataupun mural yang bergaya 3 dimensi.

Ada banyak sekali lukisan dinding dengan beragam tema, dan tentunya semua gambar-gambar itu tampak begitu apik dan nyata dengan sentuhan 3 dimensi.

Lantas bagaimana dengan sejarahnya? Senada dengan kampung tematik yang berada dekat dengannya, kampung wisata ini dulunya juga sebuah perkampungan kumuh yang tak begitu terawat.

Hingga akhirnya bertepatan dengan tugas mata kuliah Public Relationship para mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), tercetuslah ide untuk merombak kampung yang kumuh itu menjadi tempat wisata yang bersih dan menarik.

Bekerja sama dengan perusahaan cat PT. Cat Indana serta gotong royong warga setempat, akhirnya jadilah perkampungan kumuh tersebut sebagai tempat wisata ciamik yang diresmikan oleh pemerintah setempat pada tanggal 4 September 2016.

Jam Buka

Tak jauh berbeda dengan Kampung Jodipan ataupun Kampung Biru Arema, Kampung Tridi juga beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk 2024

Tak perlu khawatir menghabiskan banyak uang, karena untuk memasuki kampung wisata yang artistik ini kamu hanya perlu membayar biaya tiket sebesar 3.000 rupiah saja.

Ditambah lagi usai membayar tiket, setiap pengunjung akan mendapatkan gantungan kunci sebagai souvernir lho! Keren sekali bukan?

Daya Tarik Kampung Tridi

screenshot 2019 04 22 at 5 1555926323
Warna-warni Semua Bangunan Hingga Anak Tangga yang Memikat Mata.

Seperti namanya, kampung wisata yang satu ini menyajikan pemandangan yang begitu estetik dengan sentuhan gambar-gambar 3 dimensi di dalamnya.

Ada banyak sekali lukisan-lukisan 3 dimensi dengan beragam tema yang akan membuat aktivitas berselfie kamu semakin hidup di sana.

Kamu bisa berpose bersama mural macan yang seakan keluar dari bingkai foto yang membungkusnya, atau mungkin berselfie ria dengan orang utan raksasa, atau bahkan berinteraksi dengan ikan-ikan kecil di dalam kolam 3 dimensi. Sangat seru bukan?

Tak sampai di situ, warna-warni setiap bangunan di sana juga akan sangat estetik jika dijadikan sebagai latar belakang foto yang ciamik.

Hiasan-hiasan taman seperti payung warna-warni, lampu-lampu taman, serta pernak-pernik yang lucu lainnya juga dijamin akan semakin membuat kamu betah jalan-jalan di sana.

Dengan semua keindahan yang dimiliki, harga tiket masuk yang sangat murah meriah juga kerap menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang.

Fasilitas Kampung Tridi

Sebagai kampung wisata yang telah diresmikan sejak 2016 silam, kampung Tridi memiliki sejumlah fasilitas yang akan semakin membuat aktivitas kamu nyaman di sana. Simak baik-baik ya!

Bangunan Warna-warni yang Ciamik

Melewati pintu masuk, kamu akan disambut langsung oleh taman bunga serta payung-payung indah berwarna-warni yang berderet rapi di sisi kanan dan kiri jalan setapak.

Semakin masuk ke dalam, kamu akan semakin dibuat takjub oleh bangunan-bangunan dengan warna-warna yang cerah disertai segala pernak-perniknya.

Tak hanya rumah-rumah warga, bahkan dinding, lantai, hingga segala perlengkapannya seperti pagar rumah, pot bunga, serta beberapa pernak-pernik lainnya juga terlihat indah dengan warna-warna yang cerah pula.

Spot Foto Instagenic

kampung 3d malang
Salah Satu Spot Favorit Pengunjung – Macan Tridi.

Tentu saja, dengan keindahan warna-warni yang dimiliki, ditambah lagi gambar-gambar 3 dimensi yang menghiasi setiap sudut di sana, akan membuat suasana Kampung Tridi sangat instagenic untuk dijadikan sebagai latar belakang foto.

Kamu bisa berfoto ria di tengah bangunan-bangunan indah berwarna-warni, atau mungkin berpose bersama gambar-gambar 3 dimensi yang keren-keren di sana.

Tak sampai di situ, di salah satu sisi juga terdapat sebuah jembatan kaca pertama di Indonesia yang membentang indah dengan lebar sekitar 1 meter.

Jembatan yang eksotis berwarna kuning itu juga kerap dimanfaatkan oleh para pengunjung sebagai latar belakang foto yang eksotis dan elegan. Apa kamu mau coba?

Kedai Makanan

5e281e5ad3845
Kedai Makanan yang Berjajar Indah di Salah Satu Sudut Kampung Tridi.

Saat perut kamu mulai keroncongan tak perlu khawatir, karena di Kampung Tridi ternyata juga ada beberapa kedai ataupun kafe yang menyediakan aneka menu makanan lezat.

Beragam jajanan serta makanan berat pun ada di sana, seperti gorengan, cilok, mie instan, hingga beberapa makanan berat seperti aneka lalapan, bakso, serta beberapa makanan khas Malang lainnya juga ada di sana.

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, mulai dari 10.000 rupiah saja kamu sudah bisa mencicipi salah satu menu makanan lezat di sana.

Toilet Umum

Toilet atau kamar mandi juga tersedia di sana. Kondisinya juga bersih dan sangat layak untuk digunakan oleh para pengunjung. Jadi, kamu tak perlu khawatir meskipun seharian berada di Kampung Tridi.

Mushola

Tak hanya kamar mandi umum, tempat ibadah atau mushola lengkap dengan segala perlengkapanya juga akan turut melengkapi fasilitas di Kampung Tridi.

Aktivitas kamu akan semakin nyaman karena tak perlu bingung mencari tempat ibadah saat waktu shalat telah datang.

Tempat Parkir

Saat berkunjung ke Kampung Tridi, kamu tak perlu risau untuk meletakkan kendaraanmu, karena tempat parkir yang cukup luas juga tersedia di sana.

Untuk kendaraan roda 2 dikenakan biaya parkir sebesar 2.000 rupiah saja. Sedangkan kendaraan roda 4 hanya 5.000 rupiah saja.

Demikian ulasan tentang Kampung Tridi yang beralamatkan di Jalan Temenggungan Ledok Kecamatan Blimbing.

Tak hanya Kampung Tridi, di sana kamu juga bisa sekalian mengunjungi Kampung Biru Arema ataupun Kampung Warna-warni Jodipan yang masih berada dalam satu lokasi.

Rute menuju kampung wisata tersebut juga tidak sulit kok, karena lokasinya cukup strategis dan banyak dilalui oleh kendaraan ataupun angkutan umum.

Jaraknya pun juga tak begitu jauh, dari Alun-alun Tugu Balai Kota Malang kamu hanya perlu menempuh jarak sekitar 1 kilometer saja.

Sebelum berangkat, pastikan dulu kondisi badan dan kendaraan kamu dalam kondisi yang prima ya! Biar liburan kamu jadi lebih menyenangkan tanpa gangguan apapun.

Jangan lupa juga siapkan kamera yang terbaik saat berkunjung ke sana. Karena keindahan warna-warni bangunannya serta lukisan-lukisan dinding yang artistik akan sangat sayang sekali jika dilewatkan begitu saja.

Yuk, segera ajak keluarga atau kerabat tercinta untuk mencoba sensasi foto artistik di Kampung Tridi Malang. Kapan lagi kamu bisa berselfie ria dengan spot foto instagenic dengan harga yang ciamik? Selamat mencoba!

Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments