Melihat Koleksi Topeng di Kampung Topeng Malang

Kampung Topeng Malang

Setelah berhasil dengan Kampung Jodipan atau dikenal dengan Kampung Warna-Warni, Malang lagi-lagi menyuguhkan kampung kreatif yang berhasil menarik perhatian para wisatawan. Kampung wisata yang satu ini berhubungan dengan nilai kebudayaan Malang.

Kampung Topeng Malang belakangan ini menjadi buah bibir karena ramainya tempat tersebut setiap harinya. Entah pada musim liburan maupun hari biasa, Wisata Kampung di Malang ini selalu saja dipadati para wisatawan. Hal tersebut tentu menjadikan setiap orang penasaran akan hal unik apa saja yang akan kita dapatkan di sana.

Kampung Topeng Malang ini baru saja diresmikan pada tahun 2017 lalu. Sampai saat ini, masih saja eksis di kalangan wisatawan. Sesuai dengan namanya, Kampung wistaa ini menyuguhkan berbagai topeng malangan yang bisa menambah edukasi sekaligus membuat akhir pekan menyenangkan.

Daya Tarik Kampung Topeng Malang

Bicara mengenai daya tarik Kampung Topeng Malang ini sudah tidak diragukan lagi. Bisa dilihat dengan padatnya pengunjung yang datang tentu saja tempat ini memiliki nilai tersendiri yang akan membuat para wisatawan kagum.

Sesampainya di Kampung wisata ini, kita akan disambut oleh deretan topeng. Ada sekitar 500 topeng yang bisa kita temukan di sana dengan berbagai warna dan karakternya masing-masing. Setiap topeng tersebut memiliki nilai budayanya tersendiri.

IMG 20190505 165130
Foto via Google maps/Yusuf Item

Ketika berkeliling, kita bisa berburu segala spot yang berhubungan dengan topeng. Bahkan ada 2 topeng raksasa yang merupakan topeng Panji Asmorobangun dan topeng Dewi Sekartaji. Topeng tersebut memiliki tinggi hingga 7,5 meter dan lebar 5 meter.

Selain berburu spot foto dengan latar aneka topeng, wisatawan juga bisa mampir ke pusat souvenir yang menyediakan berbagai koleksi oleh-oleh mulai dari gantungan kunci topeng, tas karakter topeng, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu saja, wisatawan juga bisa belajar membuat topeng. Kegiatan ini berhasil mengedukasi para wisatawan. Di sana wisatawan bisa belajar membuat topeng dan mengenal berbagai jenis topeng juga asalnya.

Wisata Menarik Lainnya :  Taman Safari Indonesia 2 Prigen, Serunya Liburan Bersama Satwa Liar

Selain itu, ada juga beberapa aktivitas menyenangkan lainnya seperti bermain permainan tradisional, menaiki ayunan tebing, flying fox, dan masih banyak lagi.

Setelah berkeliling Kampung Topeng, wisatawan juga bisa membeli beberapa kuliner yang ada di sana seperti keripik ceker, rawon, gudeg, keripik buah, dan masih banyak lagi.

HTM Kampung Topeng Malang

Wisatawan yang ingin masuk ke Kampung Topeng Malang ini akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000 per orang. Sementara itu untuk wisatawan yang ingin membuat kreasi topeng akan dikenakan tiket tambahan sebesar Rp 10.000 hingga Rp 25.000 tergantung besarnya topeng yang kita inginkan.

Dengan tarif tersebut, kita bisa menikmati fasilitas Kampung Topeng yang cukup lengkap.

Lokasi Kampung Topeng

Wisatawan bisa datang ke Kampung Topeng yang terletak di Dusun Baran, Kecamatan Kedungkadang, Kelurahan Tlogowaru, Malang, Jawa Timur. Untuk menuju ke Kampung Topeng Malang sendiri kita bisa melalui Jalan Agus Salim menuju Jalan Gunung Sari. Dari sana kita masuk ke Dusun Baran yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit perjalanan. Klik map disini.

Lokasinya mudah diakses karena terletak di kawasan strategis. Apalagi Wisata Kampung di Malang ini sendiri sudah dikenal luas oleh para wisatawan terutama wisatawan dari Malang.

IMG 0136
Foto via Google maps/Andika Tri

Jam Buka

WIsata ini memiliki durasi waktu operasional yang cukup panjang mulai dari pukul 07:00 sampai dengan pukul 16:00 WIB. Wisatawan sebaiknya datang lebih awal karena pada pukul 07:00 saja kita bisa melihat keramaian Kampung Topeng.

Akomodasi

Wisatawan bisa bermalam di sekitar Kampung Topeng yaitu di salah satu hotel berbintang yang tidak lain yaitu Urbanview Hotel Omah Anin yang terletak di Perumahan Batu Permai Blok A No.7-8 Jalan Cendrawasih Temas, Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65327.

Jarak tempuhnya dari Kampung Topeng sekitar 15 menit perjalanan. Untuk tarif penginapannya sendiri dibanderol mulai dari Rp310.000 sampai dengan Rp730.000 per malam. Kita bisa reservasi terlebih dahulu melalui nomor 0822-4567-8277.

Wisatawan yang berlibur ke Malang wajib banget mengunjungi wisata edukatif yang satu ini bersama keluarga dijamin lebih berkesan.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...