Kampung Korea Bandung, Liburan Dengan Nuansa Korea

Kampung Korea Bandung

Destinasi wisata di Bandung tidak pernah ada habis-habisnya untuk membuat para wisatawan kagum. Berbagai tempat wisata selalu saja menyuguhkan konsep yang menarik untuk diulas. Ada salah satu wisata di Bandung yang marak dibicarakan oleh para wisatawan terutama yang menyukai seputar K-Pop.

Sesuai dengan namanya Kampung Korea Bandung, di sana kita akan melihat berbagai hal yang identik dengan Negeri Ginseng mulai dari kebudayaannya, kebiasaan, sampai segala ornamen yang menarik.

Di Indonesia sendiri, hanya di Bandung kita bisa menemukan tempat wisata semacam ini. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Korea, dengan datang ke Kampung Korea ini kita bisa melihat miniaturnya Korea dengan suasana yang tidak jauh beda.

Kampung Korea ini begitu viral di media sosial. Banyak wisatawan datang ke Kampung Korea demi berburu spot foto yang akan dibagikan di laman instagramnya. Hal tersebut tentu bukan hal yang sia-sia karena di sana kita pasti akan mendapatkan spot yang diidam-idamkan.

Alamat Kampung Korea Bandung

Wisatawan yang ingin mengunjungi Kampung Korea Bandung ini bisa datang ke Jalan Banten No.7, Kebonwaru, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40272. Map klik disini

Untuk menuju Kampung Korea ini kita bisa menggunakan rute melalui Jalan Sunda menuju Jalan Naripan. Dari sana kita masuk ke Jalan Ahmad Yani dan kemudian belok kiri ke arah Jalan Banten. Jarak tempuhnya dari Kampung Korea sekitar 12 menit perjalanan. Kampung Korea ini berada di pusat Kota Bandung sehingga tempatnya mudah ditemukan oleh para wisatawan.

2022 07 17
Googlemaps/Nita Riyanasari

Harga Tiket Masuk Kampung Korea Bandung

Untuk masuk ke Kampung Koreanya sendiri kita tidak akan dikenakan tiket masuk. Kita hanya akan dikenakan tarif untuk menaiki bus bandros sebesar Rp 30.000. Dengan menaiki bus bandros ini kita bisa berkeliling Kampung Korea tanpa merasa lelah.

Selain itu, wisatawan yang ingin berburu kulineran dan oleh-oleh di Kampung Korea ini ditaksir dengan harga mulai dari Rp 5.000 sampai dengan Rp 40.000. Wisatawan juga akan dikenakan tiket parkir yang dibanderol mulai dari Rp 3.000 setiap kendaraan.

Wisata Menarik Lainnya :  Tempat Wisata Bojonegoro Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

Jam Buka Kampung Korea Bandung

Kampung Korea ini beroperasi setiap hari. Untuk jam operasionalnya sendiri setiap hari Senin sampai Jumat mulai pukul 09:00 sampai dengan pukul 21:00. Untuk hari Sabtu mulai pukul 08:00 sampai dengan pukul 22:00. Dan untuk hari Minggu mulai pukul 08:0 sampai dengan pukul 21:00.

Durasi waktu operasional Kampung Korea yang cukup panjang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Karena di sana kita bisa leluasa menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Daya Tarik

Kampung Korea Bandung ini berdiri atas gagasan Gubernur Jawa Barat yaitu Ridwan Kamil. Ridwan Kamil mengapresiasi keberadaan Little Bandung yang ada di Seoul. Little Bandung ini berisi seputar kebudayaan Sunda dan juga beberapa hal yang mirip seperti Bandung.

Oleh karena itu, di Bandung juga terbentuk sebuah pariwisata Little Seoul atau Kampung Korea dengan berbagai hal yang didominasi oleh kebudayaan Korea.

Kampung Korea ini terbagi menjadi dua area yang bisa kita kunjungi yaitu Korea Selatan tempo dulu atau pada zaman Joseon. Dan Korea Selatan modern yang identik dengan Seoul. Di area zaman Joseon ini kita akan menemukan berbagai bangunan khas Korea yang bernama Hanok.

Hanok ini memiliki bentuk atap melengkung dengan gerbang pintu yang cukup besar. Di area tersebut juga kita akan disambut oleh deretan pohon Mugunghwa.

2020 02 07
Googlemaps/pikkaCUT

Sementara itu, untuk area Seoul sendiri kita akan disuguhkan oleh deretan bangunan berdinding kaca. Bangunan tersebut dihiasi oleh aneka lampu bohlam yang cantik. Terlebih, Seoul juga identik dengan jajaran bangku taman yang ada di depan sebuah bangunan. Bangku taman tersebut bisa dipakai untuk makan, membaca buku, atau beristirahat.

Aneka tempat yang indah tersebut tentu saja bisa dijadikan sebagai spot foto oleh para wisatawan. Bahkan kita juga bisa menyewa kostum hanbok untuk menambah kesan yang lebih menawan.
Wisatawan juga bisa mampir ke area Hansamo di mana kita bisa belajar menulis aksara Hangul. Di sana juga kita bisa belajar bahasa Korea dan melihat acara-acara tertentu seperti menari dan menyanyi. Bahkan kita juga bisa melihat aneka poster idol Korea.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia

Tidak hanya sekedar menikmati suasana Negeri Ginseng saja, di Kampung Korea Bandung juga kita bisa berburu aneka kuliner khas Korea seperti odeng, ramyeon tteobokki, dan lainnya. Kita juga bisa mampir ke salah satu cafe yang mirip seperti cafe yang ada di Seoul. Cafe tersebut bernama Joheun Keopi. Aneka menu kopi yang ada di sana diracik dengan madu.

Fasilitas

Adapun beberapa fasilitas lainnya yang ada di Kampung Korea yaitu pusat oleh-oleh, skses Wi-Fi, gazebo, taman bermain, toilet, musala, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Wisatawan yang ingin melakukan penginapan di sekitar Kampung Korea bisa mengunjungi Idea’s Hotel yang berada di Jalan Ibrahim Adjie No.414, Binong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40275.

Jarak tempuhnya dari Kampung Korea Bandung ke hotel tersebut sekitar 3 menit perjalanan. Untuk tarif penginapannya dibanderol mulai dari Rp300.000 sampai dengan Rp560.000 per malam sesuai paket penginapan yang kita inginkan.

Wisatawan yang ingin liburan ke Korea wajib mampir dulu ke Kampung Korea yang ada di Bandung. Berkunjung ke sana lebih seru bersama keluarga maupun teman-teman.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.