Gunung Artapela Bandung, Tempat Pendakian Terkenal Pas Buat Pemula

Gunung Artapela Bandung

Halo warga Bandung, weekend kali ini mau liburan ke mana? Atau masih bingung pilih tempat wisata sangking banyaknya?

Mungkin kamu bisa coba healing sekalian belajar mendaki bareng temen ke Gunung Artapela. Berada pada ketinggian 2.194 mdpl membuat gunung ini menjadi lokasi pendakian favorit semua kalangan saat berwisata di Bandung.

Ragam Aktivitas Seru di Gunung Artapela

Bosan liburan ke pantai atau danau? Coba deh kamu sekali-kali mendaki gunung. Untuk pemula bagusnya dimulai dari Gunung Artapela. Lokasinya tidak jauh dari daerah Pengalengan. Lebih tepatnya ada di Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari, Bandung. Kalau dari pusat kota kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama dua jam.

Ukuran gunung ini yang tidak terlalu tinggi memang cocok buat para pendaki pemula. Terlebih lagi pemandangan di sekitarnya benar-benar mempesona. Selain melihat rindangnya pepohonan beserta keindahan langit biru, kamu akan disuguhkan fenomena alam memukau. Diantaranya ada sunset dan sunrise dengan pancaran sinarnya yang memukau.

Satu hal menarik dari gunung ini adalah bagian puncaknya. Di mana berupa dataran luas yang dipenuhi semak dan ilalang. Sungguh pemandangan yangsangat jarang kamu temukan di area pegunungan. Sementara di bagian bawahnya ada sebuah danau yang sangat indah. Dijamin kamu akan betah saat melakukan berbagai macam aktivitas berikut.

Bersantai di Danau Aul

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal tadi. Bahwasanya Gunung Artapela mempunyai suguhan pemandangan danau yang sangat indah. Buat kamu yang belum tahu, nama danaunya adalah Danau Aul. Kamu bisa melihat keindahan danau tersebut dari puncak gunung.

Dari kejauhan tampak eksotis dengan deretan pepohonan rindang mengelilinginya. Kejernihan airnya yang menyegarkan membuat siapapun tergoda untuk menyambanginya. Biasanya setelah dari puncak para pendaki akan mengistirahatkan badan sejenak dengan bersantai di Danau Aul.

Menyaksikan Keindahan Sunset dan Sunrise

2019 07 01
Sumber : Google Maps/RanggaSW III

Ada satu fenomena alam menarik yang selalu ditunggu-tunggu wisatawan ketika berada di Gunung Artapela. Apalagi kalau bukan pemandangan sunset dan sunrise. Sebagian dari mereka bahkan rela menunggu lama hanya untuk mengabadikan momen tersebut dalam jepretan kamera.

Memang benar sih? Siapa yang tidak takjub dengan pancaran sinar kuning keemasan. Namun untuk melihat sunrise kamu harus bangun pagi-pagi sekali. Kalau bisa sih bermalam saja di Gunung Artapela. Begitu subuh usai bersiaplah menyaksikan keindahan matahari terbit dari timur.

Dan untuk sunset bisa kamu lihat saat sore hari. Tidak menginap pun tidak mengapa. Namun usahakan datang sebelum asar. Hal ini bertujuan agar kamu tidak terjebak macet di jalan. Tahu sendiri jalanan Bandung itu gimana? Hampir sama macetnya kayak di Jakarta. Jadi pastikan kamu sudah sampai di sana sebelum petang ya.

Camping di Puncak Gunung Artapela

2019 05 01
Sumber : Google Maps/Bayu sapto aji

Kalau mau lihat sunrise maka pastikan kamu ikut camping di puncak Gunung Artapela. Mengapa di sana? Dikarenakan area puncaknya berupa dataran luas dengan spot yang nyaman buat mendirikan tenda. Dari sini pemandangan alamnya terlihat sangat indah. Khususnya pada malam hari dengan suguhan kelap-kelip lampu kota Bandung.

Pastikan kamu memakai jaket atau baju tebal agar tidak kedinginan. Saat malam hari suhunya sangat dingin dan ada kabut tipis menyelimuti areanya. Suasana semacam ini paling enak dinikmati sambil menyeruput secangkir kopi atau teh hangat guna menghalau hawa dingin yang menyerang.

Mendaki Ke Puncak Gunung Artapela

2017 06 05
Sumber : Google Maps/Opang Purnama

Kamu suka mendaki gunung? Jika iya coba deh lakukan pendakian di Gunung Artapela. Estimasinya tidak terlalu lama kok. Untuk sampai puncaknya kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Awalnya kamu harus melewati jalur rerumputan tertutup. Setelah itu kamu akan melihat pepohonan rindang.

Tak seperti puncak gunung pada umumnya. Di sini bentuknya berupa dataran luas dengan rumput ilalang tumbuh subur di sekitarnya. Penampakannya jauh Lebih indah lagi ketika bunga ilalang bermekaran. Menariknya lagi wisatawan bisa melihat Bunga Edelweiss di sekitar puncak.

Menyusuri Jalur Terbuka Hijau

2020 06 15
Sumber : Google Maps/tanzul arifin

Keunggulan wisata ini terletak pada jalur terbuka hijaunya. Sungguh menakjubkan melihat deretan perbukitan mengelilingi Gunung Artapela. Ketika mendakinya kamu memerlukan fisik yang kuat. Tak ada pepohonan rindang yang bisa kamu jadikan tempat berteduh saat cuaca panas. Hanya terdapat hamparan rerumputan hijau dengan jalur terbuka.

Saat mendaki jangan lupa mengenakan topi agak kamu tidak kepanasan. Siapkan juga perbekalan yang cukup. Khususnya persediaan air. Mengingat tenaga kamu akan cepat terkuras pada siang hari. Memang terasa melelahkan kalau belum terbiasa. Akan tetapi suguhan pemandangan hijaunya menjadi obat tersendiri untuk menghilangkan rasa penat.

Kalau kamu benar-benar merasa lelah cobalah berhenti sejenak. Istirahatkan badan kamu dengan tiduran di dalam sebuah gubuk yang ada di area Padang terbuka. Kamu bisa makan, minum, atau bersantai sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

Menyusuri Perkebunan Hijau

IMG 5798
Sumber : Google Maps/Cahyo W

Tak hanya puncak gunung saja yang tampak indah. Perkebunan di sekitar Gunung Artapela juga terlihat menawan. Hamparan tanaman sayur milik warga tertata rapi dengan dominasi warna hijau. Ditambah lagi udara sejuknya yang kian menambah kenyamanan saat mendaki. Rasa lelah dijamin tak akan terasa selama pendakian.

Tenang saja, di awal-awal pendakian jalurnya tidak terlalu menanjak. Jalannya masih berupa jalan setapak khas desa kaki gunung. Kamu akan melihat sekumpulan orang berlalu lalang. Ada yang membawa kayu atau mengangkut hasil panen perkebunan.

Harga Tiket Masuk

Dikarenakan masih terbilang baru, Gunung Artapela ini termasuk tempat wisata yang murah meriah. Tiket masuknya saja hanya dikenakan biaya Rp15.000 per orang. Harga tersebut berlaku di hari biasa maupun hari libur.

Jam Buka

Gunung Artapela beroperasi hampir setiap hari. Kamu bebas mau datang di hari apapun. Untuk jam operasional pun juga tak terbatas. Pihak pengelola membukanya selama 24 jam nonstop. Akan tetapi lebih amannya kamu datang saat pagi atau siang hari.

Fasilitas Umum

Meskipun termasuk wisata baru di Bandung tetapi soal penyediaan fasilitas umum tak perlu kamu ragukan. Sudah sangat lengkap dan memadai. Di area basecamp saja bisa kamu temukan beberapa fasilitas berikut:

  • Area parkir luas
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Warung makan
  • Terminal listrik

Tips Berkunjung

Dikarenakan Gunung Artapela adalah wisata alam yang dipenuhi tanjakan. Sebelum pendakian sebaiknya kamu buat beberapa persiapan berikut ini:

  • Lakukan pengecekan kondisi fisik ke dokter atau bidan. Hal ini guna mengetahui apakah kamu dalam kondisi sehat atau tidak.
  • Tentukan hari keberangkatan yang mana cuacanya tidak sedang hujan.
  • Tentukan siapa saja yang akan kamu ajak liburan.
  • Persiapkan semua barang bawaan yang memang penting. Misalnya baju ganti, alat mandi, alat shalat, obat-obatan pribadi, dan kamera.
  • Cek kondisi kendaraan dengan membawanya ke bengkel.
  • Saat berada dalam perjalanan selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas.
  • Jangan lupa kenakan pakaian tertutup dan hangat kalau kamu berangkat pagi.

Penutup

Cukup sekian ulasan singkat mengenai wisata Gunung Artapela. Bagaimana, apakah kamu tertarik liburan ke sana saat weekend nanti? Jika memang berniat liburan sebaiknya rencanakan dari sekarang. Keburu harga tiketnya naik.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments