Kampoeng Wisata De Berran – Wisata Murah Meriah di Kota Apel

Kampoeng Wisata De Berran

Sesuai julukannya, Kota Wisata Batu memang memiliki sejuta destinasi wisata yang apik dan menarik. Salah satunya yaitu Kampoeng Wisata De Berran yang berada di salah satu jalan di Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu.

Alamat : Jl. Mangga RT 03 RW 13, Dusun Gondorejo, Desa Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316.
Map : Klik disini.
Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB.
Harga Tiket : Rp 5.000 – Rp 10.000.

Belum banyak yang tau, tempat wisata yang mulai dibuka pada 2018 silam ini awalnya adalah sebuah kampung dengan berbagai sumber mata air di sekitarnya.

Pihak pengelola mengatakan bahwa awal mula pembangunan tempat wisata ini terinspirasi dari kebiasaan para warganya yang kerap kali mandi dan bermain di area sungai di desa tersebut.

Agar lebih higienis, dibangunlah wisata pemandian yang bersumber langsung dari mata air yang mengalir di sekitarnya. Tak heran jika air yang ada di sana selalu bersih dan jernih.

Selain untuk warga setempat, tempat wisata ini juga diperuntukkan bagi umum. Siapa dan dari mana saja wisatawan diperkenankan untuk mencicipi sensasi wisata pemandian dari sumber mata air ini.

Sangat terjangkau, hanya dengan uang sebesar 5 ribu rupiah untuk anak-anak, serta 10 rupiah untuk orang dewasa pengunjung sudah bisa menikmati aneka wahana yang ada di tempat wisata ini, terutama kolam renang yang jernih dan bersih.

Daya Tarik Kampoeng Wisata De Berran

Wahana berupa kolam renang yang bersih dan jernih dengan tiket masuk yang sangat ramah di kantong membuat tempat ini kerap kali menjadi pilihan liburan para wisatawan.

Selain kolam renang, ada juga beberapa wahana dan fasilitas menyenangkan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang.

Selain kolam renang, tempat wisata ini juga menyuguhkan beberapa fasilitas pendukung yakni kolam pemancingan, gazebo berupa pondok-pondok bambu yang unik, zona adventure, kedai makan khas Jawa, dan masih banyak lagi.

Selain merasakan sensasi air yang jernih, di tempat ini kamu juga akan merasakan kentalnya budaya Jawa sebagai tempat kita berpijak saat ini.

Bagaimana tidak? Gazebo-gazebo yang tersebar di beberapa tempat tersusun dari bambu-bambu yang sudah dibentuk sedemikian rupa. Sehingga menjadi pondok-pondok yang indah seakan menunjukkan eksistensi budaya khas Jawa.

Wisata Menarik Lainnya :  De Tjangkul, Wahana dan Aktivitasnya Yang Kekinian

Wahana dan Fasilitas di Kampoeng Wisata De Berran

Selain kolam renang, ada beberapa wahana dan fasilitas yang ditawarkan di tempat wisata ini. Untuk lebih detailnya, yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Kolam Renang

Screenshot 20190111 234931
Wahana Kolam Renang Anak, Remaja, Dewasa

Ketika memasuki Kampoeng Wisata De Berran ini, tujuan utama para pengunjung ialah wahana kolam renang yang khas berasal dari sumber mata air sekitar.

Di tempat ini kamu akan disuguhkan dengan 3 jenis kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda.

Mulai dari kolam dengan kedalaman 80 sentimeter yakni kolam renang untuk anak-anak. Kolam renang dengan kedalaman 100 sentimeter dikategorikan sebagai kolam renang remaja. Sedangkan kategori kolam renang dewasa memiliki kedalaman 150 sentimeter.

Di sekeliling kolam renang juga disediakan beberapa tempat duduk yang dilengkapi dengan meja. Kamu bisa meletakkan barang-barang atau sekedar istirahat sejenak sambil menikmati makanan di area ini.

2. Kolam Pemancingan

Selain menikmati keseruan di kolam renang, kamu juga bisa memancing ikan lho!

Bagi kamu yang suka memancing, tempat ini memang sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan. Di salah satu sudut kampoeng wisata telah disediakan kolam pemancingan yang cukup luas.

Air yang jernih membuat ikan-ikan yang ada di sana terlihat indah berlalu-lalang sesuka hatinya.

3. Zona Adventure

Di tempat wisata ini juga terdapat area yang bisa kamu jadikan sebagai sarana untuk menguji adrenalin, yakni di Zona Adventure.

Di zona ini, kamu akan menemukan banyak sekali pepohonan bambu yang mengelilingi kawasan. Juga terdapat semacam sungai kecil dengan sebatang bambu di tengahnya. Beberapa butir ban besar juga terlihat berjajar di area tersebut.

Beberapa perlengkapan atau fasilitas yang ada mungkin biasa digunakan para pengunjung untuk melakukan aktivitas outbond atau sejenisnya.

4. Gazebo

Kampoeng Wisata De Berran
Kampoeng Wisata De Berran

Dengan menaiki beberapa anak tangga dari area kolam renang, kamu akan menemukan area gazebo yang menyerupai pondok-pondok kecil dengan kayu-kayu dan bambu sebagai pondasinya.

Ya, beberapa pondok yang ada tersusun dari kayu dan bambu sehingga menimbulkan kesan tradisional yang khas seperti adat Jawa.

Lebih dari 5 gazebo yang tersebar di sana. Kamu bisa bersantai menikmati pemandangan sekitar yang sangat asri, karena dikelilingi oleh pohon-pohon yang rindang dengan udara yang sejuk.

5. Sewa Gazebo

Selain gazebo-gazebo sederhana, Kampoeng Wisata De Berran ini ternyata juga menyediakan gazebo yang cukup luas dengan kapasitas 30 – 40 orang.

Fasilitas pendukung yang cukup lengkap juga tersedia seperti kursi, kamar mandi, mushola, dan lain sebagainya.

Wisata Menarik Lainnya :  Serunya Wisata Keluarga di The Hills Vaganza

Biasanya gazebo ini disewakan untuk acara-acara seperti pertemuan keluarga, acara ulang tahun, arisan, dan sejenisnya. Hanya dibanderol dengan harga 150 ribu rupiah, pengunjung sudah bisa menikmati kelengkapan fasilitas di gazebo ini.

6. Bale Andong

Di salah satu sudut kawasan kamu akan menemukan sebuah bangunan yang tetap bertema tradisional, yakni Bale Andong.

Bale Andong merupakan kedai makan dengan nuansa tradisional. Dinding-dinding dan ubinnya tersusun dari kayu-kayu serta bambu.

Bukan hanya itu, beberapa furniture tradisional yang berjajar juga menambah kentalnya suasana budaya khas Jawa di kedai tersebut.

Beberapa properti seperti meja-kursi dengan roda sepeda kuno sebagai kakinya, kendi, hingga rempah-rempah khas Jawa turut memperkental nuansa tradisional di tempat tersebut.

Kamu bisa bersantai sambil menikmati suasana tradisional sekaligus mencicipi beberapa menu tradisional yang ada.

7. Cafe / Lesehan

Selain Bale Andong, kamu juga bisa menikmati aneka makanan dari tradisional hingga modern di beberapa kafe/lesehan yang tersedia.

Di tempat ini kamu bisa menikmati aneka makanan dan jajanan yang nikmat dengan harga yang cukup bersahabat.

8. Kamar Mandi

Jangan khawatir ketika beraktivitas di kampoeng wisata ini, karena kamar mandi yang bersih juga tersedia di tempat ini.

9. Mushola

Tidak perlu risau jika kamu ingin menghabiskan waktumu di tempat wisata ini. Karena tempat ini juga menyediakan mushola untuk pengunjung melaksanakan shalat beserta perlengkapannya.

10. Area Parkir

Yang juga tak kalah penting, tempat wisata ini menyediakan area parkir yang cukup luas, baik untuk sepeda roda dua maupun roda empat.

Tips dan Saran Berlibur di Kampoeng Wisata De Berran

Saat berkunjung ke kampoeng wisata ini, jangan lupa untuk mengenakan baju hangat atau jaket.

Mengingat Kota Batu memang memiliki suhu udara yang cukup dingin, ditambah lagi suasana di Kampoeng Wisata De Berran yang masih sangat asri dipenuhi dengan banyak pepohonan.

Selain itu, siapkan pula beberapa perlengkapan setelah berenang di wahana kolam renang seperti handuk, minyak kayu putih, baju hangat, serta perlengkapan yang lain.

Mengingat kolam renang yang ada adalah bersumber langsung dari mata air sekitar yang tentunya memiliki suhu yang lebih rendah dari kolam renang pada umumnya.

Satu lagi, pengunjung tidak diperkenankan untuk membawa ataupun memakan makanan atau minuman di dalam area kolam renang. Kamu bisa bersantap makanan di area sekitar kolam yang sudah disediakan.

Demikian beberapa ulasan tentang Kampoeng Wisata De Berran. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan yang baik dan benar. Selamat berlibur!

5/5 - (1 vote)
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.