Janti Park, Wisata Pemandian Terbaru Klaten yang Menawarkan Sensasi Berenang Sambil Bermain

Janti Park

Baru dibuka pada akhir tahun 2020 lalu, kini Janti Park menjadi salah satu objek wisata di Klaten yang populer. Banyak wisatawan dari dalam maupun luar Klaten sering mengunjungi wisata ini saat akhir pekan tiba. Tujuannya tidak lain karena ingin menikmati kesegaran air di kolam renang atau sekedar berburu kuliner khas Jawa Tengah.

Alamat : Ngendo, Desa Janti, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.
Map : Google Maps.
Harga tiket : Rp5.000 – Rp8.000.
Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB

Daya Tarik Janti Park

Wisata Janti Park yang terletak di Desa Janti, Polanharjo ini memang terkenal akan wisata airnya. Sebelum wisata itu ada, kawasan Janti sudah dikenal luas oleh masyarakat sebagai tempat pemancingan sekaligus kuliner ikan air tawar. Dan semenjak Janti Park mulai berdiri membuat namanya kian harum saja.

Wisata satu ini mempunyai keunikan tersendiri yang tidak mungkin bisa kamu temukan di tempat manapun. Salah satunya ada kolam arus yang menawarkan aktivitas berenang sambil bermain busa. Tak berhenti sampai di situ saja, masih banyak keunikan lainnya. Supaya kamu tidak penasaran berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Kolam Arus

IMG 20230630 181229
Sumber : Googlemap/Isnaa Rahma

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal bahwa salah satu daya tarik Janti Park adalah kolam arus. Wahana satu ini sangat digemari karena pengunjung bisa bermain busa sepuasnya. Model kolam arus sendiri menyerupai sungai dengan aliran air yang cukup tenang.

Paling seru berenang di kolam arus dengan menggunakan ban. Cobalah naik ke atasnya dan rasakan sensasi tubuh kamu terbawa oleh aliran air. Sambil duduk santai kamu bisa sekaligus menikmati keindahan alam sekitar yang sangat indah.

Akan tetapi aktivitas yang paling disukai oleh pengunjung ialah saat busa mulai keluar dan memenuhi seluruh area kolam. Busa tersebut tidak muncul begitu saja. Ada alat khusus yang menembakkannya setiap 15 menit sekali.

Berenang di kolam arus memang serasa masuk ke dalam hamparan salju dari Kutub Utara. Tapi kamu tak perlu khawatir, suhu dalam kolam ini tidaklah dingin. Malahan airnya terasa begitu menyejukkan layaknya air pegunungan. Sebagai pemanis, pihak pengelola menambahkan hiasan iglo (rumah bangsa Eskimo) dan patung manusia salju.

Kolam Terapi Ikan

1688122833512
Sumber : Googlemap/Irfantalent

Bagi pengunjung yang punya permasalahan pada kaki bisa mencoba alternatif pengobatan di kolam terapi ikan. Cara kerjanya tidaklah sulit. Kamu hanya perlu duduk di pinggir kolam lalu tinggal celupkan kedua kakimu. Tunggu beberapa saat sampai ikan-ikan kecil bernama Garra Rufa mulai mengerubungi kaki kamu.

Setelah para ikan kecil berkumpul baru aktivitas memijat kaki dimulai. Awalnya kamu akan merasakan geli yang menggelitik. Namun lama-kelamaan hal itu akan berubah menjadi pijatan yang sangat nyaman. Perlahan-lahan kaki kamu akan merasa rileks dan enteng begitu digerakkan.

Sebenarnya ikan-ikan tadi tidak hanya melakukan pemijatan biasa. Melainkan sedang memakan sel-sel kulit mati yang bersarang di kaki. Bisa dibilang aktivitas ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Utamanya menjaga kaki kamu tetap bersih dan terhindar dari segala macam jenis penyakit.

Kolam Renang

1688122586080
Sumber : Googlemap/Muhammad Asmaul Khusna

Selain kolam busa, Janti Park juga menyuguhkan kolam renang khusus untuk para pengunjung. Pihak pengelola telah menyediakan tiga jenis kolam. Ada yang khusus anak-anak dan orang dewasa. Tentunya dengan tingkat kedalaman air yang berbeda-beda.

Pertama, ada kolam yang dikhususkan untuk anak-anak. Kolam renang ini terbilang cukup aman karena tidak terlalu dangkal. Ketinggian airnya kurang lebih sekitar 50 cm. Anak-anak bisa berenang sepuasnya tanpa perlu takut tenggelam. Meski begitu para orang tua tetap harus menjaga dan mengawasinya dari kejauhan.

Kedua, kolam untuk anak-anak usia remaja dengan ketinggian air mencapai 80 cm. Sebenarnya tidak hanya anak-anak saja yang boleh berenang di sini. Terkadang orang-orang dewasa juga sering ikut berenang.

Dan yang terakhir ada kolam khusus orang dewasa. Dibandingkan dua kolam sebelumnya, ketinggian air di kolam ini sangat dangkal. Kedalamannya sendiri mencapai 150 cm. Sehingga tidak aman digunakan berenang untuk anak-anak usia balita.

Semua kolam di Janti Park ini berasal dari sumber mata air alami. Jadi kamu jangan heran jika airnya terasa sejuk dan juga menyegarkan. Karena memang pihak pengelola tidak mau menggunakan campuran kimia apapun yang sudah pasti mempunyai efek samping.

Kuliner Ikan Air Tawar

Janti Park juga menyuguhkan wisata kuliner yang menggugah selera. Menu makanan paling terkenal di wisata ini adalah ikan air tawarnya. Seperti olahan ikan lele, gurami, nila, dan masih banyak lagi. Hampir semua ikan tersebut berasal dari budidaya warga sekitar. Jadi sudah bisa dipastikan kesegaran dan kualitasnya.

Semisal kamu tidak suka ikan, masih ada menu lainnya yang tak kalah enak. Diantara-Nya ada tumis kangkung, jamur crispy, tempe mendoan, dan lain-lain. Soal harganya kamu tak perlu khawatir. Semua menu makanan tersebut dijual dengan harga relatif terjangkau. Sangat cocok untuk wisata kuliner pelajar atau mahasiswa.

Jam Buka

Janti Park buka setiap hari dari Senin sampai dengan Minggu. Jam operasionalnya mulai Pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Agar kamu tidak terjebak macet sebaiknya berangkat lebih pagi sekitar jam 6 atau 7 pagi. Biasanya kondisi jalan raya masih terlihat sepi.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Janti Park tergolong murah untuk ukuran wisata baru dengan fasilitas super lengkap. Sayangnya antara hari kerja dan akhir pekan punya tarif yang berbeda. Weekdays harga tiketnya Rp5.000 dan weekends sedikit lebih mahal yaitu Rp8.000.

Fasilitas Umum

Meskipun Janti Park termasuk wisata baru di Klaten, tetapi soal penyediaan fasilitas umum sudah sangat memadai. Misalnya saja mengenai area parkir. Lahannya cukup luas sehingga mampu menampung kendaraan roda dua dan empat.

Selanjutnya ada fasilitas gazebo yang super nyaman. Sehabis berenang kamu bisa beristirahat disana sambil selonjoran kaki atau hanya sekedar duduk-duduk santai. Lebih nikmat lagi kamu ditemani pemandangan alam yang serba hijau.

Tak lupa juga pihak pengelola menyediakan toilet. Sebagian untuk laki-laki dan yang lain khusus perempuan. Meskipun desain toiletnya sederhana tetapi sudah cukup layak digunakan oleh pengunjung.

Buat pengunjung muslim sudah disediakan area mushola. Tempatnya tergolong sangat nyaman sehingga pengunjung bisa beribadah dengan khusyuk. Dan kalau merasa lapar kamu bisa makan di warung makan yang ada di sekitar tempat wisata Janti Park.

Tips Berkunjung

Waktu paling pas liburan ke Janti Park adalah saat cuaca sedang cerah. Kalau hujan otomatis kamu tidak bisa menikmati fasilitas kolam renangnya. Jadi sebelum berangkat lihat dulu perkiraan cuaca.

Sebisa mungkin jangan liburan seorang diri. Ajaklah teman atau keluarga agar suasananya jauh lebih seru dan menyenangkan. Kalau pergi sendirian serasa sepi dan tidak ada yang bisa diajak foto atau berbagai cerita.

Paling penting selalu ikuti arahan petugas dan jangan melakukan tindakan berbahaya. Jaga selalu kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membiarkan sampah berserakan. Pelihara dan gunakan fasilitas umum sebaik mungkin. Jangan sampai mencoret ataupun merusaknya.

Janti Park adalah tempat yang cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Fasilitas umum yang lengkap, banyak pilihan kolam renang, dan kuliner yang enak membuat wisatawan semakin betah. Untuk tiket masuk dan jam buka bisa berubah sewaktu-waktu. Jika ingin tahu informasi terbarunya hubungi nomor whatsApp 0812 – 1500 – 7979.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments