Highland Wonomulyo, Surga Tersembunyi di Kota Magetan

highland wonomulyo

Magetan memang sebuah kota yang memiliki sejuta pesona dalam hal pariwisata, salah satunya adalah Highland Wonomulyo surga tersembunyi yang wajib untuk dikunjungi!

Alamat : Dukuh Wonomulyo, Ds. Genilangit, Kec. Poncol. Kab Magetan, Jawa Timur. Google Maps.
Jam Buka : 08.00 – 17.00.
Harga Tiket Masuk : Rp 5.000,00.

Berbicara mengenai tempat wisata di kota Magetan memang cukup menarik. Ada banyak sekali tempat yang bisa kamu kunjungi salah satunya adalah Highland Wonomulyo.

Tempat wisata yang mendapat julukan surga tersembunyi dan Nepal Van Java ini sebelumnya juga sempat viral. Tak heran bila tempat ini semakin ramai pengunjung. Bahkan belakangan highland Wonomulyo menjadi salah satu tempat favorit untuk liburan.

Penasaran dan ingin liburan ketempat ini juga? Yuk simak dulu pembahasan seputar asal-usul, daya tarik hingga tips terbaik untuk berkunjung berikut ini!

Asal-Usul Highland Wonomulyo

2
Instagram.com/madiunkekinian.id

Nama Highland Wonomulyo menjadi sangat populer sejak tahun 2021. Asalnya tempat wisata ini hanyalah lahan pertanian biasa. Namun seiring berjalannya waktu banyak orang yang berkunjung untuk sekedar mengambil foto.

Dari situ wisata ini terus dikenal dan menjadi favorit komunitas fotografi untuk event memotret dan berbagai komunitas lainnya. Selanjutnya mulai banyak masyarakat yang akhirnya penasara akan keindahan Wonomulyo dan datang langsung berkunjung.

Itulah yang akhirnya membuat lokasi yang tak terlalu lebar ini digunakan sebagai tempat wisata. Untuk kenyamanan fasilitas pendukung seperti bangunan warung kecil hingga akses jalanpun mulai disediakan. Dengan begitu para pengunjung bisa dengan mudah berkunjung.

Daya Tarik Highland Wonomulyo

3 1
Instagram.com/dolanmagetan

Popularitas yang dimiliki oleh Highland Wonomulyo dalam menarik pengunjung tentu tak lepas dari daya tarik unik yang dimilikinya seperti:

1. Pesona Pemandangan Alam Pegunungan

Daya tarik utama dari wisata ini terletak pada pesona pemandangan alam pegunungannya. Melalui tempat ini kamu bisa menikmati indahnya pemandangan alam yang masih asri. Ditambah suasana yang sejuk dan udaranya yang bersih akan membuat kamu makin betah.

2. Keramahan Masyarakat Sekitarnya

Masyarakat sekitar yang bertempat tinggal di kampung Wonomulyo ini dikenal sangat ramah. Selain itu masyarakatnya juga mempunyai toleransi yang tinggi antar sesama. Perlu kamu tahu jika didaerah ini agama tertuanya adalah Budha.

Kendati demikian masyarakat di kampung ini bisa hidup rukun dan saling menghormati satu sama lainnya. Terbukti dengan adanya dua tempat ibadah sekaligus di desa ini yaitu vihara dan masjid.

3. Seni Musik Tradisional

Selain pemandangan daya tarik lain yang bisa kamu nikmati adalah seni musik tradisionalnya yang sampai saat ini masih terawat yaitu tongling. Adapun Tongling sendiri adalah sebuah alat musik yang terbuat dari bambu.

Alat musik ini umumnya dimainkan bersamaan dengan gong untuk mengiringi ibadah para umat budha. Namun belakangan seni musik tradisional ini menjadi menjadi pertunjukan yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Higland Wonomulyo.

4. Spot Foto Keren

Sambil menikmati pemandangan kamu juga wajib mengabadikan moment indah selama berkunjung. Ada banyak spot foto keren yang bisa kamu gunakan untuk mengambil foto atau sekedar selfie. Misalnya saja gapura pendakian, gapura dusun, teras masjid dan taman Depok.

Kamu juga bisa mengambil foto di teras Nepal agar hasil foto makin ciamik. Selain itu kamu juga bisa mengabadikan berbagai momen indah di daerah perkampungannya.

5. Deretan Warung Kopi untuk Nongkrong

Menikmati pemandangan akan makin lengkap jika kamu bersantai sambil minum kopi. Ditambah lagi udaranya yang sejuk membuat kopi jadi teman yang cocok.

Untuk mendapatkan kopi sendiri juga sangat mudah. Ada banyak deretan warung kopi yang bisa kamu kunjungi di lokasi wisata ini. Selain kopi lokal yang nikmat kamu juga bisa sekalian mencicipi aneka kuliner khas kota Magetan.

Dari segi harga juga sangat terjangkau sehingga sangat ramah untuk kantong wisatawan. Nongkrong santai di warung kopi sambil menikmati indahnya pemandangan pastinya menarik bukan?

Tips Berkunjung ke Higland Wonomulyo

4
Instagram.com/dolanmagetan

Saat mengunjungi tempat wisata tentunya kamu harus bisa menyesuaikan diri dan menghormati aturan maupun masyarakat sekitar. Nah supaya berkunjung makin nyaman dan menyenangkan yuk simak tipsnya berikut:

  • Berangkat saat pagi hari agar tidak macet dan bisa mendapatkan view yang ciamik
  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman agar lebih bebas bergerak
  • Kenakan jaket agar tidak kedinginan
  • Datanglah saat cuaca baik atau cerah

Agar lebih aman dan tenang selain mengikuti tips berkunjung ke Highland Wonomulyo yang sudah disebutkan ada baiknya sebelum berangkat pastikan untuk berdoa lebih dulu. Jangan lupa untuk mengecek kendaraan yang akan kamu gunakan agar tidak terjadi masalah diperjalanan, Happy traveling.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments