big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Nepal Van Java, Keindahan Dusun Butuh Dengan Pesona Negeri Tersembunyi di Atas Awan

Nepal Van Java Magelang

Nama Nepal Van Java tengah viral di media sosial tahun 2024 ini. Pemandangan alamnya yang menyerupai Nepal membuat siapapun terpana di wisata Magelang ini.

Kamu akan melihat rumah-rumah penduduk bertumpuk di lereng Gunung Sumbing. Susunannya tampak instagenic dan cocok dijadikan background foto. Bagi para pencinta fotografi wajib banget datang ke objek wisata satu ini.

Ragam Aktivitas Seru di Nepal Van Java

Nepal Van Java banyak mencuri perhatian wisatawan. Hal itu karena pemandangan alamnya mirip dengan Negara Nepal. Di mana terdapat sekumpulan rumah bertumpuk-tumpuk di sekitar lereng Gunung Sumbing dengan corak warna-warni. Ditambah lagi kondisi alamnya yang masih asri membuat wisatawan merasa betah berlama-lama.

Lokasinya berada di sebuah dusun tertinggi di Magelang. Nama dusunnya adalah Dusun Butuh. Terletak di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik. Untuk mencapai lokasinya lebih baik menggunakan kendaraan pribadi. Dikarenakan kalau mencari angkutan umum lumayan susah. Terlebih lokasinya yang jauh dari pusat kota.

Pastikan kamu membawa kendaraan yang benar-benar prima. Mulai dari ban hingga mesin harus dalam kondisi baik. Soalnya medan yang akan kamu lalui dipenuhi jalanan curam. Tidak disarankan pula menggunakan bus besar jika pergi secara rombongan. Mengingat lebar jalannya cenderung sempit dan tidak rata.

Meski harus melewati medan yang tidak mudah. Tetap saja hal itu tak mengurangi antusias wisatawan untuk mengunjunginya. Bahkan sebagian orang rela datang jauh-jauh hanya demi bisa melihat pemandangan alamnya yang menyerupai Negara Nepal. Selain itu wisatawan juga ingin melakukan berbagai macam aktivitas berikut.

Memandangi Keindahan Rumah Warna-Warni

2023 01 30
Sumber : Google Maps/Syaiful Gz

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal. Bahwasanya wisatawan tertarik berkunjung ke Nepal Van Java karena ada rumah warna-warni bertumpuk di sekitar lereng Gunung Sumbing. Bisa dibilang spot ini menjadi daya tarik utama. Keindahannya kian terpancar kala langit tengah bersinar cerah.

Kemegahan Gunung Sumbing berpadu dengan deretan rumah di bawahnya seolah membawa pengunjung ke Negara Nepal. Mungkin ini bisa menjadi alternatif buat kamu yang ingin ke sana tapi belum kesampaian. Walaupun tidak seratus persen mirip, setidaknya dapat mewujudkan mimpi sebagian orang.

Wisata ini terbentuk karena ketidaksengajaan. Awalnya kawasan Dusun Butuh adalah jalur pendakian Gunung Sumbing. Namun sejak penduduk setempat mengecat rumahnya dengan cat warna-warni pada tahun 2019. Barulah kawasan itu viral karena lanskap yang diperlihatkan mirip pemandangan alam Nepal.

Wisata Kuliner di Lereng Gunung

2020 10 28
Sumber : Google Maps/Kusmiatun Kimin

Selain menyuguhkan pesona alam memukau. Nepal Van Java juga menghadirkan sajian wisata kuliner menggugah selera. Di sana ada sebuah cafe dengan lanskap perkebunan. Menariknya lokasi cafe berada di balkon-balkon rumah warga. Hingga pada akhirnya nama cafenya terkenal dengan sebutan “Kopi Balkon”.

Menyantap sajian di alam terbuka akan memberi kenikmatan yang tak biasa. Bayangkan saja, kamu makan ditemani hijaunya perbukitan. Apalagi kalau sambil menyeduh secangkir kopi. Nuansanya pasti terasa nikmat dan penuh kenyamanan.

Soal harga makanan dan minumannya masih cukup terjangkau. Dan pastinya enggak bikin kantong kering. Makanan yang dijual kebanyakan adalah makanan tradisional. Seperti tempe mendoan dan opak. Sementara untuk minumannya ada kopi yang merupakan favorit wisatawan.

Hunting Foto

2023 02 18
Sumber : Google Maps/RIMA BGR

Tujuan wisatawan datang ke Nepal Van Java hampir semuanya sama. Apalagi kalau bukan hunting foto di spot-spot kerennya. Bagi sebagian orang aktivitas berswa foto adalah hal yang wajib. Belum lengkap rasanya jika liburan tidak diselingi aktivitas foto-foto bersama. Sayang juga kan sudah jauh-jauh datang tapi tidak ada sesuatu yang bisa dikenang?

Intinya wisatawan mengambil foto itu bukan sekedar hiburan semata. Melainkan untuk sebuah pengingat bahwa mereka pernah berkunjung ke sana. Bisa saja kan kamu lupa akan momen-momen bahagia di Nepal Van Java? Nah, dengan adanya foto bisa mengingatkan kamu akan kenangan itu.

Spot foto favorit wisatawan di Nepal Van Java pastinya perkampungan warga. Deretan rumah bertumpuk dihiasi kemegahan Gunung Sumbing di bagian belakangnya. Gunung itu tampak berdiri kokoh dan asri bersanding dengan hamparan langit biru berhiaskan awan putih.

Ketika tiba waktu sore tampak pancaran sinar kekuningan menghiasi area Gunung Sumbing. Hal itu sebagai pertanda bahwa sang mentari bersiap pulang ke tempat asalnya. Detik-detik menjelang kepergiannya membuat semua mata memandang tanpa berkedip. Tak mau kehilangan momen itu maka sebagian orang mengabadikannya lewat kamera ponsel.

Fenomena sunset tadi termasuk spot favorit wisatawan. Mereka bahkan rela menunggu berjam-jam agar tidak ketinggalan. Namun tidak semua orang bisa mendapatkan momen langka itu. Tapi tenang saja, masih ada spot foto lainnya yang tak kalah menarik. Diantaranya ada area perkebunan milik warga dan patung naga.

Bercocok Tanam

Liburan ke Nepal Van Java paling seru mencoba aktivitas bercocok tanam. Bersama para petani di sana kamu bisa belajar banyak hal tentang cara menanam sayur. Tidak sekedar melihat saja, kamu juga diperbolehkan ikut menanam dan memetik sayuran. Akan tetapi kamu harus ijin terlebih dahulu jika ingin turut serta dalam aktivitas ini.

Sayuran yang di tanam beraneka macam. Hampir semuanya berupa bahan pokok yang biasa digunakan para ibu memasak di rumah. Selesai dari aktivitas bercocok tanam jangan lupa membeli beberapa sayuran sebagai oleh-oleh. Untuk harganya tentu saja jauh lebih murah karena langsung dari petani.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Nepal Van Java tidak terlalu mahal. Dengan merogoh kocek Rp8.000 sudah bisa menikmati keindahan alamnya. Akan tetapi biaya itu belum termasuk ongkos parkir jika kamu membawa kendaraan pribadi. Masih ada biaya lagi yang harus kamu keluarkan meskipun tarifnya murah meriah.

Jam Buka

Tidak setiap hari kamu bisa datang ke Nepal Van Java. Lantaran pihak pengelola hanya membuka wisata ini di hari Sabtu sampai Kamis. Jam operasionalnya mulai dari Pukul 07.00 hingga Pukul 17.00 WIB. Khusus hari Jumat tutup selama satu hari penuh.

Fasilitas Umum

Meskipun baru dibuka sekitar tahun 2020 lalu. Nepal Van Java sudah menjadi salah satu destinasi populer dengan penyediaan fasilitas umum memadai. Apa saja ya fasilitasnya? Berikut daftarnya:

  • Area parkir
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Homestay
  • Warung makan
  • Cafe
  • Ojek

Tips Berkunjung

Buat kamu yang ingin liburan ke Nepal Van Java jangan datang secara dadakan. Minimal buat persiapan agar saat perjalanan nanti tidak kesulitan. Mungkin beberapa tips berikut bisa membantu kamu.

  1. Dikarenakan medannya banyak dipenuhi jalanan curam, sebaiknya gunakan kendaraan yang sesuai dengan lintasan tersebut.
  2. Sebelum berangkat periksa dulu kondisi badan kamu. Apakah mampu untuk dibawa bepergian jarak jauh atau tidak?
  3. Kenakan pakaian hangat dan alas kaki yang nyaman.
  4. Bawa barang yang penting saja agar tas kamu tidak berat.
  5. Selalu sediakan kamera di dalam tas untuk mengabadikan setiap momen selama berada di sana.
  6. Berangkatlah pagi-pagi sekali agar terhindar dari macet.

Itu dia sedikit penjelasan tentang wisata Nepal Van Java. Soal harga tiketnya bisa berubah sewaktu-waktu. Kalau ingin mendapatkan informasi terbarunya bisa cek di akun instagram @nepal_van_java. Setelah membaca artikel ini apakah kamu tertarik mengunjunginya?

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments