Danau Tao Sumatera Utara, Wisata Alam Terbaru yang Bisa Memberikan Ketenangan Jiwa

Danau Tao Sumatera Utara

Sumatera Utara adalah provinsi di Indonesia yang terkenal akan wisata Danau Toba. Wisata alam paling populer karena keindahan alam dan cerita legendanya. Namun beberapa bulan belakangan muncul lagi wisata danau terbaru.

Bernama Danau Tao, desinasi tempat wisata Sumatera Utara yang bisa memberikan ketenangan pada hati yang tengah gundah gulana.

Ragam Aktivitas Seru Di Danau Tao

Ingin mencari surga tersembunyi di Pulau Sumatera? Kamu bisa datang ke Desa Batang Onang Baru yang memiliki pemandangan alam memukau. Kini, kawasan tersebut tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Hal ini dikarenakan ada sebuah tempat wisata baru bernama Danau Tao. Pasti kamu masih asing dengan wisata ini, bukan?

Bagi yang belum tahu, Danau Tao merupakan tempat wisata yang menawarkan perbukitan teletubbies dengan hamparan rerumputan hijau dan menguning. Tak lupa dikelilingi beraneka macam pepohonan dan tanaman di sekitar danau yang memiliki air berwarna hijau toska. Untuk ukuran danaunya sendiri tidak seluas Danau Toba.

Akan tetapi keindahan alamnya sudah mampu menarik perhatian wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong-bondong mengunjunginya. Maka tak heran jika wisata ini menjadi alternatif tempat liburan saat tahun baru. Banyak sekali ragam aktivitas seru yang bisa kamu lakukan sebagai berikut.

Bersantai Sambil Menikmati Pemandangan Alam Sekitar

2019 12 08
Sumber : Google Maps/Willi KC Aviary North

Di kala pikiran terasa stres akibat beban pekerjaan. Jangan terlalu memforsirnya secara berlebihan. Kamu sebagai manusia juga butuh waktu untuk mengistirahatkan pikiran. Salah satu caranya dengan mengunjungi tempat wisata bernuansa alam yang bisa memberikan ketenangan. Dan hal itu bisa kamu dapatkan ketika berkunjung ke Danau Tao.

Danau Tao adalah tempat wisata baru yang belum begitu dikenal oleh masyarakat. Suasananya yang masih sepi sangat cocok dijadikan tempat bersantai. Apalagi pemandangan alamnya benar-benar bisa memanjakan mata. Sejauh mata memandang akan tampak deretan bukit-bukit hijau berpadu indah dengan langit kebiruan.

Ditambah lagi warna air danaunya yang menghijau toska mengalir di tengah-tengah kaki bukit. Suara alirannya terdengar merdu di telinga dan sungguh bisa menenangkan jiwa. Udara sekitar yang terasa sejuk kian menambah kenyamanan pengunjung saat bersantai. Kenikmatan semacam ini tak akan mungkin kamu jumpai di wisata manapun.

Hunting Foto

2019 03 10
Sumber : Google Maps/Jehan

Liburan ke Danau Tao jangan lupa membawa kamera. Kamu bisa menggunakan kamera ponsel atau kamera digital. Wajib banget buat kamu mengabadikan setiap momen ketika berada di sana. Sayang bukan kalau pemandangan alamnya yang indah itu terlewatkan begitu saja? Sudah jauh-jauh datang tapi tak ada foto seperti ada yang kurang.

Hampir sama seperti wisata lainnya yang menyuguhkan spot foto. Danau Tao juga memiliki hal serupa. Di sana ada spot ayunan yang bisa kamu jadikan objek foto. Berposelah dengan duduk di ayunan tersebut dan pemandangan Danau Tao akan menjadi latar belakang fotomu. Ayunan itu juga sering dimanfaatkan sebagai wahana permainan anak-anak.

Selain ayunan, ada pula spot hammock. Pengunjung biasa memanfaatkannya sebagai tempat istirahat sekaligus berfoto. Tiduran di atas kain yang menggantung sambil melihat-lihat keindahan alam sekitar memang terasa nikmat. Dijamin foto kamu tampak bagus karena latar belakang berupa danau dan perbukitan hijau nan asri.

2023 07 16
Sumber : Google Maps/Nabila Blok

Kalau kedua spot tersebut di rasa masih kurang. Cobalah berjalan ke tepian danau. Nanti kamu akan menemukan penampakan berbatuan cadas beragam warna. Ada hitam, hijau, dan kecokelatan. Hunting foto di sekitar kawasan tersebut akan memberikan nuansa estetik pada foto kamu.

Piknik Bersama Keluarga

Tepi Danau Tao yang dipenuhi area perbukitan sangat pas untuk tempat piknik. Luas lahannya yang kurang lebih 2 hektare itu mampu menampung pengunjung dalam jumlah banyak. Kamu bisa mengajak teman atau keluarga sebanyak-banyaknya yang kamu mau. Tetapi jika ingin nuansa penuh ketenangan, kamu bisa datang seorang diri.

Demi membuat pengunjung merasa nyaman, pihak pengelola menyediakan fasilitas bangku dan meja kayu. Ada pula bale-bale sebagai tempat menyantap hidangan yang kamu bawa. Semisal tidak ada tempat lagi, alternatifnya pengunjung bisa menggelar tikar.

Menyantap hidangan sambil lesehan tak kalah nikmat. Lidah yang sibuk mengecap dan mata yang memandang pemandangan sekitar adalah pengalaman bersantap yang tak mungkin terlupakan. Apalagi diselingi canda tawa, kian membuat siapapun merasa betah berlama-lama.

Memancing

Danau Tao juga banyak ditinggali beragam jenis ikan. Maka tak jarang wisatawan yang datang ke sana sering melakukan aktivitas memancing bersama teman atau keluarga. Pemandangan orang duduk di tepi danau sambil memegang joran sudah dianggap biasa.

Sayangnya pengunjung harus membawa alat pancing sendiri. Sebab di sana tidak ada tempat penyewaan alat pancing. Memang sedikit merepotkan, tapi tak mengapa. Alhasil kamu bisa memancing sepuasnya tanpa perlu membayar biaya tambahan.

Menikmati Sore Bersama Hewan Ternak Warga

IMG20200803074453
Sumber : Google Maps/Ramadhan_

Kala matahari bersiap meninggalkan singgasananya. Di sekitar tepi Danau Tao akan terlihat sekumpulan hewan ternak tengah memakan rumput. Apabila sudah kenyang, hewan-hewan tersebut berjalan ke pinggir danau guna menikmati kesegaran airnya. Sebuah pemandangan langka yang jarang ada di daerah perkotaan.

Ketika kamu perhatikan sekilas, keberadaan hewan ternak itu semakin menambah keunikan wisata Danau Tao. Nuansa pedesaannya kian begitu terasa. Mengamatinya sembari duduk santai dengan menyesap kopi atau teh benar-benar bisa merilekskan pikiran.

Harga Tiket Masuk

Jika kamu ingin liburan ke Danau Tao tidak perlu merogoh kocek mahal. Cukup dengan membayar tiket seharga Rp10.000 sudah bisa menikmati fasilitas di dalamnya. Entah itu mengelilingi area danau atau mencoba beragam spot fotonya.

Jam Buka

Wisata Danau Tao buka setiap hari mulai Pukul 09.00 hingga Pukul 17.30 WIB. Jam tersebut berlaku di hari kerja maupun hari libur. Wisatawan bebas datang kapanpun sesuai keinginan. Dikarenakan wisata ini tetap buka meski memasuki tanggal merah.

Fasilitas Umum

Dikarenakan masih terbilang baru, jadi penyediaan fasilitas umum masih seadanya. Area parkir saja belum beralaskan aspal atau mortar. Melainkan masih berupa lahan tanah biasa. Namun ukurannya sudah cukup luas untuk menampung kendaraan roda dua dan empat.

Kalau kamu merasa lapar bisa mengunjungi warung makan yang ada di sekitar kawasan Danau Tao. Penduduk setempat membuka sebuah warung kecil-kecilan dengan menjual aneka olahan makanan yang sangat terjangkau. Dengan begini kamu tidak perlu repot membawa bekal dari rumah.

Bagi wisatawan yang datang dari luar Padang tak usah khawatir mencari tempat menginap. Di Padang Sidempuan tersedia banyak sekali penginapan yang bisa kamu pilih.

Tips Berkunjung

Berikut ini ada beberapa tips buat kamu agar liburan ke Danau Tao berjalan lancar dan tanpa hambatan.

  1. Pergilah berlibur dengan kondisi fisik yang sehat dan bugar.
  2. Persiapkan semua barang bawaan sebaik mungkin dan jangan sampai ada yang tertinggal.
  3. Pastikan budget liburan kamu mencukupi.
  4. Cek kondisi kendaraan yang akan kamu bawa.
  5. Jangan bepergian seorang diri dan sebisa mungkin ajak teman, sahabat, atau keluarga.
  6. Selama berada di sana jaga selalu kebersihan lingkungan sekitar.

Itulah ulasan singkat mengenai wisata Danau Tao. Mumpung wisata ini belum terlalu ramai segera buat rencana liburan ke sana. Kapan lagi kamu bisa bersantai di tempat wisata murah meriah dengan pemandangan alam super eksotis?

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments