big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Bumi Kitiran, Wisata Kincir Angin Menakjubkan di Batu Malang

Bumi Kitiran Bumiaji

Bumi Kitiran adalah sebuah wisata kincir angin yang dikelola sendiri oleh warga setempat. Kata ‘kitiran’ diambil dari bahasa Jawa yang berarti kincir atau baling-baling. Sedangkan kata ‘bumi’ diambil dari tempat wisata itu sendiri yakni Desa Bumiaji Kota Batu.

Hingga akhirnya, jadilah Bumi Kitiran sebagai tempat wisata yang mulai diresmikan pada Agustus 2019 silam oleh pemerintah setempat.

Alamat : Bumiaji, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.
Map : Google Maps.
Jam Buka : 09.00 – 17.00 WIB. (Senin-Kamis).
Harga Tiket Masuk : Rp 10.000,-

Pernahkah kamu berkunjung ke Kota Batu? Salah satu kota di kawasan Malang Raya yang terkenal akan sejuta objek wisatanya yang fantastis dan menarik.

Saat datang ke sana, tentu kamu tidak akan kesulitan untuk mencari destinasi wisata yang seru dan sesuai dengan keinginan kamu.

Pasalnya, di kota yang memiliki luas wilayah hampir 200 meter persegi itu terdapat banyak sekali objek wisata ciamik yang tersebar di beberapa titik.

Tak heran jika kota yang satu ini memiliki julukan sebagai ‘kota wisata Batu’, karena sejuta destinasi wisata baik yang berkonsep alami, buatan, hingga penuh fantasi selalu mewarnai deretan panjang tempat wisata di sana.

Selain Jawa Timur Park, San Terra De Laponte, ataupun Batu Flower Garden, ternyata Batu juga masih menyimpan banyak wisata seru lainnya lho! Salah satunya yakni Bumi Kitiran.

Wisata Batu yang msih tergolong baru, namun sampai saat ini sudah tercatat lebih dari 10.000 pengunjung yang telah menyaksikan keeksotisan Bumi Kitiran tersebut.

Bagaimana tidak? Bumi Kitiran menyajikan pemandangan yang sangat indah dengan ribuan kincir angin berukuran kecil yang sengaja dipasang di lahan berpetak-petak bak kebun bunga berwarna-warni.

Saat datang ke sana, kamu akan menyaksikan lautan kincir angin berwarna-warni yang berputar dengan indahnya setiap saat oleh hembusan angin yang selalu datang silih berganti.

Jam Buka

Taman Kitiran yang satu ini beroperasi mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Tapi siap-siap galau ya! Karena taman wisata ini konon hanya dibuka pada weekday saja, yakni mulai hari Senin sampai Kamis.

Harga Tiket Masuk Terbaru 2024

Untuk menyaksikan taman kincir angin yang indah itu, kamu tak perlu merogok kocek terlalu dalam kok! Hanya dengan Rp 10.000 saja kamu sudah bisa sepuasnya mengeksplor kincir-kincir itu.

Fasilitas Bumi Kitiran

Berdiri di atas lahan seluas 6.000 meter persegi, Bumi Kitiran ternyata juga memiliki beragam fasilitas yang akan membuat pengunjung semakin nyaman lho!

Apa saja ragam fasilitas pendukung yang bisa kamu nikmati di sana? Yuk, simak baik-baik berikut ini!

25.000 Kincir Angin Berwarna-warni yang Indah bak Taman Bunga

Bumi Kitiran Batu malangchannel 2 1024x683 1
Fenomena Kincir Angin Berwarna-warni yang Dipasang Berpetak-petak Bak Kebun Bunga.

Saat memasuki taman wisata, kamu akan disambut langsung oleh ribuan kincir angin berwarna-warni yang menari-nari indah di sela-sela hembusan angin yang bertebaran.

Tak tanggung-tanggung, ada sekitar 25 ribu kincir angin yang terpasang rapi di sana. Cara penataannya pun juga sangat indah karena sengaja disusun berdasarkan warna dengan lahan berpetak-petak yang menjadi pijakannya.

Bak taman bunga yang sedang bermekaran, dari kejauhan akan nampak kincir-kincir yang berwarna-warni dan berbaris rapi layaknya taman bunga berwarna-warni yang biasa kamu lihat di beberapa taman bunga.

Lantas, bagaimana jika terkena panas atau saat hujan tiba? Jangan khawatir, karena kincir-kincir lucu itu terbuat dari bahan decosit yang memang tahan panas dan tidak akan rusak meskipun terkena guyuran air hujan. Sangat menakjubkan bukan?

Spot Foto Instagenic

Bumi Kitiran Batu 758x483 1
Berswafoto di Mana Saja Pasti Terlihat Apik dan Instagenic!

Tentu saja, dengan keindahan taman kincir angin berwarna-warni bak taman bunga yang memenuhi lahan cukup luas itu, akan nampak sangat indah jika kamu abadikan dalam bingkai foto yang eksotis.

Kamu bisa berpose di sisi mana saja yang kamu inginkan, karena setiap sudut kawasan tersebut dipenuhi dengan kincir angin ataupun kitiran yang indah dengan beragam warna.

Gezebo

Sebuah taman tak akan lengkap rasanya jika tanpa tempat bersinggah ataupun gazebo sebagai tempat bersandar untuk melepas lelah.

Jangan khawatir! Karena di beberapa sudut Bumi Kitiran kamu akan menemukan gazebo-gazebo yang nyaman untuk kamu bersantai ria sambil menikmati panorama indah taman kitiran.

Kedai Makanan

Sembari jalan-jalan santai di tengah indahnya taman kincir angin, kamu juga bisa mencicipi ragam kuliner yang ada di sana.

Di sekitar lokasi wisata terdapat beberapa kedai yang menyediakan aneka menu makanan lezat. Mulai dari makanan ringan hingga berat pun ada di sana. Untuk harga? Jangan risau, karena harga tiap menunya cukup terjangkau dan dijamin tidak akan membuat kantong kamu jebol.

Toilet Umum

Tak jauh berbeda dengan tempat wisata pada umumnya, di taman kitiran yang satu ini kamu juga akan menemukan beberapa toilet ataupun kamar mandi yang cukup bersih dan nyaman.

Jadi, kamu bisa dengan tenang menghabiskan liburanmu di sana bersama keluarga tercinta meskipun seharian penuh.

Tempat Parkir

Dengan lahan yang cukup luas, Bumi Kitiran juga menyediakan tempat parkir yang cukup luas baik untuk menampung kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Tarif parkirnya pun juga tak jauh berbeda dengan tempat wisata yang lainnya, yakni 2.000 rupiah untuk kendaraan roda 2, serta 5.000 rupiah saja untuk kendaraan roda 4.

Demikian sedikit gambaran tentang Bumi Kitiran beserta segala fasilitasnya yang bisa kamu jadikan acuan sebelum berangkat ke sana.

Namun untuk harga tiketnya sewaktu-waktu bisa berubah ya! Tergantung dari anemo para pengunjung serta kebijakan dari otoritas setempat.

Namun sebelum berangkat, pastikan dulu kondisi badan serta kendaraan kamu dalam keadaan yang prima. Mengingat Kota Batu memang terkenal akan udaranya yang sangat sejuk bahkan cenderung dingin.

Jadi, jangan lupa bawa baju hangat juga ya! Yuk, segera ajak keluarga ataupun kerabat tercinta untuk menjelajahi eksotisme taman kitiran yang menakjubkan itu.

Kapan lagi kamu bisa mengunjungi tempat wisata yang jarang ada bahkan satu-satunya di Indonesia yang menjadikan kincir angin sebagai wahana utamanya?! Selamat bertamasya!

Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments