big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Bukit Asah Bali, Wisata dengan Pesona Laut yang Spektakuler

Bukit Asah Bali

Bukit Asah adalah salah satu wisata populer yang ada di Bali, tepatnya di Karangasem. Tempat yang berupa bukit ini menyuguhkan view laut yang spektakuler dan suasana yang menenangkan. Wisata Bali yang satu ini juga memungkinkan kamu untuk menikmati panorama laut biru, pulau kecil dan bukit hijau dari ketingian.

Lalu seperti apa sebenarnya keindahan yang ada di tempat wisata ini? Sebelum membahas lebih lanjut maka ada baiknya kamu berkenalan dulu dengan bukit indah nan mempesona yang satu ini!

Berkenalan dengan Bukit Asah

Bali Bukit Asah
Instagram.com/bitha_chan

Bukit Asah berada pada ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut sehingga memiliki view laut yang spektakuler. Namanya sendiri berasal dari kata “asah,” yang menggambarkan kemiripannya dengan batu asah untuk mengasah pisau dan alat-alat tajam lainnya.

Keunikan bukit ini tidak hanya terletak pada namanya, tetapi juga pada perjalanan panjangnya menuju transformasi menjadi destinasi wisata yang menarik. Dahulu, Bukit Asah adalah kawasan sepi yang jarang dijamah wisatawan.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, tempat ini telah memenangkan popularitas sebagai destinasi wisata romantis di Karangasem, bersaing dengan kepopuleran Virgin Beach. Perubahan ini tidak terjadi begitu saja, melainkan melalui proses panjang yang membentuk tempat ini menjadi surga bagi para pencinta alam dan petualang.

Banyak pengunjung yang terpesona datang ke Bukit Asah untuk menikmati pesona alamnya, terutama ketika matahari terbit atau terbenam. Selain para wisatawan Bukit Asah juga menjadi tempat favorit bagi para pendaki tenda yang merindukan malam yang tenang dengan pemandangan menghadap laut serta keindahan pantai di Bali, dan menikmati keindahan esok harinya di puncak bukit ini.

Lokasi Bukit Asah

Wisata Bukit Asah terletak di Desa Bugbug, sebuah wilayah yang masuk dalam administrasi Kabupaten Karangasem, Bali. Desa ini menjadi bagian dari kawasan wisata Candidasa yang terkenal dengan pantainya yang eksotis, seperti Pantai Virgin, Pantai Pasir Putih, Pantai Blue Lagoon, dan Pantai Bias Tugel.

Jarak tempuh dari Denpasar ke lokasi ini sekitar 80 kilometer atau memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Akses menuju bukit ini dapat ditempuh melalui Jalan Raya Candidasa, kemudian berbelok ke arah Timur menuju Desa Bugbug. Petunjuk arah yang jelas dapat diikuti sepanjang jalan atau mengikuti petunjuk arah Google Maps.

Jam Operasional Bukit Asah

Bukit Asah Desa Bugbug beroperasional setiap hari selama 24 jam, tetapi suasana cenderung ramai antara pukul 06.00 hingga 18.00 WITA. Khususnya, kunjungan mencapai puncaknya menjelang matahari terbenam, menambah keindahan momen tersebut.

Untuk pengalaman terbaik, direkomendasikan untuk datang lebih awal agar bisa menemukan tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam di bukit ini. Alternatif lain yang menarik adalah bermalam di area kemping yang disediakan dengan mendirikan tenda.

Selama perjalanan, jangan lupa membawa bekal, termasuk makanan ringan yang bisa kamu dapatkan di pusat oleh-oleh Bali terdekat jika memang berencana menghabiskan malam di sini.

Harga Tiket Masuk ke Bukit Asah

Berikut adalah informasi mengenai harga tiket masuk ke Bukit Asah Bali, termasuk tarif parkir yang berlaku untuk pengunjung yang membawa kendaraan ke destinasi ini:

  • Tiket Masuk: Rp15.000,00 per orang
  • Parkir Sepeda Motor: Rp2.000,00
  • Parkir Mobil: Rp5.000,00

Selain biaya-biaya di atas, ada kemungkinan terdapat biaya tambahan lainnya, tergantung pada kegiatan yang kamu pilih untuk dilakukan. Sebagai contoh, biaya untuk menikmati hidangan lezat dari warung kuliner Bali yang terjangkau di lokasi wisata ini mungkin akan menjadi salah satu pertimbangan tambahan.

Daya Tarik Bukit Asah

Inilah beberapa daya tarik Bukit Asah yang tak boleh siap memikat kamu dan tentu saja tak boleh dilewatkan begitu saja:

Pemandangan Laut yang Indah Dari Perbukitan Hijau

Bali Bukit Asah 1
Instagram.com/arsanature

Bali memang dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa, termasuk lautan, pantai, gunung, dan bukit-bukit yang mempesona. Salah satunya adalah Bukit Asah, yang menawarkan pengalaman unik dalam menikmati panorama laut Karangasem.

Dari puncak bukit ini kamu dapat menyaksikan keindahan luasnya lautan yang membentang biru dan transparan, dihiasi oleh formasi batu karang yang membentuk bukit pada beberapa titik. Bukit Asah dikelilingi oleh dua tebing tinggi yang menciptakan pemandangan menakjubkan ke arah laut yang biru.

Selain itu, area bukitnya sendiri diselimuti oleh rerumputan hijau yang teratur dan pepohonan yang tumbuh rapat, memberikan suasana yang nyaman dan teduh. Bersenang-senang di Bukit Asah pada siang hari memberikan ketenangan tersendiri.

Menikmati pemandangan dengan suasana yang tenang, disertai hembusan angin sepoi-sepoi, membuat pengunjung merasa damai. Banyak wisatawan datang ke sini untuk mengabadikan momen melalui foto-foto indah atau hanya bersantai menikmati ketenangan. Bahkan, beberapa di antaranya membawa beanbag untuk menambah kenyamanan saat bersantai.

Kegiatan Camping di Bukit Asah

Bukit Asah Bali
Instagram.com/sane_bwi

Bukit Asah menjadi destinasi yang sangat cocok untuk menggelar acara camping, dimana banyak wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara, yang antusias mendirikan tenda di sini. Melalui pengalaman berkemah, mereka dapat menikmati beragam suasana dan pemandangan yang berubah seiring berjalannya waktu.

Bagi wisatawan yang tidak membawa perlengkapan camping, Bukit Asah menyediakan layanan persewaan tenda. Terdapat sekitar 20 tenda sewaan dengan variasi ukuran yang disesuaikan dengan kapasitas masing-masing tenda.

Oleh karenanya tarif camping di Bukit Asah Karangasem dapat bervariasi tergantung pada pilihan tenda, lokasi berkemah dan fasilitas yang ingin kamu nikmati. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimak daftarnya di bawah ini:

  • Biaya sewa tenda besar: Rp 300.000.
  • Biaya sewa tenda sedang: Rp 150.000.
  • Tenda VIP (kapasitas hingga 6 orang): Tambahan Rp 20.000 per orang.
  • Paket Tenda VIP: Rp 340.000 per malam (termasuk tenda berukuran besar dan dua unit).

Biaya tambahan berlaku jika kamu membutuhkan extra bed.Setiap tenda dilengkapi dengan alas tidur berbahan busa yang nyaman. Selain itu, terdapat lampu taman dan soket listrik di depan setiap tenda.

Kebersihan juga menjadi prioritas, dengan tersedianya toilet yang bersih untuk kenyamanan para wisatawan. Pastikan untuk menghubungi manajemen atau penyedia layanan camping di Bukit Asah Karangasem untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan terkini tentang tarif camping

Keindahan Pemandangan Sunrise yang Luar Biasa

wisata bukit asah
Instagram.com/rivaldowalintukan

Apabila wisatawan memilih untuk berkemah di destinasi ini, mereka akan dapat dengan bebas menikmati keindahan sunrise atau matahari terbit yang luar biasa. Di pagi hari, pesona matahari yang muncul di balik tebing tinggi bisa disaksikan secara langsung.

Warna keemasannya secara perlahan menyinari bumi, mengubah kegelapan menjadi terang, dan akhirnya menciptakan panorama biru yang cerah. Moment inilah yang sangat tepat untuk mengabadikan keindahan matahari terbit.

Wisatawan dapat mengambil foto dengan teknik siluet yang artistik atau mencoba berbagai gaya unik dengan memanfaatkan bayangan yang tercipta. Semua ini semakin memukau dengan udara pagi yang segar dan sejuk, menciptakan suasana romantis yang tak terlupakan. Pastikan untuk membawa jaket guna melindungi diri dari kesejukan udara pagi yang menyertainya.

Pemandangan Sunset di Sore Hari

Beautiful moment
Instagram.com/itaminyoongi

Pada senja hari sebelum malam tiba, disarankan untuk tinggal sejenak agar bisa menikmati pemandangan sunset. Kamu dapat menikmati kecantikan pemandangan matahari terbenam dengan duduk di atas rerumputan, menyaksikan matahari yang perlahan memudar ke cakrawala.

Matahari ini turun ke tempat peristirahatannya setelah bersinar terang sepanjang hari. Momennya penuh romantika, dengan suasana yang redup perlahan meninggalkan jejak warna oranye keemasan di sekitar ini tentunya sayang untuk dilewatkan.

Kamu akan menyaksikan pemandangan bukit, laut, dan langit, semuanya berubah menjadi warna oranye yang memukau. Seiring dengan matahari yang sempurna tenggelam akan menciptakan kesan seolah-olah tenggelam dalam lautan yang tenang.

Suasana Malam di Bukit Asah

Area di sekitar Bukit Asah tetap mempertahankan keaslian alamnya, masih terlindungi dari cahaya lampu dan kebisingan kendaraan yang seringkali menghiasi kawasan perkotaan. Oleh karena itu saat malam tiba kamu dapat menikmati keindahan langit berbintang yang bersinar begitu jelas.

Pemandangan langit malam yang dipenuhi gemerlap jutaan bintang menjadi daya tarik istimewa di bukit ini. Tidak hanya itu, untuk menyemarakkan suasana malam, pengelola juga menyediakan kayu bakar untuk membuat api unggun.

Dengan begitu kamu berkesempatan membawa bekal atau makanan yang bisa dipanggang dan mengadakan pesta barbeque, memanggang jagung, atau aktivitas seru lainnya. Jadi liburanmu di bukit Asah akan makin seru dan bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Mencoba Paragliding

Bagi yang menginginkan sensasi menantang adrenalin, dapat mencoba pengalaman seru dengan paragliding. Dari puncak bukit kamu akan melayang dengan parasut menuju ke arah pantai. Apabila belum pernah mencoba kegiatan ini tak perlu khawati karena kamu akan didampingi instruktur berpengalaman sehingga keamanan akan terjamin.

Selain menyajikan pengalaman terbang yang mendebarkan, tentu saja akan disuguhi pemandangan luar biasa sepanjang perjalanan. Lautan dan pantai yang memikat, serta perbukitan hijau yang membentang di bawah, akan menjadi bagian tak terlupakan dari petualangan ini.

Di samping daya tarik yang telah disebutkan diatas bagi para pecinta kuliner Bali, di sekitar bukit ini terdapat sejumlah warung wisata sederhana yang menawarkan beragam makanan ringan dan minuman, serta berbagai opsi menu makanan khas Bali yang lezat dan terjangkau secara halal yang bisa dicoba.

Diving

Bagi pengunjung yang menginginkan pengalaman adrenalin dan tantangan, menjelajah ke pantai tidak hanya sebatas menikmati pemandangan dan hembusan angin laut yang menyegarkan saja. Lebih dari itu ada kegiatan diving yang bisa dicoba

Oleh karena itu, di Bukit Asah, tersedia fasilitas diving atau penyelaman untuk memuaskan keinginan para penggemar olahraga air. Harganya pun sangat terjangkau, hampir setara dengan tarif diving di destinasi lain di wilayah Bali.

Berselancar di Pantai Virgin atau Perasi

Selain merasakan sensasi diving atau menikmati kecantikan pantai saat matahari terbenam atau terbit, para pengunjung juga dapat merasakan keseruan olahraga selancar. Kegiatan ini dapat dinikmati di sekitar Pantai Virgin atau Perasi

Tempat yang tidak hanya menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan, tetapi juga mempesona dengan pasir putihnya yang bersih. Untuk mencapai lokasi ini, disarankan bagi pengunjung untuk mengambil jalur ke kiri setelah memasuki gerbang area wisata Bukit Asah.

Di sana, akan terlihat tebing rendah, dan di bawahnya terbentang Pantai Virgin. Fasilitas sewa alat selancar juga telah disediakan untuk kenyamanan para pengunjung.

Sewa Tempat untuk Foto Prewedding

Prewed Bukit asah
Instagram.com/bukitasahbali

Bagi pasangan muda yang sedang merencanakan foto prewedding, Bukit Asah menawarkan pilihan yang sangat menarik. Pengelola wisata juga menyediakan layanan sewa tempat untuk sesi foto prewedding.

Kabarnya dari segi harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Ini tentu menjadi alternatif yang menarik jika dibandingkan dengan destinasi populer seperti Taman Nusa Gianyar dan Taman Bunga Marigold yang telah lebih dulu terkenal.

Daya tarik yang ditawarkan di atas tentunya cukup untuk menjadi alasan kenapa kamu harus mencoba liburan ke Bukit Asah.

Fasilitas yang Ada di Bukit Asah

Selain menikmati beragam daya tariknya, pengunjung juga dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh manajemen wisata bukit ini. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Area parkir kendaraan yang terletak di kaki bukit.
  • Tenda-tenda sewaan yang nyaman, bersih, dan dilengkapi dengan perlengkapan pendukung.
  • Toilet dan kamar mandi yang tersedia di area dasar bukit.
  • Bangku-bangku untuk duduk dan bersantai.
  • Jeep untuk tour ke area sekitar bukit.
  • Warung-warung wisata yang menyajikan makanan ringan, minuman, serta berbagai pilihan menu makanan berat.

Itulah beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung selama mengunjungi Bukit Asah, sebuah destinasi indah di Karangasem, Bali.

Tips Liburan ke Bukit Asah

Berikut adalah beberapa tips dan saran untuk membuat liburan di Bukit Asah Karangasem lebih memuaskan:

1. Pilih waktu yang tepat: Untuk menikmati pesona matahari terbit atau terbenam, pastikan kamu datang pada waktu yang tepat.

2. Persiapkan perlengkapan yang sesuai: Pastikan kamu membawa perlengkapan yang sesuai dengan kegiatan di Bukit Asah, seperti kacamata hitam, topi, dan alas kaki yang nyaman.

3. Jagalah kebersihan: Selalu jagalah kebersihan dan berkontribusi pada pelestarian alam sekitar Bukit Asah.

Bukit Asah adalah destinasi di Bali yang memiliki view laut yang spektakuler. Tak hanya itu saja wisata ini juga sangat mempesona dengan keindahan alam dan kekayaan budayanya. Dari panorama matahari terbit di puncak bukit hingga keelokan dunia bawah lautnya, tempat ini menawarkan pengalaman yang memikat untuk berbagai jenis wisatawan.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments