Budug Asu, Surga Tersembunyi di Lereng Gunung Arjuna Malang

Budug Asu Malang

Lokasi: Gunungrejo, Singhasari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Rute ke Budug Asu Malang
Tiket Masuk: Rp 10.000 per orang.
Jam Buka: 07:00-17:00

Budug Asu Malang – Ketika mendengar kata “Kota Malang” di timur pulau Jawa, hal apa yang terlintas di pikiran kalian? Kalau pikiran saya sendiri langsung menerawang jauh ke sebuah kota sejuk dengan kekayaan bangunan-bangunan peninggalan sejarah kolonial dan tempat-tempat wisata nan eksotis.

Tempat-tempat wisata yang sudah sangat terkenal di daerah Malang sebut saja Gunung Bromo, kawasan wisata Batu, pulau sempu, dan masih banyak lagi. Namun ada satu tempat wisata Malang kekinian yang belum begitu banyak orang tahu yaitu Budug Asu.

1. Budug Asu, Hidden Gem yang lagi ngehits

Ketika ditanya tentang kata Budug Asu, mungkin belum begitu banyak orang yang tahu atau bahkan masih terdengar asing di telinga. Dengan akses jalan yang terbilang sangat sulit dengan kondisi tanah yang licin, berkubang lumpur dan berbatu, tidak heran jika Hidden Gem di Malang ini awalnya hanya diketahui oleh kalangan pecinta motorcross dan offroader.

Dengan tantangan yang memacu adrenalin. Namun sekarang dengan makin banyaknya pengunjung yang datang ke tempat ini, menjadikan Budug Asu wisata ngehits yang wajib dikunjungi terutama buat kalian pemburu keindahan alam.

Budug Asu adalah bukit yang terletak di lereng gunung Arjuna. Kalian akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dengan latar belakang gunung Arjuna yang megah dan hamparan sabana hijau yang memanjakan mata.

Di sebelah barat terdapat kebun teh hijau yang menyerupai hamparan karpet raksasa. Tak hanya itu, disini juga terdapat gardu pandang yang ikonik karena berbentuk kepala srigala dan menjadi spot wajib untuk berfoto selfie atau sekedar menikmati keindahan Budug Asu dengan sudut pandang 360 derajat.

Wisata Menarik Lainnya :  Pesona Tebing Breksi Jogja - Cek Tiket Masuknya 2022

Berada di ketinggian 2000 mdpl membuat suhu di Budug Asu begitu sejuk dan sangat cocok buat kalian pecinta alam yang menjadikan alam sebagai tempat yang tepat untuk relaksasi, healing ataupun menikmati dan mengagumi indahnya ciptaan Tuhan.

2. Perjalanan ke Budug Asu

Keindahan Budug Asu Malang
Keindahan Budug Asu Malang

Belum ada fasilitas transportasi umum yang tersedia untuk menjangkau lokasi Budug Asu, so kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua ataupun roda empat dan akses kendaraan pun hanya bisa sampai kebun teh Wonosari Lawang.

Diperlukan stamina yang prima dan pastinya memakai perlengkapan yang sesuai dan membawa perbekalan yang cukup karena dari tempat parkir kendaraan Wonosari Lawang kalian masih harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dengan berjalan kaki menuju lokasi.

Sepanjang perjalanan kalian akan disuguhi pemandangan hutan pinus, kebun kopi dan kebun teh yang memanjakan mata sehingga perjalanan yang melelahkan pun akan terasa menyenangkan.

Setibanya di Budug Asu, perjuangan 2 jam perjalanan kalian akan terbayarkan dengan suguhan pemandangan yang akan membuat kalian tidak henti-hentinya berdecak kagum atas indahnya karya Agung sang Pencipta yang tersaji di depan mata.

Hal yang cukup penting juga, kalian jangan sungkan menanyakan informasi yang lengkap tentang arah berangkat dan pulang dan juga kondisi menuju Budug Asu kepada petugas yang berjaga di tempat parkir atau di loket terlebih lagi jika kalian semua adalah first timer yang belum pernah sama sekali berkunjung ke tempat ini.

3. Fasilitas dan Aktifitas di Budug Asu

Jangan khawatir guys, di puncak bukit sudah tersedia sarana fasilitas umum yaitu toilet dan juga warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman. Tapi guys, saya sarankan kalian membawa perbekalan sendiri untuk mengantisipasi jika warung-warung yang tersedia tidak beroperasi terutama jika kalian berkunjung kesini di weekdays atau bukan di hari sabtu dan minggu.

Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa menikmati wahana-wahana yang tersedia seperti rock climbing dan canyoning yang sangat menantang dan memacu adrenalin dimana kalian bisa melewati tebing dengan bantuan sling baja di atasnya.

Wisata Menarik Lainnya :  Keren! Inilah 6 Tempat Wisata Indonesia Yang Mirip Luar Negeri

Kalian tidak perlu khawatir jika kalian ingin mencoba wahana-wahana tersebut, karena aktifitas tersebut sudah menggunakan standar prosedur keselamatan yang baik. Hanya saja wahana tersebut mungkin kurang cocok untuk kalian yang mempunyai masalah akrofobia atau takut dengan ketinggian.

Aktifitas lain yang bisa kalian lakukan di Budug Asu adalah camping, karena disini juga sudah tersedia camping ground. Kalian akan disuguhi pemandangan alam dan atmosfir yang mengagumkan terutama di pagi hari, perpaduan sketsa alam, sinar matahari dan secangkir kopi.

4. Harga Tiket Masuk dan Parkir Kendaraan Budug Asu

Tiket Masuk : Rp. 10.000,-/orang.
Parkir Kendaraan Roda 2 : Rp. 2.000,-.
Parkir Kendaraan Roda 4 : Rp. 5.000,-.

Kami rasa merupakan harga yang cukup murah untuk menikmati keindahan alam yang disajikan serta kenikmatan mendaki yang luar biasa.

Rate this post
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.
Avatar for Setapak Langkah
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...