Curug Bayan, Air Terjun Eksotis Dengan Kesegaran Air Pegunungan Khas Banyumas

Air Terjun Curug Bayan

Menceburkan diri ke dalam kolam akan terasa menyegarkan ketika sedang menghadapi musim kemarau. Apalagi beberapa bulan yang akan datang suhu panas di Indonesia meningkat drastis. Maka tak heran jika banyak orang berbondong-bondong mendatangi wisata pemandian.

Contohnya wisata air terjun Curug Bayan di Kabupaten Banyumas. Air terjun yang menyegarkan dengan keindahan alam yang asri akan menambah daftar wisata Banyumas lebih mengasikkan.

Sejarah Curug Bayan

Buat kamu yang berdomisili di Kabupaten Banyumas pasti tidak asing dengan Curug Bayan. Wisata alam berupa air terjun ini memiliki aliran air yang super jernih. Ditambah lagi dengan pemandangan alam di sekitarnya yang sungguh memanjakan mata. Dikarenakan keindahannya, wisata ini masuk ke dalam jajaran destinasi populer di Jawa Tengah.

Di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara saja namanya kian harum. Memang tak perlu diragukan lagi bahwasanya kawasan Baturraden memiliki pesona alam yang begitu memukau. Salah satunya tidak lain adalah Curug Bayan ini. Destinasi murah meriah yang dilengkapi berbagai macam fasilitas memadai.

Sebenarnya wisata ini sudah lama ada. Namun baru dikenal luas oleh masyarakat semenjak ada media sosial. Sangking banyaknya postingan yang beredar mengakibatkan beberapa orang penasaran dan ingin datang ke sana. Alhasil, jumlah kunjungan meningkat dan namanya kian naik daun setiap harinya.

Deretan pepohonan dan tanaman hijau menghiasi tepi Curug Bayan. Keberadaannya memberikan kesan natural kepada siapa saja yang melihatnya. Tentu hal tersebut semakin menambah pesona keindahan alamnya. Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sana. Untuk penjelasan lengkapnya bisa kamu simak pada sub bab berikut.

Ragam Aktivitas di Curug Bayan

Dari semua daerah di Banyumas, hanya kawasan Baturraden saja yang mencuri perhatian wisatawan. Hamparan pemandangan hijau dengan udara sejuk menjadi ciri khas utamanya. Tak heran jika suasananya masih alami karena lokasinya memang berada di sekitar lereng Gunung Slamet. Dan karena inilah wisatawan rela datang jauh-jauh ke sana.

Ketika weekend atau hari libur tiba kondisinya padat pengunjung. Banyak wisatawan luar Banyumas berdatangan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Ada yang datang seorang diri dan ada juga yang rombongan. Salah satu destinasi wisata yang menjadi tujuan mereka adalah Curug Bayan.

Di sana wisatawan bisa menyegarkan diri sepuasnya. Airnya yang masih alami benar-benar menarik minat wisatawan. Dikarenakan daerah Purwokerto dan sekitarnya tidak ada wisata pantai, maka pelariannya ya pergi ke air terjun. Di sana banyak aktivitas seru yang menunggu kamu. Diantaranya sebagai berikut.

Duduk Santai

20231230 140001
Sumber : Google Maps/ACHMAD SAPUTRA

Kalau kamu tengah dilanda stres berat, cobalah healing ke Curug Bayan. Akan tetapi jangan datang pas kondisinya lagi ramai. Tetapi pilihlah hari yang tidak terlalu banyak pengunjung. Misalnya hari Senin sampai dengan Jumat. Biasanya pas hari kerja kondisinya sepi dan kamu bisa bersantai dengan tenang.

Lokasinya yang jauh dari pemukiman penduduk memang sangat pas. Khususnya buat kamu yang ingin mencari ketenangan seorang diri. Sewaktu perjalanan menuju lokasinya, kamu akan disuguhkan deretan pepohonan rindang di tepi jalan. Nuansanya seolah-olah kamu tengah berada di hutan belantara.

Begitu sampai akan terdengar suara gemericik air dari kejauhan. Semakin mendekat kamu akan dikejutkan dengan penampakan air terjun yang hanya berukuran kurang dari 7 meter. Meskipun tidak tinggi tetapi pesonanya tak kalah jauh dengan wisata air terjun lainnya di Indonesia.

Duduk santai di tepi air terjun sambil memandangi kejernihan airnya secara tidak langsung mampu menghilangkan stres seketika. Airnya yang sebening kristal membuat siapapun bisa melihat pemandangan dasar kolamnya. Di mana tampak berbatuan hitam memenuhi keseluruhan dasar kolam dengan ketinggian air mencapai 2 – 5 meter.

Menginap di Vila

DSC 0970
Sumber : Google Maps/Dede Anto Sapnudin

Ingin menikmati keindahan Curug Bayan lebih lama? Jika iya, kamu bisa menginap selama beberapa malam di vila Bayan Village Baturraden. Lokasinya tidak jauh dari tempat wisata. Posisinya berada persis di bawah air terjun. Dari vila ini pemandangan air terjun tampak menakjubkan.

Ketika para pengunjung membuka jendela, view air terjun langsung terlihat. Ada pula pepohonan dan tanaman hijau di sekitarnya. Kesegaran air kolam berpadu dengan kesejukan udara di pagi hari serasa membawa aura positif bagi wisatawan yang menginap di vila.

Bentuk vila di sini sangat unik dan berbeda. Mengusung konsep rumah panggung dengan kayu sebagai bahan utamanya. Vila ini dibangun menjadi dua tingkatan. Akan tetapi jika diperhatikan tampak tiga tingkatan karena bagian bawahnya yang merupakan tiang penyangga.

Pada tingkatan pertama biasa digunakan pengunjung sebagai tempat berkumpul. Ruangannya dibuat terbuka dengan pagar kayu mengelilinginya. Sementara untuk ruangan menginap ada di tingkatan kedua. Di sana terdapat kamar yang dilengkapi berbagai macam fasilitas super lengkap.

Berenang di Curug Bayan

DSC 0059
Sumber : Google Maps/Dinporabudpar Banyumas

Liburan ke Curug Bayan belum lengkap rasanya jika tidak berenang di kolamnya. Menikmati kesegaran air pegunungan alami pasti terasa menyejukkan. Apalagi kalau cuaca sedang panas-panasnya. Guyuran air ke tubuh bagaikan oase yang memberikan kenikmatan surgawi.

Sayangnya di sana tidak ada tempat persewaan ban. Jadi bagi yang tidak bisa berenang terpaksa membawa ban sendiri dari rumah. Memang sedikit merepotkan, yang terpenting kamu bisa bersenang-senang bersama teman atau keluarga.

Hunting Foto

2020 11 08
Sumber : Google Maps/Tintoon Toon

Alam yang hijau bertaburan tanaman dan pepohonan di sekitar Curug Bayan sangat cocok dijadikan background foto. Mengabadikan setiap momen liburan adalah hal wajib dan tak boleh kamu lewatkan. Sayang bukan jika pemandangan indah Curug Bayan tidak terabadikan dalam jepretan kamera?

View Curug Bayan merupakan spot favorit pengunjung ketika ingin berswa foto. Meskipun ukurannya mungil, tetap terlihat bagus di kamera. Kamu tinggal menentukan angel yang sesuai agar hasil fotonya kelihatan bagus. Usahakan air terjunnya terlihat secara keseluruhan.

Selain itu ada juga spot panggung kayu yang lokasinya tidak jauh dari air terjun. Spot ini sering dijadikan tempat berswa foto bagi dua pasang sejoli. Dikarenakan memang panggung tersebut hanya muat untuk dua orang saja. Semisal antriannya panjang kamu bisa menunggu dengan berfoto di spot berbatuan dekat air terjun.

Harga Tiket Masuk

Curug Bayan termasuk destinasi murah meriah karena harga tiketnya benar-benar terjangkau. Cukup dengan merogoh kocek Rp15.000 sudah bisa menikmati fasilitas di dalamnya. Akan tetapi itu belum termasuk sewa penginapan dan biaya parkir.

Jam Buka

Wisatawan bisa datang ke Curug Bayan di hari apapun. Entah itu tanggal merah sekalipun. Hal ini dikarenakan pihak pengelola membuka tempat wisatanya setiap hari. Untuk jam operasional mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Khusus pengunjung yang menginap dibuka selama 24 jam nonstop.

Fasilitas Umum

Meskipun lokasi Curug Bayan jauh dari pemukiman, tetapi penyediaan fasilitas umumnya sangatlah memadai. Pihak pengelola berusaha memberikan yang terbaik demi kenyamanan pengunjung selama liburan. Berikut daftar fasilitasnya :

  • Area parkir
  • Bayan resto
  • Mushola
  • Toilet umum
  • Saung

Tips Berkunjung

Berikut beberapa tips penting yang mungkin bermanfaat buat kamu jika ingin liburan ke Curug Bayan.

  1. Paling seru mengunjungi Curug Bayan saat musim kemarau.
  2. Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman agar memudahkan dalam beraktivitas.
  3. Semisal kamu berencana berenang di Curug Bayan, jangan lupa membawa peralatan mandi dan baju ganti.
  4. Ketika berada di lokasi wisatanya selalu berhati-hati dan taati peraturan yang berlaku.
  5. Jagalah kebersihan lingkungan sekitar dan jangan meninggalkan sampah berserakan.

Curug Bayan sudah menjadi tempat wisata andalan di Jawa Tengah sekarang ini. Agar namanya kian dikenal hingga ke mancanegara, jangan lupa membagikan informasi berharga ini ke media sosial. Secara tidak langsung kamu telah berkontribusi memajukan pariwisata dalam negeri.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments