big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Umbul Brondong, Wisata Pemandian Populer di Klaten yang Jarang Sepi Pengunjung

Umbul Brondong Klaten

Satu lagi destinasi alam menarik di wisata Klaten yang sayang jika kamu lewatkan adalah Umbul Brondong. Namanya memang unik, tetapi ini bukanlah tempat yang angker. Melainkan wisata pemandian yang terkenal akan kemurnian dan kejernihan air di kolam renang alaminya.

Alamat : Ngrundul, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Rp5.000
Jam buka : 05.00 – 17.00 WIB

Keunikan Umbul Brondong

Umbul Brondong termasuk wisata favorit wisatawan di Klaten yang tak pernah sepi pengunjung. Baik hari biasa maupun akhir pekan kondisinya selalu ramai. Apalagi kalau memasuki libur sekolah sudah pasti jumlah kunjungan meningkat drastis. Utamanya dari kalangan anak-anak sekolah yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarganya.

Dari sekian banyak wisata umbul di Klaten, Umbul Brondong yang berumur paling tua. Keberadaannya sudah ada sejak 20 tahun lalu tetapi baru dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat sekitar tahun 2020. Semenjak saat itu namanya mulai melambung dan menjadi salah satu wisata favorit wisatawan.

Pasti Anda penasaran kenapa nama wisata ini “Umbul Brondong”? Masyarakat sengaja memberikan nama itu karena mata air yang muncul membentuk gumpalan buih-buih seperti hendak memberondong ke atas. Banyak orang liburan di wisata ini karena beberapa keunikan yang dimilikinya berikut.

Air Kolam yang Sangat Jernih

2020 01 18
Sumber : Googlemap/ cyntia wahyu

Umbul Brondong memiliki air kolam yang masih jernih dan alami. Dari dulu sampai sekarang kemurniannya tetap terjaga dengan sensasi kesegaran yang tak pernah berubah. Hal inilah yang membedakan wisata ini dengan tempat pemandian lainnya. Saat berenang di area kolam renangnya kamu pasti akan merasakan kesejukan yang tak biasa.

Kolam renang di Umbul Brondong tidak terlalu dalam. Ketinggian airnya hanya mencapai 1 hingga 1,5 meter. Jadi masih aman digunakan berenang oleh anak-anak kecil. Akan tetapi tetap saja harus mendapatkan pengawasan dari orang dewasa untuk menghindari dari hal-hal tidak dinginkan.

Agar anak-anak lebih aman sebaiknya kegiatan berenangnya menggunakan alat bantu ban pelampung. Dengan begini ayah bunda tak perlu khawatir lagi. Selain berenang, kamu juga bisa berendam atau hanya sekedar bermain air.

Pihak pengelola telah menyediakan dua kolam untuk pengunjung Umbul Brondong. Satu kolam untuk orang dewasa dan lainnya khusus anak-anak. Tepat di kolam anak ada berbagai macam wahana permainan seru seperti perosotan dan ember tumpah. Sambil berenang anak-anak juga bisa bermain ria bersama teman sebayanya.

Spot Foto Unik dan Instagrammeble

2021 03 17
Sumber : Googlemap/ SINGGIH_GENNIO 90z

Tidak hanya air kolam renangnya saja yang memikat para pengunjung untuk datang. Ada juga beberapa spot unik yang tentu saja menjadi salah satu daya tarik utama wisata ini. Misalnya saja area berbatuan pinggir kolam yang sangat cocok dijadikan latar belakang foto. Apalagi kawasan tersebut banyak dikelilingi pepohonan hijau berdaun lebat.

Keindahan langit biru berpadu dengan pesona alam hijau memang hal biasa jika kamu liburan ke wisata alam. Namun ada yang berbeda dari Umbul Brondong. Dimana kamu bisa beswa foto dengan background siluet Gunung Merapi dari kejauhan. Pemandangan langka ini tidak akan kamu jumpai di wisata umbul manapun.

Apabila bosan dengan spot alam, alternatifnya bisa berfoto di area kolam renang. Ambil momen paling berkesan dan tampilkan pose terbaik saat kamu tengah berenang. Jangan lupa pasang mimik wajah ceria dibarengi senyuman manis di bibir kamu.

Ada Gazebo untuk Tempat Bersantai

IMG20201209083745
Sumber : Googlemap/ Aang BendjoL

Selesai dari aktivitas berenang segera bersihkan diri kamu lalu cobalah bersantai di dalam gazebo. Istirahatkan badan sejenak dengan duduk selonjoran sambil menikmati keindahan alam sekitar. Kalau mau lebih nyaman sandarkan punggung kamu ke tiang bambu gazebo tersebut.

Bentuk gazebo di Umbul Brondong benar-benar unik. Hampir keseluruhan bangunannya terbuat dari bahan-bahan alami. Bagian lantai dan tiang penyangga berasal dari pohon bambu. Sedangkan atapnya memanfaatkan dedaunan jerami kering yang sudah berwarna hitam keabu-abuan.

Keberadaan gazebo yang dikelilingi tanaman hijau memanglah tempat terbaik untuk bersantai. Terlebih lagi udara sekitar terasa begitu sejuk dan tidak ada asap kendaraan sama sekali. Siapapun pasti akan merasa betah duduk santai di dalam gazebo dalam waktu lama.

Kolam Tanaman Jembak

Selain kolam renang, Umbul Brondong masih memiliki satu kolam yang tak kalah unik. Kolam tersebut bukan untuk tempat berenang. Tetapi dimanfaatkan sebagai wadah budidaya tanaman selada air oleh pihak pengelola wisata tersebut.

Lokasi kolam tanaman Jembak ini masih satu area dengan kolam renang lainnya. Sayang pengunjung tidak diperbolehkan masuk ke dalam kolam. Kamu hanya bisa mengamati keindahannya dari kejauhan. Hal ini sengaja dilakukan agar tanaman di kolam tersebut terhindar dari tangan-tangan jahil pengunjung yang suka merusak.

Fasilitas Umum

Sebagai penunjang kegiatan liburan para pengunjung, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas umum lengkap dan memadai. Diantara-Nya ada area parkir yang cukup luas. Jika kamu membawakan kendaraan pribadi bisa dititipkan di sana dengan membayar biaya parkir.

Ada pula mushola dan area wudu bagi pengunjung muslim yang ingin menunaikan ibadah shalat. Tempatnya cukup nyaman sehingga kamu bisa berdoa dengan khusyuk. Jika sudah selesai cobalah mampir ke warung makan terdekat.

Di sekitar Umbul Brondong banyak penjual yang menawarkan menu makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Salah satu makanan favorit pengunjung adalah Sego Wiwit. Makanan tradisional khas Klaten yang sangat melegenda.

Tak lupa pihak pengelola juga menyediakan toilet umum terpisah untuk laki-laki dan perempuan. Ada juga kamar bilas yang biasa digunakan pengunjung untuk membersihkan diri setelah selesai dari kegiatan berenang. Tenang saja, jumlahnya cukup banyak sehingga kamu tidak perlu antre lama.

Tips Berkunjung

Kalau kamu ingin liburan ke Umbul Brondong sebaiknya naik kendaraan pribadi saja. Entah itu mengendarai mobil atau sepeda motor supaya lebih cepat sampai. Mengingat angkutan umum yang menuju wisata tersebut sangat susah ditemukan.

Sebelum berangkat pastikan bahan bakarnya sudah terisi penuh. Jangan lupa juga cek kondisi ban dan mesinnya. Semisal ada yang bermasalah segera bawa ke bengkel untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sebisa mungkin kamu jangan bepergian seorang diri. Ajak serta teman, sahabat, atau keluarga agar perjalanan tidak terasa membosankan. Dan kalau ada apa-apa di tengah jalan setidaknya kamu tidak sendirian.

Paling penting bawa barang yang memang kamu butuhkan selama perjalanan. Contohnya seperti baju ganti, perlengkapan mandi, uang tunai, surat-surat kendaraan, atau obat-obatan pribadi. Jangan membawa barang yang tidak perlu agar nantinya kamu tidak keberatan saat menggendong tas.

Saat hendak memasuki kolam lakukan pemanasan singkat. Lalu pilih kolam yang memang sesuai dengan usia kamu. Kalau tidak pandai berenang gunakan bantuan ban pelampung.

Setelah menyimak ulasan tadi apakah kamu tertarik mengunjungi Umbul Brondong di akhir pekan nanti? Jika iya pilihlah hari yang mana matahari tengah bersinar cerah. Kalau musim penghujan biasanya jalanan yang kamu lewati lumayan macet dan butuh waktu tempuh cukup lama.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments