big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Lezatnya Menyantap Hidangan di 5 Warung Makan Klaten Legendaris Berikut Ini!

warung makan Klaten

Kamu hobi kulineran? Jika iya, yuk mampir kulineran di Klaten, Jawa Tengah. Terdapat beberapa warung makan Klaten legendaris yang terkenal akan kelezatan menu makanannya. Rasanya bahkan tak kalah dengan yang ada di restoran bintang lima. Harga satu porsi makanannya juga relatif terjangkau. Jadi kamu tak perlu khawatir isi dompetmu terkuras habis.

Tahu tidak? Ternyata ada sebagian warung makan Klaten itu yang sudah berusia puluhan tahun. Meskipun bentuk bangunannya sederhana, tetapi cita rasa makanannya benar-benar juara. Dimasak menggunakan resep khusus yang diturunkan secara turun temurun membuat menunya memiliki ciri khas tersendiri.

Bahkan ada beberapa menu yang menjadi ikon kuliner di Klaten. Pasti kamu penasaran tentang warung makan Klaten legendaris itu bukan? Tanpa perlu berlama-lama lagi berikut sudah kami buatkan daftar rekomendasi tempatnya buat kamu. Mungkin saja salah satunya ada yang menarik perhatian kamu.

Rekomendasi Warung Makan Klaten Legendaris

Selain mempunyai berbagai macam tempat wisata alam yang memukau, Klaten juga menyuguhkan wisata kuliner dengan warung makan legendarisnya. Tersedia beragam menu makanan dan minuman menggugah selera yang siap memanjakan lidah kamu. Menariknya resep yang digunakan beberapa warung makan Klaten tersebut adalah warisan dari leluhurnya.

Soal rasa tak usah kamu ragukan lagi. Sungguh nikmat dan lezat dicampur olahan bumbu rempah khas Nusantara. Bahkan mungkin kamu tak akan menemukannya di kota manapun. Sebab beberapa makanan itu hanya ada di warung makan Klaten berikut ini.

1. Sate Kambing Kupang

1691026734512
Sumber : Googlle Maps/Suryo

Alamat : Potronangan, Potronaman, Kupang, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Lokasi : Google Maps
Jam buka : 09.30 – 15.30

Pencinta makanan sate mari merapat ke warung makan Klaten legendaris Sate Kambing Kupang. Lokasinya ada di sekitar daerah Kupang, Karangdowo, Kabupaten Klaten. Di sana adalah kawasan pedesaan yang jauh dari pusat kota. Warung makan ini sudah ada sejak zaman penjajahan kolonial Belanda dan masih bertahan sampai sekarang.

Jika biasanya warung sate ada di pinggir jalan raya atau tempat yang penuh keramaian. Lain halnya dengan Sate Kambing Kupang yang lebih memilih area di tengah perkampungan. Jaraknya sekitar 500 meter dari Jalan Raya Juwiring – Korongdowo. Meski begitu kondisinya tetap ramai dan hampir tak pernah sepi pengunjung.

Warung makan ini buka setiap hari mulai dari Pukul 09.30 sampai dengan 15.30 WIB. Dan setiap 40 hari sekali pada hari Jumat legi sang pemilik menutup warungnya. Alasannya tidak lain untuk menghormati dan mengenang hari meninggal leluhurnya.

Sate Kambing Kupang tidak hanya menyajikan makanan sate saja. Ada juga menu lainnya seperti tongseng, gulai, dan tengkleng. Setiap menu makanannya memiliki cita rasa yang khas karena menggunakan resep warisan leluhur. Untuk harganya dibanderol mulai dari Rp25.000 saja.

2. Omah Eyang Resto

1691026888276
Sumber : Google Maps/Omah Eyang Resto

Alamat : Jalan Manisrenggo No. KM. 0,5 Tlogo Lot, Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Lokasi : Google Maps
Jam buka : 09.00 – 21.00 WIB

Omah Eyang Resto adalah warung makan Klaten legendaris yang sudah cukup populer dari dulu. Buat kamu yang kangen masakan nenek di kampung bisa nih datang ke sini bersama teman atau keluarga. Tempatnya cukup luas dan suasananya juga nyaman layaknya rumah sendiri.

Desain interiornya terlihat begitu estetik dan sederhana. Hampir keseluruhan bangunan tersebut menggunakan bahan kayu sebagai fondasi utamanya. Dipadukan dengan lampu gantung model zaman dulu membuat warung makan ini tampak antik.

Banyak pilihan menu makanan rumahan yang bisa kamu pesan. Salah satunya ada sop ikan pindang dengan cita rasa asam yang menyegarkan. Harganya juga murah meriah dan ramah di kantong mahasiswa.

Suasana di sana sangat tenang sehingga cocok juga di jadikan tempat bersantai. Kalau mau membuat acara kumpul-kumpul atau pertemuan keluarga bisa di warung ini saja. Tempatnya luas dan tersedia banyak meja dan kursi. Dijamin kamu akan merasa betah lantaran udara di sekitarnya terasa sejuk dan dipenuhi pepohonan rindang.

3. Rumah Makan Mayar Cawass

1691027060046
Sumber : Google Maps/Sutrisna 652

Alamat : Jalan Ringroad Selatan (By Pass), Klaten Utara, Srogo, Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Lokasi : Google Maps
Jam buka : 08.00 – 20.00 WIB

Apabila kamu tengah berada di sekitaran jalan raya Jogja – Solo jangan lupa mampir ke Rumah Makan Mayar Cawass. Warung makan legendaris di Klaten yang terkenal akan kelezatan makanan tradisionalnya. Bahkan tempat ini menjadi favorit para pengendara untuk mengisi perut sekaligus mengistirahatkan badan di kala rasa lelah mendera.

Menu andalan di warung makan ini ada gudeg ayam dan ayam goreng trancam. Di sini pemilik menggunakan ayam kampung sebagai bahan utama. Tenang saja, dagingnya cukup empuk dan lembut begitu kamu coba satu gigitan. Olahan bumbunya yang meresap ke dalam daging juga semakin menambah kenikmatannya.

Warung makan ini tidak terlalu sulit untuk kamu temukan. Lokasinya yang berada di jalan protokol Jogja – Solo membuat siapapun langsung hafal rutenya. Semisal kamu masih bingung tinggal ikuti saja rute yang ada di aplikasi google maps.

4. Sop Manten Mbah Atmo

1691027221884
Sumber : Google Maps/Sop Manten Mbah Atmo

Alamat : Jalan Raya Delanggu Utara, Pencar Sari, Kepanjen, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Lokasi : Google Maps
Jam buka : 07.30 – 19.30 WIB

Suka makanan sop? Kalau begitu ayo mampir sebentar ke warung makan legendaris bernama Sop Manten Mbah Atmo. Namanya sangat unik sesuai dengan menu makanan andalannya, yaitu sop manten. Makanan tradisional khas Klaten yang di dalamnya berisi jamur putih, wortel, daging ayam, makaroni, dan kentang goreng.

Kenapa dinamakan sop manten? Dikarenakan biasanya makanan ini hanya dihidangkan saat acara pernikahan solo atau Yogyakarta. Sop manten berkuah bening dan gurih ini tidak akan kamu temukan di tempat makan manapun. Hanya ada satu-satunya di warung makan Sop Manten Mbah Atmo.

Harga satu porsinya cukup terjangkau, yaitu Rp10.000 per mangkok. Bagaimana sangat pas di kantong kamu bukan? Kalau mau mencicipinya sebaiknya kamu datang lebih pagi supaya tidak kehabisan. Pemilik selalu membuka warung makan ini setiap hari antara Pukul 07.30 – 19.30 WIB.

5. Warung Nasi Tumpang Lethok Mbak Riyanti

1691027368155
Sumber : Google Maps/Irwan Geospasia

Alamat : Tegaltalang, Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Lokasi : Google Maps
Jam buka : 06.00 – 21.00 WIB

Warung Nasi Tumpang Lethok Mbak Riyanti juga tak kalah enak. Seperti nama warung makan ini, menu utamanya adalah nasi tumpeng dengan lauk pauk yang komplit. Diantara-Nya ada telur, sambal tumpeng, krecek, dan koyor. Semua cita rasa gurih, pedas, dan manis tercampur menjadi satu.

Untuk harga satu porsinya masih cukup terjangkau. Akan tetapi satu orang dengan orang lainnya bisa berbeda tergantung jenis lauk apa yang dipilih. Kisaran harganya antara Rp10.000 – Rp20.000. Jam operasionalnya buka setiap hari dari jam 6 pagi hingga 9 malam.

Ingin segera menikmati kuliner di warung makan legendaris Klaten tadi? Yuk segera buat rencana liburan ke sana bareng teman atau keluarga. Namun, sebelum itu pastikan kamu menyiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin. Agar selama perjalanan semuanya berjalan lancar dan tidak ada hambatan apapun.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments