Umbul Siblarak, Wisata Klaten Terbaru Dengan Konsep Semi Modern yang Eksotis

Umbul Siblarak Klaten

Musim panas yang terik paling enak menghabiskan waktu di dalam kolam renang. Dijamin kesegaran air kolam akan langsung menyejukkan tubuhmu.

Jika ingin merasakan sensasi semacam itu datanglah ke Umbul Siblarak. Salah satu wisata klaten yang mengusung konsep semi modern dengan kolam pemandian alami.

Alamat : Gondang, Jatirejo, Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Rp 8.000
Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB

Aktivitas di Umbul Siblarak

Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa Klaten terkenal dengan wisata umbulnya yang mempesona. Bukan hanya Umbul Ponggok saja yang tengah jadi buah bibir. Ada juga satu lagi umbul lainnya bernama Umbul Siblarak. Kemunculannya begitu menggemparkan masyarakat Klaten.

Bagaimana tidak terkejut, pesona alam di sekitar Umbul Siblarak sangat indah dan menawan. Pasalnya wisata ini banyak dikelilingi pepohonan hijau berdaun lebat dengan fasilitas kolam renang berair jernih. Siapapun yang melihatnya pasti akan merasa takjub pada pandangan pertama.

Setiap harinya kunjungan wisatawan ke tempat ini selalu ramai. Kebanyakan yang datang mempunyai tujuan untuk merasakan kesegaran air kolam alaminya. Selain itu ada juga sebagian pengunjung yang ingin melakukan ragam aktivitas seru berikut ini.

Berenang

1689763841888
Sumber : Googlemap/Atrix Trix

Liburan di Umbul Siblarak jangan lupa mencoba wahana kolam renangnya. Pihak pengelola telah menyediakan dua jenis kolam. Satu untuk orang dewasa dan satu lagi untuk anak-anak. Masing-masing kolam mempunyai ketinggian air berbeda.

Kolam khusus anak-anak hanya setinggi 50 cm. Tergolong masih aman sebagai tempat berenang anak-anak. Sementara itu kolam orang dewasa cukup dalam, yakni setinggi 150 cm. Hampir semua kolam di wisata ini itu buatan.

Kamu tidak usah khawatir, meski buatan tetapi masih masuk kategori kolam alami. Dikarenakan kejernihan airnya memang asli dari sana dan tidak ada campuran kaporit sama sekali.

Kalau kamu tidak mahir berenang gunakan ban pelampung sebagai alat bantu. Untungnya di sana menyediakan tempat sewa. Jadi kamu tidak perlu repot-repot membawa ban dari rumah. Tetapi syaratnya kamu harus membayar biaya sewa dengan harga yang sudah ditentukan oleh pihak pengelola.

Berburu Wisata Kuliner

IMG 20230719 175442
Sumber : Googlemap/Dianysius Ronyarga

Umbul Siblarak tidak hanya terkenal akan kolam airnya yang jernih. Melainkan juga wisata kuliner yang begitu beragam. Wisata ini menyediakan stan khusus buat para pedagang yang ingin berjualan.

Ada banyak macam pilihan menu makanan dan minuman yang dijual. Mulai dari camilan, makanan berat, hingga minuman kekinian. Semua menu tersebut dijual dengan harga yang masih cukup terjangkau.

Akan tetapi jika kamu ingin mencari makan di luar juga tidak masalah. Di sekitar area wisata berdiri warung makan dengan segala menu andalannya yang menggugah selera. Salah satunya ada Opor Bebek Bu Surati yang jaraknya hanya sekitar 1,3 km dari Umbul Siblarak.

Lainnya lagi ada Njanti Garden Resto yang hanya berjarak 1 km saja. Sementara itu yang paling dekat ada Njanti Kopi dengan jarak sekitar 700 m. Warung makan satu ini menjadi primadona wisatawan karena aroma kopinya yang khas.

Camping

1689763902973
Sumber : Googlemap/Bakso Ikhlas

Berikutnya ada aktivitas camping yang bisa membuat kamu lebih dekat dengan alam. Umbul Siblarak mempunyai fasilitas camping ground memadai. Lahan luas dengan sajian pepohonan hijau bak hutan belantara siap memanjakan mata kamu.

Soal tenda tidak usah repot membawa dari rumah. Kamu hanya perlu datang saja karena fasilitas tersebut sudah disediakan oleh pihak pengelola. Biasanya pengunjung yang sering camping di sana adalah segerombolan anak-anak sekolah.

Bermain Outbound

Umbul Siblarak juga menyuguhkan berbagai macam wahana outbound. Sudah pasti di sini adrenalin kamu bakalan diuji. Hal ini unfjk membuktikan seberapa beranikah dirimu dalam menghadapi setiap tantangan yang diberikan.

Bukan hanya anak-anak yang bisa mencoba wahana outbound. Orang dewasa pun juga tak mau kalah. Malahan yang paling sering bermain itu kebanyakan orang dewasa ketimbang anak-anak.

Mencoba Wahana Flying Bur

Ada satu wahana seru di Umbul Siblarak yang menjadi favorit pengunjung. Nama wahananya tidak lain adalah flying bur. Bentuknya mirip flying fox tetapi tempat pendaratannya yang berbeda.

Jika biasanya tempat pendaratan flying fox itu sebuah daratan rendah yang berpijak di atas tanah. Lain halnya dengan flying bur. Kamu akan terjun langsung masuk ke dalam kolam renang.

Pasti sangat seru sekali bisa masuk ke dalam kolam dengan cara tak biasa. Sebuah pengalaman baru yang tak akan mungkin kamu temukan di wisata manapun. Tetapi jika kamu takut ketinggian atau tidak bisa berenang sebaiknya jangan coba-coba melakukannya.

Naik ATV atau Trail

Selesai berenang cobalah mengelilingi area umbul dengan naik ATV. Sebuah motor besar beroda empat dengan bentuk roda agak bergerigi. Nantinya kamu akan diajak melewati medan terjal yang sedikit menantang. Jadi siapkan diri kamu untuk menghadapi setiap lintasan yang tak terduga.

Kalau mau lebih seru lagi kamu bisa mencoba mobil mini trail. Dibandingkan ATV, justru kendaraan satu ini mampu memacu adrenalin kamu. Keberadaan kedua fasilitas kendaraan tersebut secara tidak langsung memudahkan para pengunjung mengelilingi area wisata tanpa perlu lagi berjalan kaki.

Fasilitas Umum

Soal fasilitas umum sudah sangat lengkap dan memadai. Misalnya saja area parkir kendaraan roda dua dan empat. Lahannya tergolong sangat luas hingga bisa menampung banyak kendaraan.

Tak lupa juga ada toilet dan kamar mandi. Pengunjung bisa menggunakan kedua fasilitas tersebut untuk membersihkan diri sehabis berenang. Jumlahnya cukup banyak jadi kamu tidak perlu mengantre lama dengan pengunjung lain.

Ada pula mushola sederhana yang bisa kamu gunakan sebagai tempat ibadah. Kini pengunjung tak perlu lagi mencari masjid di luar area wisata yang mana akan memakan waktu lumayan lama. Disediakan juga beberapa gazebo jika kamu ingin bersantai sejenak sebelum melanjutkan perjalanan pulang.

Tips Berkunjung

Supaya perjalanan kamu semakin berkualitas, buatlah persiapan sebaik mungkin. Seperti menyiapkan barang bawaan yang kamu butuhkan selama liburan. Misalnya baju ganti, perlengkapan mandi, uang tunai, obat-obatan pribadi, dan surat-surat kendaraan.

Satu hal yang terpenting adalah memilih waktu kedatangan. Sebaiknya kamu pergi saat cuaca sedang cerah. Tidak akan ada jalanan macet atau becek yang menghambat selama perjalanan. Kamu pun bisa cepat sampai dan menikmati liburan bersama teman atau keluarga.

Pastikan juga kamu datang dalam kondisi sehat-sehat saja. Sebelum membuat rencana kunjungan jaga kesehatan diri kamu. Semisal dengan rutin olahraga, mengonsumsi makanan bergizi, atau tidur yang cukup.

Ketikan kamu sudah berada di tempat wisata usahakan selalu peraturan yang ada. Jaga selalu kebersihan area sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan. Hindari juga mencoret-coret fasilitas umum di sana. Pergunakan setiap fasilitas dengan baik tanpa merusaknya. Sekian penjelasan singkat mengenai wisata Umbul Siblarak Klaten yang populer itu. Semoga setelah ini kamu mempunyai keinginan untuk mengunjungi wisata tersebut. Jangan lupa ajak anggota keluarga di rumah atau teman terdekat agar perjalanan kamu terasa lebih menyenangkan.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments