Ujung Aspal Wanayasa, Sejuknya Wisata Alam Purwakarta

Ujung Aspal Wanayasa

Purwakarta senantiasa menghadirkan kejutan menarik melalui pesona alamnya. Selain mengagumkan dengan air terjun dan pemandangan perbukitan, daerah di wisata Purwakarta ini menawarkan sebuah destinasi wisata alam yang luar biasa

Dikenal sebagai Ujung Aspal Wanayasa, sebuah hutan yang indah dan menarik. Ujung Aspal Wanayasa memiliki hutan pinus yang teratur, seolah barisan rapi yang memanjakan mata.

Seperti kebanyakan hutan pinus, udara segar dan suasana yang alami dapat dirasakan di sini. Terletak di lereng Gunung Tangkuban Parahu, tempat ini jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang dikenal dengan polusi udaranya. Meskipun tidak terlalu tinggi, udara di lokasi ini cenderung dingin, khususnya bagi pengunjung yang kurang terbiasa dengan suhu tersebut.

Untuk itulah saat berkunjung ke sini sangat disarankan untuk mengenakan pakaian yang hangat. Penasaran seperti apa tempat wisata yang satu ini? Langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini!

Sekilas Tentang Ujung Aspal Wanayasa

Ujung Aspal Wanayasa adalah salah satu destinasi wisata alam yang masih tergolong baru, diresmikan pada tahun 2016. Meskipun demikian, tempat ini sudah menarik minat banyak pengunjung, terutama saat musim liburan tiba.

Ujung Aspal Purwakarta, yang juga dikenal dengan beberapa nama populer seperti Ujung Aspal Pasir muncang dan Pasir Langlang Panyawangan. Tempat wisata Purwakarta ini berlokasi di kawasan hutan pinus yang dikelola oleh Perhutani KPH Bandung Utara.

Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga pada akhir pekan. Hal ini karena tempat wisata Ujung Aspal menawarkan beragam kegiatan seru dan menarik dengan harga terjangkau. Dengan suasana alamnya yang menenangkan, tempat ini cocok untuk mengembalikan ketenangan pikiran dan meredakan stres. Aroma khas hutan pinus begitu kentara di udara, memberikan udara yang bersih dan menyehatkan, cocok sebagai tempat menghilangkan kepenatan dari hiruk pikuk perkotaan.

Letaknya sendiri ada di pusat Kota Purwakarta. Oleh karena itu wisata ini sangat mudah diakses. Tak heran jika kemudian tempat ini menjadi favorit di kalangan masyarakat setempat. Lebih dari itu wisata Ujung Aspal ini bahkan telah menarik minat pengunjung dari luar kota. Jadi jangan heran bila weekend tiba menjadi sangat ramai pengunjung.

Daya Tarik Ujung Aspal Wanayasa

Banyaknya pengunjung atau kepopuleran suatu tempat wisata tentu tak lepas dari daya tarik yang dimilikinya. Hal ini tentunya juga berlaku untuk wisata Ujung Aspal Wanayasa. Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang membuat para wisatawan penasaran dan ingin segera berkunjung:

Keelokan Hutan Pinus

a
Instagram.com/eventkarawang

Salah satu daya tarik utama dari tempat wisata Ujung Aspal Wanayasa adalah keelokan hutan pinusnya. Perlu kamu tahu jika tempat rekreasi ini dipenuhi dengan hutan pinus yang rimbun, menawarkan suasana sejuk bahkan di siang hari.

Tersedia berbagai kegiatan menarik yang dapat kamu lakukan di sini. Pertama-tama, tentu saja menikmati keindahan alam dan udaranya yang segar. Kamu dapat duduk dan menikmati udara segar secara perlahan. Menjelajahi sekitar hutan pinus juga menyenangkan, sambil menikmati pemandangan perbukitan di sekitar lokasi wisata.

Pengalaman yang tidak boleh dilewatkan adalah naik ke gardu pandang. Kawasan hutan pinus ini dikelola oleh Perhutani dan telah dikembangkan bersama masyarakat lokal sebagai objek wisata. Fasilitas seperti warung makan dan gazebo juga tersedia untuk kenyamanan pengunjung. Pengunjung dapat menikmati makan di bawah naungan pohon pinus yang menjulang tinggi, tertarik untuk mencobanya?

Spot Foto Keren

d
Instagram.com/saripsasti

Mirip dengan Hutan Pinus Mangunan di Jogja, Ujung Aspal Wanayasa juga menyajikan beragam lokasi menarik untuk foto yang instagramable. Terletak di daerah yang agak tinggi, pemandangan alamnya begitu menakjubkan.

Terdapat sejumlah spot foto yang menarik, termasuk gardu pandang yang menawarkan latar belakang perbukitan hijau yang dipenuhi dengan pepohonan. Di seluruh area wisata, hampir setiap sudutnya bisa menjadi latar belakang foto yang eksotis.

Namun, yang paling diminati oleh para pengunjung adalah jembatan gantung yang menawarkan pengalaman unik. Kamu dapat merasakan sensasi melewati jembatan gantung yang terletak di ketinggian.

Agar lebih berkesan kamu dapat mengambil foto dari ujung jembatan sambil berdiri di tengahnya. Dengan mengambil foto di bagian tersebut maka kamu akan mendapat kesan seolah-olah berada di tengah hutan belantara dengan jembatan yang unik.

Namun, kawasan jembatan ini hanya dapat menampung 4 orang saja. Oleh karena itu, jika tempatnya ramai, kamu perlu bersabar menunggu giliran untuk mengambil foto. Tak jarang antrian untuk bisa melewati jembatan ini cukup panjang jadi memang perlu kesabaran ekstra.

Jika situasinya sepi, kamu dapat dengan bebas mengambil foto dan menikmati keindahan dari atas jembatan. Disarankan untuk mengunjungi tempat ini di hari biasa atau di pagi hari sebelum wisatawan lain datang.

Keunikan Namanya

Bila melihat namanya, mungkin kamu akan membayangkan sesuatu yang aneh dan unik. Sebenarnya, tempat wisata alam ini lebih dikenal dengan sebutan Pasir Langlang Panyawangan. Kata “Panyawangan” sendiri berasal dari bahasa Sunda yang memiliki makna “Menerawang”. Filosofinya sederhana, setiap pengunjung yang datang ke tempat indah ini diharapkan mampu merenungkan jati diri mereka.

Diberi nama Ujung Aspal Wanayasa karena lokasinya berada tepat di ujung jalan beraspal. Oleh karena itu, sebelum kamu mencapai lokasi atau selama perjalanan menuju sana, jalannya sudah dalam kondisi baik dengan aspal yang tertata rapi. Namun, ketika kamu hampir sampai di sana, akses jalan tersebut terputus dan kamu akan melewati jalan sempit dengan medan tanah dan batu.

Berdekatan dengan Destinasi Wisata Lain

Daya tarik lainnya dari wisata Ujung Aspal ini adalah letaknya yang berdekatan dengan destinasi lain. Terdapat dua tempat wisata alam lain yang dapat dikunjungi. Yang pertama adalah Curug Pamoyanan yang berjarak sekitar 500 meter dari lokasi utama. Perjalanan tersebut dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama sekitar 15 menit.

Salah satu curug yang menakjubkan dari curug ini adalah tingginya yang sekitar 25 meter. Dengan ketinggian yang sedang, aliran air di curug ini tidak terlalu deras dan terbagi-bagi, menciptakan pemandangan yang menarik. Airnya memiliki warna biru ke hijau-hijauan yang menambah pesona bagi pengunjung.

Di bawah air terjun, terdapat kolam alami yang cocok untuk berenang dan bersantai, meskipun perlu berhati-hati karena kedalamannya mencapai lebih dari 2 meter. Keberadaan pepohonan hijau yang rimbun di sekitar curug juga menambah keindahan alam Purwakarta ini.

Curug Pamoyanan Indah juga merupakan spot yang sangat cocok untuk berfoto, banyak pengunjung yang datang untuk mengabadikan momen indah dengan latar belakang curug yang menakjubkan. Fasilitas umum di Curug Pamoyanan Indah terbilang memadai, terdapat mushola, beberapa warung dengan harga terjangkau, area parkir yang luas untuk mobil dan motor, serta kamar mandi.

Harga tiket masuk ke Curug Pamoyanan Indah juga tergolong terjangkau bagi para pengunjung. Untuk mencapai air terjun tersebut, pengunjung harus berjalan kaki melalui jalur yang telah ditetapkan. Meskipun jalannya tidak begitu baik, keindahan air terjun tersebut menimbulkan rasa ingin tahu bagi sebagian besar pengunjung.

Destinasi alam kedua yang juga berdekatan dengan Ujung Aspal Wanayasa adalah Goa Panyileukan. Jika kurang mengenal nama tersebut, mungkin kamu mengenalnya dengan sebutan Goa Jepang. Disebut Goa Jepang karena dulunya goa tersebut merupakan tempat persembunyian bagi pasukan Jepang.

Gua Jepang adalah gua buatan yang dibangun sekitar tahun 1942 oleh masyarakat lokal yang terkenal dengan sebutan Romusha. Gua ini dibuat secara paksa untuk digunakan sebagai tempat persembunyian. Proses pembuatannya melibatkan sistem aplusan (seep) yang memakan waktu sekitar 2 hingga 7 hari secara bergantian.

Gua ini memiliki panjang sekitar 200 meter, tinggi 2 hingga 3 meter, dan lebar 4 hingga 5 meter. Terdapat 3 pintu masuk/keluar, serta 12 kamar yang berbentuk huruf T dengan ukuran antara 3 hingga 6 meter, menyerupai huruf U yang melingkar.

Gua Jepang menjadi saksi bisu dari kekejaman penjajah Jepang terhadap penduduk Purwakarta yang dipaksa untuk bekerja secara tidak manusiawi. Adapun sebelum masa penjajahan Jepang, goa tersebut juga digunakan oleh pasukan Belanda. Selain menjadi destinasi wisata alam yang menarik, goa ini juga memiliki nilai sejarah yang layak untuk dipelajari.

Suasana yang Menyenangkan dan Menyegarkan

Dibandingkan dengan destinasi pantai, Ujung Aspal Wanayasa menawarkan lingkungan yang lebih hijau karena dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun di sekitar lokasi utama. Pemandangan sejauh mata memandang terhias dengan warna hijau yang kadang-kadang dipercikkan oleh warna biru langit yang cerah.

Karena keberadaan pepohonan yang melimpah, udara di tempat ini menjadi semakin segar dan bersih. Tak hanya segar namun udaranya terkesan lebih sejuk sehingga baik untuk kesehatan. Ini jugalah yang menjadi salah satu alasan kenapa wisata yang satu ini cocok untuk berbagai usia, termasuk orang tua.

Kegiatan Menarik di Ujung Aspal Wanayasa

Salah satu hal yang paling dinantikan saat mengunjungi alam adalah berpartisipasi dalam berbagai aktivitas. Di Ujung Aspal Wanayasa, ada beragam kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan, mirip dengan kebanyakan hutan pinus lainnya. Berikut adalah beberapa informasi mengenai kegiatan yang bisa kamu nikmati di sana!

1. Menikmati Indahnya Formasi Hutan Pinus

Selain menjadi daya tarik utama, tata letak rapi dari hutan pinus juga dapat menjadi kegiatan menarik bagi para pengunjung. Mengagumi keindahannya bisa memberi kesegaran pada pikiran dan mengurangi beban, setidaknya untuk sementara. Tingginya pohon-pohon yang menjulang tidak menghalangi pandangan langit cerah yang menambah pesonanya.

Untuk itulah tempat ini sangat pas untuk dijadikan tempat bersantai. Keindahan sekaligus nuansa asri yang ditawarkan akan membuat kamu jadi lebih fresh. Apalagi pohon pinus yang ada di lokasi wisata ini juga sangat hijau sehingga sangat memanjakan mata.

2. Melakukan Olahraga Ringan Mengelilingi Hutan Pinus

Tidak hanya menikmati keindahan alam, kamu juga bisa melakukan aktivitas olahraga ringan saat berkunjung ke tempat wisata eksotis ini. Ujung Aspal Wanayasa memiliki jalur pejalan kaki yang terbuat dari paving block. Kamu dapat memanfaatkannya untuk aktivitas seperti jogging atau bersepeda, sambil menikmati suasana sekitar bersama pengunjung lainnya.

Jika ingin melakukan aktivitas ini pastikan untuk mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Misalnya saja pakaian olahraga dan sepatu olahraga. Dengan begitu kamu bisa lebih nyaman dan terhindar dari cedera yang tak dinginkan.

3. Menghabiskan Malam dengan Berkemah di Ujung Aspal Wanayasa

Telat post. Ternyata kemping seru
Instagram.com/herawatirima

Bagi para pengunjung yang ingin bermalam, ada area perkemahan yang dapat digunakan di kawasan wisata ini. Kegiatan ini menjadi lebih seru jika dilakukan bersama-sama dengan teman atau keluarga. kamu dapat tinggal semalam atau lebih lama untuk benar-benar merasakan kebersamaan dengan alam. Terutama di malam hari, suasana semakin hidup dengan kehadiran berbagai hewan malam yang biasanya berkunjung.

Kamu bisa membawa peralatan berkemah sendiri dan bebas mendirikan tenda dikawasan yang sudah disediakan. Namun jika kamu ingin yang lebih praktis atau tidak memiliki peralatan berkemah maka bisa tenang.

Hal ini karena kamu bisa menyewa tenda dari pihak pengelola. Harganya terjangkau, sekitar 150.000 rupiah namun tenda tersebut dapat menampung hingga 6 orang sekaligus. Jika kamu membutuhkan, tersedia juga peralatan masak yang bisa disewa.

Berkemah sambil memasak beramai-ramai tentunya akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Liburanpun pastinya akan lebih seru dan berkesan.

4. Beristirahat dengan Nyaman di Hammock

371838332 1065553488159094 5834449600113526213 n
Instagram.com/saripsasti

Sensasi menggantung di atas pohon dengan hammock memang perlu dicoba saat mengunjungi hutan pinus ini. Kamu dapat mengaitkan hammock di antara dua pohon pinus yang berdekatan, dan menikmati waktu bersantai sambil menikmati udara segar. Untuk hammocknya kamu bisa membawa sendiri jika memang ada.

Namun bila kamu tidak membawa hammock sendiri, pengelola juga menyediakan dengan harga sewa terjangkau dan pastinya ramah dikantong. Adapun harga sewa per hammocknya hanya sekitar 10.000 rupiah saja.

Aktivitas ini sangat cocok untuk kamu yang merasa lelah atau hanya ingin bersantai. Di tengah pemandangan indah, kamu mungkin akan tertidur dengan nyaman di atas hammock. Pastikan untuk tidak menggantung hammock terlalu tinggi agar lebih mudah turun maupun naiknya.

Hal ini karena tidak ada tangga untuk mencapainya sehingga jika kamu memasang terlalu tinggi pastinya akan menyusahkan diri kamu sendiri. Sebisa mungkin pasang diketinggian yang sekiranya bisa dengan mudah kamu capai.

5. Menikmati Fotografi

Liburan tak akan lengkap rasanya jika tidak mengabadikan setiap moment indah tersebut. Untuk itulah jika kamu liburan ke wisata Purwakata yang satu ini jangan lupa untuk menikmati kegiatan fotografi.

Tempat wisata ini cukup populer karena keindahan dan keanekaragaman spot foto kece yang ada. Jadi wajar rasanya bila Ujung Aspal Wanayasa sering menjadi tempat utama untuk sesi foto Prewedding.

Namun jika kamu tidak sedang merencanakan pernikahan, aktivitas fotografi tetap menarik untuk dilakukan. Terdapat banyak spot indah yang dapat dijadikan latar belakang foto. Selain spot alami, tersedia juga spot yang dibuat khusus untuk para wisatawan, seperti rumah pohon dan jembatan gantung.

Agar hasil foto makin keren sebaiknya siapkan peralatan yang memadai. Misalnya saja kamera dengan kualitas baik atau handphone yang memiliki kamera bagus.

Informasi Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang ketika mengunjungi Ujung Aspal Wanayasa. Hanya perlu menyiapkan 10.000 rupiah saja sebagai biaya masuk per orang. Jika kamu memang memiliki rencana untuk menghabiskan malam dengan berkemah, ada biaya tambahan sebesar 25.000 rupiah.

Kamu juga dapat menyewa hammock yang tergantung di antara pohon pinus untuk bersantai, dengan biaya 10.000 rupiah. Selain itu, terdapat biaya tambahan yang perlu dikeluarkan untuk mengakses spot foto di jembatan gantung, dengan harga terjangkau sebesar 10.000 rupiah per orang.

Untuk pengunjung yang datang dengan sepeda motor, dikenakan biaya parkir sebesar 5.000 rupiah. Sementara untuk mobil, biayanya adalah 10.000 rupiah, cukup terjangkau bukan?

Petunjuk Alamat dan Rute Perjalanan

Jika kamu berminat mengunjungi Ujung Aspal Wanayasa, pastikan untuk menuju ke Babakan, Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat. Jarak dari pusat Purwakarta sekitar 30 kilometer, dengan waktu tempuh rata-rata sekitar 1 jam menggunakan kendaraan bermotor. Kamu dapat menggunakan bus umum atau kendaraan pribadi untuk mencapai lokasi tersebut.

Rute terbaik yang dapat diambil adalah keluar dari Jalan Tol Jatiluhur. Setelah memasuki wilayah Kabupaten Purwakarta, arahkan kendaraanmu ke arah Pasar Rebo. Perjalananmu akan melewati kawasan Pasawahan sebelum tiba di Desa Pusaka Mulya. Setibanya di lokasi tersebut, perhatikan petunjuk arah yang terdapat di beberapa titik di sepanjang jalan.

Fasilitas yang Tersedia di Lokasi Wisata Ujung Aspal Wanayasa

Jika kamu memiliki pertanyaan tentang fasilitas maka tempat wisata ini telah menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap dan memadai. Meskipun berlokasi di tengah hutan pinus, tersedia fasilitas toilet yang bersih dan nyaman. Selain itu, terdapat Mushola yang mudah diakses dari kantor pengelola yang terletak di area utama wisata.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, tersedia area parkir yang luas. Beberapa gazebo juga tersedia di berbagai titik sebagai tempat istirahat. Selain itu, tersedia juga warung makan dengan beragam menu dan harga terjangkau yang melengkapi fasilitas yang ada. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya, seperti:

  • Area perkemahan
  • Layanan bus wisata
  • Ruang serbaguna
  • Area duduk santai
  • Penyewaan hammock
  • Penyewaan tenda
  • Spot untuk berfoto

Setelah menikmati keindahan alam hutan pinus dan berfoto-foto, jangan lupa untuk berbelanja oleh-oleh khas Purwakarta sebelum kembali. Oleh-oleh tersebut bisa berupa makanan, camilan, kaos, atau souvenir yang tahan lama.

Aturan Saat Berkunjung ke Ujung Aspal Wanayasa

Menghabiskan waktu di tempat wisata Ujung Aspal Purwokerto ini memang merupakan cara yang bagus untuk melupakan rutinitas sehari-hari. Namun, penting untuk memperhatikan bahwa setiap destinasi wisata memiliki sejumlah peraturan yang harus dipatuhi. Aturan-aturan tersebut diberlakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para wisatawan yang menikmati liburan mereka di lokasi tersebut.

Terkadang, masih ada beberapa individu yang tidak mengindahkan aturan tersebut. Hal ini dapat membuat pengalaman liburan para wisatawan menjadi tidak nyaman dan bahkan menimbulkan kerugian bagi pihak pengelola wisata maupun masyarakat sekitar. Meskipun terlihat sepele, melanggar aturan seperti membuang sampah sembarangan dapat menimbulkan masalah besar.

Jika para wisatawan tidak menghormati aturan tersebut dan terus melanggarnya, maka akhirnya destinasi wisata akan tergenang oleh tumpukan sampah, menyebabkan penurunan estetika tempat tersebut dan mengurangi minat kunjungan para wisatawan.

Untuk memastikan pengalaman liburanmu tetap menyenangkan dan sesuai dengan aturan di lokasi wisata, penting untuk mengetahui aturan-aturan dan larangan-larangan yang berlaku di sana. Berikut adalah beberapa aturan yang harus diperhatikan saat berkunjung ke lokasi wisata tersebut:

Jangan Merusak Alam

Seperti yang kamu tahu jika tempat wisata ini masih asri dan alami yang mana lokasinya dikelilingi oleh hutan pinus. Untuk itulah sebagai pengunjung kamu harus berhati-hati. Jangan sampai melakukan perbuatan yang bisa saja merusak alam seperti membakar atau mengotori tempat wisata ini. Usahakan untuk ikut membantu menjaga keasrian alam yang ada dari Ujung Aspal Wanayasa.

Menjaga Kebersihan

Perhatikan sampah yang dihasilkan dan pastikan untuk membuangnya pada tempatnya. Di tempat wisata, hampir semua pengunjung akan membawa makanan dan minuman. Menikmati makanan dan minuman di lokasi wisata bersama keluarga memang menyenangkan, namun akan lebih baik jika membuang kemasan snack, botol minuman, dan puntung rokok pada tempat sampah setelah selesai.

Jika tempat sampah tidak terlihat, masukkan saja sisa-sisa tersebut ke dalam kantong plastik terlebih dahulu. Baru kamu bisa membuangnyasaat menemukan tempat sampah yang disediakan.

Menghindari Perilaku Tidak Pantas

Larangan selanjutnya adalah untuk menghindari perilaku tidak pantas atau asusila. Sayangnya, masih ada beberapa orang yang melakukan hal-hal semacam ini di tempat wisata. Perilaku semacam ini dapat mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya dan membuat suasana menjadi tidak nyaman.

Oleh karena itu sebagai pribadi kamu harus meningkatkan kesadaran yang tinggi dan mematuhi aturan terkait hal ini agar kejadian serupa tidak terulang di tempat wisata Ujung Aspal ini. Wisatawan datang ke tempat wisata untuk bersantai dan menikmati keindahan, bukan untuk mengalami perilaku yang tidak patut.

Jangan Merusak Fasilitas yang Ada

Selain itu, penting untuk tidak merusak fasilitas-fasilitas yang ada di tempat wisata yang dikunjungi. Fasilitas tersebut dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengunjung, termasuk fasilitas khusus untuk orang dengan kebutuhan khusus.

Merusak fasilitas tersebut tidak hanya merugikan pengelola tempat wisata, tetapi juga mengurangi pengalaman berwisata para pengunjung. Oleh karena itu, gunakanlah fasilitas dengan bijaksana saat berada di tempat wisata yang satu ini.

Tips Liburan ke Ujung Aspal Wanayasa Purwakarta

Agar liburanmu berjalan sesuai harapan dan meminimalisir masalah yang bisa saja terjadi maka kamu perlu menyimak tips berwisata ke Ujung Aspal Wanayasa berikut ini:

Cek Kendaraan yang Digunakan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat akan liburan adalah melakukan pengecekan kendaraan yang akan digunakan. Bila kamu menggunakan kendaraan pribadi pastikan kondisinya dalam keadaan baik. Jika perlu sebelum hari keberangkatan service lebih dulu kendaraan tersebut.

Selain itu kamu juga perlu memastikan bahan bakar kendaraan dalam kondisi full. Dengan begitu kamu bisa lebih hemat waktu karena tak perlu mampir ke pom dan mengantri hanya untuk membeli bahan bakar.

Adapun jika kamu menggunakan kendaraan umum maka bisa memastikan rute yang akan dilalui. Jangan lupa cek tarif dan jadwal keberangkatannya. Agar tak ketinggalan kamu juga perlu datang lebih awal untuk menunggu kendaraan umum tersebut.

Bawa Bekal dan Uang Tunai Secukupnya

Liburan akan lebih lengkap jika kamu membawa bekal sendiri. Bekal disini bisa berupa makanan kecil dan minuman. Meskipun di Ujung Aspal sudah tersedia tempat yang menjajakan aneka camilan dan makanan tetap saja membawa bekal sendiri akan lebih baik. Selain lebih praktis juga akan lebih hemat karena harga makanan di tempat wisata biasanya akan lebih mahal.

Disamping itu kamu juga perlu menyiapkan uang tunai. Dengan begitu kamu akan lebih mudah jika memerlukannya karena tak perlu bingung mencari ATM. Sebaiknya bawa uang secukupnya saja jangan terlalu banyak dan pastikan untuk menyimpan ditempat yang aman.

Patuhi Aturan yang Ada

Meskipun kamu ingin liburan bukan berarti kamu bisa melakukan semua hal seenaknya. Sebaliknya kamu perlu memahami dan mematuhi aturan yang ada. Sebaiknya jangan sampai melanggar demi kebaikan tempat wisata tersebut dan diri kamu sendiri.

So, bagaimana guys? setelah membaca pembahasan ini apakah kamu tertarik untuk liburan ke Ujung Aspal Wanayasa? Jika iya segera saja yuk buat jadwal secepatnya dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan ditempat ini. Agar lebih seru kamu bisa ajak keluarga atau sahabat terdekat tapi jika ingin healing dan ketenangan liburan sendiri juga tak kalah seru kok!.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments