big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Pantai Watu Karung, Wisata Alam Paling Terkenal di Pacitan yang Pesonanya Mirip Raja Ampat

Pantai Watu Karung

Ingin liburan ke Pulau Raja Ampat tapi terkendala budget atau ke pantai Bali? Tak usah berkecil hati, di wilayah wisata Pacitan ada wisata pantai murah yang pemandangan alamnya mirip Raja Ampat.

Nama pantai itu adalah Pantai Watu Karung. Ciri khas yang dimilikinya berupa deretan batu karang berukuran besar nan eksotis.

Aktivitas Seru di Pantai Watu Karung

Beberapa bulan belakangan Pantai Watu Karung tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Pemandangan alamnya yang menyerupai Raja Ampat menarik perhatian sejumlah wisatawan. Baik itu warga lokal maupun dari luar Pacitan. Banyak orang rela datang jauh-jauh hanya untuk melihat keindahannya.

Setiap akhir pekan atau tanggal merah pantai ini selalu ramai. Masing-masing datang bersama anggota keluarganya untuk menghabiskan waktu dengan beragam aktivitas seru. Seperti bermain pasir, melihat sunset atau sunrise, berselancar, bersantai, berenang, dan berswa foto.

Namun kamu harus berhati-hati. Ombak di Pantai Watu Karung terkenal ganas. Maka tak heran jika banyak wisatawan merekomendasikan wisata ini sebagai tempat berselancar paling seru. Kalau kamu termasuk tipe pemberani cobalah taklukkan ombak yang cukup menantang itu.

Berswa Foto

2019 12 31 2
Sumber : Google Maps/wulan dari

Liburan ke Pantai Watu Karung jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan beragam momen seru dan berkesan. Bisa dibilang aktivitas satu ini wajib kamu lakukan ketika mengunjungi tempat-tempat wisata manapun. Tujuannya tidak lain sebagai pengingat bahwa kamu pernah datang ke sana.

Semisal hasil fotonya tidak ingin dinikmati seorang diri bisa juga kamu upload di media sosial. Dengan mengunggahnya secara tidak langsung kamu turut serta mempromosikan pariwisata Pacitan. Alhasil banyak orang yang tahu wisata ini dan secara otomatis akan meningkatkan jumlah kunjungan.

Tersedia beragam spot unik dan menarik yang bisa kamu jadikan background foto. Salah satunya ada spot deretan pohon pinus berdaun lebat dan rindang. Dan pada saat menjelang sore hari tampak fenomena langit jingga keemasan di ufuk barat. Pesona sunset yang memukau sangat cocok menjadi background fotomu.

Tetapi dari semua spot yang paling favorit tentu saja hamparan pasir putihnya dengan luasnya lautan berwarna kebiruan. Waktu paling pas untuk mengambil foto saat matahari tengah bersinar cerah. Langit biru dengan luasnya perairan berhiaskan sederetan batu karang besar tampak begitu eksotis.

Berselancar

Pantai Watu Karung termasuk tempat paling pas untuk olahraga selancar. Beraksi di atas papan seluncur sambil menerjang ombak yang menggulung-gulung lumayan memacu adrenalin. Apalagi ombak di sana sedikit ganas dan mempunyai brief-brief cukup menantang. Sudah pasti hal ini disukai para peselancar yang memang haus akan tantangan.

Pesona ombak dari pantai ini bahkan bisa mencuri perhatian dunia. Pernah salah satu majalah khusus Surfing Waves dari Amerika Serikat memuat berita tentang keindahan Pantai Watu Karung. Dimana pada saat itu terpampang foto Bruce Irons sebagai sampul majalahnya.

Seperti yang diketahui bersama Bruce Irons adalah juara Rip Curl Pro Search pada tahun 2008. Namanya yang melejit sebagai seorang bintang mampu mendongkrak popularitas wisata Pantai Watu Karung. Hal ini pun sontak banyak menarik perhatian para peselancar di seluruh dunia.

Melihat Sunset dan Sunrise

IMG 20191223 180148
Sumber : Google Maps/Robin Lanz

Satu hal yang paling ditunggu wisatawan saat liburan ke pantai ini adalah fenomena sunset. Matahari tenggelam dari ufuk barat memancarkan cahaya jingga keemasan. Langit yang tadinya berwarna kebiruan seketika berubah menjadi keemasan hingga menciptakan bayangan siluet indah di atas air.

Melihat keindahan sunset dari kejauhan serasa membuat hati terasa tenang. Apalagi kalau kamu menikmatinya bersama pujaan hati. Duduk santai di tepi pantai sambil mendengarkan suara deburan ombak sungguh sebuah kenikmatan yang tiada duanya.

Pada saat menjelang pagi hari kamu akan disuguhkan fenomena sunrise yang memukau. Dimana matahari terbit dari arah timur dengan pancaran sinar yang tidak jauh berbeda. Cahaya kuning keemasan memenuhi seisi langit tapi sinarnya jauh lebih terang. Kalau tidak mau ketinggalan sebaiknya datanglah pagi-pagi buta.

Bersantai

2022 06 01
Sumber : Google Maps/udin blackmore

Para pengunjung yang datang ke Pantai Watu Karung biasanya lebih suka bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar. Hamparan pasir putih bersanding dengan luasnya lautan menjadi pemandangan utama yang akan kamu lihat. Ada pula gugusan batu karang di tengah laut yang hijau nan eksotis.

Agar pengunjung merasa nyaman selama liburan, pihak pengelola menyediakan fasilitas gazebo. Sebuah pondok kecil dari kayu dengan atap dari daun jerami kering. Di sini kamu bisa bersantai tanpa perlu khawatir terkena paparan sinar matahari.

Berenang

2018 06 16
Sumber : Google Maps/Stevanus Hardiyaso

Air yang jernih dan terkesan alami di Pantai Watu Karung memungkinkan pengunjung bisa berenang sepuasnya. Akan tetapi kamu harus berhati-hati mengingat ombaknya tergolong ganas. Cukup berenang di sekitar bibir pantai saja yang sudah pasti aman dan ketinggian airnya tidak terlalu dalam.

Bermain Pasir

20201211 053726
Sumber : Google Maps/TIGA Ndra

Pantai Watu Karung sering dijadikan tempat rekreasi keluarga saat akhir pekan. Sejauh mata memandang kamu bisa melihat sekumpulan orang tengah piknik bersama. Mulai dari yang muda hingga tua saling bercengkerama atau bercanda gurau satu sama lain.

Terlihat sekumpulan orang dewasa sibuk berjalan-jalan santai di tepi pantai sambil memandangi panorama laut dari kejauhan. Sementara sebagian yang lain menemani sang buah hati tercinta bermain pasir. Ada yang menggambar di atas pasir, membangun istana pasir, atau berkejar-kejaran.

Untungnya pasir di Pantai Watu Karung bertekstur lembut. Jadi tidak akan melukai kaki si kecil kala bermain. Tetapi tetap saja para orang tua harus mengawasinya. Mengingat ada beberapa kerang sering terselip di dalam pasir.

Fasilitas Umum

Pihak pengelola telah menyediakan sejumlah fasilitas umum memadai untuk para pengunjung. Seperti area parkir yang luas untuk menampung kendaraan roda dua dan empat. Tentunya itu tidak gratis, pengunjung wajib membayar retribusi parkir dengan biaya yang sudah ditentukan.

Tak ketinggalan pihak pengelola juga menyediakan toilet umum lengkap dengan fasilitas di dalamnya. Ada pula deretan warung makan yang menjual aneka makanan dan minuman. Tenang saja, harganya masih terjangkau di kantong mahasiswa.

Buat kamu yang datang dari luar Pacitan tak perlu khawatir mencari tempat penginapan. Di sekitar Pantai Watu Karung sudah ada homestay dengan tarif per malam yang cukup murah. Soal kualitas pelayanan tak perlu kamu ragukan lagi.

Tips Berkunjung

Supaya liburan kamu berjalan lancar dan tidak menemui banyak hambatan, terapkan beberapa tips berikut ini.

  • Datanglah dengan kondisi badan yang benar-benar fit.
  • Bawalah barang yang memang kamu perlukan saja. Contohnya seperti obat-obatan pribadi, alat mandi, bekal, baju ganti, dan alat shalat.
  • Pastikan kendaraan yang kamu bawa dalam keadaan baik dan tidak ada masalah.
  • Patuhi setiap peraturan yang diberlakukan petugas dan jangan coba-coba melanggarnya.
  • Jaga kebersihan area sekitar pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Itulah penjelasan singkat tentang Wisata Pantai Watu Karung di Pacitan. Apabila kamu tertarik liburan ke sana segera buat rencana liburan dari sekarang. Kalau perlu ajak juga teman atau keluarga agar liburan kamu tidak terasa membosankan.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments