Reco Kembar, Pemandian Alami Paling Terkenal di Pasuruan Saat Ini

reco kembar pasuruan

Banyak yang tidak tahu bahwa wisata Pasuruan memiliki sejumlah pemandian alami paling terkenal di Jawa Timur.

Salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Reco Kembar. Lokasinya berada persis di tengah-tengah pedesaan. Diantara rerimbunan pepohonan lebat terdapat kolam alami berhiaskan dua batu besar setinggi 3 meter.

Daya Tarik Reco Kembar

Reco Kembar adalah destinasi populer di Pasuruan yang tengah digandrungi anak muda saat ini. Wisata ini masih dikelola secara swadaya oleh karang taruna setempat. Sengaja nama Reco Kembar dipilih karena ada penampakan dua batu besar di tengah kolam renang.

Nama Reco Kembar diambil dari bahasa Jawa. Reco bermakna patung dan kembar berarti sama. Kalau secara istilah Reco Kembar adalah dua buah patung dengan bentuk yang sama. Kedua batu itu berdiri kokoh di sudut kolam dengan posisi saling berhadapan. Warga sekitar mengibaratkannya seperti sepasang kekasih.

Ada sedikit cerita mistis dibalik keberadaan dua buah batu itu. Konon katanya Reco Kembar dulu merupakan lahan bekas pertambangan. Namun seiring berjalannya waktu, batu-batu di sana perlahan hancur dan hanya menyisakan dua batu tadi. Menurut kabar burung yang beredar, kedua batu itu tidak bisa dihancurkan ataupun dipindahkan.

Walaupun sudah mengerahkan berbagai macam alat berat sekalipun. Keduanya tetap berada dalam posisi yang tidak berubah sama sekali. Memang sedikit aneh, tetap hal inilah yang menjadikan wisata ini berbeda dari destinasi manapun. Tak sampai di situ saja, masih banyak daya tarik lainnya sebagai berikut.

Kolam Renang

2021 05 25
Sumber : Google Maps/Devita Sari

Namanya juga wisata pemandian, sudah pasti Reco Kembar menyediakan fasilitas kolam renang. Di sini ada dua jenis kolam untuk para pengunjung. Satu kolam utama diperuntukkan untuk kalangan dewasa dan satu kolam lain khusus anak-anak. Kedua kolam tersebut mempunyai tingkat kedalaman yang berbeda-beda.

Ketinggian air di kolam anak-anak tidak terlalu dalam. Sementara kolam orang dewasa cenderung lebih dalam. Jadi tidak disarankan anak-anak berenang di kolam dewasa. Lebih baik berenang di kolam anak yang sudah pasti aman dan nyaman.

Lokasi kolam anak-anak dan orang dewasa masih dalam satu kawasan yang sama. Posisinya saling berdekatan dan hanya dipisahkan oleh sebuah tembok keramik besar. Hal ini memungkinkan para orang tua bisa mengawasi si kecil saat berenang.

Banyak Tersedia Tempat Bersantai

Paling enak setelah berenang tentu saja bersantai. Mengistirahatkan tubuh sejenak sambil duduk santai di bawah langit kebiruan sungguh membuat pikiran jauh lebih rileks. Untungnya pihak pengelola menyediakan fasilitas tempat duduk di pinggiran kolam.

Tempat duduknya berupa beton permanen dengan hiasan payung warna-warni di atasnya. Kamu bisa duduk santai tanpa perlu khawatir terkena paparan sinar matahari. Mengingat kalau siang hari suhu di Pasuruan menjadi sangat panas.

Meski Reco Kembar berada di daerah dataran tinggi, tetap saja suhunya masih terasa panas. Untuk mengantisipasi hal ini pihak pengelola sengaja menyediakan tempat berteduh. Dari tempat duduk itu pengunjung akan disuguhkan pemandangan cantik nan eksotis berupa area persawahan dan perbukitan hijau.

Tak lupa deretan pepohonan berdaun lebat menjulang tinggi yang tumbuh subur di sekitar kolam. Jumlahnya yang banyak menjadikan kawasan Reco Kembar tampak asri dan alami. Cuaca panas langsung tergantikan dengan kesejukan angin yang berembus secepat kilat.

Pemandangan Alam yang Asri

2019 01 16
Sumber : Google Maps/dolandolen

Salah satu kelebihan Reco Kembar dibandingkan wisata lain adalah lokasinya yang berada di tengah pedesaan. Suasana alam asri dengan deretan perbukitan dan persawahan menjadi pemandangan utama yang akan menemani kamu. Walaupun agak terpencil tak menyurutkan wisatawan berkunjung ke sana.

Begitu menginjakkan kaki, kamu akan disambut luasnya area sawah yang menghijau dikelilingi pepohonan rindang. Sementara dari kejauhan tergambar jelas siluet Gunung Bromo yang sangat megah. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang merekomendasikan wisata ini sebagai lokasi hunting foto.

Waktu paling pas mengunjungi Reco Kembar adalah pagi hari. Dimana udara pada saat itu masih terasa dingin dan sejuk. Berbeda kalau kamu datang di siang hari. Siap-siap merasakan suhu panas dua kali lipat karena terik sinar matahari.

Gubuk Jerami

Selain tempat duduk beton beratapkan payung warna-warni, masih ada satu lagi tempat bersantai di Reco Kembar. Kali ini ada sebuah gubuk bambu sederhana dengan atap ditutupi daun jerami. Duduk-duduk santai di spot ini sangat sesuai dengan lokasi wisatanya yang berada di wilayah pedesaan.

Gubuk jerami ini langsung menghadap ke arah kolam renang anak dan dewasa. Jadi dari situ kamu bisa melihat dengan jelas pemandangan orang-orang yang tengah asyik berenang. Tempat duduknya yang berupa beton memanjang bisa kamu gunakan duduk sambil selonjoran kaki.

Dua Batu Besar

2018 09 30
Sumber : Google Maps/Rudy Santoso

Berikutnya ada dua batu besar yang menjadi daya tarik utama dari wisata Reco Kembar. Batu itu sudah lama ada sebelum wisata ini dibangun. Pihak pengelola sengaja tidak memindahkannya agar ada sentuhan alami serta menjadi pembeda dengan wisata pemandian manapun.

Dan keberadaan dua batu besar itulah yang membuat wisatawan tertarik mengunjungi Reco Kembar. Bentuknya yang tak biasa menarik perhatian siapapun untuk berswa foto. Bisa juga dijadikan tempat berteduh kala cuaca sedang panas-panasnya.

Fasilitas Umum

Reco Kembar memiliki sejumlah fasilitas umum memadai. Pihak pengelola menyiapkan hal itu sebaik mungkin agar pengunjung merasa nyaman dan betah selama liburan. Fasilitas pertama ada area parkir. Di sini kamu bisa memarkirkan kendaraan seperti sepeda motor atau mobil. Tarifnya sangat terjangkau tetapi berbeda untuk setiap jenis kendaraan.

Kemudian ada fasilitas toilet umum yang bisa digunakan pengunjung untuk berbagai keperluan. Seperti membasuh muka, buang hajat, atau membersihkan kaki. Disediakan pula kamar ganti buat kamu yang ingin mengganti pakaian sehabis berenang.

Wisata ini juga menyediakan fasilitas penyewaan ban atau pelampung bagi pengunjung yang tidak bisa berenang. Tapi itu tidaklah gratis, kamu harus membayar sewa dengan tarif yang sudah ditentukan.

Tips Berkunjung

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa waktu paling pas mengunjungi Reco Kembar saat pagi hari. Selain karena udara yang masih sejuk. Jalan raya menuju ke sana juga sedikit lenggang dan tidak terlalu macet. Kamu pun bisa sampai tepat waktu tanpa hambatan apapun.

Selama berkendara gunakan kecepatan yang sewajarnya. Jangan terlalu lambat atau terlalu cepat. Patuhi setiap rambu-rambu lalulintas yang ada di sepanjang jalan. Jangan lupa membawa surat-surat kendaraan untuk berjaga-jaga semisal ada razia dari pihak kepolisian.

Sewaktu berada di tempat wisata, usahakan selalu mematuhi peraturan dan jangan melakukan hal yang tidak-tidak. Tetap jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Manfaatkan setiap fasilitas yang ada sebaik mungkin dan jangan sampai merusaknya.

Tertarik menghabiskan liburan bersama keluarga di Reco Kembar? Ayo segera buat rencana ke sana waktu akhir pekan nanti. Lokasinya tidak jauh dari wisata Kebun Raya Purwodadi dan hanya berjarak 3 kilometer saja. Kalau bingung mencari rutenya bisa memanfaatkan aplikasi google maps.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments