The Village Purwokerto, Wisata Alam Ramah di Kantong

The Village Purwokerto

Siapa yang tidak tau The Village Purwokerto. Wisata yang satu ini banyak digandrungi oleh para wisatawan lantaran terkesan indah dan menarik.

Purwokerto merupakan Ibukota Banyumas yang seringkali dikunjungi oleh para wisatawan untuk keperluan wisata. Meskipun bukan kota besar layaknya Yogyakarta, Purwokerto ini menyimpan banyak destinasi wisata asyik serta kekinian yang bisa dikunjungi bersama keluarga maupun teman-teman.

Beberapa destinasi wisata yang cukup terkenal di Purwokerto seperti Kebun Raya Baturaden, Lokawisata Baturaden, Mas Kemambang Park, hingga The Village Purwokerto.

Setelah sukses dengan salah satu wisatanya bernama Small World Purwokerto, kota ini juga kembali viral lantaran adanya The Village Purwokerto. Lalu apa saja hal menarik yang bisa kita temukan di sana?

Review The Village Purwokerto

The Village Purwokerto ini mulai beroperasi sejak tanggal 7 Februari 2018 yang kala itu diresmikan oleh Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah. Terbilang destinasi wisata baru tidak menjadikannya sepi pengunjung. Justru tempat ini berhasil menarik perhatian para wisatawan dari berbagai daerah.

line 27928545354198
Foto via Googlemaps/Hana Zekiy

Tujuan utama didirikannya The Village Purwokerto ini guna sebagai sarana edukasi bagi masyarakat khususnya warga Purwokerto. Akan tetapi, karena desain eksteriornya yang begitu megah dan elegant serta banyaknya taman yang menawan, menjadikannya terkesan menarik.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke sana tentunya mengabadikan momennya di setiap sudut. Tidak heran, banyak jepretan cantik The Village Purwokerto di media sosial.

Spot terbaik yang menjadi andalan di The Village Purwokerto ini yaitu sebuah danau yang berada di pelataran depan. Danau eksotis ini dikeliling oleh hamparan hijau layaknya padang rumput. Biasanya, sebagian wisatawan memanfaatkan lokasi tersebut untuk kegiatan piknik.

Kita bisa menggelar tikar sambil menikmati pesona danau. Di danau tersebut juga kita bisa melihat sebuah kapal yang sering digunakan untuk berburu spot foto.

Selain itu, kita juga akan menemukan sebuah farm house di mana wisatawan bisa belajar banyak edukasi seputar menanam tanaman serta merawat tanaman. Dekat dengan lokasi farm house, wisatawan akan disuguhkan oleh area mini zoo yang mana kita akan menemukan banyak satwa jinak seperti kuda, kambing, kelinci, dan masih banyak lagi.

Wisatawan yang datang bersama si kecil bisa masuk ke area indoor yang ada di The Village Purwokerto. Di area ini terdapat banyak wahana menyenangkan seperti mandi bola, wahana playground, panjat tebing, dan lainnya. Area ini bertujuan untuk melatih motorik si kecil. Bahkan si kecil juga bisa mengikuti acara seperti lomba melukis maupun membuat kerajinan tangan.

Tidak hanya itu saja, wisatawan juga bisa menemukan area taman bunga yang cukup luas. Berbagai macam jenis bunga bisa kita temukan dengan mudah. Wisatawan yang menyukai bunga, bisa membeli salah satu bunga tersebut di Garden Shop.


Tempat wisata terdekat ini bukan tidak hanya dijadikan sebagai tempat liburan atau edukasi saja, di sana juga wisatawan bisa berburu aneka kuliner lezat dengan harga yang murah. Wisatawan bisa mencicipi mendoan, getuk goreng, klanting, soto sokaraja, dan masih banyak lagi.

2018 07 16
Foto via Googlemaps/Sandi Kelana

Fasilitas lainnya yang bisa kita temukan seperti gazebo, toserba, toilet, musala, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk The Village Purwokerto

Wisatawan bisa menikmati liburan di The Village Purwokerto hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi, akan dikenakan tiket tamabahan berupa karcis parkir yang ditaksir mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 5.000.

Lokasi dan Jam Buka The Village Purwokerto

Wisatawan bisa melakukan liburan di The Village Purwokerto dengan datang ke Jalan Raya Baturaden No.km 7, Dusun I, Rempoah, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151. Google Maps.

Jika wisatawan datang dari Alun-Alun Purwokerto, wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 18 menit perjalanan. Kita bisa melalui Jalan Letjend Pol. Soemarto menuju ke Jalan Masjid. Dari sana kemudian kita masuk ke Jalan Raya Baturaden.

The Village Purwokerto ini buka setiap Hari Rabu sampai dengan Hari Senin. Untuk jam operasional wisata ini mulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB. Biasanya, pada waktu pagi hari dipadati oleh para pengunjung yang melakukan jogging maupun senam.

Akomodasi

Wisatawan dari luar Purwokerto bisa menemukan banyak tempat penginapan di sekitar The Village Purwokerto. Wisatawan bisa mampir ke salah satu penginapan terdekat yakni Teras Bumi Purwokerto yang berada di Dusun I, Rempoah, Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah.

Untuk sampai di penginapan ini wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 7 menit perjalanan dari lokasi The Village Purwokerto. Harga paket penginapan di Teras Bumi Purwokerto ini cukup bervariatif yakni mulai dari Rp 382.000 hingga Rp 829.000 per malam sesuai dengan paket penginapan yang kita inginkan.

Wisatawan dari Purwokerto dan sekitarnya wajib banget mampir ke The Village Purwokerto bersama keluarga maupun teman.

Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments