setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

10 Tempat Wisata di Alor Paling Popular

Tempat Wisata di Alor

Bagi pecinta petualangan, tempat wisata di Alor merupakan pilihan yang tepat untuk memuaskan hasrat petualangan yang menantang.

Alor adalah Kabupaten yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki ibu kota di Kalabahi. Alor sendiri merupakan sebuah kabupaten yang memiliki bentuk kepulauan. Kepulauan yang memiliki luas wilayah kurang lebih 2864,6 km persegi ini mempunyai tempat wisata yang ada didominasi oleh wisata alam yakni pantai, pulau dan taman laut yang begitu eksotis.

Bagi kalian yang memiliki hobi berwisata di pantai, tempat wisata di Alor merupakan pilihan yang sangat tepat serta rekomended banget. Seperti halnya wisata pantai di Bali, berikut ini adalah 10 tempat wisata di Alor paling populer yang wajib dikunjungi saat liburan tiba dan merupakan wisata Indonesia yang go internasional.

1. Pantai Mali

Pesona Travel Pantai Pulau Alor
foto: instagram.com/pesona.travel_id

Sekitar 10 km dari ibu kota Kalabahi terdapat sebuah pantai yang menawarkan kesejukan dengan pasir yang putih dengan airnya yang sangat jernih. Tepatnya berada di desa kabola Kecamatan Teluk mutiara Kabupaten Alor.

Tempat wisata di Alor ini bernama pantai Mali, pantai yang sangat cocok bagi sobat yang menyukai panorama Sunset. Di wilayah wisata pantai yang eksotis, kalian bisa melihat keindahan Sunset dengan guratan warna jingga keemasan sebagai pertanda senja mulai tenggelam yang begitu indah.

2. Pantai Sebanjar

Sebagai tempat wisata di Alor yang favorit, pantai Sebanjar berada di Desa Alor Besar kecamatan Alor barat laut Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur. Di tempat destinasi wisata pantai ini kalian dapat menikmati keindahan pantai sebanjar dengan berbagai macam fasilitas yang sudah cukup terpenuhi.

Terdapat temapt peristirahatan layaknya Gazebo, penginapan dan yang lainnya untuk melengkapi liburan yang menyenangkan. Selain itu kalian pula bisa bermain air laut, berenang maupun melakukan diving serta snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut yang luar biasa.

Wisata Menarik Lainnya :  8 Wisata Alam Magelang yang Cocok untuk Liburan Setelah Lebaran

3. Pantai Batu Putih

Seperti namanya pantai batu Putih memiliki banyak tebing batu berwarna putih yang akan memberikan keteduhan dibalik teriknya sinar matahari. Destinasi wisata di Alor berwujud pantai ini memiliki pasir putih yang lembut serta halus sehingga kalian bisa menikmati indahnya lautan dengan pantai pasir putih yang menawan.

Kalian bisa bersantai menikmati keindahan pantai ataupun berkeliling pantai dengan perahu yang disediakan oleh penduduk sekitar. Kalian pula bisa berenang atau snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang menakjubkan.

4. Desa Adat Takpala

Kampung Adat Takpala Pulau Alor
foto: instagram.com/happydjahimo

Alor juga memiliki wisata budaya yang menarik salah satunya adalah desa adat Takpala yang dihuni oleh suku Abui atau yang dapat diartikan dengan orang gunung. Saat kalian datang ke tempat wisata Alor ini akan disambut dengan tarian lego-lego oleh warga lokal desa adat Takpala.

Dengan keindahan adat serta budaya yang di tampilkan, kalian dapat berfoto dengan latar belakang rumah adat yang epik serta nyentrik. Desa ini sudah ada sejak tahun 1940 memiliki rumah adat dengan 4 lantai yang terbuat dari bambu.

5. Pulau Kepa

Pulau Kepa adalah pulau yang masih sangat alami dari wilayah kepulauan Alor. Di pulau ini kalian dapat menikmati keindahan laut yang sangat mempesona serta masihlah asri. Kalian juga dapat bermain air dengan snorkeling atau diving di bawah laut.

Pondok – pondok bambu juga dapat dijadikan sebagai tempat penginapan untuk kalian yang sedang berlibur. Dengan keasrian alam, rumah – rumah di daerah pulau Kepa pula masih sangat tradisional dan juga asri.

6. Air Mancur Tuti Adagae

Objek wisata di Alor yang satu ini tergolong unik. Kalian bisa menyaksikan fenomena alam yang sangat menarik yakni air panas yang mengucur tinggi ke udara. Air mancur ini muncul dari bongkahan bebatuan kristal, sangat menarik bukan?

Sesuai namanya, tempat wisata ini berlokasi di Pulau Alor desa Adagae Kecamatan Lembur Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur.

Wisata Menarik Lainnya :  Destinasi Bukit Teletubbies Bromo yang Instagramable

7. Pulau Rusa

Sesuai dengan namanya, Pulau Rusa ini banyak dipenuhi oleh ribuan rusa liar di sekeliling pulau. di tempat wisata yang instagramable ini, kaliaan bisa berfoto dengan rusa yang sedang bermain.

Kalian pula dapat memberi makan dan bahkan bisa menyentuh mereka juga lho. Akan tetapi untuk datang ke pulau rusa ini kalian perlu didampingi oleh pemangku adat setempat demi kebaikan.

8. Museum 1000 Moko

Museum 1000 Moko Desa Adat Takpala
foto: instagram.com/taufan_hardiansyah_foretrip

Moko adalah alat musik tradisional Alor yang terbuat dari perunggu. Menurut tradisi setempat Moko ini tidak hanya digunakan sebagai alat musik tetapi juga sebagai keperluan mas kawin atau juga alat pembayaran denda.

Di museum ini, terdapat banyak jenis alat musik Moko yang sangat menarik. Namun tidak hanya itu saja lho, terdapat juga objek – objek peninggalan sejarah seperti porselen Cina arca perunggu peninggalan Majapahit, kain sutra dari India hingga koleksi kain tenun khas Alor yang terkenal dengan nama kawate.

9. Pantai Tiga Warna Puntaru

Pantai pasir 3 warna puntaru merupakan tempat wisata di Alor yang memiliki air sangat jernih serta pepohonan hijau di sekitarnya. Keadaan alam yang sangat sejuk dipandang mata cocok banget buat kalian yang ingin membuang penat.

Segarnya air kelapa muda sambil menyaksikan keindahan panorama pantai yang memiliki tiga warna, serta dominan pasir pantai yakni warna hitam coklat kemerahan dan putih transparan dapat menciptakan suasana relaks.

10. Pantai Deere

Pantai Deere merupakan pantai yang indah dengan hamparan pasir pantai putih dan pohon kelapa yang rindang. Keindahan panorma tempat wisata alam ini akan membuat kalian terpesona, pasalnya pantai ini memiliki pasir putih yang sangat lembut.

Bila datang ke pantai ini jangan lupa untuk melewatkan sore hari di pantai untuk melihat tenggelamnya matahari di pinggir pantai.

Ok guys itulah 10 tempat wisata di Alor paling populer yang wajib dikunjungi. Menurut kalian masih adakah tempat wisata di Alor yang seru lainnya?

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks