big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Taman Pecut, Ruang Terbuka Hijau Dengan Beragam Keindahan yang Memukau

Taman Pecut Kota Blitar

Kota Blitar punya ikon wisata baru bernama Taman Pecut. Lokasinya ada di sebelah selatan alun-alun Kota Blitar. Saat pagi hari memang penampakannya terlihat biasa saja. Namun begitu malam tiba akan ada pemandangan gemerlap cahaya lampu tak biasa. Hingga siapapun yang melihatnya akan terpana dan enggan mengalihkan pandangannya dari wisata Blitar ini.

Alamat : Jalan Merdeka, Kepanjen Lor, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66117.
Lokasi : Google Maps.
Harga tiket : Gratis
Jam buka : 06.00 – 23.00 WIB

Aktivitas di Taman Pecut

Taman Pecut yang merupakan jantung kota Blitar mempunyai beragam keindahan. Salah satunya ada atraksi air mancur dengan hiasan gemerlap lampu sangat indah pada malam hari. Lalu tepat di bagian tengah taman berdiri sebuah patung tangan memegang cemeti atau pecut berukuran raksasa.

Patung pecut adalah alasan utama mengapa ruang terbuka hijau ini dinamakan Taman Pecut. Menurut penuturan warga sekitar, pecut tersebut gambaran dari Pecut Samandiman milik Adipati Blitar. Konon katanya pecut tersebut sering digunakan untuk menghalau amukan lahar.

Hampir setiap hari kawasan taman tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi kalau sudah memasuki akhir pekan, jumlah wisatawan yang datang semakin membludak. Biasanya orang-orang memadati area taman untuk melakukan sejumlah aktivitas sebagai berikut.

Hunting Foto

1687947944598
Sumber : Googlemap/Zulva Ulin

Aktivitas wajib yang tidak boleh kamu lupakan saat mengunjungi Taman Pecut adalah hunting foto. Kawasan ini menyediakan beragam spot keren dan unik untuk latar belakang foto kamu. Jadi sebelum berangkat pastikan sudah membawa kamera. Boleh kamera digital atau ponsel asalkan bisa menghasilkan foto yang cukup bagus.

Salah satu spot favorit pengunjung adalah berfoto dengan background air mancur. Dimana saat malam hari sering menunjukkan atraksi memukau yang dipadukan permainan lampu yang mempesona. Lalu spot lainnya adalah bagian taman itu sendiri. Rerumputan hijau dengan hiasan bunga warna-warni akan membuat foto kamu tampak lebih menarik.

Melihat Atraksi Air Mancur

1687947896209
Sumber : Googlemap/David Setyawan

Satu hal yang membuat orang-orang tertarik mengunjungi Taman Pecut adalah atraksi air mancurnya. Kamu akan melihat gerakan air yang bergoyang-goyang layaknya seorang penari profesional. Keindahannya kian terpancar begitu air mancur mulai mengeluarkan warna-warna cerah nan indah.

Sayangnya pertunjukan atraksi air mancur tidak beroperasi setiap hari. Melansir dari InfoBlitar, jadwalnya hanya di hari Sabtu atau hari besar antara Pukul 19.30 – 21.00 WIB. Oleh karena itu agar malam minggu kamu jadi lebih berwarna datanglah ke taman ini bersama teman atau keluarga.

Sebagai saran saja sebaiknya datang lebih awal sekitar jam 5 atau 6 sore. Dikarenakan kalau malam hari pasti jalan raya macet total waktu hari libur. Apalagi pertunjukan air mancur ini paling diminati warga Blitar. Dan kemungkinan besar area jalan sekitar taman pasti macet.

Olahraga Pagi

Kawasan Taman Pecut adalah ruang terbuka hijau yang nyaman untuk kegiatan olahraga. Secara keseluruhan area taman ini banyak dipenuhi rerumputan hijau dan pepohonan rindang yang sangat lebat. Maka jangan heran jika udara di sekitarnya masih tergolong sejuk meski letaknya berada di tengah-tengah kota.

Dengan kondisi alamnya yang masih asri membuat siapapun merasa betah berolahraga disana dalam yang waktu cukup lama. Ada berbagai macam kegiatan olahraga yang bisa kamu lakukan. Misalnya saja joging, bersepeda, jalan santai, atau hanya sekedar pemanasan ringan.

Tidak usah takut kaki jadi kotor, tanah di taman ini sudah tertutup rerumputan hijau. Ada juga sebagian tampak rata karena dilapisi permukaan lantai. Pengunjung pun bebas berjalan ke sana kemari walau tanpa memakai alas kaki.

Bersantai

1687947837167
Sumber : Googlemap/soEKarnO haryadi

Kalau kamu sudah merasa lelah berkeliling area taman, segera istirahatkan badan sejenak dengan duduk di gazebo. Sebuah pondok kecil yang memiliki empat tiang penyangga dengan beratapkan kayu sederhana. Meski tak terlalu luas tetapi sudah cukup untuk menampung beberapa orang.

Bersantai di dalam gazebo kamu bisa duduk sambil selonjoran kaki dengan bebasnya. Sekaligus untuk merenggangkan otot-otot kaki yang kelelahan habis berjalan jauh. Sembari duduk santai kamu akan ditemani pemandangan alam sejuk dan hijau. Ditambah lagi dengan udara dingin yang begitu menyejukkan kulit.

Semisal gazebo penuh terisi tak usah khawatir. Masih ada bangku panjang di sekitar Taman Pecut. Bangku tersebut bisa muat untuk dua sampai tiga orang. Jumlahnya juga tergolong cukup banyak sehingga kamu tak perlu takut tidak kebagian tempat duduk.

Menikmati Sunrise di Sore Hari

Ada satu lagi pemandangan alam paling indah yang harus kamu lihat di Taman Pecut. Tidak lain dan bukan adalah melihat sang mentari kembali ke peraduannya. Langit sore yang mulai dipenuhi cahaya kekuningan dan kemerahan tampak begitu menawan kala dari kejauhan.

Momen semacam ini jangan sampai kamu lewatkan begitu saja. Sebisa mungkin abadikan menggunakan kamera agar nantinya bisa dibagikan langsung ke media sosial. Dengan begitu akan semakin banyak orang yang tertarik mengunjungi Taman Pecut.

Jam Buka

Taman Pecut Kota Blitar selalu beroperasi hampir setiap hari. Entah itu hari kerja atau hari libur sekalipun. Kamu bebas datang kapanpun dan di hari apapun. Akan tetapi datanglah sesuai jam operasional yang telah diberlakukan.

Taman ini senantiasa buka dari pagi hingga tengah malam. Untuk jam bukanya mulai dari Pukul 06.00 dan tutup sekitar 23.00 WIB. Jadi pastikan kamu datang diantara jam-jam tersebut.

Harga Tiket Masuk

Menariknya pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk saat berkunjung. Siapapun bebas keluar masuk tanpa harus membayar biaya apapun. Semua fasilitasnya pun bisa digunakan secara gratis. Buat kamu yang ingin liburan murah meriah maka jawabannya adalah pergi ke Taman Pecut.

Fasilitas Umum

Meskipun tergolong objek wisata baru di Blitar, soal penyediaan fasilitas umum tak usah kamu ragukan. Pihak pengelola telah mempersiapkan segala halnya dengan sebaik mungkin. Tentu saja tujuannya tidak lain agar pengunjung merasa nyaman selama liburan disana.

Pertama mari bahas mengenai fasilitas parkir. Areanya sendiri bisa dibilang cukup luas untuk menampung kendaraan pribadi pengunjung. Entah itu berupa sepeda motor maupun mobil berukuran besar.

Lalu untuk toilet umum sudah sangat memadai. Tersedia 2 toilet terpisah yang diperuntukkan bagi pengunjung laki-laki dan perempuan. Kondisinya sangat nyaman dan terawat karena pihak pengelola selalu membersihkannya setiap waktu.

Buat pengunjung yang mau bersantai sudah disediakan bangku taman dengan posisinya tersebar di area taman. Ada pula gazebo sebagai tempat bersantai sekaligus berteduh dari panasnya terik matahari di siang hari.

Tips Berkunjung

Kalau kamu mau suasana yang tenang sebaiknya jangan datang ke Taman Pecut pas weekend. Pada hari-hari libur sudah dipastikan kondisinya ramai dan jumlah kunjungan wisatawan juga meningkat. Kamu pun tidak bisa bersantai dengan nyaman sangking banyaknya suara-suara bising yang mengganggu.

Jadi ada baiknya kamu datang saat hari kerja saja. Biasanya suasana taman terlihat sepi dan lenggang. Wisatawan yang datang pada hari itu juga bisa kamu hitung dengan jari. Selama berada disana selalu patuhi tata tertib dan jangan merusak fasilitas umum yang ada.

Taman Pecut di Kota Blitar ini sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin liburan tapi terkendala budget. Menariknya lagi saat masuk tidak dikenakan biaya sepeserpun. Sudah gratis, kamu juga dapat fasilitas lengkap dan pemandangan alam yang memanjakan mata. Segera ajak teman atau keluarga ke sana waktu akhir pekan nanti.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments