Taman Prawatasari, Taman Bunga Edukatif & Instagramable

Taman Prawatasari Cianjur

Wisatawan mungkin sedikit asing dengan wisata Taman Prawatasari Cianjur yang memang tidak sepopuler wisata lainnya. Namun perlu wisatawan tau, taman bunga edukatif ini cocok dikunjungi sebagai destinasi liburan keluarga dengan tarif masuk yang terjangkau.

Wisatawan yang melakukan liburan ke Jawa Barat tentunya memusatkan tujuan ke Kota Bandung lebih tepatnya Lembang. Namun tidak hanya Bandung saja yang menjadi destinasi pilihan para wisatawan. Di kawasan Cianjur dan sekitarnya juga banyak tempat-tempat menarik yang bisa wisatawan kunjungi.

Cianjur sendiri merupakan kawasan strategis yang berada di antara Bogor dan Cimahi. Pesona Cianjur sudah tidak diragukan lagi. Apalagi di kawasan Cianjur yang masih berbatasan dengan Puncak Bogor.

Di Cianjur ini wisatawan akan menemukan berbagai tempat menyenangkan yang cocok menjadi objek wisata hiburan. Beberapa diantaranya yaitu Taman Bunga Nusantara, Little Venice Kota Bunga, hingga Taman Prawatasari.

Seperti taman pada umumnya, Taman ini juga menyuguhkan konsep wisata taman bunga yang banyak digemari oleh para wisatawan. Suasananya yang tenang dengan udara segar dan indahnya pemandangan Bandung membuat Taman Prawatasari diburu orang banyak wisatawan.

Tanpa kita sadari, Taman Prawatasari ini menjadi paru-paru Kota Cianjur. Tujuan adanya Taman bunga edukatif ini yakni sebagai pelindung sistem air yang ada di Cianjur. Itulah sebabnya sungai yang mengalir di kawasan Cianjur ini terlihat begitu jernih. Kejernihan airnya berpengaruh besar pada hasil alamnya yakni beras. Sehingga Cianjur ini dikenal dengan salah satu penghasil beras terbaik yang ada di Indonesia.

Daya Tarik Taman Prawatasari

79176977 459043628127206 8127810631489478190 n
Foto via Instagram.com/prawatasaricjr

Bagi wisatawan Ibukota, Taman Prawatasari ini berguna untuk menghilangkan jenuh dari penatnya aktivitas harian yang berulang. Wisatawan bisa berjalan-jalan di kawasan Taman bunga ini untuk menikmati suasana sejuk dan segarnya kawasan Cianjur.

Bahkan beberapa wisatawan juga sering melakukan kegiatan olahraga seperti jogging, bersepeda, senam, dan lainnya. Aktivitas tersebut rutin dilakukan setiap akhir pekan. Tidak lupa juga, wisatawan bisa melakukan beberapa kegiatan outdoor seperti trampolin, panahan, panjat tebing, dan masih banyak lagi. Keseruan-keseruan tersebut tidak hanya bisa dinikmati oleh orang dewasa saja, melainkan anak-anak juga bisa mencobanya.

Karena merupakan sebuah wisata berkonsep taman yang mana wisatawan bisa menemukan berbagai jenis tanaman. Di sana kita akan disuguhkan oleh hamparan bunga berwarna-warni yang begitu cantik. Mulai dari bunga anggrek, bunga mawar, bunga teratai, bisa wisatawan temukan dengan sangat mudah. Bahkan ada sekitar 78 tanaman langka yang akan kita temukan di Taman Prawatasari Cianjur. Beberapa tanaman langka tersebut yakni berenuk, kurma, sosis bima, dan masih banyak lagi.

Wisata Menarik Lainnya :  7 Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia

Tidak hanya dijadikan sebagai ajang rekreasi saja, ada beragam edukasi seputar tanaman yang bisa kita temukan di Taman Prawatasari. Mulanya, wisatawan akan diberikan beberapa edukasi seputar jenis tanaman, manfaat, hingga cara merawatnya.

Lalu wisatawan juga bisa melihat langsung cara menanam hingga pemetikan tanaman-tanaman yang ada di Taman Prawatasari. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pelestarian alam dan menambah kecintaan wisatawan terhadap alam. Sehingga wisatawan wajib banget mengikuti kegiatan edukasi yang satu ini.

80606586 461007091494855 2889559115045611190 n
Foto via Instagram.com/prawatasaricjr

Wisatawan yang menyukai kegiatan hunting foto, liburan ke Taman Prawatasari ini merupakan solusinya. Di sana kita akan menemukan berbagai spot foto kekinian dengan latar pemandangan hamparan bunga yang cantik. Beberapa spot yang akan wisatawan temukan di Taman Prawatasari ini yakni simbol love berwarna merah, ayunan gantung, air mancur, terowongan, dan masih banyak lagi.

Selain dikenal sebagai wisata taman yang menyuguhkan berbagai macam bunganya yang cantik, Taman Prawatasari juga memiliki fasilitas wahana yang seringkali di sebut sebagai Dufannya Cianjur. Ada berbagai wahana menyenangkan yang bisa kita nikmati di Taman Prawatasari.

Wahana tersebut terbagi ke dalam dua kelompok yakni wahana anak-anak dan wahana dewasa. Untuk wahana anak-anaknya, wisatawan akan menemukan wahana gajah terbang, bom-bom car, istana balon, gocar, balon air.

Sementara itu, untuk wahana yang bisa dinikmati oleh orang dewasa terdiri dari komedi putar, kora-kora, bianglala, dan masih banyak lagi. Menikmati liburan di Taman Prawatasari ini tentunya sangat menyenangkan apalagi jika dikunjungi bersama keluarga.

Melakukan aktivitas yang menyenangkan tentu saja akan menguras tenaga sehingga bisa membuat wisatawan lapar. Ada beberapa rumah makan yang bisa wisatawan temukan di kawasan Taman. Rumah makan tersebut menyediakan berbagai hidangan lezat mulai dari ayam geprek, ayam penyet, soto mie, mie ayam, nasi goreng, dan masih banyak lagi. Harga menu makanan yang bisa kita temukan di Wisata Alam Prawatasari ini ditaksir dengan harga Rp 6.000 Hingga Rp 24.000.

Selain itu, tidak jauh dari lokasi rumah makan tersebut, wisatawan akan menemukan pusat oleh-oleh yang menyediakan berbagai macam buah tangan khas Cianjur dan juga garden shop di mana wisatawan bisa menemukan aneka buket bunga dan berbagai macam perlengkapan bunga seperti vas bunga dan sebagainya. Untuk harga berbagai macam barang yang ada di sana ditaksir dengan harga yang terjangkau yakni mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 70.000.

82366551 791864337946910 2423453721824818963 n
Foto via Instagram.com/prawatasaricjr

Harga Tiket Masuk Taman Prawatasari

Tarif masuk ke Taman Prawatasari ini terbilang murah dari wisata lainnya. Kita akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 8.000 per orang. Tarif ini belum termasuk tiket untuk menikmati beberapa wahana yang ada. Untuk mencoba wahana-wahana yang ada di sana kita akan dibebankan tiket tambahan yang ditaksir mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 15.000 setiap wahana.

Wisata Menarik Lainnya :  Museum Barli Bandung - Koleksi Karya Seni, Harga Tiket Masuk & Cafe

Adapun tiket parkir kendaraan bermotor yang dibanderol dengan harga Rp 2.000 dan kendaraan roda empat yang dibanderol dengan harga Rp 10.000. Selebihnya fasilitas yang ada di sana bisa wisatawan nikmati sesuka hati.

Lokasi dan Jam Buka Taman Prawatasari

Taman Prawatasari ini berlokasi di Jalan Surya Kencana No.1, Sawah Gede, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43212. Wisatawan dari Bogor, Jakarta, Depok dan sekitarnya bisa melalui Jalan Raya Ciawi menuju ke Jalan Raya Puncak dan masuk ke Jalan Raya Puncak Cianjur. Map klik disini

Sementara itu, bagi wisatawan yang datang dari kawasan Cimahi, Bandung, dan sekitarnya bisa memusatkan navigasi ke arah Puncak Bogor yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Taman Prawatasari ini buka setiap hari dengan durasi waktu operasional mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Durasinya yang panjang ini membuat wisatawan leluasa menghabiskan hari liburannya di sana.

Akomodasi

Wisatawan yang datang dari luar Cianjur dan ingin melakukan penginapan di sekitar sana bisa mengunjungi salah satu penginapan yang ada di sekitar Taman Prawatasari yakni Gino Feruci Cianjur yang berlokasi di Jalan KH. Abdullah Bin Nuh, Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43211.

Kita bisa menempuhnya dengan waktu sekitar 6 menit perjalanan menuju ke penginapan tersebut. Dan tarif penginapan yang diberlakukan di Gino Feruci Cianjur ini ditaksir mulai dari Rp 431.000 hingga Rp 788.000 per malam sesuai dengan jenis penginapan yang kita inginkan.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...