Alun-alun Kota Blitar, Tempat Wisata Murah Meriah untuk Semua Kalangan

Alun-alun Kota Blitar

Bingung mau menghabiskan liburan akhir pekan dimana? Tak usah risau, buat kamu yang tinggal di Blitar ada nih tempat wisata murah meriah.

Apalagi kalau bukan Alun-alun Kota Blitar yang bersejarah itu. Sekarang penampakannya jauh lebih modern dan kekinian. Serta memiliki fasilitas umum yang lengkap dan memadai.

Alamat : Jalan Merdeka, Kepanjen Lor, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur.
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : gratis
Jam buka : 24 jam

Sejarah Alun-alun Kota Blitar

Alun-alun Blitar atau biasa dikenal Aloon-aloon Blitar sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Tempat wisata ini merupakan salah satu peninggalan sejarah terpenting yang ada di Blitar. Pembangunannya sendiri dimulai pada tahun 1875, yaitu bertepatan dengan berdirinya rumah Bupati KPH Warsoekoesomo.

Pusat pemerintahan yang awalnya berada di wilayah Pakunden terpaksa harus dipindahkan. Lantaran pada waktu itu sedang terjadi letusan Gunung Kelud yang lumayan dahsyat.

Tepat pada tahun 1880, Alun-alun Kota Blitar menjadi pusat kegiatan rakyat. Salah satu acara yang banyak disenangi warga kala itu adalah Rampongan Macan. Sangking populernya, jumlah penonton yang datang selalu memenuhi area lapangan hingga memunculkan para pedagang keliling.

Semenjak saat itu kawasan ini sempat mengalami perubahan dari segi penampilan dan fungsi. Namun kini area tersebut menjadi ruang terbuka hijau yang seringkali dimanfaatkan warga untuk tempat beraktivitas. Misalnya seperti bersantai, olahraga, tempat berkumpul, atau foto-foto.

Satu hal yang membuat wisatawan tertarik adalah lapangannya yang luas serta banyak dipenuhi deretan pohon beringin. Hampir setiap hari kawasan ini tak pernah sepi pengunjung. Apalagi kalau masuk tanggal merah, kunjungan wisatawan akan semakin membludak.

Aktivitas Seru Di Alun-alun Kota Blitar

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal. Bahwasanya Alun-alun Kota Blitar sering menjadi tempat beraktivitas warga sekitar. Entah itu waktu pagi, sore, siang, atau malam hari. Kira-kira aktivitas apa saja ya yang sering dilakukan? Untuk menjawab rasa penasaran kamu silakan simak ulasan singkat berikut ini.

Bersantai

Salah satu aktivitas yang sering dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Alun-alun Kota Blitar adalah bersantai. Suasana hijau dengan udara yang sejuk membuat siapapun merasa betah berdiam diri disana. Apalagi kalau ditemani oleh teman atau keluarga. Pasti akan jauh lebih seru karena bisa saling berbagi cerita.

Wisata Menarik Lainnya :  Ngopi Bareng Pintu Langit, Wisata Pasuruan yang Hits

Terlebih lagi di sekitar Alun-alun banyak para pedagang yang menjajakan makanan enak-enak. Harganya pun relatif terjangkau dan rasanya juga tak kalah nikmat dengan restoran bintang lima. Kebanyakan menunya adalah makanan tradisional khas Blitar yang melegenda.

Sungguh menyenangkan menghabiskan waktu di alun-alun bersama keluarga sambil duduk santai dengan menyantap hidangan pinggir jalan. Begitu menjelang sore hari, suasananya kian ramai karena ada suguhan pemandangan matahari terbenam dari ufuk barat.

Olahraga

1688638192170
Sumber : Googlemap/Miqdad Alfaruqi 78

Selain bersantai pengunjung juga bisa olahraga di sekitar Alun-alun Kota Blitar. Beruntung pihak pengelola telah menyediakan fasilitas berupa jalan pedestrian untuk trek joging atau jalan-jalan biasa. Jalurnya sendiri mengelilingi lapangan kemudian berakhir tepat di bagian tengah pada area yang ditanami pohon beringin.

Jalan pedestrian ini sering menjadi pusat kegiatan olahraga. Biasanya para pengunjung terlihat sedang asyik jalan santai sembari bercakap-cakap bersama teman atau keluarganya. Ada juga yang tengah joging sambil sesekali mendengarkan musik.

Menariknya jalur ini mempunyai desain yang cantik. Dimana bagian permukaan jalannya tertutup ubin yang berhiaskan motif kotak-kotak beragam bentuk. Ditambah lagi sepanjang jalan kamu akan disuguhkan deretan pepohonan hijau nan rindang.

Di sisi lain Alun-alun kota Blitar ada sekumpulan alat fitness outdoor permanen. Pihak pengelola sengaja menyediakan fasilitas tersebut agar pengunjung dapat melakukan variasi olahraga lainnya. Tenang saja, semua alat itu bisa kamu gunakan secara gratis dan tidak dipungut biaya sepeserpun.

Melihat Berbagai Acara Menarik

1688638499062
Sumber : Googlemap/AurAde chanel

Dulu Alun-alun Kota Blitar sering dijadikan tempat berbagai acara penting. Baik acara pemerintahan atau hari besar keagamaan. Namun kini telah beralih fungsi menjadi ruang terbuka hijau yang bisa diakses secara bebas oleh semua kalangan.

Meski penampilan dan fungsinya tak lagi sama. Pemerintah masih sering menggelar berbagai acara penting disana. Contohnya seperti Hari Jadi Kota Blitar, Grebeg Pancasila, Upacara Peringatan, Pesta Rakyat, dan acara lainnya.

Setiap kali ada acara pasti suasananya selalu ramai. Bahkan jalan-jalan di sekitar alun-alun sampai macet sangking banyaknya lautan manusia yang berlalu-lalang. Masyarakat memang sangat antusias mengingat tidak setiap waktu ada acara penting di alun-alun.

Wisata Menarik Lainnya :  Farm House Susu Lembang, Wisata Edukasi Satwa Sambil Berburu Foto Ala Eropa

Jam Buka

Alun-alun Kota Blitar hampir tidak pernah tutup. Pihak pengelola selalu membukanya selama 24 jam nonstop. Wisatawan pun bebas datang di hari dan jam berapa pun. Jika memang sedang tidak beroperasi pasti ada pemberitahuan secara tertulis di bagian depan pintu gerbangnya.

Harga Tiket Masuk

Pihak pengelola tidak membebankan biaya apapun kepada para pengunjung Alun-alun Kota Blitar. Kamu bebas keluar masuk tanpa perlu membayar tiket masuk. Hanya saja jika membawa kendaraan pribadi akan dikenakan tarif parkir.

Fasilitas Umum

1688638608150
Sumber : Googlemap/Miqdad Alfaruqi 78

Terkait penyediaan fasilitas umum di Alun-alun Kota Blitar tergolong sudah cukup memadai. Area parkirnya sendiri berukuran sangat luas hingga muat untuk berbagai macam jenis kendaraan. Seperti mobil, sepeda motor, atau bus.

Di sekitar alun-alun juga disediakan beberapa tempat duduk dan gazebo. Setelah lelah berkeliling kamu bisa mengistirahatkan diri sebentar dengan duduk di salah satu fasilitas tersebut. Kalau mau yang lebih nyaman dan terhindar dari panas matahari sebaiknya kamu duduk di dalam gazebo.

Kemudian soal toilet umum juga tak perlu kamu ragukan lagi. Pihak pengelola sudah menyediakan dua toilet terpisah untuk pengunjung laki-laki dan perempuan. Kondisinya juga bersih dan memiliki fasilitas lumayan lengkap.

Saat masuk waktu shalat kamu bisa beribadah di Masjid Agung yang terletak di bagian barat alun-alun. Cukup berjalan kaki kamu akan sampai dalam hitungan beberapa menit saja. Sehabis shalat cobalah mengisi perut dengan mengunjungi warung makan di sekitar alun-alun.

Tips Berkunjung

Waktu paling pas berkunjung ke Alun-alun Kota Blitar adalah saat pagi hari. Kondisi pada jam-jam tersebut tidak terlalu ramai pengunjung. Suasana yang sepi dan tenang membuat kamu bisa bersantai dengan nyaman.

Namun sebelum berangkat pastikan melihat perkiraan cuaca terlebih dahulu. Otomatis kalau musim penghujan akan susah beraktivitas di alun-alun. Maka dari itu pilihlah hari yang memang cuacanya sedang cerah.

Dikarenakan alun-alun termasuk kawasan yang selalu ramai. Selalu waspada dan berhati-hatilah terhadap orang-orang di sekitar. Biasanya tempat yang banyak orang sering terjadi pencurian secara sembunyi-sembunyi. Awasi dan pantau terus barang bawaan kamu.

Alun-alun Kota Blitar adalah alternatif tempat wisata yang cocok buat kamu yang ingin liburan gratis. Selain olahraga dan jalan-jalan, disana juga sering mengadakan acara atau event menarik. Supaya kamu bisa merasakan keseruannya secara langsung segera ajak teman atau keluarga liburan ke sana saat libur akhir pekan nanti.

5/5 - (1 vote)
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments