Sunflower Park Kediri, Wisata Taman Bunga Terbaru dengan Keindahan Alamnya Bak Negeri Dongeng

Sunflower Park Kediri

Wisata alam bertemakan taman bunga kini tengah viral di jagat maya. Berbagai daerah di Indonesia berbondong-bondong merancang tempat wisata tersebut dengan konsep yang tak biasa.

Hal ini juga berlaku bagi Wisata Kediri yang mana sudah lebih dulu menghadirkan Sunflower Park. Sebuah area perkebunan yang lahannya banyak ditumbuhi bunga matahari.

Ragam Aktivitas Seru Di Sunflower Park

Tak mau kalah dengan kota Batu yang mempunyai wisata taman bunga Selecta. Kota Kediri juga mencoba menyuguhkan wisata serupa. Nama tempat wisatanya adalah Sunflower Park. Destinasi satu ini masih belum lama karena baru dibuka sekitar tahun 2016 lalu.

Awalnya taman tersebut berupa lahan kosong milik Pemerintah Kota Kediri. Namun sejak tahun 2016, pihak pengelola mulai menanam bunga matahari di sekitar tanah tersebut. Makin lama jumlahnya kian banyak. Bahkan hampir mencapai enam ribu lebih.

Ada berbagai macam jenis bunga matahari yang bisa kamu temukan. Mulai dari varietas bunga matahari Tiongkok hingga varietas lokal. Seiring berjalannya waktu pihak pengelola mengalihkan fungsi lahan sebagai area perkebunan sekaligus destinasi wisata. Semenjak saat itu banyak wisatawan mulai tertarik mengunjunginya karena bisa melakukan aktivitas seru berikut.

Berswa Foto Bersama Bunga Matahari

2019 07 21
Sumber : Google Maps/Iqbal Absifa

Keindahan Sunflower Park bak tanah surgawi membuat siapapun akan langsung jatuh hati pandangan pertama. Hamparan bunga matahari bermekaran bersanding dengan langit berwarna biru sungguh mempesona. Begitu menginjakkan kaki di sana kamu serasa masuk ke dalam negeri dongeng.

Sewaktu musim mekar tiba banyak wisatawan datang ke sana. Tujuannya tidak lain ingin melihat kecantikan bunga matahari bermekaran. Tak jarang sebagian wisatawan rela menempuh perjalanan jauh dari kota asalnya. Ada yang dari Malang, Surabaya, Pasuruan, Batu, dan kota-kota lainnya di Jawa Timur.

Begitu sampai di tempat wisata, tentunya wisatawan tak akan melewatkannya. Semua orang akan berlomba-lomba mengabadikan pemandangan indah itu dalam jepretan kamera. Bisa dibilang wisata ini sangat cocok dijadikan lokasi foto prewedding buat kamu yang ingin menikah.

Supaya hasil fotonya tampak lebih menarik, pihak pengelola telah menyediakan satu spot foto. Spot tersebut berbentuk panggung kayu yang letaknya berada di tengah-tengah kebun. Ada juga spot love yang dihiasi bunga-bunga cantik. Lalu di bagian bawahnya diletakkan bangku putih untuk tempat duduk pengunjung saat berfoto.

Menjelajahi Area Perkebunan

2019 04 13
Sumber : Google Maps/nisael amala

Selain berswa foto, pengunjung juga bisa menjelajahi area perkebunan yang mana luasnya mencapai 900 meter persegi. Berjalan-jalan di sekitar perkebunan sambil menikmati keindahan bunga matahari adalah kenikmatan yang tiada tara. Kaki serasa menapaki tanah surgawi dambaan setiap umat manusia.

Waktu paling pas menikmati pemandangan bunga matahari ketika musim kemarau tiba. Dikarenakan pada saat itu bunga-bunga matahari sedang bermekaran dengan begitu indahnya. Biasanya puncak musim bunganya jatuh antara Bulan Juni hingga Agustus.

Ukuran bunga matahari di kebun ini tergolong besar-besar. Tingginya bahkan bisa mencapai satu hingga dua meter dengan diameter 30 cm. Setelah masa berbunga selesai bunga matahari akan layu dengan sendirinya. Lalu pihak pengelola akan membabat habis bunga lama dan digantikan tanaman baru.

Melihat Bunga Jenis Lain

IMG 20200210 094537
Sumber : Google Maps/Edo Christianto

Tidak hanya bunga matahari yang akan kamu temukan di Sunflower Park. Pihak pengelola juga menanam jenis tanaman bunga lainnya. Hal ini sengaja dilakukan agar suasana kebun terlihat lebih bervariasi dan tak membosankan ketika dipandang.

Ukuran lahannya memang tidak seluas kebun bunga matahari. Namun, sudah tergolong cukup untuk menambah variasinya. Bunga-bunga yang tampak memiliki warna yang beragam. Ada kuning, merah, dan putih. Suasana di sekitarnya kian bertambah sejuk dengan kehadiran rerumputan hijau yang mengelilinginya.

Mempelajari Taman Holtikultura

2018 12 25
Sumber : Google Maps/Poetry DIY

Keseruan lainnya yang tak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Sunflower Park adalah wisata edukasi tentang tanaman holtikultura. Pengunjung akan diajarkan bagaimana cara membudidayakan cabai, tomat, kangkung, dan labu secara langsung oleh ahlinya. Mulai dari proses pembibitan, penyemaian, hingga panen.

Sewaktu ke sana kamu jangan kaget ketika melihat segerombolan anak sekolahan. Biasanya mereka datang bersama gurunya untuk melakukan studi wisata. Sunflower Park memang kerap dipilih sebagai tempat tujuan karena di sana anak-anak bisa mengetahui tentang tanaman holtikultura secara lebih mendetail.

Membeli Oleh-oleh Labu Madu

2018 12 23
Sumber : Google Maps/ihsan haqq

Tanaman holtikultura di Sunflower Park tidak hanya dinikmati oleh pihak pengelola saja. Komoditi ini juga dijual sebagai buah tangan untuk dibawa pulang. Tersedia berbagai macam jenis sayur-sayuran yang bisa kamu beli. Namun yang menjadi favorit pengunjung adalah buah labu madu.

Buah labu madu seperti mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat sekitar. Ukuran buahnya yang besar dan berwarna kuning cerah begitu menarik perhatian. Siapapun akan langsung tertarik membelinya mengingat harga yang ditawarkan relatif terjangkau.

Harga Tiket Masuk

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Sunflower Graden tidak perlu membayar tiket masuk. Siapapun bebas keluar masuk tempat wisata dan memanfaatkan semua fasilitas yang ada secara gratis. Kamu hanya akan dikenakan biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi.

Jam Buka

Sunflower Park buka setiap hari. Dari hari Senin sampai dengan Minggu. Meski memasuki tanggal merah atau hari libur Nasional tetap menerima kunjungan wisatawan seperti biasa. Untuk jam operasionalnya sendiri dibuka dari jam 9 siang dan tutup jam 4 sore.

Fasilitas Umum

Sunflower Park Kediri memang termasuk wisata baru. Akan tetapi soal penyediaan fasilitas umum bagi para pengunjung sudah terbilang memadai. Misalnya saja fasilitas area parkir. Lahannya cukup luas dan mampu menampung puluhan kendaraan dua dan empat.

Selain area parkir, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas toilet umum. Buat kamu yang ingin buang hajat tidak perlu khawatir mengenai kondisi di dalamnya. Toiletnya sangat terawat dan dilengkapi air bersih. Walaupun bangunannya kecil tapi sudah cukup layak untuk digunakan pengunjung.

Pihak pengelola tak lupa menghadirkan fasilitas gazebo di sekitar kebun bunga matahari. Fungsinya sebagai tempat bersantai atau beristirahat bagi pengunjung yang sudah merasa kelelahan. Adanya atap pada bagian atasnya sangat menguntungkan para pengunjung karena bisa menghalau sinar matahari kala siang hari.

Tips Berkunjung

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, waktu paling pas berkunjung ke Sunflower Park Kediri itu pada musim kemarau. Kalau kamu datang pada saat itu bisa melihat bunga matahari mekar sepuasnya. Sementara di musim lain belum tentu kamu akan mendapati bunga-bunga itu bermekaran secara sempurna.

Ketika berada di tempat wisata ada beberapa peraturan yang wajib dipatuhi oleh para pengunjung. Salah satunya dilarang memetik bunga matahari. Pengunjung boleh berfoto di sekitar kebun bunga matahari tetapi tidak boleh memetiknya untuk dijadikan objek foto.

Peraturan lainnya yang tak kalah penting dilarang membuang sampah sembarangan. Agar kawasan kebun tetap bersih dan terawat, pengunjung harus membuang sampah pada tempatnya. Sudah ada tempat sampah khusus yang disediakan oleh pihak pengelola.

Sekian pembahasan tentang wisata Sunflower Park Kediri kali ini. Semoga pemaparan tadi bisa membuat kamu tertarik mengunjungi tempat wisata tersebut. Jangan lupa mengajak teman, keluarga, pasangan, atau sahabat untuk ikut serta. Selamat liburan dan bersenang-senang.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments