Sui Farm Malang, Mini Zoo Pertama di Kota Malang Dengan Suguhan Binatang Lucu Dan Menggemaskan

SUI FARM Malang

Ingin lihat sekumpulan hewan-hewan lucu tidak perlu jauh-jauh ke Kebun Binatang Surabaya. Buat kamu warga Arema cukup datang ke Sui Farm Malang.

Destinasi wisata Malang terbaru yang menyuguhkan berbagai macam jenis binatang lucu dan menggemaskan. Tempat ini bisa menjadi rekomendasi tempat rekreasi bersama si kecil.

Ragam Aktivitas Seru Di Sui Farm Malang

Berbicara soal Kota Malang memang tidak ada habisnya. Kota ini pasti punya cerita seru dengan beragam destinasi unik dan menarik. Dan hal ini membuat siapapun tergoda untuk mengunjunginya. Selain terkenal akan wisata alamnya, kota ini juga menawarkan banyak wisata edukasi. Salah satu rekomendasi tempatnya ada Sui Farm Malang.

Beberapa bulan belakangan Sui Farm Malang tengah viral di media sosial. Namanya kian melejit hingga menjadikannya wisata populer di Kota Malang. Tempat ini menawarkan sebuah destinasi mini zoo yang dilengkapi dengan taman bermain anak-anak. Konsepnya sendiri mengusung tema edukatif tentang proses belajar mengenal hewan sambil bermain.

Wisata ini belum lama beroperasi karena baru saja diresmikan pada tanggal 14 April 2023. Meski baru tetapi minat wisatawan untuk mengunjunginya sangatlah tinggi. Buktinya pada hari pertama pembukaan saja kondisinya sudah ramai. Ditambah lagi dengan harga tiketnya yang terjangkau. Di sana kamu bisa melakukan beragam jenis aktivitas berikut.

Bermain Di Playground

2023 12 26
Sumber : Google Maps/Adi Wiranata

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal. Bahwasanya Sui Farm Malang adalah wisata mini zoo yang juga dilengkapi taman bermain anak-anak. Kegiatan pertama yang bisa wisatawan lakukan ialah bermain di arena playground. Akan tetapi ini khusus anak-anak saja. Dikarenakan wahana permainannya memang diperuntukkan untuk usia anak-anak.

Di area playground banyak sekali wahana permainan. Namun yang paling mendominasi wahana perosotan. Bentuknya beragam dengan warna-warna cerah menghiasinya. Ada yang berbentuk terowongan, lurus, hingga berkelok-kelok. Ayah bunda tak perlu khawatir, ukurannya tidak terlalu tinggi sehingga masih aman untuk digunakan si kecil bermain.

Meskipun terlihat aman tetapi ayah bunda tetap harus mengawasi si kecil. Pihak pengelola telah menyediakan karpet di dekat area playground sebagai tempat bersantai. Ayah bunda bisa duduk santai di sana sambil mendampingi anak-anak bermain. Bermain di playground tidak perlu membayar tiket masuk. Siapapun bebas keluar masuk secara gratis.

Berinteraksi Dengan Hewan Lucu Di Zona Mini Zoo

2023 10 21 1
Sumber : Google Maps/Braja Musti

Sui Farm Malang terbagi menjadi beberapa zona. Salah satunya ada zona mini zoo. Di sini pengunjung bisa melihat beraneka macam hewan ternak dan unggas. Untuk hewan ternak ada ayam, kambing, kelinci, kuda, domba, rusa, dan marmot. Sementara hewan unggas ada kalkun, ayam, merpati, dara, dan lain-lain.

Pihak pengelola mengizinkan pengunjung berinteraksi langsung dengan sekumpulan hewan tersebut. Kamu bisa mengajaknya bermain, berfoto bersama, atau memberinya makan. Akan tetapi kalau memberi makan harus membeli pakannya dahulu. Harganya masih terjangkau kok. Kamu cukup merogoh kocek Rp5.000.

Mengajak si kecil berkenalan langsung dengan para binatang akan menumbuhkan rasa empatinya. Khususnya kepada lingkungan sekitar. Anak-anak jadi mudah bersosialisasi dan tidak menjadi pribadi yang tertutup. Terlebih lagi mereka juga akan terhindar dari yang namanya kecanduan gadget.

Menunggangi Kuda di Zona Berkendara

2023 10 03
Sumber : Google Maps/id dayucip

Zona selanjutnya ada zona berkendara. Di mana wisatawan akan diajak menjelajahi area wisata dengan menunggangi kuda. Aktivitas ini tidak hanya untuk orang dewasa saja. Anak-anak juga diperbolehkan asalkan mendapatkan pendampingan dari orang dewasa.

Aktivitas menunggang kuda bisa memberikan kamu pengalaman liburan yang berkesan. Mengingat fasilitas semacam ini sudah jarang ditemukan di kota-kota besar. Tenang, kamu tidak akan sendirian. Ada seorang petugas yang siap membantu dan memandu kamu. Tinggal ikuti arahannya maka kudanya akan patuh dan langsung membawa kamu jalan-jalan.

Sebelum mencobanya setiap pengunjung wajib membayar biaya tambahan. Masing-masing orang akan dikenakan biaya Rp15.000. Bagaimana, cukup terjangkau bukan? Dengan harga segitu kamu sudah bisa menunggangi kuda sepuasnya selama beberapa menit.

Memberi Makan Ikan Koi

Sui Farm Malang tidak hanya menyediakan hewan darat saja. Di sana juga ada sekumpulan ikan koi beragam warna. Sama seperti hewan lainnya, kamu bisa berinteraksi dan memberi makan ikan-ikan itu secara langsung. Dan tentu saja tidak boleh membawa pakan dari luar. Kamu harus membeli pakan di tempat wisatanya.

Kehadiran ikan koi tersebut membuat koleksi hewannya kian lengkap. Anak-anak tidak melulu melihat hewan darat saja. Mereka juga bisa mengenal hewan yang hidup di air sekaligus. Dikarenakan ikan-ikannya ada di dalam kolam, para orang tua harus selalu mengawasi anak-anaknya.

Hunting Foto di Zona Foto

Di Sui Farm Malang juga tersedia banyak spot menarik yang bisa kamu gunakan sebagai latar belakang foto kamu. Pilihannya cukup beragam dengan desain yang tak biasa. Namun yang paling mencuri perhatian adalah spot di restonya. Areanya yang luas dan dekat hamparan persawahan hijau membuatnya tampak instagrammeble.

Masuk ke restonya serasa masuk ke suasana pedesaan khas Jawa. Sangat cocok buat kamu yang rindu akan kampung halaman. Menu makanannya juga murah dan rasanya terbilang enak. Dijamin kamu bakal ketagihan dan ingin terus mencobanya.

Belajar Mengenal Hewan Di Zona Edukasi

Zona terakhir ada zona edukasi yang akan mengajak pengunjung mengenal berbagai macam jenis hewan. Informasi yang disampaikan pun sangat fun. Melalui sebuah permainan edukatif anak-anak pastinya akan terhibur dan merasa senang. Daya tangkapnya pun jadi lebih mudah untuk mengingat nama-nama hewan.

Harga Tiket Masuk

Sui Farm Malang termasuk destinasi yang murah meriah. Harga tiket masuknya pun terjangkau dan tidak memberatkan wisatawan. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp15.000 sudah bisa membeli satu tiket. Tetapi itu tidak masuk biaya naik kuda, pakan hewan, dan parkir.

Jam Buka

Sui Farm Malang buka setiap hari. Dari hari Senin sampai dengan Minggu. Jam operasionalnya mulai dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Kalau mau suasana sepi sebaiknya datang pas sore atau pagi hari. Biasanya pada waktu itu kondisinya tenang dan tidak terlalu ramai.

Fasilitas Umum

Pihak pengelola Sui Farm Malang menyediakan beberapa fasilitas umum berikut demi menunjang kebutuhan wisatawan selama di sana.

  • Mushola
  • Area parkir
  • Kantin
  • Toilet umum

Tips Berkunjung

Liburan ke Sui Farm Malang paling pas saat pagi hari. Jelajahi area wisata sepuasnya tanpa gangguan pengunjung lain karena pada saat itu suasananya pasti masih sepi. Kamu seolah-olah sedang berwisata secara privat. Bermain bersama binatang kemudian bersantai sambil menikmati makanan sudah cukup membuat hati terasa tenang.

Kalau tidak sempat datang di pagi hari bisa diganti sore hari. Lokasinya yang dekat area persawahan menjadikan udara di sekitarnya masih terasa sejuk. Tetapi jangan datang pas waktu mau tutup sekitar jam-jam mendekati 4 sore. Dikarenakan wisata ini pada jam 4 sudah tidak menerima kunjungan wisatawan.

Pergi ke sana itu paling seru kalau rombongan. Daripada sendirian seperti ada yang kurang. Tidak ada teman atau siapapun yang bisa diajak mengobrol atau berbagi cerita. Makanya ajak juga seseorang supaya suasananya lebih menyenangkan. Jangan lupa mengabadikan setiap momen dalam tangkapan kamera.

Sui Farm Malang bisa menjadi alternatif tempat wisata buat kamu yang ingin liburan tapi terkendala budget. Dengan harga tiket masuk terjangkau kamu sudah mendapatkan fasilitas lengkap dan pelayanan memadai. Semoga kehadiran wisata ini kian mengharumkan Kota Malang sebagai Kota Pariwisata.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments