Pantai Watu Godeg Lumajang, Wisata Keren di Balik Pegunungan

Pantai Watu Godeg Lumajang

Lumajang, sebuah daerah yang dianugerahi kekayaan alam yang melimpah. Salah satu anugerah alam yang memikat di wisata Lumajang adalah pantainya, dan di antara pantai-pantai yang ikonik, Watu Godeg tampil sebagai daya tarik yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung.

Pantai Watu Godeg merupakan pantai keren yang ada dibalik pegunungan ini dikenal menawarkan kecantikan alam yang memukau. Keindahan alam sekitarnya menjadi penawar penat yang efektif sehingga layak untuk dikunjungi.

Asal Usul Pantai Watu Godeg

b 14
Instagram.com/wisatalumajang

Pantai Watu Godeg merupakan destinasi wisata yang mempersembahkan pesona alam pantai yang menarik perhatian baik dari pengunjung lokal maupun internasional. Tak heran jika wisata ini sempurna untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Asal nama yang unik dari pantai ini berasal dari dua kata, “watu” yang berarti batu, dan “godeng” yang mengandung arti bergoyang. Saat keduanya digabungkan, artinya menjadi batu yang bergoyang. Di balik penamaan yang menarik ini terdapat cerita atau kejadian unik yang terjadi di masa lalu.

Jejak peristiwa tersebut masih dapat ditemukan pada batu besar di sekitar pantai dengan dimensi yang cukup besar dan tinggi. Ketika air laut pasang, batu besar ini memberikan kesan seolah-olah sedang bergoyang akibat terjangan ombak, menciptakan pemandangan yang sungguh menakjubkan.

Daya Tarik Pantai Watu Godeg

Jika kamu berencana untuk mengunjungi destinasi ini, penting untuk mengetahui berbagai daya tarik yang ditawarkan sehingga bisa merencanakan serangkaian kegiatan yang menarik selama liburan tersebut. Berikut adakah beberapa daya tarik yang akan kamu temui di pantai ini:

Keindahan Pantai

d 6
Instagram.com/bumbaaishh

Keindahan pantai menjadi magnet utama yang ditawarkan tempat ini kepada para wisatawan yang berkunjung. Pemandangan pantai kerap menarik banyak orang karena memberikan rasa ketenangan.

Menggunakan karpet sebagai alas bisa menjadi cara yang nyaman untuk sejenak merilekskan diri dan menikmati keindahan alam yang memikat. Oleh karena itu, jika kamu merencanakan liburan bersama keluarga, pertimbangkan membawa alas yang lebih luas dan beberapa bekal.

Di sini kamu dan keluarga dapat berpiknik sambil menikmati pesona alam pantai. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan semangat baru yang akan membawa energi positif untuk menghadapi kegiatan padat keesokan harinya.

Batu Bergoyang

Keunikan lain dari Pantai Watu Godeg, yang juga menjadi inspirasi dari namanya, adalah adanya batu yang memberikan ilusi gerakan goyang atau godeg. Pesona batu ini dapat diamati ketika air laut pasang dan ombak membawanya, menciptakan sebuah ilusi visual yang menarik.

Suara ombak yang menyentuh karang juga memberikan nuansa ketenangan yang lebih dalam. Meskipun batu ini terlihat sederhana, banyak pengunjung yang sengaja datang ke sini hanya untuk menyaksikan fenomena unik ini.

Kamu pun dapat menikmati suasana santai sambil mengelilingi batu yang berlokasi agak dekat dengan tepi pantai, memberikan rasa aman bagi para wisatawan.

Spot Foto Menarik

c 8
Instagram.com/elfaariska

Selain menyediakan pemandangan indah Pantai Watu Godeg juga menyediakan beragam spot menarik yang bisa dijadikan latar belakang, mulai dari pantai berpasir hitam hingga batu-batuan besar.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Godeg

Untuk menikmati pesona alam pantai Watu Godeg, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Harga tersebut terbilang sangat terjangkau.

Apalagi jika kamu berencana berlibur bersama keluarga tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar selama perjalanan tersebut. Selain itu, mungkin diperlukan pembayaran retribusi parkir kendaraan, dengan kisaran harga mulai dari Rp3.000 hingga Rp5.000 saja.

Jam Operasional Pantai Watu Godeg

Sebelum merencanakan kunjungan, penting bagi kamu untuk memahami informasi terkait jam operasional tempat wisata tersebut. Hal ini bertujuan agar kamu dapat menyusun jadwal kunjungan dengan baik, sehingga tidak mengganggu aktivitas harian di lokasi tersebut.

Meski demikian, jangan khawatir, bagi yang ingin mengeksplorasi pantai ini, kamu bisa berkunjung kapan saja selama 24 jam sehari. Ini memberikan fleksibilitas tanpa perlu khawatir mengenai penjadwalan yang bertabrakan dengan rutinitas harian.

Terutama jika kamu hanya ingin singgah sejenak setelah perjalanan yang panjang. Meskipun begitu, disarankan untuk mengatur kunjungan, terutama pada pagi dan sore hari.

Di pagi hari, Anda dapat menikmati kesegaran alam dan hembusan angin pantai yang menyejukkan. Sementara itu, di sore hari, pemandangan matahari terbenamnya akan menciptakan pengalaman memukau bagi siapa saja yang menyaksikannya.

Alamat Pantai Watu Godeg

Pantai Watu Godeg ada di Desa Bulurejo, Kecamatan Tempursari, Lumajang. Akses ke wisata yang satu ini sudah cukup bagus. Secara keseluruhan jalannya sudah beraspal.

Jadi kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi baik itu motor maupun mobil tanpa perlu khawatir masalah rute. Kendati demikian akan lebih baik jika kamu memastikan dulu kondisi kendaraanmu.

Apabila kamu berangkat dari pusat kota maka jarak yang perlu ditempuh sekitar 69,9 KM. Estimasi waktu yang akan kamu tempauh adalah 2 jam 49 menit lewat jalan Merdeka Bodang, tergantung kecepatanmu.

Perlu diingat jika pantai ini ada di balik daerah pegunungan. Suasana pantainya juga cukup sepi. Untuk itulah kamu harus tetap hati-hati. Akan tetapi kepuasan yang akan kamu dapatkan tentunya akan sebanding.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments