big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Resep Sundubu Jjigae, Kuliner Korea yang Hits di Indonesia

Resep Sundubu Jjigae

Kuliner dari negeri ginseng Korea Selatan memang tak ada habisnya. Banyak sekali makanan dari negara yang satu ini menjadi hits dikalangan anak muda Indonesia, terutama pecinta Kpop.

Salah satu contohnya ada Sundubu Jjigae. Tak heran jika saat ini kuliner Korea bisa dengan mudah ditemukan baik di restoran maupun kaki lima.

Makanan asal Korea Selatan yang satu ini umumnya mempunyai rasa yang pedas sehingga cocok untuk lidah orang Indonesia. Nah untuk kamu yang pecinta Korea Selatan mungkin sudah sangat akrab dengan makanan yang satu ini. Bahkan bisa jadi kamu pernah mencobanya.

Jika belum kamu juga bisa mencoba membuatnya sendiri. Tertarik ingin mencoba membuat sundubu Jjigae? Berikut resep mudah yang bisa kamu coba dan pastikan kamu menyimak cara membuatnya juga sampai habis!

Fakta Menarik Seputar Sundubu Jjigae

Sundubu Jjigae
Instagram.com/mama._.cook

Sebelum masuk ke pembahasan resepnya tentu tak ada salahnya jika kamu menyimak dulu berbagai fakta menarik seputar makanan yang satu ini. Lantas apa saja sih hal menarik tentang Sundubu Jjigae ini? Penasaran bukan? Yuk simak!

1.Sundubu Jjigae Berasal dari Dua Kata Yaitu “ sundubu (tahu halus) dan “Jjjigae (jenis sup)”

Apabila mengartikannya langsung maka Sundubu bermakna tahu halus sedangkan Jjigae ini mengacu pada jenis masakan Korea yang berkuah atau berupa sup. Singkatnya Sundubu Jjigae merupakan sup tahu halus. Oleh karenanya hidangan yang satu ini dinamakan sebagai Korean soft tofu stew untuk sebutannya dalam bahasa Inggris.

2. Sundubu Jjigae Bahan Baku Utamanya Adalah Tofu (Tahu Sutera)

Sama halnya dengan Jjigae pada umumnya maka sundubu Jjigae ini memang termasuk makanan yang berkuah. Apabila dilihat dari namanya maka ciri khas dari makanan ini maka bahan baku utama yang digunakan untuk isiannya adalah tofu atau tahu sutera.

Tahu sutra sendiri mempunyai tekstur yang lebih halus dan lembut dibandingkan tahu pada umumnya. Oleh karenannya tahu ini akan melengkapi dan menyatu kuah Jjjigae yang nikmat.

3. Sundubu Jjigae Dilengkapi Dengan Berbagai Bahan Tambahan Nabati Maupun Hewani

Makanan ini terbuat dari berbagai bahan. Untuk supnya saja menggunakan kaldu sapi dengan bumbu khas yang ditambah dengan kecap asin. Dalam semangkok Sundubu Jjigae saja kamu tak hanya akan menemukan tahu sutra.

Lebih dari itu ada berbagai bahan lainnya yang juga ditambahkan sebagai pelengkap. Terdapat nahan nabati seperti sayuran. Ada juga berbagai bahan hewani yang bisa kamu sesuaikan dengan selera seperti daging sapi, telur maupun makanan laut seperti kerang, cumi-cumi dan udang.

4. Sundubu Jjigae Mempunyai Cita Rasa yang Kaya

Berbagai bahan yang digunakan dalam memasak Sundubu Jjigae membuatnya memiliki cita rasa yang sangat kaya. Untuk kuahnya sendiri bercita rasa pedas yang tergolong cukup kuat. Maka wajar rasanya bila warna kuahnya kemerahan.

Meski begitu makanan ini juga tetap mempunyai sensasi gurih dan nikmat. Sundubu Jjigae akan terasa lebih nikmat lagi bila disantap saat masih hangat karena cita rasanya lebih pekat.

5. Sundubu Jjigae Disajikan Dengan Mangkok Khas Korea

Fakta menarik yang perlu kamu tahu dari Sundubu Jjigae adalah cara penyajiannya. Biasanya di negara asalnya makanan ini disajikan dengan mangkuk khas Korea yang disebut dengan ttukbaegi.

Ttukbaegi sendiri merupakan suatu mangkuk keramik tradisional untuk menghidangkan masakan korea. Pasalnya mangkuk yang satu ini memang biasa dipakai pada sajian makanan yang disantap selagi masih hangat.

Hal ini karena mangkuk ini memiliki kemampuan menyerap panas. Bahkan mangkuk ini diketahui juga mampu menjaga masakan tetap hangat selagi disantap.

6. Sundubu Jjigae Bisa disantap Bersama Nasi Putih, Kimchi dan Berbagai Lauk Pendamping

Karena dimakan saat masih hangat naja Sundubu Jjigae ini juga cocok dijadikan sebagai menu ketika musim hujan atau musim dingin. Disamping itu tekstur tahu sutera yang lembut juga akan memudahkan para orang tua khususnya lansia mudah untuk memakanya.

Biasanya sup ini akan disantap dengan nasi putih dan berbagai makanan pendamping seperti kimchi atau aneka lauk lainnya.

Setelah mengetahui fakta seputar Sundubu Jjugae siapa nih yang sudah penasaran dengan cita rasanya dan ingin menyantapnya langsung? Ragam bahannya akan membuat selera makanmu semakin mengelora. Apalagi jika kamu menyantapnya di musim hujan, duh nikmatnya pasti tak terbayangkan!

Resep Sundubu Jjigae

Sundubu
Instagram.com/eileen_j_16

Apabila kamu sudah ingin sekali mencoba makanan yang satu ini tak perlu jauh-jauh berkunjung ke Korea Selatan langsung. Kamu juga tak perlu bingung mencari restoran atau tempat yang menyajikan makanan ini. Hal ini karena kamu bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah dengan mengikuti resep masakan di bawah ini:

Bahan Utama Sundubu Jjigae

• Satu buah tahu sutra.

• Tiga lembar daun sawi putih.

• Sebatang jamur enoki.

• Sebuah wortel yang dipotong

• Dua ratus lima puluh gram paha ayam.

• Sebutir telur.

Bumbu untuk Sundubu Jjigae

• Separuh bagian bawang bombay.

• Dua siung bawang putih.

• Satu batang daun bawang, gunakan bagian putihnya saja.

• Satu sendok makan minyak wijen.

• Satu sendok makan kecap asin.

• Satu sendok makan kecap ikan.

• Satu sendok makan gochugaru.

• Dua sendok makan gochujang.

• Separuh perempat sendok teh garam.

• Lima puluh mililiter kaldu ikan

Cara Membuat Sundubu Jjigae

1. Awali dengan memotong sawi putih sesuai selera, lalu sisihkan dengan bijak.

2. Selanjutnya, persiapkan wortel dan iris panjang, kemudian sisihkan dengan cermat.

3. Lanjutkan dengan memotong jamur dan tahu sutra, pastikan ujung jamur disisihkan dengan teliti.

4. Potong daun bawang, gunakan hanya bagian putihnya, dan potong bawang bombay menjadi serpihan halus.

5. Geprek bawang putih dan cincang halus.

6. Panaskan wajan dengan api sedang, tuangkan minyak, dan tumis bawang bombay hingga layu.

7. Tambahkan bawang putih, daun bawang, dan potongan daging ayam, masak hingga daging berubah warna.

8. Setelah itu, tambahkan kaldu ikan, cabai bubuk, kecap asin, saus ikan, minyak wijen, saus gochujang, dan garam. Aduk hingga merata dan masak hingga mendidih.

9. Angkat setelah mendidih dan sisihkan.

10. Susun sayuran di wajan terpisah, seperti sawi, janur, wortel, dan tahu. Tambahkan kuah dan ayam yang telah disiapkan sebelumnya.

11. Masak hingga sayuran layu dan matang. Terakhir, tambahkan telur dan sajikan segera selagi masih hangat.

Itulah resep berikut cara membuat Sundubu Jjigae yang mudah dan bisa kamu coba di rumah. Sebelum mulai memasak kuncinya pastikan kamu mempersiapkan bahan-bahannya lebih dulu.

Setelah itu baru kamu bisa mulai memasak dengan mengikuti step by step cara yang telah disebutkan diatas. Dijamin membuat Sundubu Jjigae akan jadi lebih mudah dan cepat.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments