Pura Tanah Lot, Pura Tengah Pantai Yang Eksotis

Pura Tanah Lot Bali

Rasanya sudah tidak asing lagi bukan dengan Pura Tanah Lot? Merupakan salah satu destinasi terpenting bagi umat Hindu yang ada di Bali. Bahkan, Pura ini dijadikan sebagai ikon Pulau Dewata.

Bali menjadi salah satu pulau yang banyak diincar oleh para wisatawan lantaran pesona alam serta beredarnya destinasi wisata yang menyenangkan. Dengan kelebihan pantai Bali yang dimiliki, pulau ini dijadikan sebagai sektor pariwisata.

Beragam tempat wisata bisa kita temukan dengan mudah di Bali mulai dari wisata alam, taman hiburan, situs budaya, hingga situs religi. Berbicara mengenai situs religi, salah satu tempat populer di Bali yang berhasil menarik perhatian para wisatawan terletak di Tanah Lot.


Wisatawan yang datang tidak hanya berasal dari Bali saja, melainkan dari berbagai daerah di Indonesia hingga turis asing. Itulah yang membuat Pura di Tanah Lot ini tidak pernah sepi pengunjung.

Sejarah Singkat Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot ini didirikan pada abad ke 15 yang didirikan oleh salah seorang Pendeta Hindu Jawa yang dikenal dengan nama Danghyang Nirartha. Berdasarkan pada legenda yang ada, Danghyang Nirartha ini memiliki peranan penting dalam perkembangan agama Hindu yang ada di Bali.

Saat dalam perjalannya pengembara di Bali, Danghyang Nirartha lalu menemukan lokasi yang paling ideal untuk membangun pura yang di dedikasi untuk memuja dewa laut. Sejak didirikannya Pura di Tanah Lot tersebut banyak diminati oleh para wisatawan sehingga menjadikannya begitu populer.

Daya Tarik Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot ini terkenal lantaran keunikan yang dimilikinya. Pura ini berdiri di atas sebuah baru karang di mana ketika laut sedang pasang, pura akan terlihat seolah berada di tengah laut. Dan ketika laut sedang surut, wisatawan bisa berkeliling area Pura yang memiliki taman begitu cantik.

Sebagian wisatawan datang ke Pura ini untuk menikmati matahari terbenam yang begitu mempesona. Wisatawan bisa mengabadikan momen indah sekaligus langka di sini.

IMG 20221023 160640
Foto via Googlemaps/Rahul S Rajan

Selain itu, gaya arsitektur dari Pura Tanah Lot cukup memikat perhatian para wisatawan. Dengan pahatan dan ukiran indah pada bangunannya, wisatawan akan dibuat terpana. Kebanyakan wisatawan yang mampir berbondong-bondong menempatkan dirinya untuk berburu spot instagramable.

Pura Tanah Lot terbagi ke dalam beberapa area. Di mana pada halaman depan pura kita akan menemukan jeroan atau teras polos. Lalu bangunan utama Pura digunakan untuk menyembah Dewa Baruna atau Bhatara Segara yang diyakini sebagai dewa kekuatan laut.

Wisatawan akan menemukan ular jinak berwarna hitam dan juga putih yang tidak lain merupakan ular poleng. Ular tersebut merupakan makhluk yang dikeramatkan atau disucikan. Lalu di bagian utara Pura Tanah Lot, wisatawan akan menemukan Pura Batu Bolong di mana pura ini dibangun di atas tebing yang mengarah pada laut.

Pura Tanah Lot juga memiliki mata air suci. Air tersebut bersumber dari air tawar yang muncul dari tengah laut. Air suci tersebut dipercaya bisa membawa berkah.

Harga Tiket Masuk Pura Tanah Lot

Wisatawan yang ingin mengunjungi Pura Tanah Lot ini akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 100.000 per orang. Untuk anak di bawah usia 12 tahun tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Kita juga bisa melakukan pembelian tiket secara online di mana harga tiket yang diperjualbelikan lebih rendan yakni sebesar Rp 90.000 per orang.

Lokasi dan Jam Buka

Wisatawan bisa mampir ke Pura Tanah Lot yang berlokasi di Beraban, Kediri, Tabanan, Bali 82121. Google Maps.

Lokasinya dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai sekitar 1 jam perjalanan. Wisatawan bisa melalui Jalan Raya Kuta menuju Jalan Raya Canggu. Dari sana kemudian kita masuk ke Jalan Tanah Lot.

Pura Tanah Lot ini bisa kita kunjungi mulai dari pukul 06:00 WIB hingga pukul 19:00 WIB. Wisatawan bisa memilih waktu yang cocok untuk datang dan menikmati pesona Bali di sana.

Akomodasi

Wisatawan yang ingin bermalam di sekitar Pura Tanah Lot bisa mengunjungi Natya Hotel Tanah Lot yang berlokasi di Jalan Kawasan Wisata Tanah Lot, Beraban, Kediri, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 82171.

Jaraknya hanya sekitar 5 menit perjalanan dari Pura Tanah Lot. Untuk tarif penginapannya mulai dari Rp 382.00p hingga Rp 929.000 per malam sesuai dengan paket penginapan yang kita inginkan.

Jika wisatawan melakukan liburan ke Bali, harus banget mengunjungi Pura Tanah Lot ini. Selain menikmati pesona pantainya yang indah, kita juga akan melihat kebudayaan Bali di sana.

Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments