Rekomendasi 5 Wisata Air Terjun Blitar yang Jarang Terjamah Tangan Manusia

Air Terjun Blitar

Buat kamu yang ingin mencari ketenangan maka wisata air terjun Blitar menjadi pilihan yang tepat. Suasananya yang sunyi serasa membuat pikiran jadi lebih rileks dan fresh kembali. Mendengarkan suara gemericik air sambil menikmati pemandangan alam sekitar adalah kenikmatan yang tidak akan kamu temui di daerah perkotaan.

Mungkin kalian tahunya bahwa Kota Blitar adalah tempat kelahiran Presiden Republik Indonesia Pertama, yaitu Bung Karno. Tetapi tahukah kamu? Selain dikenal sebagai kota kelahiran Sang Presiden, kawasan ini juga mempunyai sederet tempat wisata menarik. Misalnya saja yang tengah populer sekarang ini adalah wisata air terjunnya.

Keindahan alam mempesona yang dimiliki wisata Blitar membuat kota ini banyak menyuguhkan wisata alam terbaik. Mulai dari pegunungan, perbukitan, persawahan, laut, danau, dan air terjun. Namun dari semua itu yang paling diminati wisatawan adalah air terjun Blitar. Beberapa diantaranya bahkan masih dalam kondisi alami dan jarang terjamah tangan manusia.

Rekomendasi Wisata Air Terjun Blitar

Setelah tahu ada wisata air terjun Blitar, lalu apa rencana kamu selanjutnya? Kalau bisa segera ajak teman atau keluarga untuk berkunjung ke sana. Sekali-sekali istirahatkan diri sejenak dengan liburan di alam terbuka. Agar tidak bingung mencari tempatnya, sudah kami buatkan informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Air Terjun Goa Luweng

2020 10 14
Sumber : Google Maps/Taman Jurug Goa Luweng Prodo

Alamat : Dusun Prodo, Desa Ngadirejo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Gratis
Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB

Nama Air Terjun Goa Luweng memang belum populer. Lokasinya cukup tersembunyi dan akses jalan ke sana juga sedikit sulit. Maka kamu jangan heran jika jumlah kunjungan wisatawan di air terjun Blitar ini masih terbilang sedikit atau malah jarang. Akan tetapi justru hal itulah yang menjadi daya tarik utamanya.

Meski berada di kawasan yang terpencil tetapi kelestarian alam di sekitar air terjun tetap terjaga. Benar-benar masih alami dan pemandangannya bak surga dunia dalam cerita fantasi. Begitu menginjakkan kaki di sana kamu akan disuguhkan hamparan pepohonan, langit kebiruan, udara sejuk, dan tentunya suara aliran air terjun yang menenangkan.

Tidak seperti air terjun pada umumnya yang biasa mengalir dari atas tebing curam. Air terjun Goa Luweng mengalir dari dalam sebuah goa dengan tingkat kedalaman 50 meter. Goa tersebut bernama Goa Luweng atau dalam bahasa Indonesia artinya lesung.

Pasti bertanya-tanya kenapa bisa dinamakan Air Terjun Goa Luweng? Hal itu dikarenakan air yang jatuh membentuk sebuah ceruk hingga menyerupai sebuah lesung. Inilah alasan utama mengapa wisata ini disebut Air Terjun Goa Luweng. Kalau kamu mau melihat keindahan air terjunnya harus menuruni goa menggunakan seutas tali.

2. Air Terjun Ondo Rante

2020 11 15 1
Sumber : Google Maps/VIRA WIDHIA WATI

Alamat : Desa Sumbersari, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Gratis
Jam buka : 24 jam

Air Terjun Ondo Rante memang terdengar unik, bukan? Jika biasanya air terjun itu bersuhu dingin, lain halnya dengan air terjun Blitar yang satu ini. Air di sini cenderung memiliki suhu hangat serta mengandung belerang. Penyebabnya tidak lain karena aliran airnya bersumber dari pemandian air hangat yang ada di puncak Gunung Kelud.

Untuk sampai ke lokasi air terjunnya bukanlah perkara mudah. Pertama kamu harus melewati sungai yang alirannya cukup deras. Berhati-hatilah dalam melangkah karena jalanan yang kamu lalui agak licin. Terus perhatikan langkah kaki kamu dan jangan sampai lengah sedikit pun.

Sebelum Gunung Kelud erupsi air terjun ini terlihat tinggi dan asri dipenuhi beberapa vegetasi hijau. Namun sekarang sudah jauh berbeda. Penampakannya tidak terlalu tinggi dan hanya menyisakan bagian atasnya saja. Pepohonan yang ada di sekitarnya juga tidak serimbun dan sehijau dulu.

3. Air Terjun Tirto Galuh

2020 02 12
Sumber : Google Maps/Antony Firmansyah

Alamat : Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung Utara, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Gratis
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB

Air terjun Blitar satu ini pasti kamu sudah tahu kan? Nama Air Terjun Tirto Galuh memang sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Berkat keunikan yang dimilikinya membuat namanya harum hingga ke seluruh penjuru pelosok Nusantara. Kamu pasti akan merasa takjub saat melihatnya untuk pertama kali.

Satu hal unik dari Air Terjun Tirto Galuh adalah berbatuan di sekitarnya yang bergelombang membentuk sebuah palung raksasa. Palung tersebut membuat air terjun terpecah menjadi beberapa bagian. Suara aliran air yang bergesekan dengan palung terdengar begitu merdu bagaikan sebuah alunan musik orkestra.

Di sekitar Air Terjun Tirto Galuh Ada kolam-kolam kecil berair jernih. Pengunjung bisa berenang sepuasnya tanpa perlu membayar biaya apapun. Rasakan kesegaran dan kesejukan airnya yang memang berasal dari sumber mata air alami. Akan tetapi kamu tetap harus berhati-hati mengingat arus di air terjun ini lumayan deras.

Suasana sunyi, udara sejuk, dan pemandangan alam serba hijaunya begitu memanjakan mata pengunjung. Sangat cocok dijadikan tempat bersantai kala pikiran sedang dilanda stres. Akses menuju air terjunnya juga tidak terlalu sulit.

4. Air Terjun Jurug Bening

20201205 135937
Sumber : Google Maps/San Tiara Ineztiomartiari

Alamat : Dusun Sumberdadi, Desa Purworejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Rp5.000
Jam buka : 07.00 – 16.00 WIB

Berikutnya ada Air Terjun Jurug Bening yang lokasinya dekat area persawahan. Tepatnya di Desa Purworejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Liburan di sana serasa memasuki surga dunia yang penuh dengan kenikmatan. Kamu akan disuguhkan pemandangan aliran air yang jatuh dari ketinggian 50 meter.

Bukan hanya keindahan air terjunnya saja yang bisa kamu nikmati. Ada juga spot tebing tinggi dikelilingi berbagai macam tanaman eksotis. Ditambah lagi dengan udara yang sejuk serta kesunyian alam sekitarnya yang akan membuat kamu kian betah saja.

Sayang, jika ingin menikmati keindahannya secara langsung harus melewati jalanan yang cukup sulit. Berjalan kaki mengitari area persawahan lalu menuruni daerah perbukitan terjal, licin, dan sempit. Memang sangat melelahkan dan butuh tenaga yang tidak sedikit. Tetapi semua akan terbayar lunas dengan pemandangan alam air terjun Blitar satu ini yang masih alami.

5. Air Terjun Grenjeng

2023 06 28
Sumber : Google Maps/Onni Supriadi

Alamat : Desa Balarejo, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Rp5.000
Jam buka : Weekday 08.00 – 16.00 WIB, Weekend 07.00 – 16.00 WIB

Air terjun Grenjeng merupakan salah satu wisata alam tersembunyi yang dimiliki Blitar. Kondisinya masih sangat alami dan hampir tak pernah tersentuh tangan manusia. Rimbunan pepohonan di sekitarnya membuat kawasan air terjun Blitar ini terasa begitu sejuk. Sehingga sangat pas dijadikan tempat untuk menenangkan pikiran.

Lokasinya yang terpencil berdampak pada akses jalannya sedikit susah untuk dilalui. Dimana kamu harus melewati area perbukitan yang naik turun. Meski terasa sulit, wisatawan tetap antusias berkunjung ke Air Terjun Grenjeng. Biasanya orang-orang datang hanya untuk berswa foto atau jalan-jalan santai.

Air Terjun Grenjeng terlihat tinggi dengan ukuran mencapai 20 meter lengkap dengan kolam air menghiasi bagian bawahnya. Tingkat kedalaman airnya setinggi 2 meter. Airnya berwarna kehijauan dan jernih sebening kristal. Tidak disarankan kamu datang pas musim penghujan karena kemungkinan ada banjir besar memenuhi area tersebut.

Wisata Air Terjun Blitar bisa masuk ke dalam daftar rencana liburan akhir pekan kamu. Selain pemandangan alamnya yang indah, harga tiket masuknya juga murah meriah. Bahkan ada beberapa tempat yang tidak membebankan biaya tiket masuk sama sekali. Semoga informasi tadi bermanfaat dan selamat berlibur.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments