Truck Collision Attorney, Construction Accident Lawyer Near Me, Accident Attorney Fresno CA, Pedestrian Accident Attorney Near Me, Truck Accident Attorney Near Me, Oil Rig Injury Lawyer, Motorcycle Accident Lawyer Near Me, Offshore Accident Lawyer, El Paso Accident Lawyers, Birth Injury Lawyer Near Me, Car Accident Lawyer Near Me, Personal Injury Attorney Nearby, Mesothelioma Attorney Assistance, 18 Wheeler Accident Lawyer San Antonio, Mesothelioma Law Firm, Wrongful Death Attorney Near Me, Houston Trucking Accident Attorney, Truck Accident Attorney Dallas, Aviation Accident Lawyer, Car Accident Lawyer Jacksonville, DUI Defense Lawyer, Maritime Lawyer New Orleans, California Auto Accident Lawyer, Auto Accident Attorney California.

Pulau Dutungan, Pesona Surga Tersembunyi Destinasi Wisata Terbaru Kabupaten Barru

Pulau Dutungan SulSel

Punya impian liburan di pulau pribadi? Jika iya, kini kamu tak perlu lagi berkhayal. Dikarenakan saat ini ada sebuah destinasi wisata di Sulawesi Selatan.

Bernama Pulau Dutungan yang memiliki suasana yang sunyi dan sepi menjadi ciri khasnya. Wisatawan yang menginap serasa berada di pulau pribadi. Lokasi lebih tepatnya berada di sekitar Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Ragam Aktivitas Seru di Pulau Dutungan

Liburan di pulau pribadi bukanlah impian yang tak bisa diwujudkan. Dengan kehadiran Pulau Dutungan, semua orang bisa merasakan sensasi liburan di sebuah pulau terpencil. Wisata ini termasuk baru di Sulawesi Selatan. Akan tetapi animo masyarakat untuk mengunjunginya sangatlah tinggi.

Terlebih lagi harga tiketnya yang ramah di kantong. Dan tentu saja hal ini banyak menarik perhatian wisatawan dari berbagai penjuru Indonesia. Kapan lagi bisa liburan di pulau dengan biaya terjangkau? Kesempatan semacam ini jarang sekali dan makanya banyak wisatawan yang tak mau melewatkannya begitu saja.

Namun, kamu tidak bisa langsung sampai ke lokasinya. Pertama-tama kamu harus transit dulu di Tanjung Indah. Sebuah dermaga yang menjadi titik awal penyebaran menuju Pulau Dutungan. Nantinya kamu akan diantar menggunakan perahu untuk menempuh jarak sekitar 500 meter dengan rentang waktu kurang lebih 10 menit.

Memang lumayan lama, tetapi kamu tak perlu khawatir. Sembari duduk di atas perahu kamu bisa bersantai sambil melihat-lihat pemandangan alam sekitar. Nikmatilah semilir angin yang berembus guna menghilangkan rasa bosan dalam diri kamu. Sesampainya di sana kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas sebagai beriku

Bermalam Di Pulau Dutungan

20240123 091401
Sumber : Google Map/Mona Monika

Liburan ke Pulau Dutungan tak cukup kalau hanya satu hari saja. Kamu perlu menginap di sana selama beberapa hari guna mengeksplorasi areanya. Soal tempat menginap tak usah bingung. Di sana sudah banyak dibangun berbagai macam jenis resort dengan fasilitas lengkap dan memadai.

Jumlah resort yang dibangun hampir memenuhi sepertiga luas pulau. Sekilas memang banyak, tetapi hal ini justru memudahkan pengunjung memilih penginapan sesuai budget. Di sini juga ada vila yang bisa kamu sewa. Ukurannya bermacam-macam dengan fasilitas yang beragam pula.

Semisal budget kamu tak mencukupi untuk menyewa vila atau tempat penginapan. Alternatifnya bisa mendirikan tenda di sekitar pinggir pantai. Berkemah di alam bebas ditemani semilir angin yang menyejukkan dapat memberikan pengalaman liburan berkesan. Apalagi kalau ditemani pasangan, suasananya pasti lebih romantis.

Menikmati Keindahan Sunset dan Sunrise

20240123 091304
Sumber : Google Map/Dutungan Island

Dengan menginap di Pulau Dutungan membuka peluang wisatawan bisa melihat keindahan sunset dan sunrise. Salah satu pemandangan unik yang paling sering ditunggu-tunggu. Lokasi pulau yang dikelilingi gunung-gunung hijau menjulang tinggi, membuat sunrise dan sunset di sini tampak lebih indah.

Saat sunrise, matahari bersinar terang memancarkan cahaya kekuningan yang begitu mempesona. Kegelapan malam pun seketika sirna tergantikan langit kebiruan. Sewaktu sunset juga tak jauh berbeda. Hanya saja cahayanya perlahan meredup karena sang mentari harus kembali ke tempat peristirahatannya.

Pemandangan sunset dan sunrise ini jangan kamu biarkan hilang ditelan waktu. Abadikan setiap momen itu ke dalam jepretan kamera kamu. Cahaya mentari yang berwarna kekuningan setengah keemasan memang cocok dijadikan background foto.

Memancing Bersama

Buat pengunjung yang hobi memancing juga bisa menangkap ikan di sekitar Pulau Dutungan. Kondisi bawah laut yang eksotis dan bersih dari sampah memungkinkan kamu mendapatkan ikan lebih cepat. Ditemani view pantai dengan ombak yang menggulung-gulung pasti membuat siapapun merasa betah.

Sambil memancing kamu bisa sekalian bersantai merilekskan pikiran sejenak. Menikmati semilir angin dan sejuknya udara di sekitar pantai serasa mampu menghilangkan stres dalam pikiran. Selama apapun menunggu hasil tangkapan, wisatawan tak akan bosan karena berada di lingkungan yang penuh pesona tanah surgawi.

Berjalan-jalan Di Pinggir Pantai

20240123 091321
Sumber : Google Map/Tri Junawan

Ketika sampai di Pulau Dutungan, kamu bisa memulai aktivitas dengan berjalan-jalan di sekitar bibir pantai. Hampir setiap sudut pulau ini terlihat menakjubkan dan sedap di pandang mata. Hamparan pasir putih serta laut kebiruan menjadi pemandangan utama yang akan kamu lihat. Tak lupa spot pegunungan hijau yang mengelilingi area lautnya.

Pada bagian belakang pulau terdapat sebuah berbatuan cadas unik yang bisa kamu telusuri. Lalu di bagian barat ada pemandangan eksotis berupa gugusan batu karang dengan bentuk tak beraturan. Bahkan di sela-sela berbatuan terselip gua tersembunyi yang akan tampak ketika air laut sedang surut.

Snorkeling dan Diving

Area bawah laut yang jernih milik Pulau Dutungan mengundang para wisatawan untuk melakukan aktivitas snorkeling dan diving. Keragaman biota lautnya jelas-jelas memantik rasa penasaran para pengunjung. Begitu menyelam kamu akan dikejutkan dengan keindahan terumbu karang dan aneka jenis ikan yang berenang di sekitarnya.

Jika ingin masuk ke bagian yang lebih dalam, kamu wajib mengenakan peralatan diving. Pihak pengelola telah menyediakan peralatannya. Jadi kamu tak perlu membawa dari rumah. Di kedalaman 1,2 – 43 meter akan terlihat pemandangan beberapa palung mengelilingi pulau dan ikan karang di sela-sela berbatuan bawah laut.

Hunting Foto

20240123 091428
Sumber : Google Map/Wahidah Arsyad

Aktivitas satu ini tak boleh kamu lewatkan. Apalagi kalau bukan hunting foto. Dari dermaga hingga ke pulaunya, kamu akan menemukan banyak spot menarik. Salah satunya berfoto dengan latar belakang laut beratapkan langit kebiruan dipenuhi segumpalan awan putih. Di bagian tengahnya ada pegunungan hijau yang kian menambah keeksotisannya.

Spot lainnya ada ayunan di tengah-tengah terumbu karang. Latar belakangnya tampak indah dengan pepohonan hijau berpadu dengan kawasan pantai. Kamu bisa berpose duduk di atas ayunan sambil kedua tangan memegang tali yang ada di sisi kanan dan kiri.

Bisa juga berfoto sambil bersantai dengan posisi tiduran di atas hammock. Pihak pengelola mengizinkan pengunjung memasang hammock di antara rambatan pohon bakau. Jangan lupa juga berfoto di spot tulisan “Dutungan Island” yang ada di pinggir pantai dekat rimbunan pepohonan hijau.

Bermain Banana Boat dan Speed Boat

Bagi para pencinta andrenalin bisa nih mencoba wahana permainan banana boat. Bersama teman atau keluarga, cobalah naik perahu panjang berbentuk pisang berwarna kuning. Nantinya kamu akan mengitari area laut dengan kecepatan yang cukup ekstrem. Demi keamanan setiap pengunjung wajib mengenakan jaket pelampung.

Mau yang lebih seru bisa naik speed boat. Wahana satu ini lebih menantang dan benar-benar menguji adrenalin. Siap-siap mengalami suatu hal menegangkan dan membuat bulu kuduk merinding. Hampir semua orang yang naik wahana ini akan berteriak histeris kala perahu melaju di atas perairan.

Harga Tiket Masuk

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal, bahwasanya harga tiket masuk ke Pulau Dutungan sangat terjangkau. Untuk pengunjung anak-anak cukup merogoh kocek Rp30.000 dan orang dewasa Rp50.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya transportasi pulang pergi ke Pulau Dutungan.

Jam Buka

Sebelum merencanakan liburan ke Pulau Dutungan, kamu harus mengetahui jam operasionalnya terlebih dahulu. Wisata ini buka setiap hari dari Senin sampai dengan Minggu. Mulai beroperasi dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore WITA.

Fasilitas Umum

Memilih sebuah tempat wisata itu mesti mempertimbangkan fasilitas apa saja yang ada di sana. Dikarenakan liburan akan berjalan lancar apabila pihak pengelola menyediakan sejumlah fasilitas umum memadai. Untungnya di wisata Pulau Dutungan sudah tersedia secara lengkap. Diantaranya sebagai berikut.

  • Area parkir
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Cafe
  • Vila
  • Resort
  • Area camping
  • Warung makan
  • Tempat bersantai
  • Keran air tawar

Tips Berkunjung

Pulau Dutungan menjadi destinasi favorit wisatawan beberapa bulan belakangan. Maka jangan heran jika banyak orang berlomba-lomba ingin berkunjung ke sana. Sayangnya, wisata ini hanya terbatas bagi wisatawan yang menginap di vila atau camping.

Pastikan sebelum berangkat kamu sudah melihat informasi perkiraan cuaca. Takutnya nanti saat perjalanan tiba-tiba hujan dan kamu tidak membuat persiapan apapun. Sewaktu berada di sana selalu patuhi aturan yang diberlakukan oleh petugas dan jangan coba-coba melanggarnya.

Sekian pembahasan tentang Pulau Dutungan. Buat kamu yang bertempat tinggal di Sulawesi Selatan, kini tak perlu jauh-jauh healing ke luar pulau. Liburan di Pulau Dutungan sudah lebih dari cukup dan pemandangan alamnya juga sama indahnya seperti Pulau Dewata. Bagaimana, apakah kamu tertarik menghabiskan akhir pekan di sana?

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments