Pesona Keindahan Brakseng – Taman Wisata Kaki Langit di Kota Apel

Puncak Brakseng

Bukan hal yang tabuh lagi jika Kota Batu dijuluki sebagai ‘kota wisata’ yang memiliki sejuta objek wisata yang indah dan begitu memikat banyak orang.

Kekayaan potensi alam yang ada selalu berhasil dimanfaatkan oleh pemerintah setempat bersama warga sekitar untuk disulap menjadi destinasi wisata yang mengundang decak kagum berbagai lapisan masyarakat.

Jika kamu datang ke Kota Apel ini, kamu akan disambut hangat dengan berbagai pilihan objek wisata baik yang berkonsep alami maupun modern.

Alamat : Kawasan Brakseng, Sumber Brantas, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, 65336.
Map : klik disini.
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB.
Harga Tiket : Rp 5.000.

Salah satu objek wisata alam yang patut kamu kunjungi ialah Puncak Brakseng, yang beralamatkan di Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Desa Sumber Brantas ini kerap dijuluki sebagai ‘kaki langit’. Bagaimana tidak? Letaknya yang berada di dataran pertanian paling tinggi seantero Kota Batu, yakni berada di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut. Menakjubkan bukan?

Puncak Brakseng ini merupakan hamparan lahan pertanian yang sangat mempesona, serta memiliki atmosfer yang amat sejuk. Sangat cocok untuk dijadikan tempat refreshing sejenak dari hiruk pikuk ramainya suasana perkotaan.

Tak hanya itu, ketika cuaca mendukung, kamu juga bisa menikmati sunrise dan sunset yang begitu indah dari atas puncak Brakseng ini.

Untuk memasuki kawasan wisata yang satu ini juga sangat terjangkau, hanya dengan merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati ragam keindahan yang ditawarkan.

Keindahan Brakseng – Taman Wisata Kaki Langit

Apa saja keindahan yang bisa kamu nikmati di taman wisata kaki langit ini? Untuk lebih detailnya, yuk, simak beberapa ulasannya berikut ini!

1. Hamparan Tanaman Menyejukkan Mata

Rizkie Kurniawan Wisata Brakseng min 1080x608 1
Kawasan Pertanian Brakseng – Batu

Dari puncak yang begitu mempesona ini, kamu bisa melihat suasana alam yang begitu menakjubkan. Aneka macam sayuran tertancap di tanah berpetak-petak itu.

Wisata Menarik Lainnya :  Cibalung Happy Land, Destinasi Wisata Alam Keluarga yang Patut Disambangi

Mulai dari perkebunan teh, aneka sayuran seperti kubis, wortel, bit, kentang, bawang prei, dan masih banyak lagi sayur mayur yang tumbuh subur di lahan-lahan yang sengaja dibuat bertingkat tersebut.

Selain itu, terdapat pula bunga-bunga yang berjajar indah memenuhi lahan seluas lebih dari 2 hektar itu. Warna-warni bunga yang tersusun berkelompok semakin menambah keeksotisan taman perkebunan yang satu ini.

Di salah satu sudut kawasan kamu akan menemukan taman bunga dengan berbagai spesies bertengger di dalamnya, seperti bunga matahari, bunga tulip, hingga bunga hortensia dengan beragam warna yang akan semakin memanjakan setiap mata yang melihatnya.

Suasana yang begitu indah ini juga tak jarang dimanfaatkan para pengunjung untuk berfoto ria di tengah sejuknya taman serta warna-warni bunga yang mempesona.

2. View Pegunungan Arjuna dan Welirang

2020 03 28 Lanscape Brakseng Menikmati Keindahan Kota Batu dari Ketinggian
Eksotisme View Pegunungan Sekitar Brakseng

Ketika cuaca cerah, kamu bisa menikmati secara jelas keindahaan pegunungan Arjuna dan Welirang yang mengelilingi kawasan Sumber Brantas tersebut.

Dengan diapit oleh 2 pegunungan yang indah, tentu membuat suasana di Brakseng tersebut menjadi semakin asri dan mendatangkan ketenangan.

Tak heran jika objek wisata yang baru diresmikan pada pertengahan tahun 2020 ini cukup membuat penasaran para wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Sehingga cukup banyak pengunjung yang berdatangan.

3. Eksotisnya Wisata Pemandian Cangar

Selain melihat keindahan aneka tanaman dan pegunungan, kamu juga bisa menikmati keindahan wisata air panas Cangar lho!

Ya, lokasinya yang cukup dekat dengan Pemandian Cangar membuat para pengunjung bisa dengan mudah melihat keindahan Cangar dari atas puncak Brakseng.

Dari arah Cangar, Kamu hanya perlu meneruskan perjalananmu mengikuti jalan menanjak yang akan terus membawamu menuju dataran tinggi dan akhirnya sampailah pada Puncak Brakseng yang indah ini.

Karena lokasinya yang sangat dekat, tak jarang objek wisata yang eksotis ini disanding-sandingkan dengan Pemandian Air Panas Cangar dengan julukan Brakseng – Cangar.

4. Akses Jalan Yang Menyenangkan

Ketika menuju kawasan wisata Puncak Brakseng, kamu akan melalui jalan-jalan dengan aneka pemandangan serba hijau di sekelilingnya.

Wisata Menarik Lainnya :  Taman Bunga Axelia, Indahnya Hamparan Bunga di Ambarawa

Walaupun akses jalan menuju Puncak Brakseng tersebut penuh dengan tanjakan serta berliku, namun rasanya fenomena itu akan terbayar lunas dengan keindahan pemandangan sekeliling jalan yang ditawarkan.

Di tiap sisi kanan dan kiri jalan, kamu akan menemukan aneka pemandangan yang menyejukkan mata, seperti perkebunan apel, pepohonan rindang, perbukitan, dan berbagai pemandangan memikat lainnnya.

Selain itu, akses jalan menuju Puncak Brakseng tersebut juga cukup baik, tidak ada bebatuan terjal ataupun medan yang sulit yang harus kamu lalui untuk menuju lokasi wisata tersebut.

Jadi, jangan pernah merasa ragu untuk berkunjung ke objek wisata yang eksotis ini. Kamu bisa menikmati panorama keindahan alam dari akses jalan yang dilalui hingga sampai menuju lokasi wisata.

Tips dan Saran Berkunjung ke Puncak Brakseng Batu – Malang

Sebelum mengunjungi objek wisata yang satu ini, ada beberapa informasi yang perlu kamu tahu demi kenyamananmu berlibur di sana. Berikut beberapa informasinya!

  • Pengunjung harus mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan.
  • Menjaga sopan santun serta mengutamakan kepentingan petani.
  • Dilarang membuang sampah sembarangan.
  • Dilarang mengambil tanaman atau semacamnya milik petani tanpa izin.
  • Dilarang menginjak tanaman di area tersebut.
  • Tetap menjaga seluruh tanaman agar tidak rusak.
  • Dilarang berfoto tepat di atas lahan pertanian karena dikhawatirkan akan merusak tanaman yang ada.

Itulah beberapa peraturan yang wajib kamu terapkan ketika mengunjungi objek wisata Puncak Brakseng. Karena semua aturan dibuat tentu demi kepentingan dan kesejahteraan bersama.

Selain beberapa aturan di atas, jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi kesehatan kamu dan keluarga dengan mengenakan baju hangat.

Karena suhu udara di kawasan tersebut tergolong sangat dingin, apalagi berada di area pertanian dan perkebunan, serta diapit oleh beberapa pegunungan dan perbukitan.

Untuk menuju lokasi ini juga sangat mudah, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, karena akses jalan menuju lokasi cukup baik dan sangat layak untuk dilalui kendaraan roda empat sekalipun.

Tapi ingat ya! Di kawasan Brakseng tersebut tidak menyediakan lahan parkir khusus, kamu bisa bebas meletakkan kendaraanmu di bahu jalan selama tidak mengganggu pengguna jalan yang lain. Selamat beraktivitas!

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.