Intip 2 Wisata Pemandian Air Panas Alami di Batu

Pemandian Air Panas Alami di Batu

Jika datang ke Kota Batu, akan ada banyak sekali destinasi wisata yang akan memanjakan mata dan hati kamu seperti Wisata Pemandian Air Panas Alami di Batu.

Ya, kota bergelar “kota wisata” yang terletak di Provinsi Jawa Timur itu memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bernuansa alami. Salah satu yang menjadi primadona adalah wisata Pemandian Air Panas Cangar dan Pemandian Air Panas Alami (PAPA) Songgoriti yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Wisata Pemandian Air Panas Alami di Batu

Cukup banyak pemandian yang terdapat di kota Batu, akan tetapi kami tertarik untuk membahas 2 wisata pemandian air panas yang mungkin dapat merefreshing pikiran kamu untuk kembali berktifitas maksimal.

Berikut beberapa ulasan tentang destinasi wisata pemandian air panas di Kota Batu serta keunikannya, berikut informasi lokasi, jam buka, harga tiket hingga fasilitas-fasilitas yang mendukungnya.

1. Pemandian Air Panas Cangar

mqdefault 1
Pemandian Air Panas Cangar

Di tengah hiruk pikuk kesibukan di kota, tempat ini layak menjadi destinasi wisata untuk melepaskan sejenak penat hati dan pikiran kamu.

Alamat : Desa Sumber Brantas, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia, 65336
Map : Klik disini
Harga Tiket : Rp 16.500 – Rp 100.000
Jam Buka : 08.00 – 15.00 WIB

Daya Tarik Pemandian Air Panas Cangar

Tempat pemandian air panas alami di Batu ini berasal dari mata air pegunungan di sekitarnya. Udaranya yang sangat sejuk ditambah pemandangan yang alami menjadikan tempat ini kerap didatangi para wisatawan.

Bukan hanya untuk berwisata, namun tempat ini juga dapat dijadikan sebagai media refleksi ataupun terapi pada orang yang memiliki beberapa masalah kesehatan.

Dengan hanya merogoh kocek sekitar Rp 16.500,- untuk wisatawan lokal, kamu sudah bisa menikmati pengalaman berendam air panas yang menyenangkan di tempat ini.

Tempat pemandian air panas alami di Batu ini menawarkan beberapa kolam air panas yang memiliki suhu berbeda-beda. Dari yang plaing hangat hingga bersuhu tinggi.

Jadi jangan khawatir, kamu bisa mengajak buah hati untuk memilih kolam yang bersuhu agak rendah (hangat). Sedangkan kolam yang bersuhu cukup tinggi juga bisa dijadikan sebagai media refleksi yang sudah dewasa ya..

Fasilitas Pemandian Air Panas Cangar

Selain kolam air panas yang memiliki bermacam variasi suhu, kamu juga dapat menemukan beberapa fasilitas yang dapat menambah kenyamanan berlibur kamu layaknya:

  • Gazebo

Terdapat area tunggu/gazebo yang tersebar di sekitar kolam. Selain untuk meletakkan barang-barang, kamu bisa menggunakannya untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Di sela-sela gazebo juga terdapat satu fasilitas ayunan bermain untuk anak-anak. Hal ini bisa menambah keceriaan anak-anak saat berlibur.

  • Kamar Mandi

Setelah berendam selama berjam-jam, kamu bisa membilas tubuh agar lebih bersih dan nyaman. Kamar mandi yang tersedia juga cukup memadai baik dari segi jumlah maupun kebersihannya.

  • Warung/Outlet

Tempat wisata ini menyediakan beberapa warung/outlet yang menjual beraneka ragam makanan. Dari makanan ringan/snack hingga mi instan yang dapat langsung kamu nikmati di tempat.

  • Area Parkir
Wisata Menarik Lainnya :  Museum Panji Tumpang, Menapaki Sejarah dalam Balutan Ornamen-Ornamen Indah

Kamu tidak perlu khawatir untuk tempat kendaraan jika ingin menghabiskan waktu di tempat wisata pemandian air panas alami di Batu ini. Tempat ini menyediakan area parkir yang cukup luas, baik untuk kendaraan roda dua ataupun roda empat.

2. Pemandian Air Panas Alami (PAPA) Songgoriti

63976407
Pemandian Air Panas Alami (PAPA) Songgoriti

Selain Cangar, tempat wisata pemandian air panas alami di Batu yang tidak dapat kamu lewatkan adalah Songgoriti. Berada pada sekitar 50 meter sebelah barat dari Candi Songgoriti.

Sumber air panas berasal dari mata air yang berada di bawah Candi Songgoriti, yang konon asal mula sumber mata air tersebut masih menjadi misteri hingga kini.

Pemandian air panas ini tepatnya berada di sekitar Hotel Songgoriti. Jika kamu berencana untuk piknik bersama keluarga, tempat ini adalah pilihan yang tepat.

Alamat : Jl.Raya Songgoriti No. 8C, Kelurahan Songgokerto, Kota Batu, Jawa Timur.
Map : Klik disini
Harga Tiket : Rp 20.000 – Rp 25.000,00-.
Jam Buka : 09.00 – 16.00 WIB.

Daya Tarik Pemandian Air Panas Alami (PAPA) Songgoriti

Kolam air panas yang bersumber dari bawah Candi Songgoriti ini menawarkan berbagai pemandangan yang memikat. Di sekitar kolam dikelilingi pemandangan alam yang masih sangat asri.

Tak heran jika tempat Pemandian Air Panas Alami di Batu ini kerap kali digunakan para wisatawan untuk refreshing sejenak melepas penat karena suasana yang begitu sejuk.

Selain pemandangan yang alami kamu juga dapat menikmati keindahan arsitektur di area tersebut, yang berupa dinding yang tersusun dari bebatuan dan membentuk gambar-gambar yang bernilai estetik.

Di samping menikmati kenyamanan berendam air panas beserta panorama sekitarnya, kamu juga dapat menikmati wahana outbound yang berada di sekitar kolam. Atau bahkan mengunjungi makam Empu Supo dan Mbah Pathok yang memiliki sejarah tersendiri.

Kamu bisa memilih beragam paket yang tersedia, misalnya paket PAPA 1 dengan mematok tarif Rp 20.000,00 yaitu paket berendam air panas sepuasnya serta mendapat minuman teh/kopi dan juga snack.

Atau kamu bisa memilih paket PAPA 2 dengan tarif Rp 25.000,00 saja, dengan fasilitas yang sama dengan paket PAPA 1 ditambah mie instan.

Fasilitas Pemandian Air Panas Alami Songgoriti

Selain kolam air panas yang tersedia baik untuk dewasa dan anak-anak, Kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang akan menambah kenyamanan kamu layaknya:

  • Gazebo

Gazebo yang tersebar di sekitar kolam akan memudahkan kamu untuk menaruh barang-barang sekaligus tempat beristirahat ketika berendam.

kamu juga bisa menikmati keindahan panorama alami di sekitar kolam dengan duduk bersantai di area gazebo, sambil menikmati camilan yang telah disediakan.

  • Toilet Umum
Wisata Menarik Lainnya :  Cimory Dairyland Prigen Pasuruan, Harga Tiket, Lokasi dan Review Wisata Asik

Toilet/kamar mandi yang bersih juga tersedia. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika ingin membasuh diri kamu setelah berendam, atau untuk sekedar buang air kecil atau semacamnya.

  • Kantin

Jika kamu lupa atau mungkin memang sengaja tidak membawa bekal makanan karena tidak mau ribet, jangan khawatir!

Di tempat ini juga tersedia kantin yang menjual berbagai macam makanan yang akan siap menemani piknik kamu. Harganya pun juga cukup terjangkau.

  • Mushola

Jangan lupa untuk tetap menjalankan ibadah kamu, Pemandian Air Panas Alami di Batu ini juga disediakan mushola/tempat shalat bagi kamu yang ingin melaksanakan shalat.

  • Area Parkir

Ketika menuju beberapa tempat, terkadang kita dibuat bingung dengan bertanya-tanya dimana kita akan meletakkan kendaraan?

Jangan khawatir, tempat parkir yang memadai akan membuat pengalaman berlibur kamu lebih terasa aman dan nyaman.

Tips Berlibur Ke Pemandian Air Panas Alami di Batu

Ketika memutuskan untuk berlibur ke wisata pemandian air panas alami di Batu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi kenyamanan berlibur kamu.

  • Berangkat di pagi hari

Ya, jika kamu ingin menghabiskan waktu lebih lama ke pemandian air panas, maka kamu harus berangkat lebih awal. Karena umumnya wisata pemandian ditutup pada sore hari. Terlebih jika jarak antara rumah kamu dengan tempat wisata cukup jauh.

  • Pastikan membawa baju ganti

Salah satu hal yang paling penting ketika berlibur ke pemandian adalah baju ganti. Karena berendam artinya akan membasahi baju kamu, maka jangan sampai lupa untuk membawa baju ganti. Serta baju hangat agar suhu tubuh kamu tetap terjaga.

  • Membawa perlengkapan pendukung

Perlengkapan pendukung yang dibutuhkan ketika berenang ataupun berendam seperti minyak kayu putih, hal ini diperlukan untuk menghangatkan tubuh setelah berada cukup lama dalam air. Juga mencegah tubuh dari masuk angin.

  • Makan dan minum yang cukup

Entah membawa bekal dari rumah ataupun tidak, kamu harus tetap menjaga kondisi tubuh dengan memberi asupan makanan dan minuman yang cukup.

Yang terpenting adalah untuk menghindari dehidrasi pada tubuh dengan cara minum air putih yang cukup selama berendam.

Satu hal lagi, jangan terlalu lama berendam di air yang terlalu panas, karena jika terlalu lama berendam di air panas bisa mengakibatkan kulit mengelupas, dehidrasi, dan lain sebagainya.

Demikian beberapa ulasan tentang 2 destinasi wisata air panas alami di Batu yang perlu kamu pertimbangkan untuk mengisi liburan dan penat kehidupan.

Karena selain mendapat pengalaman berlibur yang menyenangkan, berendam di air panas ternyata juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti panu, gatal-gatal, dan penyakit kulit lainnya.

Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Mungkin itu slogan yang cocok disematkan pada kedua destinasi wisata pemandian air panas alami di Batu tersebut. Selain untuk kesenangan, masalah kesehatan kulit juga dapat teratasi. Apakah kamu ingin mencobanya?

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...