big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Pantai Lekok Pasuruan, Wisata Alam Mempesona yang Penuh Dengan Cerita Sejarah

Pantai Lekok

Siapa bilang wisata pantai hanya ada di Malang atau pantai Bali saja? Kota Pasuruan juga mempunyai wisata pantai yang tak kalah indah. Destinasi wisata Pasuruan yang mulai dilirik oleh masyarakat pastinya dapat membuat pikiran refresh lagi nih.

Bernama Pantai Lekok, berlokasi sedikit terpencil karena berada di daerah pedesaan. Meski begitu hal ini tidak menyurutkan antusias wisatawan untuk pergi mengunjunginya.

Alamat : Pengaletan, Jatirejo, Kecamatan Lekok, Pasuruan, Jawa Timur
Lokasi : Google Maps
Harga tiket : Rp7.500
Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB

Sejarah Pantai Lekok

Wisata Pantai Lekok mungkin terdengar asing di telinga kamu. Akan tetapi bagi masyarakat Pasuruan objek wisata satu ini sudah sangat populer di Jawa Timur. Pasti kamu bertanya-tanya kenapa nama pantainya sangat unik? Hal tersebut dikarenakan kawasan pantai itu berada di Kecamatan Lekok. 

Pihak pengelola sengaja memilih nama “Lekok” agar mudah diingat serta memudahkan pengunjung mencari lokasinya. Mengingat daerah Lekok sendiri sudah begitu populer. Dan pada akhirnya wisata pantai Pasuruan ini dikenal dengan nama Pantai Lekok hingga sekarang.

Saat memasuki hari libur kondisinya pasti ramai. Jumlah kunjungan yang biasanya tidak seberapa malahan meningkat dua kali lipat. Banyak wisatawan dari luar Pasuruan rela datang jauh-jauh hanya untuk melihat bagaimana keindahan Pantai Lekok. Ada yang datang dari Malang, Blitar, Batu, dan Kediri.

Wisatawan begitu menyukai pantai ini karena daya tarik yang dimilikinya. Mulai dari pemandangan alam mempesona hingga spot foto uniknya. Untuk informasi lebih detailnya silakan kamu simak pada ulasan berikut ini.

Daya Tarik

Siapapun yang liburan ke Pantai pasti akan terpesona dengan keindahan alamnya. Hal itu pun juga berlaku bagi Pantai Lekok, Pasuruan. Pemandangan alamnya yang bak surga dunia mampu menghipnotis hati setiap orang. Laut berwarna kebiruan, hamparan pasir putih, dan udara sejuk adalah daya tarik utamanya.

Namun tak berhenti sampai di situ saja, Pantai Lekok juga menawarkan spot foto unik dari perahu-perahu cantik milik para nelayan. Ada juga pesona sunset dan sunrise yang selalu menjadi incaran wisatawan. Lalu pada saat perayaan Hari Raya Idul Fitri akan ada pertunjukan menarik bernama ski lot.

Mau tahu apa itu ski lot? Maka dari itu kamu harus membaca artikel ini sampai selesai. Agar kamu tidak semakin penasaran, jawaban lengkapnya sudah dirangkum sedetail mungkin pada penjelasan berikut.

Pesona Sunset dan Sunrise

1692613963464
Sumber : Google Maps/Purnama Santoso

Daya tarik pertama dari Pantai Lekok adalah pesona sunset dan sunrise. Kalau kamu datang saat pagi hari akan disuguhkan pemandangan sunrise yang memukau. Dari tidur lelapnya sang mentari kembali bangun dan beranjak dari sisi timur dengan cahaya kuning keemasan memenuhi seisi langit.

Penampakan sunrise di pagi hari begitu indah hingga membuat setiap mata pengunjung terpana. Langit yang tadinya gelap seketika berubah menjadi terang benderang dalam hitungan beberapa detik saja. Sungguh menyenangkan bisa menikmatinya sambil duduk santai dan bercengkerama bersama orang-orang tercinta.

Lalu pas senja tiba maka saatnya matahari untuk pergi. Kali ini tenggelam dari sisi barat dengan cahaya yang lebih terang. Warna kuning keemasan hampir memenuhi seluruh penjuru langit dengan menyisakan sedikit warna kebiruan.

Pemandangan sunset dan sunrise ini jangan sampai kamu lewatkan begitu saja. Abadikan menggunakan kamera ponsel sebagai kenang-kenangan. Bisa juga kamu upload di media sosial supaya orang-orang mengetahui betapa indahnya Pantai Lekok di Pasuruan.

Tempat Pelelangan Ikan

1692614116259
Sumber : Google Maps/hands fpub

Setelah mengetahui tentang keindahan sunset dan sunrise Pantai Lekok. Selanjutnya kamu akan dikejutkan dengan kehadiran tempat pelelangan ikan di sekitar area wisata tersebut. Sebenarnya hal ini bukanlah sesuatu yang baru mengingat penduduk di sana sebagian besar bekerja sebagai seorang nelayan.

Setiap nelayan yang baru pulang dari melaut pasti langsung menjual hasil tangkapannya di tempat pelelangan ikan. Di sana tersedia berbagai macam jenis ikan. Dari ukuran paling kecil, sedang, hingga yang terbesar. Soal harga tak perlu khawatir karena masih cukup terjangkau.

Kalau kamu tidak mau kehabisan sebaiknya datang lebih pagi. Selain pilihan ikannya yang beragam, kamu bisa mendapatkan harga termurah dengan kualitas terbaik. Sementara jika kamu datang siang biasanya stok ikannya tinggal sedikit.

Perahu Nelayan

1692614069416
Sumber : Google Maps/My Hany

Tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau. Pantai Lekok juga menyuguhkan spot foto unik berupa deretan perahu nelayan yang selalu bersandar di tepi pantai. Menariknya perahu tersebut didesain dengan tampilan cat warna-warni sehingga tampak lebih menarik.

Pengunjung seringkali memanfaatkan perahu-perahu nelayan sebagai objek foto. Desainnya yang unik tentu saja mampu mengundang setiap mata untuk berswa foto. Beruntung nelayan tidak mempermasalahkan hal itu dan dengan senang hati mempersilahkan mengambil gambar sepuasnya.

Bentuk perahunya memang sederhana. Hanya sebuah perahu berukuran kecil yang terbuat dari kayu. Akan tetapi karena keunikan warna-warnanya membuat perahu nelayan Pantai Lekok tampak berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri.

Ski Lot

Ada satu hal menarik dari Pantai Lekok yang tidak akan kamu temukan di pantai manapun. Masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan tersebut mempunyai tradisi khusus saat menyambut Hari Raya Idul Fitri. Di mana terdapat sebuah suguhan petunjuknya menarik bernama ski lot.

Ski lot Atau biasa dikenal dengan celot adalah permainan ski di atas tanah berlumpur. Saat pertunjukan akan dimulai, biasanya warga akan langsung memadati area Pantai Lekok. Pasti suasananya sangat meriah dan penuh keseruan bisa melihatnya dari jarak dekat.

Olahraga ski lot sudah ada dari dulu dan masih dilestarikan hingga sekarang. Tujuannya agar tradisi yang sudah turun temurun ini tidak akan punah meskipun zaman telah berganti. Sebagai anak muda tentunya kamu juga harus ikut menjaganya.

Fasilitas Umum

Soal penyediaan fasilitas umum di Pantai Lekok tak perlu kamu ragukan lagi. Pihak pengelola telah menyediakan semuanya dengan sangat memadai. Misalnya saja tempat parkir untuk menampung kendaraan pribadi pengunjung. Lahannya cukup luas dan terjamin keamanannya.

Selanjutnya ada toilet dengan fasilitas lengkap di dalamnya. Seperti air bersih, kloset, pancuran, dan lainnya. Sehabis berenang kamu bisa langsung membersihkan diri di dalam toilet. Jangan lupa menyiapkan uang untuk membayar tarif masuknya.

Tak lupa juga tersedia warung makan dengan beragam menu makanan dan minuman komplit. Ada makanan berat, camilan, dan minuman kekinian. Namun menu yang menjadi favorit pengunjung adalah hidangan lautnya atau seafood.

Tips Berkunjung

Perjalanan menuju Pantai Lekok tidaklah mudah dan banyak menguras energi. Maka dari itu persiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin agar liburan kamu berjalan lancar. Salah satu caranya dengan menerapkan beberapa tips berikut.

  • Dikarenakan perjalanannya tergolong cukup jauh, pastikan kondisi badan kamu dalam keadaan fit.
  • Semisal menderita penyakit tertentu jangan lupa membawa obat-obatan pribadi.
  • Bawa barang yang dibutuhkan saja seperti perlengkapan mandi, baju ganti, alat shalat, dan uang tunai.
  • Selalu patuhi rambu lalu lintas dan berkendaralah dengan kecepatan yang sewajarnya.
  • Taati semua peraturan di tempat wisata agar kamu terhindar dari hal-hal yang tidak dinginkan.

Untuk mencapai Pantai Lekok bisa kamu tempuh menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Tetapi jika ingin cepat sampai lebih baik gunakan kendaraan pribadi saja. Mencari angkutan umum di sekitar tempat wisata tersebut agak susah.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments