Banyak Edukasi Yang Bisa Kita Dapatkan Di Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

Mendengar kata taman mungkin kita akan membayangkan sebuah kawasan dengan berbagai tanaman hijau atau aneka bunga berwarna-warni yang sangat indah. Berbeda dengan salah satu taman yang ada di kawasan pusat Kota Yogyakarta. Di sana kita akan disuguhkan oleh pemandangan indah yang disulap menjadi wisata edukasi.

Liburan tidak harus pergi ke pegunungan, pantai, maupun taman hiburan mewah. Datang ke Taman Pintar Yogyakarta juga kita bisa melakukan liburan yang amat menyenangkan. Taman Pintar Yogyakarta ini sudah ada sejak tahun 90an sehingga tempatnya begitu fenomenal terutama di kalangan para wisatawan.

Taman ini memiliki fungsi tidak hanya sekedar tempat liburan saja. Datang ke sana, setidaknya para wisatawan bisa mendapatkan banyak pengetahuan. Taman Pintar Yogyakarta juga bertujuan menyuguhkan konsep belajar yang menyenangkan sehingga pengunjung tidak merasa bosan berada di sana.

Tempat ini cocok dikunjungi oleh berbagai usia. Di sana kita akan dimanjakan oleh berbagai fasilitasnya yang memadai.

Alamat Taman Pintar Yogyakarta

Wisatawan yang ingin mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta ini bisa datang ke Jalan Panembahan Senopati No. 1-3 Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122.

Jika dari arah Jalan Malioboro kita bisa melalui Jalan Sosrokusuman menuju Jalan Sriwedani. Dari sana kita hanya perlu lurus menuju Jalan Panembahan Senopati. Berada di pusat Kota Yogyakarta membuat Taman Pintar Yogyakarta ini mudah ditemukan. Jarak tempuhnya dari Jalan Malioboro sekitar 5 menit perjalanan. Map klik disini.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk Taman Pintar Yogyakarta ini kita akan dikenakan tiket Rp 10.000 per orang untuk anak-anak dan Rp 18.000 per orang untuk orang dewasa.

Ada juga beberapa tiket untuk menikmati wahana yang ada di sana yaitu :

Tiket masuk area planetarium Rp 22.000, menikmati wahana bahari Rp 6.000 per orang, tiket masuk bangunan oval dan kotak yaitu Rp 12.000, kegiaitan kreatifitas mulai dari Rp 13.000 sampai dengan Rp 45.000, masuk kawasan teater 4D Rp 15.000 per orang, dan masuk dino adventure sebesar Rp 20.000 per orang.

Wisata Menarik Lainnya :  Pari Bendo Lawang, Berendam Sambil Senang-Senang Bersama Hewan

Kita juga akan dikenakan tiket parkir kendaraan bermotor maupun roda empat yang dibanderol mulai dari Rp 5.000 setiap kendaraan.

2019 07 05 1
Googlemaps/Joshua F Levante

Jam Buka

Taman Pintar Yogyakarta ini beroperasi setiap hari. Untuk jam operasional Taman Pintar Yogyakarta ini mulai dari pukul 08:30 sampai dengan pukul 16:30.

Edukasi di Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta ini memiliki beragam wahana yang bisa kita nikmati. Wahana-wahana tersebut tentunya menyelipkan edukasinya tersendiri. Ada beberapa jenis wahana seperti :

1. Kampung Kerajinan

Sesuai dengan namanya kita bisa menebak bahwa Kampung Kerajinan ini merupakan sebuah tempat untuk melatih kreatifitas para pengunjung. Biasanya, banyak anak-anak datang ke Kampung Kerajinan ini untuk mengikuti beberapa kegiatannya yang menarik.

Di sana kita bisa belajar membuat gerabah. Biasanya para pengunjung akan diberikan beberapa kilo tembikar untuk membuat gerabah sesuai dengan keinginannya. Kita juga bisa belajar membatik dengan canting. Atau juga belajar melukis kaos maupun gerabah yang telah dibuat.

2. Wahana Bahari

Mungkin kita akan membayangkan sebuah kapal besar di atas lautan. Tetapi di Wahana Bahari ini kita hanya bisa menaiki sebuah perahu kecil. Namun kegiatan ini juga tidak kalah menyenangkan.

Taman Pintar Yogyakarta ini memiliki sungai buatan yang mengelilingi kawasan Taman Pintar Yogyakarta. Dengan menaiki perahu tersebut kita bisa menjelajahi Taman Pintar Yogyakarta dengan suasana yang berbeda.

3. Wahana Planetarium

Seperti halnya Museum Planetarium di Ibukota, Yogyakarta juga menyuguhkan hal yang serupa. Di dalam sana kita bisa melihat benda-benda langit yang ditampilkan dengan proyektor digital sehingga terkesan seperti nyata. Bahkan di sana juga kita bisa belajar seputar tata surya.

4. Gedung Kotak

Gedung Kotak ini merupakan sebuah wahana berisi edukasi yang begitu beragam. Setiap teori yang ingin disampaikan terbagi menjadi beberapa zona diantaranya zona pengolahan susu, zona otomotif, zona batik, zona koleksi keris, zona sumber daya alam, zona replika candi Borobudur, zona planning city, zona peraga turbulensi, dan juga zona pengolahan minyak gas & bumi.

5. Gedung Oval

Berbeda dengan Gedung Kotak, di Gedung Oval ini identik dengan teori-teori sains. Ada 12 zona yang bisa kita temukan di Gedung Oval mulai dari zona kehidupan purba, zona cuaca iklim dan gempa, zona teknologi komunikasi, zona aquarium air tawar, zona nuklir, zona pojok kreasi sains, zona ICT melihat bumi, zona generator Van De Graaf, zona terowongan ilsi, zona generator pedal, zona tv trainer, dan zona nuklir.

Wisata Menarik Lainnya :  Mengenal Jogja Lebih Dalam dengan 8 Wisata Jogja Kota

6. Gedung Memorabilia

Gedung ini menyuguhkan edukasi seputar sejarah dan juga beberapa tokoh berpengaruh di Indonesia. Gedung Memorabilia ini terbagi menjadi 3 zona yaitu Zona Tokoh Pendidikan, Zona Sejarah Kraton, dan juga Zona Kepustakaan Kepresidenan.

2021 12 13
Googlemaps/Anik Setyawati

Untuk Zona Tokoh Pendidikan kita akan disuguhkan beberapa biografi tokoh seperti R.A Kartini, Ki Hajar Dewantara, dan lainnya. Lalu untuk Zona Sejarah Kraton kita bisa mengenal Yogyakarta secara lebih mendalam mulai dari asal-usul, kebudayaan, dan lainnya. Sementara untuk Zona Kepustakaan Kepresidenan kita akan disuguhkan beragam histori para presiden Indonesia.

7. Gedung Paud

Gedung ini diperuntukan untuk anak-anak pra-paud atau anak paud. Di sana ada berbagai edukasi menyenangkan yang bisa si kecil temukan seperti mengenal warna, huruf, angka, dan masih banyak lagi.

8. Playground

Wahana bermain yang ada di Taman Pintar Yogyakarta ini cukup beragam mulai dari permainan putaran, seluncuran, ayunan, jungkat-jungkit, terowongan pohon, koridor air, pembangkit listrik, sepeda spectrum warna, dan masih banyak lagi.

Di Taman Pintar Yogyakarta juga kita bisa menemukan salah satu resto yang menyediakan berbagai hidangan lokal maupun western. Kita bisa memesan batagor, ayam goreng, mie ayam, sop iga, pizza, spaghetti, roti bakar, dan masih banyak lagi.

Fasilitas

Adapun beberapa fasilitas lainnya yang bisa kita temukan di Taman Pintar Yogyakarta yaitu pusat oleh-oleh, perpustakaan, teater 4 D, gazebo, aula, spot foto, toilet, musala, lahan parkir, dan masih banyak lagi.
Wisatawan yang ingin melakukan penginapan tidak jauh dari lokasi Taman Pintar Yogyakarta bisa mengunjungi Hotel Melia Purosani Yogyakarta yang berada di Jalan Mayor Suryotomo No.31, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122.

Jarak tempuhnya dari Taman Pintar Yogyakarta sekitar 4 menit perjalanan. Untuk tarif penginapannya dibanderol mulai dari Rp800.000 sampai dengan Rp1.400.000 per malam sesuai paket penginapan yang kita inginkan. Kita juga bisa reservasi terlebih dahulu melalui nomor 027458952123.

Wisatawan dari Yogyakarta atau wisatawan yang ingin liburan ke Yogyakarta bisa banget mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta. Wisata ini cukup hits di Yogyakarta sehingga datang ke sana menjadi hal wajib dikunjungi bersama keluarga.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.