big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Selain Pantai Bali, Pantai Jember Ini Punya Pesona Sangat Cantik

Panti Jember Naggelan Beach

Indonesia dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki panorama alam sangat menawan. Tidak heran deretan destinasi wisata alam bisa kita temukan dengan mudah di sana. Beberapa tempat wisata alam tersebut berupa perbukitan, gunung, danau hingga pantai.

Bicara mengenai pantai, destinasi wisata satu ini bisa kita temukan di Jember. Pantai Jember memiliki daya pikat tersendiri yang tak kalah menarik untuk di kunjungi dengan pantai di Bali.

Rekomendasi Pantai Jember 2024

Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia bagian Selatan, membuat wisata Jember memiliki beragam destinasi pantai menawan. Pantai yang ada di Jember ini tidak kalah cantik dari pantai Bali maupun Lombok. Itulah yang membuat pantai Jember lebih hits dari pada Malang maupun Banyuwangi.

Berikut ini ada beberapa destinasi berupa pantai Jember. Pantai-pantai tersebut cukup hits di Jember sehingga wajib banget wisatawan sambangi.

1. Pantai Watu Ulo

172584325 937390150420620 3031395360490065512 n 1
Foto via Instagram.com/explorejember_

Pantai Watu Ulo yang ada di Jember ini memiliki kisah menariknya tersendiri. Di sana kita bisa menemukan sebuah batu yang mirip seperti ular raksasa. Batu tersebut memiliki panjang hingga 110 meter dengan lebar hingga 4 meter. Itulah sebabnya Pantai Jember ini dinamakan Watu Ulo yang mana “Watu” berarti batu dan “Ulo” yang bermakna ular.

Pantai Watu Ulo ini memiliki legenda mistisnya tersendiri. Yang konon katanya, batu ular tersebut dulunya merupakan naga raja. Terlepas dari adanya legenda Pantai Watu Ulo, wisatawan bisa menikmati eksotisme pantai tersebut.

Karena memiliki ombak yang cukup tinggi, para wisatawan tidak disarankan untuk berenang di sana. Tetapi bagi wisatawan yang ingin berburu spot foto bisa banget berkeliling area Pantai Watu Ulo tersebut. Wisatawan bisa menempatkan diri tepat di atas karang, hamparan pasir dengan latar laut biru, atau di tebing.

Banyak juga wisatawan yang mendirikan tenda di sekitar Pantai Watu Ulo. Kita bisa membawa tenda sendiri atau melakukan sewa di sana yang mana dibanderol mulai dari Rp150.000. Wisatawan yang ingin melakukan liburan ke Pantai Watu Ulo ini akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per orang.

Lalu ada pula karcis parkir kendaraan yang ditaksir mulai dari Rp5.000. Dengan tiket masuknya yang terbilang murah ini banyak pengunjung yang tertarik untuk datang ke sana.

Pantai Watu Ulo ini berlokasi di desa Sumberejo, kecamatan Ambulu, Jember. Jika wisatawan datang dari arah Stasiun Jember bisa ditempuh dengan waktu sekitar 58 menit perjalanan menggunkan kendaraan roda dua atau sekitar 1 jam 20 menit dengan kendaraan roda empat. Pantai Watu Ulo bisa dikunjungi kapan pun karena buka setiap hari selama 24 jam. Google Maps

2. Pantai Payangan

351126955 1309440723331641 4590788429549843251 n.heic
Foto via Instagram.com/juliati_magda

Lokasi Pantai Payangan ini berdekatan dengan Pantai Watu Ulo sehingga bagi wisatawan yang sudah pernah berlibur ke sana pasti akan menemukan Pantai Payangan dengan sangat mudah. Di Pantai Jember ini biasanya kita akan melihat aktivitas para nelayan mulai dari keberangkatan hingga pemilihan ikan yang layak untuk dijual.

Pantai Layangan ini terbilang unik dari pantai lainnya lantaran memiliki 4 pantai, 3 bukit, serta 1 pulau di dalamnya. 4 pantai tersebut terdiri dari pantai bagian utara dengan keindahan bibir pantai yang melengkung, di bagian tengah diselimuti hamparan bebatuan cantik, di selatan terdapat sabana yang cukup luas, lalu ada pula pesisir pantai dengan pasir putihnya yang berkilau. Setiap areanya berhasil menciptakan jepretan yang ikonik.

Karena ombak di Pantai Payangan ini relatif sedang, wisatawan bisa berenang atau melakukan kegiatan surfing di sana. Selain itu, kita juga bisa berburu spot foto di keempat area pantai sambil menikmati udara segar. Pantai Jember ini lebih cantik jika dikunjungi ketika sore menjelang malam. Bahkan wisatawan juga bisa berburu kuliner seafood yang lezat mulai dari kerang asam manis, udang, cumi, hingga kepiting. Harga menu makanan tersebut dibanderol mulai dari Rp16.000.

Masuk ke Pantai Payangan, kita akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Harga tiket tersebut sudah include dengan parkir kendaraan.

Lokasi Pantai Payangan ini bisa kita temukan di Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jika dari pusat Kota Jember kita bisa melalui Jalan Nasional III menuju ke Jalan Otto Iskandar. Dari sana kemudian kita masuk ke Jalan Ambulu – Watu Ulo. Jam operasional Pantai Payangan ini selama 24 jam. Google Maps.

3. Pantai Pasir Putih Malikan Papuma

326455596 913925809964542 5219027550501404528 n.webp 1
Foto via Instagram.com/pesonajember

Pantai Pasir Putih Malikan Papuma atau lebih dikenal sebagai Papuma Jember ini merupakan salah satu pantai paling hits di Jember. Wisatawan akan dibuat terpesona oleh kilauan pasir putihnya yang serupa permata. Keindahan Papuma Jember ini masuk dalam kategori pantai paling cantik di Jember.

Di Papuma Jember ini wisatawan akan menemukan karang besar yang berjajar di sepanjang Malikan dimana karang tersebut diberi nama sesuai dengan tokoh pewayangan. Di Pantai Jember ini juga wisatawan akan menemukan bangunan yang diberi nama Siti Hingil atau tanah tinggi yang kian mempercantik pesona pantai.

Karena memiliki ombak yang sedang, wisatawan bisa berenang dan melakukan banyak aktivitas seru lainnya di Pantai Papuma Jember ini. Karena dikelola langsung oleh pihak Perhutani, fasilitas di Pantai Papuma Jember ini terbilang lengkap. Ada warung makan, toilet, musala, gazebo, dan lainnya.

Tiket masuk ke Pantai Papuma Jember ini ditaksir sebesar Rp10.000 per orang. Lokasi Pantai Papuma Jember sendiri berada di Lojejer, Wuluhan, Area Kebun, Lojejer, Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68172. Jam buka Pantai Papuma Jember ini selama 24 jam sehingga kita bisa leluasa menikmati keindahan pantai tersebut. Google Maps

4. Teluk Love

143005085 342404120152424 2724655230995487322 n
Foto via Instagram.com/backpackerjakarta

Teluk Love ini berada sekitar 200 meter dari ujung timur Pantai Payangan. Dinamakan Teluk Love ini lantaran memiliki bentuk seperti love jika dilihat dari ketinggian. Untuk memotret keindahan Teluk Love ini wisatawan perlu naik ke sebuah bukit yang dinamakan bukit domba. Di bukit ini juga wisatawan akan menemukan banyak kambing serta domba yang sengaja dibiarkan berkeliaran.

Kebanyakan orang berpergian ke Pantai Jember ini bersama pasangan karena dinilai romantis. Bahkan, Teluk Love juga memiliki mitos dimana ketika wisatawan menembak pasangan di sana menjadikan hubungan semakin langgeng dan harmonis. Namun ada juga yang sengaja datang ke sana bersama keluarga tercinta maupun teman-teman.

Wisatawan bisa banget berburu spot foto di Teluk Love. Berbagai spot foto instagramable bisa kita temukan dengan mudah mulai dari latar pemandangan laut, pesisir pantai putih, simbol love, gardu pandang, dan masih banyak lagi.

Setelah puas berenang hingga berburu spot foto di Teluk Love, kita bisa menikmati satu porsi air kelapa yang menyegarkan. Ada pula deretan rumah makan yang menyediakan hidangan cukup lengkap di sekitar sana.

Tiket masuk ke Teluk Love ini ditaksir dengan harga Rp5.000 per orang. Teluk Love bisa wisatawan kunjungi di Jalan Ambulu – Watu Ulo, Sido Mulyo, Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68162. Google Maps

Jam buka Teluk Love ini mulai dari pukul 05:00 WIB hingga pukul 19:00 WIB. Di sekitar Teluk Love ini juga tersedia banyak fasilitas penginapan yang nyaman dsn tentunya memiliki harga sangat terjangkau.

5. Pantai Puger

348841548 257169023648081 8475136681850933812 n
Foto via Instagram.com/arti.bintang

Sisi lain dari keunikan Pantai Puger yaitu tempat diselenggarakannya ritual larung sesaji. Dalam ritual tersebut, masyarakat melarungkan nasi tumpeng serta buah-buahan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rezeki yang telah diberikan.

Selain itu, Pantai Pugar juga termasuk salah satu Pantai Jember yang kaya akan hasil lautnya. Tidak heran, ketika berada di sana wisatawan akan menemukan kapal para nelayan serta masyarakat sekitar yang tengah memancing.

Deburan ombak di Pantai Puger ini terbilang besar. Pesona pantai tersebut juga berhasil menarik perhatian banyak wisatawan. Dengan garis pantai sepanjang 3 km ini wisatawan bisa leluasa melakukan berbagai kegiatan menariknya di sana seperti kulineran, bermain pasir, menikmati keindahan sunset, dan lainnya.

Saat cuaca sedang cerah, wisatawan bisa melihat pemandangan Pulau Nusa Barong dari Pantai Puger tersebut. Harga tiket masuk Pantai Puger ini ditaksir dengan harga Rp10.000 per orang. Ada pula karcis parkir yang dibanderol mulai dari Rp2.000.

Pantai Puger ini bisa wisatawan temukan di Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dengan durasi waktu operasional selama 24 jam ini membuat wisatawan leluasa menghabiskan akhir pekannya di Pantai Puger. Google Maps

6. Pantai Paseban

Sebagian orang tentunya tidak asing mendengar nama Pantai Paseban. Pantai yang satu ini cukup nge-hits di Jember. Menjelang hari libur panjang, Pantai Jember ini juga tidak kalah ramai dari pantai-pantai cantik lainnya di Jember.

Pantai Paseban memiliki garis pantai sepanjang 2 km yang menjadikannya bisa dikunjungi oleh banyak orang. Dengan pasir hitamnya yang eksotis, serta air laut nya yang jernih dan gulungan ombak yang relatif rendah membuat siapa pun yang datang ke sana merasa tenang dan nyaman.

Tidak hanya sekedar bermain pasir saja, di Pantai Paseban ini juga wisatawan bisa melakukan kegiatan seperti sun-bathing hingga olahraga pantai seperti voli. Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan memancing juga bisa banget dilakukan di Pantai Paseban ini.

Pantai Paseban juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya berupa rumah makan, saung, toilet, kamar ganti, spot foto, hingga tambak udang yang menjadi komoditi masyarakat setempat. Harga tiket masuk Pantai Paseban ini ditaksir dengan tarif Rp5.000 per orang.

Lokasi Pantai Paseban ini berada di Desa Paseban, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pantai Paseban ini beroperasi setiap hari selama 24 jam. Google Maps

7. Pantai Rowo Cangak

Pantai Rowo Cangak lebih dikenal dengan nama Cangak’an. Lokasinya yang tersembunyi membuat Pantai Jember ini tidak banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Namun karen itu, kebersihan Pantai Rowo Cangak ini semakin terjaga. Di sana kita tidak akan menemukan sampah-sampah yang berserakan. Suasananya yang bersih dan indah membuat wisatawan nyaman berlama-lama di Pantai Jember ini.

Akan tetapi, untuk mencapai Pantai Rowo Cangak ini wisatawan perlu menempuh jalan tanah yang membelah hutan karet. Lalu menyeberangi jembatan kecil yang membelah dua sungai. Pantai Rowo Cangak ini memiliki banyak populasi Pandan tectorius yang sangat indah dijadikan sebagai spot foto instagramable.

Untuk masuk ke Pantai Rowo Cangak ini wisatawan tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. Karena belum ada yang mengelola Pantai Jember ini, fasilitasnya pun sangat minim. Wisatawan hanya akan menemukan satu toilet yang tergabung di dalam warung panggung.

Pantai Rowo Cangak ini berlokasi di Desa Ungkalan, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Wisatawan bisa mengunjungi Pantai Rowo Cangak ini kapan pun yang diinginkan. Hanya saja, akan lebih baik lagi jika mengunjunginya di pagi hingga sore hari. Mengingat rutenya yang sedikit menegangkan. Google Maps

8. Pantai Bandealit

Jember memilki salah satu pantai yang terletak di kawasan hutan lindung Meru Betiri. Pantai Jember ini masih alami sehingga tidak terlalu ramai dikunjungi para wisatawan. Pantai tersebut dikenal dengan nama Pantai Bandealit.

Pantai Bandealit menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Dengan jernihnya air laut, hamparan pasir berkilau, indahnya pemandangan perbukitan, mangrove, hingga gunung.

Pantai Jember ini memiliki ombak yang landai dan tidak terlalu banyak batu karang sehingga cocok untuk aktivitas berenang hingga diving. Karena berada di kawasan mangrove jenis pedada sehingga wisatawan bisa agrowisata perkebunan yang dikelola PT. Bandealit. Selain itu, wisatawan bisa mendirikan tenda di kawasan Pantai Bandealit..

Untuk tiket masuk ke Pantai Bandealit ini wisatawan bisa membayar karcis parkir sebesar Rp10.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp30.000 untuk mobil.

Lokasi Pantai Bandealit ini berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, tepatnya di Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Kita bisa mengunjungi kapan saja karena buka selama 24 jam. Google Maps

9. Pantai Cemara Jember

Diberi nama Pantai Cemara Jember yakni di Pantai Jember tersebut kita akan menemukan deretan pohon cemara. Alih-alih dirindangi pohon kelapa, Pantai Jember ini memiliki daya pikatnya tersendiri dari keindahan hutan cemara yang ada di kawasan tersebut. Kebanyakan wisatawan memanfaatkan hutan cemara ini sebagai tempat berteduh sekaligus berburu spot ciamik.

Pantai Cemara Jember ini memiliki karakteristik pasir hitam yang lembut. Karena ombaknya cukup besar, wisatawan tidak disarankan untuk berenang di sana. Biasanya di beberapa area pantai diberi pembatas sebagai simbol yang tidak boleh dimasuki secara umum.

Meskipun begitu, di Pantai Cemara Jember ini wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas menarik mulai dari piknik di tepi pantai, berkemah, hingga berkuda. Kegiatan berkuda sendiri merupakan paling favorit dan wajib banget dilakukan.

Masuk ke Pantai Cemara Jember ini kita tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Hanya saja kita perlu membayar karcis parkir yang dibanderol mulai dari Rp5.000. Sementara untuk berkuda sebesar Rp25.000. Pantai Cemara Jember ini bisa wisatawan kunjungi mulai dari pukul 06:00 WIB hingga pukul 18:00 WIB.

Wisatawan bisa menemukan Pantai Cemara Jember di Jalan Lintas Selatan, Kalimalang, Mojomulyo, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68164. Lokasinya yang strategis membuat Pantai Cemara Jember mudah ditemukan. Apalagi karena kepopulerannya, Pantai Jember ini banyak dikunjungi para wisatawan menjelang hari libur. Google Maps

10. Pantai Nanggelan

Panti Jember Naggelan Beach
Panti Jember Naggelan Beach

Rekomendasi Pantai Jember terakhir yang bisa dikunjungi ketika berlibur di Jember yaitu Pantai Nanggelan. Kita bisa menemukannya di Dusun Blater, Desa Curahnongko, Kecamatan Tempurejo, Jember. Google Maps

Dengan aksesnya yang sedikit sulit dan juga petunjuk jalan yang minim membuat orang-orang enggan mengunjungi Pantai Nanggelan. Namun perlu kita tau, Pantai Nanggelan ini seringkali disebut sebagai surga tersembunyi di Jember.

Wisatawan yang berencana melakukan liburan ke Pantai Nanggelan ini bisa dijelajahi menggunakan sepeda motor karena harus melewati jembatan ungkalan denga. panjang 150 hingga 200 meter. Jembatan tersebut hanya bisa ditempuh secara berjalan kaki atau dengan sepeda motor.

Setelah melewati jembatan, wisatawan perlu menelusuri hutan jati milik Perum Perhutani yang bisa ditempuh sekitar 15 menit perjalanan. Lalu wisatawan akan menuruni bukit dan disuguhkan oleh pesona hamparan pasir putih dengan air laut berwarna biru kehijauan. Deburan ombak dan udaranya yang segar tentunya membuat wisatawan betah berada di sana.

Tiket masuk Pantai Nanggelan ini ditaksir dengan harga Rp5.000 saja. Dengan tarifnya yang murah, wisatawan akan dibuat puas berlibur di sana. Kita bisa mengunjungi Pantai Nanggelan ini mulai dari pukul 07:00 WIB hingga pukul 18:00 WIB.

Itulah beberapa pantai Jember yang bisa dijadikan rekomendasi liburan bersama keluarga. Dengan eksotismenya wisatawan tidak akan kecewa berlibur di sana.

Karena lokasinya jauh dari pusat Kota Jember, wisatawan perlu menyiapkan semua kebutuhan yang diperlukan mulai dari makanan, bahan bakar kendaraan, kotak p3k, dan lainnya. Dengan begitu waktu liburan terasa aman dan nyaman.

Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Marlina Septiana Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments