7 Tempat Ngabuburit di Malang yang Wajib Kamu Coba, Cocok untuk Buka Puasa!

Ngabuburit di Malang

Ngabuburit di Malang pasti akan menjadi lebih menyenangkan jika kamu sudah mempunyai tujuan yang tempat wisata di Malang yang pas untuk melakukan aktivitas seru sembari menunggu berbuka puasa.

Tanpa terasa, bulan suci Ramadhan telah datang kembali. Semua umat Islam pun antusias dan berbondong-bondong untuk menyambut bulan yang penuh berkah itu.

Berbagai aktivitas masyarakat muslim juga turut menghiasi hari-hari di bulan Ramadhan. Salah satunya yakni aktivitas menunggu berbuka puasa yang kerap diwarnai dengan hal-hal yang menyenangkan.

Berbuka puasa tentu adalah momen yang paling ditunggu-tunggu setelah menahan segala lapar dan dahaga selama sehari penuh.

Orang-orang biasa menyiapkan sebaik mungkin hidangan-hidangan yang akan menjadi santapan saat berbuka puasa nanti.

Sembari menunggu adzan Maghrib berkumandang, orang-orang biasanya mengisi waktu dengan berjalan-jalan santai sambil mencari-cari makanan pembuka untuk berbuka puasa alias ‘ngabuburit.’

Di Malang, ada banyak sekali tempat-tempat yang sangat cocok untuk kamu ngabuburit bersama keluarga atau kerabat tercinta. Simak baik-baik ya berikut ini!

Rekomendasi 7 Tempat Ngabuburit di Malang

Untuk menambah seru aktivitas berpuasa di bulan Ramadhan, tak ada salahnya jika kamu menjajal beberapa tempat ngabuburit di Malang Raya yang sangat cocok untuk menemani kamu berbuka puasa.

1. Alun-Alun Malang

Kawasan alun-alun tempat ngabuburit di Malang
Kawasan alun-alun tempat ngabuburit di Malang

Alamat : Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kab. Malang, Jawa Timur. Google Maps.
Map : klik disini.
Harga Tiket Masuk : Gratis

Berada di tengah-tengah kota, Alun-alun Malang menjadi tempat yang sangat strategis untuk berbagai kegiatan masyarakat baik untuk sekedar jalan-jalan atupun mencari hiburan bersama keluarga.

Berbagai pedagang kaki lima hingga mall pun turut berjajar di sekitar alun-alun tersebut. Bahkan pasar tradisional Malang juga tak jauh dari tempat strategis itu.

Tak hanya pedagang makanan, beragam wahana permainan pun turut memenuhi kawasan seluas lebih dari 20.000 meter persegi itu. Sehingga tempat ini sangatlah cocok untuk kamu ngabuburit di Malang bersama keluarga dan buah hati tercinta.

Beragam jajanan kaki lima khas Malang pun berjajar di sekeliling alun-alun, seperti cilok, batagor, papeda, hingga makanan berat seperti bakso, sate, nasi goreng, bakmie, serta masih banyak lagi makanan menggugah selera lainnya.

Tak hanya itu, di kawasan alun-alun ini juga terdapat Masjid Jami Agung yang berada di sisi barat alun-alun. Sehingga setelah ngabuburit kamu tak perlu bingung untuk mencari tempat ibadah shalat Maghrib.

2. Jalan Ijen Malang

kursi taman jalan ijen malang dibongkar karena sering jadi tempat mesum tuai protes
Suasana Jalan Ijen dengan Kursi-Kursi Taman di Sekelilingnya.

Alamat : Jl. Ijen Besar, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.
Map : klik disini.

Jalan Ijen juga menjadi salah satu tempat favorit masyarakat Malang untuk ngabuburit. Ada banyak sekali pedagang makanan yang akan kamu jumpai di sana.

Mulai dari makanan tradisional hingga jajanan kekinian seperti burger, kebab, salad buah, hingga Boba pun juga turut memenuhi di sepanjang jalur hijau tersebut.

Selain kuliner kaki lima, di sekitar kawasan Ijen juga terdapat banyak kafe-kafe hingga warung makan yang menyediakan menu-menu lezat yang akan siap mengisi momen buka puasamu.

3. Pasar Minggu Semeru

IMG 91371
Suasana Ngabuburit di Malang Pasar Semeru

Alamat : Jl. Semeru, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.
Map : klik disini.

Masih di Kecamatan Klojen, tepatnya di Jalan Semeru yang bersebelahan dengan Jalan Ijen juga kerap diserbu oleh pengunjung untuk ngabuburit di Malang. Bukan hanya hari Minggu, saat bulan Ramadhan pasar Minggu tersebut juga selalu dibuka setiap hari.

Bertajuk ‘Wisata Belanja Tugu’, di sepanjang jalan tersebut ada puluhan tenda-tenda berwarna hijau yang menjual aneka menu takjil hingga makanan-makanan berat untuk berbuka puasa.

Selain makanan, beberapa perlengkapan fashion seperti pakaian, sendal, aneka tas cantik, hingga mainan-mainan untuk anak kecil pun turut mengisi tenda-tenda hijau di sana.

4. Jalan Soekarno Hatta Malang

20210128 155426
Aneka Kuliner di Jalan Soekarno-Hatta tempat ngabuburit di Malang

Alamat : Jl. Soekarno Hatta, Kel. Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.
Map : klik disini.

Di Jalan Soekarno Hatta Kecamatan Lowokwaru ini nampaknya juga selalu dipenuhi oleh pengunjung saat sore hari menjelang buka puasa. Beragam menu takjil pun turut berjajar di sana.

Berlokasi di depan Taman Krida Budaya Malang, tempat tersebut menjadi sangat populer dan banyak didatangi oleh masyarakat Malang khususnya saat Ramadhan. Karena kuliner-kuliner lezat khas Malang akan kamu temukan di sana.

5. Taman Merbabu

Suasana Asri Taman Merbabu Oro-oro Dowo

Alamat : Jl. Merbabu, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.
Map : klik disini.
Harga Tiket Masuk : Gratis.

Tak mau ketinggalan, Merbabu Family Park atau yang akrab disebut dengan Taman Merbabu yang berada di Kelurahan Oro-oro Ombo Kecamatan Klojen ini juga nampak tak pernah sepi oleh pengunjung apalagi saat bulan Ramadhan.

Taman Merbabu merupakan sebuah taman keluarga dengan fasilitas yang cukup lengkap di dalamnya, mulai dari arena playground, taman-taman bunga indah, toilet umum, hingga kursi-kursi taman yang berjajar rapi di sepanjang kawasan.

Di sekitar taman juga terdapat banyak pedagang kaki lima hingga warung-warung yang menyediakan beragam jajanan serta makanan lezat yang menggugah selera, terutama menu-menu takjil yang menyegarkan.

Tak heran jika taman yang memiliki luas lebih dari 3 ribu meter persegi ini banyak dipadati oleh pengunjung saat bulan Ramadhan. Kamu bisa ngabuburit di Malang sembari menunggu adzan Maghrib berkumandang sambil mengajak si kecil bermain di area playground yang tersedia.

6. Taman Singha Merjosari

merjosari 1 scaled
Fenomena Sepeda Udara di Taman Merbabu Malang

Alamat : Jl. Mertojoyo Selatan Blok B No. 20, Merjosari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.
Map : klik disini.
Harga Tiket Masuk : Gratis

Masih di Kecamatan Lowokwaru, Taman Singha yang berlokasi di Jalan Mertojoyo Selatan Kelurahan Merjosari ini juga sangat cocok untuk aktivitas ngabuburit di Malang kamu bersama kerabat tercinta.

Selain suasananya yang santai dan asri, fasilitas penunjang yang cukup lengkap seperti jogging track, foot teraphy, fitness track, kolam pasir untuk anak, hingga wahana sepeda udara nampaknya juga akan membuat aktivitasmu di sana semakin menyenangkan.

Selain menikmati fasilitas yang seru, kamu juga bisa menjajal aneka kuliner yang berjajar rapi di sekitar taman bermain tersebut. Dijamin rasa laparmu tidak akan terasa saat beraktivitas seru di sana.

7. Hutan Kota Malabar Malang

payung hutan malabar min 1
Suasana Asri Hutan Kota Malabar Malang

Alamat : Jl. Malabar, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.
Map : klik disini.
Jam Buka : 06.00 – 18.00
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-

Jika kamu menyukai ngabuburit dengan suasana yang lebih asri dan alami, maka Hutan Kota Malabar inilah tempatnya.

Berada di Kecamatan Klojen, tempat ngabuburit di Malang ini menyuguhkan suasana asri dengan fasilitas penunjang yang cukup lengkap mulai dari foot therapy, jogging track, hingga arena edukasi alam yang menarik.

Kamu bisa menunggu waktu berbuka puasa sembari jalan-jalan santai dengan menikmati segala fasilitas yang ada. Sangat recommended bukan?

Demikian beberapa tempat ngabuburit di Malang yang bisa kamu coba kunjungi. Dijamin rasa lelah dan dahaga selama berpuasa akan terbayar lunas oleh syahdunya suasana ngabuburit di sana. Selamat berbuka puasa!

Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments