Lanakila Lake, Wisata Danau Terbaru Dengan Latar Belakang Perbukitan Hijau Mengagumkan

Lanakila Lake

Tahun 2022 lalu muncul tempat wisata baru di Provinsi Lampung. Wisata tersebut merupakan wisata alam berbentuk danau dengan suguhan alam perbukitan hijau yang sangat indah.

Nama tempatnya tidak lain dan bukan adalah Lanakila Lake. Meskipun baru tetapi sudah menjadi wisata Lampung populer.

Ragam Aktivitas Seru di Lanakila Lake

Kamu sedang mencari destinasi wisata yang cocok buat piknik sekeluarga? Tidak ada salahnya kamu mengunjungi Lanakila Lake. Berada persis di tepi waduk Way Sekampung, wisata ini menyuguhkan pemandangan alam hijau beserta fasilitas lengkap. Mulai dari wahana permainan hingga wisata kuliner ada di sana.

Liburan ke Lanakila Lake dijamin seru dan menyenangkan. Lokasinya juga cukup strategis dan mudah dijangkau menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Dari pusat kota Bandar Lampung kamu hanya perlu menempuh jarak 49 km dengan rentang waktu 1,5 jam. Itu pun kalau kondisi jalan sedang lancar dan tidak macet.

Bagi yang ingin mencari ketenangan maka wisata ini adalah pilihan tepat. Dikarenakan destinasi baru jadi masih belum terlalu ramai. Kamu bisa bersantai dengan rileks sambil menikmati keindahan alam sekitar tanpa adanya gangguan. Pikiran yang terasa berat akan hilang seketika tergantikan rasa menenangkan.

Selain bersantai masih banyak aktivitas lainnya yang menunggu kamu. Dimana pastinya seru dan tak akan membuat bosan. Kira-kira apa saja ya daftarnya? Kalau kamu ingin tahu silakan simak ulasan lengkapnya pada sub bab berikut.

Camping Bersama Keluarga

2023 12 29
Sumber : Google Maps/Af Fajrin

Tidak usah bingung mencari tempat penginapan di sekitar Lanakila Lake. Buat kamu yang datang dari luar kota bisa menginap dengan berkemah ria bersama keluarga. Daripada menyewa kamar di hotel dan harus mengeluarkan budget berlebih. Mendingan pilih camping yang lebih hemat dan pastinya enggak bikin kantong kering.

Pengunjung juga tak perlu membawa perlengkapan dari rumah. Pihak pengelola sudah menyediakan tenda-tenda camping yang tinggal kamu sewa saja. Untuk harganya masih cukup terjangkau. Tak hanya tenda saja. Ada beberapa peralatan lainnya seperti kayu bakar, lampu emergency, kompor portable, matras, nasting, meja lipat, dan kursi lipat.

Bisa dibilang fasilitasnya tak kalah dengan hotel-hotel bintang lima. Terlebih lagi kalau camping kamu bisa menikmati keindahan langit malam yang bertabur bintang. Duduk di bawah cahaya rembulan bersama orang terkasih akan memberikan pengalaman liburan romantis sekaligus berkesan.

Bersantai Sambil Memandangi Panorama Alam Sekitar

IMG 20230928 174129
Sumber : Google Maps/hamzah asadullah

Aktivitas satu ini pasti akan sering kamu lihat di Lanakila Lake. Deretan orang-orang duduk santai di tepian danau sambil memandangi panorama alam yang begitu memanjakan mata. Apalagi ditemani embusan angin sepoi-sepoi kian menambah kenikmatannya.

Pemandangan alam yang ditawarkan benar-benar membuat siapapun merasa terpukau. Sejauh mata memandang terlihat hamparan danau luas dikelilingi area perbukitan hijau. Ketika senja akan jauh lebih indah karena ada sunset dengan cahaya kekuningan menghiasi langit kebiruan.

Piknik di Tepi Danau

2024 01 28
Sumber : Google Maps/Lanakila Lake

Lanakila Lake yang tampak seperti tanah surgawi memang cocok dijadikan tempat piknik. Pihak pengelola telah menyediakan layanan paket menarik dengan fasilitas super lengkap. Tentunya ada biaya yang harus kamu keluarkan. Untuk harganya sendiri selalu berubah-ubah dan tidak selalu sama.

Namun sebelumnya kamu wajib reservasi terlebih dahulu. Maksimal waktu reservasi harus H-1 agar tidak keduluan dengan wisatawan lain. Perlu diketahui bahwasanya pengunjung dilarang membawa makanan dan minuman dari luar.

Berkeliling Area Danau Dengan Naik Perahu

Lanakila Lake hadir bukan untuk dilihat saja. Akan tetapi pengunjung juga bisa menjelajahi areanya dengan menaiki perahu yang telah disediakan. Aktivitas satu ini menjadi daya tarik utama dan membuat siapapun antusias berkunjung ke sana. Namun ini tidak gratis, ada biaya tambahan yang wajib kamu bayar.

Keliling area danau dengan naik perahu adalah pengalaman liburan tak terlupakan. Duduk di atas perahu sambil merasakan kesejukan angin berembus sepoi-sepoi seperti memberikan sudut pandang baru. Jelas berbeda jauh ketika melihat pemandangan dari daratan. Di mana kamu hanya duduk diam dan memandang dari sisi yang sama.

Mencoba Berbagai Wahana Permainan Seru

2023 05 31
Sumber : Google Maps/a.w

Lanakila Lake juga tempat wisata yang ramah anak. Lantaran ada fasilitas wahana permainan seru yang bisa dimainkan anak-anak. Para orang tua tak perlu khawatir anaknya merasa bosan ketika liburan di sana. Hadirnya wahana permainan akan membuat suasana terasa lebih seru dan menyenangkan.

Wahana permainan yang tersedia sangatlah lengkap. Diantaranya ada perosotan, ayunan, mandi bola, jaring tali, mini gokar, dan lintasan berkelok-kelok. Areanya tergolong luas sehingga anak-anak bebas berlarian ke sana kemari. Selama bermain para orang tua tetap harus melakukan pendampingan untuk menghindari hal-hal tidak dinginkan.

Menyantap Hidangan di Cafe Tepi Danau

2023 03 18
Sumber : Google Maps/Abizar Pasuma

Selesai beraktivitas lanjutkan dengan makan siang di cafe tepi danau. Di sana tersedia berbagai macam pilihan menu makanan yang menggugah selera. Soal rasa tak perlu kamu ragukan lagi. Dijamin enak dan bikin ketagihan. Harganya juga relatif terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.

Menu yang ada kebanyakan adalah makanan kekinian. Seperti seblak, nasi bakar, lele kremes, dan ayam geprek. Sementara untuk minumannya terbagi ke dalam 3 jenis. Ada coffee, milkshake, dan softdrink. Rasakan sensasi menyantap hidangan di alam terbuka hijau nan asri bersama teman atau keluarga.

Harga Tiket Masuk

Liburan ke Lanakila Lake enggak akan bikin kantong kempes. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 sudah bisa menikmati segala macam fasilitas di dalamnya. Tetapi itu belum termasuk biaya parkir, camping, naik perahu, dan yang lainnya.

Jam Buka

Jam operasional Lanakila Lake tidaklah sama antara hari biasa dan hari libur. Saat weekday wisata ini buka dari jam 11 siang hingga jam 7 malam. Sementara kalau weekend dari jam 10 hingga jam 8 malam. Kamu bebas datang di hari apapun karena wisata ini beroperasi hampir setiap hari.

Fasilitas Umum

Lanakila Lake dilengkapi fasilitas umum yang lengkap dan memadai. Semuanya terawat dan terjaga kebersihannya. Jadi tak perlu khawatir saat menggunakannya nanti. Berikut daftar fasilitasnya:

  • Area parkir luas
  • Mushola
  • Spot foto
  • Gazebo
  • Toilet umum
  • Warung makan

Tips Berkunjung

Mau perjalanan kamu ke Lanakila Lake lancar? Maka dari itu kamu harus memperhatikan hal berikut.

  1. Pertama, sebelum berangkat pastikan cek kondisi fisik terlebih dahulu. Apabila kamu merasa tidak enak badan sebaiknya ditunda.
  2. Kedua, persiapkan semua barang bawaan yang kamu perlukan. Seperti kamera, obat-obatan pribadi, baju ganti, alat shalat, dan lainnya.
  3. Ketiga, periksa kendaraan yang akan kamu bawa.
  4. Keempat, Jika kamu ingin naik perahu, camping, atau piknik pastikan sudah melakukan reservasi.
  5. Kelima, pilih waktu liburan saat musim kemarau. Dikarenakan kalau musim hujan tidak akan bisa menikmati pemandangan alamnya.

Demikian penjelasan singkat mengenai wisata Lanakila Lake. Wisata alam Lampung satu ini bisa menjadi referensi liburan kamu di akhir pekan nanti. Sudah murah, fasilitas lengkap, dan panorama alamnya juga indah. Jadi, tunggu apalagi? Segera rencanakan liburan ke sana bersama keluarga.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments