big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

5 Kuliner Soto Klaten Legendaris Terenak dan Termurah Di Jawa Tengah

Kuliner Soto Klaten

Daerah Klaten yang terkenal akan umbul ponggok ternyata juga menyuguhkan beragam wisata kuliner. Mulai dari makanan tradisional, makanan kekinian, dan jajanan pinggir jalan. Namun yang sering menjadi incaran wisatawan adalah kuliner soto legendarisnya. Katanya soto di sana mempunyai cita rasa yang khas dan tidak seperti soto kebanyakan.

Buat kamu para pencinta makanan Soto Klaten wajib di coba kalau sedang berkunjung ke Klaten. Dijamin bakal ketagihan karena rasanya benar-benar enak dan gurih. Kuah kental berpadu dengan nasi putih terasa begitu nikmat saat menyentuh lidah. Apalagi harganya cukup terjangkau dan tidak membuat isi kantong kamu kering.

Jika ingin merasakan seporsi soto Klaten yang khas maka kamu harus datang langsung ke warung makannya. Ada beberapa tempat di setiap kabupaten atau kota yang menyediakan menu ini. Jadi kamu tidak akan kesusahan mencari lokasinya karena hampir di setiap titik pasti ada. Berikut daftar warung makan yang menjual kuliner soto legendaris Klaten.

Tempat Makan Kuliner Soto Klaten Legendaris

Soto memang menjadi kuliner favorit masyarakat Indonesia. Entah itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sekalipun. Tidak ada yang bisa mengelak bahwa makanan satu ini sungguh lezat dan juga nikmat. Hampir seluruh daerah di Nusantara mempunyai versi sotonya sendiri.

Tak terkecuali Kota Klaten yang terkenal dengan soto kering atau soto garing. Jika biasanya soto dihidangkan bersama kuah dalam porsi melimpah. Tetapi untuk soto kering hanya diberi siraman kuah sedikit saja. Menu ini bukanlah hal baru dan sudah ada sejak lama. Kalau kamu mau mencobanya maka datanglah ke warung makan Soto Klaten berikut ini.

1. Warung Soto Bu Yati

1691199436287
Sumber : Google Maps/Jaso Jangan Soto

Alamat : Pasar Delanggu, Jalan Raya Solo – Yogyakarta, Jogopotro, Sabrang, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Lokasi : Google Maps
Jam buka : 06.00 – 12.00 WIB

Warung makan Soto Klaten pertama yang harus kamu kunjungi adalah Warung Soto Bu Yati yang sudah sangat melegenda di daerah Klaten. Lokasinya sendiri ada di sekitar Jalan Raya Solo – Yogyakarta. Lebih tepatnya berada di samping kiri Pasar Delanggu. Untuk menemukannya bukanlah sesuatu hal yang sulit mengingat tempatnya dekat pasar.

Warung Soto Bu Yati ini sudah ada sejak 47 tahun lalu. Awalnya yang berjualan adalah Bapak Sudiman lalu diteruskan oleh anaknya sampai sekarang. Meski sang pemilik telah berganti, tetapi cita rasanya tidak berubah sama sekali. Sebab resep yang digunakan adalah warisan turun temurun.

Soto di sini sangat unik dan berbeda dari warung makan manapun. Kamu tidak akan melihat soto dengan siraman kuah melimpah. Melainkan sebuah soto tanpa kuah atau biasa disebut soto garing. Di dalamnya ada nasi bersama taburan berbagai macam sayuran. Seperti daun seledri, kubis, dan kecambah. Tak lupa juga ada potongan daging ayam dan sambal.

Untuk kuahnya tetap disiram ke dalam soto tetapi dengan porsi yang sedikit. Tidak sampai memenuhi isi mangkok seperti soto pada umumnya. Hal inilah yang menjadikan soto ini sangat unik dan berbeda dari lainnya. Satu porsi sotonya hanya dibanderol mulai dari Rp6.000 – Rp10.000.

2. Warung Soto Mbah Darmo

IMG 20230805 085707
Sumber : Google Maps/Mezza

Alamat : Jalan Raya Wanglu, Wanglu, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Lokasi : Google Maps
Jam buka : 07.00 – 20.00 WIB

Kali ini ada Warung Soto Mbah Darmo yang sudah menemani masyarakat Klaten selama bertahun-tahun. Warung makan soto Klaten legendaris ini cukup terkenal di kalangan para pelancong lokal maupun luar Klaten. Siapapun wisatawan yang tengah liburan ke Klaten pasti menyempatkan waktu sebentar untuk mencicipi seporsi soto dari warung makan satu ini.

Menemukan lokasi Warung Soto Mbah Darmo terbilang sangat mudah karena posisinya ada di sebelah barat Lapangan Desa Wanglu. Semisal kamu kebingungan mencari lokasinya bisa memanfaatkan aplikasi google maps. Tinggal masukkan alamatnya dan aplikasi akan menunjukkan rute mana saja yang harus kamu lalui.

Warung makan ini awalnya dirintis oleh Mbah Darmo sendiri sejak tahun 1955. Lalu setelah beliau wafat warung tersebut dikelola oleh keluarganya. Dan kini telah diteruskan oleh generasi ketiga. Berbekal resep yang diturunkan oleh Mbah Darmo, soto di sini memiliki cita rasa gurih dan manis.

Tenang saja, satu porsi sotonya dijual dengan harga yang relatif murah. Untuk soto basah tarifnya Rp6.000. Sementara soto kering sedikit lebih mahal, yaitu Rp7.000 per porsi. Pelanggannya tidak hanya berasal dari Klaten saja. Ada juga dari warga luar dari Solo, Yogyakarta, Semarang, dan daerah lainnya.

3. Soto Bebek Bu Siswo

1691199835434
Sumber : Google Maps/Maria Brassinga

Alamat : Jalan Raya Solo – Yogyakarta, Karang Asem, Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Lokasi : Google Maps
Jam buka : 09.00 – 17.00 WIB

Soto ayam itu sudah termasuk lumrah dan umum. Tetapi apa jadinya jika diganti dengan daging bebek? Kalau kamu ingin tahu rasanya maka berkunjunglah ke warung makan Bebek Goreng Bu Siswo. Tempat makan soto Klaten ini begitu mencuri perhatian karena olahan daging bebeknya.

Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1953 dan masih tetap eksis sampai sekarang. Tentu saja yang menjadi menu andalannya adalah soto bebeknya. Kuahnya berwarna bening dan terasa segar begitu masuk ke dalam mulut. Soto ini dihidangkan bersama isian kubis, seledri, taoge, bawang goreng, dan daging bebek.

Daging bebeknya terasa empuk dan lembut. Jadi kamu tidak akan kesulitan saat mengunyah dagingnya. Buat pengunjung yang tidak suka makan langsung dengan nasi juga bisa dipisah. Selain soto bebek, ada juga menu lainnya yang tak kalah nikmat. Ada bebek bacem dengan cita rasa bumbunya yang khas.

4. Soto Segeer Mbok Giyem

1691200015399
Sumber : Google Maps/Abu Romeoarfa

Alamat : Jalan Mayor Kusmanto, Sipacar, Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Lokasi : Google Maps
Jam buka : 05.30 – 20.30

Satu lagi warung makan yang menyediakan menu soto Klaten legendaris adalah Soto Segeer Mbok Giyem. Berlokasi di Jalan Mayor Kusmanto Kecamatan Klaten Tengah, warung ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Kondisinya selalu ramai karena menu soto yang disajikan sangat khas menggunakan racikan bumbu spesial.

Warung makan ini menyuguhkan dua jenis soto, yaitu soto daging ayam dan daging sapi. Sajian sotonya dalam satu porsi mangkok begitu melimpah hingga kamu mungkin tidak sanggup menghabiskannya. Soal harga masih cukup terjangkau dengan kualitas rasa yang tak perlu kamu ragukan lagi.

5. Soto dan Ayam Goreng Barokah

IMG 20230805 085648
Sumber : Google Maps

Alamat : Jalan Alun-alun Timur No. 2 Losmenan, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Lokasi : Google Maps
Jam buka : 06.00 – 21.00 WIB

Kalau kamu sedang berada di Alun-alun Kota Klaten jangan lupa mampir ke warung makan Soto dan Ayam Goreng Barokah. Di sana menyediakan soto dengan cita rasa yang khas dan unik. Pemilik sengaja menggunakan resep khusus agar soto miliknya berbeda dari yang lain. Menariknya daging ayam digunakan sama sekali tidak alot dan terasa empuk.

Sebagai tambahan, pemilik juga menyajikan beberapa lauk. Diantara-Nya ada perkedel, telur puyuh, tempe, sate kerang, sate ampela, dan masih banyak lagi. Pengunjung bebas memilih lauk yang disukainya. Semisal ingin menu lain juga ada. Kamu bisa mencoba menu ayam goreng yang terkenal empuk dan renyah.

Apakah kamu tertarik mencicipi kuliner Soto Klaten di salah satu warung makan tadi? Jika iya, segera rencanakan liburan ke Klaten bersama keluarga. Rasakan nikmatnya menyeduh kuah Soto Klaten hangat sambil mengunyah daging ayam atau bebek yang begitu menendang di lidah. Selamat mencoba dan semoga liburan kamu menyenangkan.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments