Rekomendasi 10 Tempat Wisata Jember untuk Liburan Hemat

Wisata Jember Puncak S89

Tempat wisata Jember akan memanjakan matamu dengan keajaiban alam yang menakjubkan. Cocok sekali bagi kamu yang mencari inspirasi untuk liburan. Ajaklah teman, sahabat, mitra kerja, bahkan keluarga tercinta untuk menikmati pesona Jawa Timur yang satu ini.

Menyambut liburan dengan berlibur adalah aktivitas yang menarik, terutama jika kamu melakukannya bersama orang istimewa, sehingga waktu santaimu akan semakin menyenangkan. Selain itu, saat hari libur tiba, sebaiknya manfaatkan waktu untuk melepas penat dan menghilangkan beban pikiran dari rutinitas yang padat.

Jember, salah satu kabupaten di Jawa Timur, bisa menjadi destinasi liburan yang direkomendasikan. Kota ini terkenal sebagai produsen tembakau berkualitas tinggi, yang tidak hanya populer di dalam negeri, tetapi juga telah menembus pasar internasional. Jika kamu memang memiliki rencana untuk mengunjungi Jember, pastikan datang pada waktu yang tepat.

Perlu kamu tahu jika setiap tahun, kota ini menyelenggarakan Fashion Carnaval yang menampilkan beragam busana unik. Nah bila beruntung kamu bisa menikmati pertunjukan budaya ini. Selain menawarkan kekayaan budaya, Jember juga menawarkan sejarah yang menarik, kuliner lezat, dan objek wisata yang fenomenal.

Kamu dapat mengunjungi Jember dengan biaya terjangkau dan tiket murah. Apakah kamu tertarik menghabiskan liburan akhir pekan di Jember? Jika iya, simaklah daftar terbaru, paling populer, dan paling indah dari tempat wisata Jember yang cocok untuk liburan hemat.

Daftar Tempat Wisata Jember

Liburan adalah moment yang selalu menyenangkan untuk siapapun. Sayangnya moment tersebut seringkali memerlukan banyak uang. Baik uang untuk akomodasi maupun untuk membayar tiket masuk ke sebuah tempat wisata yang dikunjungi.

Akan tetapi kamu tak perlu khawatir nih. Kamu tetap bisa lho liburan sekaligus menghemat uang dengan mengunjungi kota jember. Kota yang satu ini dikenal menawarkan pilihan destinasi wisata yang terjangkau dan ramah dikantong. Beberapa diantaranya yaitu:

1. Tiara Waterpark Jember

359713528 661031878838404 3946836454571619901 n
Instagram.com/tiarajemberparkwaterboom

Tiara Waterpark Jember adalah salah satu destinasi wisata hemat yang sangat direkomendasikan untuk mengisi liburan akhir pekan. Rasakan keseruan bermain di spot terbaik Tiara Waterpark bersama orang-orang tercinta. Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk quality time bersama keluarga sambil berwisata.

Di Tiara Waterpark Jember, tersedia kolam renang dan arena bermain air yang siap memanjakan si buah hati selama hari libur mereka. Kamu tak perlu khawatir menghabiskan banyak uang untuk mengeksplorasi tempat piknik terbaru di Jember ini.

Cukup dengan Rp.22.000 (hari kerja) dan Rp.25.000 (akhir pekan), kamu sudah bisa bermain puas dan menikmati spot terbaik di Tiara Waterpark. Jangan lupa bahwa biaya parkir juga dikenakan jika kamu menggunakan kendaraan saat mengunjungi Tiara Waterpark Jember. Harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan untuk selalu up-to-date sebelum berkunjung bersama keluarga tercinta.

Tempat wisata Jember ini buka untuk umum setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WIB. Tempat ini populer dan selalu ramai dikunjungi, terutama di akhir pekan, ketika banyak pengunjung yang ingin bermain air dan bersenang-senang di sini.

Lokasi Tiara Waterpark berada di Jl. Kaliurang, Krajan Barat, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jika kamu berencana berangkat dari pusat kota Jember menggunakan kendaraan pribadi, jaraknya hanya sekitar 5 km. Meskipun tidak terlalu jauh dari pusat kota, jangan lewatkan kesempatan untuk berlibur di Jember dan menikmati tempat menarik ini.

Tiara Waterpark dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik, seperti tempat parkir yang luas, pusat informasi dan tiket wisata, toilet, kamar ganti, mushola, spot foto instagramable, loker wisata, kantin, panggung hiburan, serta wahana permainan yang seru.

Jadikan akhir pekan semakin menyenangkan di Jember dengan mengeksplorasi Tiara Waterpark, tempat piknik populer dengan beragam fasilitas menarik untuk dinikmati bersama keluarga.

2. Pemandian Patemon Jember

Screenshot 2023 08 22 001642
Googlemap/Deny Septa Yoedha

Pemandian Patemon Tanggul adalah salah satu destinasi wisata yang ramah bagi anak-anak dan keluarga di Jember yang sangat direkomendasikan untuk dijelajahi untuk liburan hemat. Liburan bersama keluarga di akhir pekan menjadi lebih menyenangkan dengan menikmati kegembiraan berwisata ke pemandian ini.

Jelajahi serunya di Pemandian Patemon, kamu akan dimanjakan dengan berbagai wahana dan spot terbaiknya. Nikmati berbagai aktivitas berendam untuk merelaksasi jiwa dan menghilangkan kepenatan dari rutinitas yang membosankan. Tersedia juga wahana permainan air yang menarik yang akan memanjakanmu dengan sensasi adrenalinnya.

Dapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan di Jember, Jawa Timur dengan menjelajahi Kolam Renang Patemon bersama keluarga pada akhir pekan. Tersedia banyak spot menarik yang direkomendasikan sebagai latar belakang foto di Pemandian Patemon.

Dapatkan foto-foto yang keren sebagai kenang-kenangan liburan di Kabupaten Jember, Jawa Timur bersama orang-orang terkasih. Setelah puas berenang di tempat ini, nikmati juga sajian jajanan yang lezat di Obyek Wisata Alam Patemon Jember.

Untuk diketahui, tempat wisata Jember ini sangat terjangkau dengan harga tiket masuk hanya Rp.5.000 saja. Kamu dapat menikmati waktu bermain di tempat menarik ini dengan puas. Perlu diingat bahwa harga tiket masuk dan jam operasional Pemandian Patemon Tanggul Jember dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan, so pastikan untuk selalu update ya!

Destinasi wisata alam Pemandian Patemon dapat kamu kunjungi kapan saja karena buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Jadikan tempat piknik terbaru ini sebagai pilihan untuk mengisi liburan liburan yang menyenangkan namun tetap hemat.

3. Taman Nasional Meru Betiri

298097371 382373310682780 4464309947178506566 n
Instagram.com/baddaysrudy

Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) menjadi destinasi wisata utama dan banggaan masyarakat Jember. Selain menawarkan keseruan liburan, taman nasional ini juga menjadi tempat edukasi populer di Jember. Terletak di antara kabupaten Banyuwangi dan Jember, Taman Meru Betiri dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kabupaten Jember.

Kawasan hutan Meru Betiri telah menjadi hutan lindung sejak tahun 1931 di masa pemerintahan Belanda. Pada tahun 1972, tempat ini ditetapkan sebagai suaka margasatwa untuk harimau Jawa dan memiliki luas lahan sekitar 50.000 hektar.

Baru pada tahun 1997, Suaka Margasatwa Meru Betiri diubah menjadi Taman Nasional Meru Betiri dengan luas lahan sekitar 58.000 hektar yang terbagi di dua kabupaten. Ketinggiannya berkisar antara 900 hingga 1.223 mdpl dan menjadi habitat berbagai flora dan fauna dilindungi. Nama Meru Betiri berasal dari gunung Betiri yang berada di dalam kawasan taman nasional.

Tempat wisata Jember ini terkenal dengan berbagai kegiatan menarik yang memungkinkan kamu untuk lebih dekat dengan alam. Kamu dapat menjumpai bunga bangkai langka, Rafflesia Zollingeriana, dan penyu hijau di Taman Nasional Meru Betiri. Tak hanya itu saja, tempat wisata ini juga cocok lho untuk kamu yang ingin liburan hemat.

4. Kebun Teh Gunung Gambir

339517064 596071525802688 5419810964722590925 n
Instagram.com/firdasftssh_

Jika kamu berencana berkunjung ke suatu tempat bersama sahabat atau keluarga, tapi masih bingung tujuan yang tepat, yuk coba datang ke tempat wisata wisata Jember yang unik ini, yaitu Perkebunan Teh Gunung Gambir. Terletak di Desa Gelang Kecamatan Sumber Baru Jember, lokasinya sekitar 48 kilometer dari pusat kota.

Ketinggiannya mencapai 900 meter di atas permukaan air laut, memberikan suasana yang sejuk dan pemandangan alam yang memesona yang pasti akan membuat kunjunganmu berkesan. Tak hanya menawarkan pemandangan indah, Perkebunan Teh Gunung Gambir juga memiliki fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan para pengunjung.

Tempat rekreasi ini memiliki fasilitas yang lebih baik dibandingkan dengan tempat lainnya, sehingga kamu dan keluarga atau sahabat akan betah berlama-lama di sini. Cocok banget untuk berkumpul dan bersenang-senang bersama.

Jangan lupa, jika ingin mengunjungi objek wisata alam ini, ketahui sarana dan prasarana yang tersedia di Perkebunan Teh Gunung Gambir. Ada camping ground yang bisa dinikmati oleh para pecinta alam, lapangan tenis, dan jogging track untuk olahraga.

Ditempat wisata Jember ini juga, tersedia penginapan dan villa yang menawarkan pengalaman menginap yang nyaman untuk para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alamnya lebih lama.

Dengan pemandangan alam yang memukau, pastinya kamu juga tak akan melewatkan kesempatan untuk berfoto-foto dengan sahabat atau keluargamu di objek wisata alam ini. Liburanmu di sini akan menjadi kenangan yang tak terlupakan!

5. Puncak S89

Wisata Jember Puncak S89
Wisata Jember Puncak S89

Gunung S89 adalah salah satu tempat wisata baru di Jember yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Hal ini disebabkan oleh lokasinya yang cukup terpencil dan perlu usaha ekstra untuk mencapainya.

Namun, jangan sampai terlewatkan kesempatan untuk mengunjungi gunung S89 ini karena pemandangan yang menakjubkan menantimu di sana. Tempat wisata ini sangat layak untuk direkomendasikan.

Lokasi gunung S89 terletak di daerah perbatasan antara kecamatan Silo, Mayang, dan Mumbulsari. Gunung ini membentang ke arah selatan (Gunung Mandigu) dan ke timur (Gunung Baban, Silosanen, dan Gumitir). Meskipun sebenarnya memiliki kesamaan dengan gunung J88, gunung S89 memiliki banyak keunggulan yang membedakannya.

Salah satunya adalah bentuk batu gunung S89 yang lebih menarik dibandingkan dengan gunung J88. Tak hanya itu, jika beruntung dengan cuaca cerah, di puncak gunung S89 kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah Laut Selatan yang menakjubkan. Namun, perlu diingat bahwa perjalanan menuju puncak gunung S89 tidaklah mudah, dan berbagai tantangan seperti tanjakan tajam akan menantimu.

Tetapi ketika berhasil mencapai puncaknya, semua perjuangan itu akan terbayar dengan pemandangan yang memukau dan pastinya tidak akan mengecewakan. Bagi kamu yang memang mencintai keindahan alam sejati, tantanglah diri untuk menaklukkan tempat wisata Jember yang satu ini.

6. Simbat Jember

26186300 1434010583375555 1078051570278465536 n
Instagram.com/simbat_jember

Simbat, kepanjangan dari Sukmo Ilang Manggar Babatan, merupakan destinasi wisata yang menggabungkan keindahan alam dan konsep instagenic di pegunungan. Di sini, kamu akan menemukan beragam spot foto menarik, keren, dan instagramable dengan latar belakang pemandangan pegunungan hijau.

Terdapat beberapa spot foto menarik di wisata Simbat, seperti rumah pohon, sangkar burung, dan bangku melayang. Selain itu, ada juga spot unik lainnya, seperti tempat duduk lingkaran dan bingkai foto. Lokasi Simbat terletak di Dusun Krajan, Desa Tamansari, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Meskipun berada sekitar 31 KM dari pusat kota Jember, kamu bisa mencapainya dalam waktu sekitar satu jam. Di kelilingi oleh hutan, suasana di sini sangat asri dan sejuk. Akses jalan menuju Wana Liburan Simbat telah diaspal, meskipun masih ada beberapa bagian yang belum diaspal. Jika berasal dari pusat kota Jember, cukup arahkan kendaraan ke arah Wuluhan, di mana akses jalan masih bagus dan beraspal.

Namun, ketika menuju Dusun Krajan Babatan, akses jalan akan sedikit sulit dan medannya curam, berliku, dan menanjak, terutama setelah hujan ketika menjadi sedikit licin. Oleh karena itu, selalu berhati-hati saat berkendara, ya! Tapi jangan khawatir, perjalanan akan disuguhi dengan pemandangan indah rentangan pegunungan Manggar yang memukau mata.

Tempat wisata Jember ini tidak memerlukan tiket masuk. Singkat cerita tempat wisata ini gratis. Adapun jika berkunjung kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 saja. Oh iya meskipun gratis namun dari segi fasilitas tempat ini cukup memadai.

Di sini juga telah disediakan fasilitas kamar mandi dan musholla untuk memudahkan para pengunjung melakukan ibadah sholat. Terdapat beberapa tenda kios di sekitar area wisata, sehingga jika merasa lelah, lapar, atau haus, kamu bisa beristirahat sejenak. Tertarik untuk liburan hemat ke sini?

7. Mumbul Garden

a 1
Instagram.com/r1yonz

Tempat wisata Jember yang cocok untuk dijadikan tujuan liburan hemat selanjutnya ada Mumbul Garden. Tempat wisata ini adalah sebuah tempat pemandian berupa kolam renang, menawarkan lokasi menarik di Kecamatan Mumbulsari yang telah menjadi populer di kalangan masyarakat. Setiap harinya, tempat wisata ini selalu ramai dengan pengunjung dari berbagai kalangan.

Fasilitas yang disediakan sangat lengkap, termasuk beragam jenis kolam, wahana, taman, dan lainnya. Selain bermain air, kamu juga dapat menjelajahi taman yang dikelilingi oleh berbagai jenis tumbuh-tumbuhan, seperti pohon karet, pisang, tebu, sengon laut, dan buah naga.

Keasrian pemandangan di tempat ini menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai bersama keluarga sambil menikmati secangkir kopi atau teh, terlebih lagi karena tersedia gazebo untuk kenyamanan pengunjung.

Sebelum mengunjungi tempat wisata ini, pastikan untuk mengetahui jam buka yang berlaku, yaitu dari pukul 7.00 hingga 17.00 WIB. Datang lebih awal dapat menghindari keramaian, mengingat destinasi ini selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar.

Keberadaan fasilitas yang memadai dan suasana yang asri membuat tempat ini menjadi destinasi favorit bagi liburan bersama keluarga, terutama jika kamu datang bersama keluarga besar. Harga tiket masuknya terjangkau, hanya sebesar Rp12.500 per orang, lebih murah jika dibandingkan dengan tempat wisata kolam renang lain di Jember. Fasilitas pendukungnya juga sangat lengkap dan bersih.

Namun, harga tiket ini dapat berubah kapan saja dan biasanya berkisar di bawah Rp15.000. Tetap terjangkau bagi kamu yang ingin berlibur bersama seluruh anggota keluarga atau teman-teman. Untuk memastikan kendaraan tetap aman selama liburan, kamu perlu membayar biaya parkir.

Jangan lupa untuk menyediakan uang tambahan untuk membeli makanan di kantin dan mengisi perut setelah berkegiatan. Mumbul Garden memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan dengan fasilitas yang lengkap dan suasana yang menyegarkan di tengah alam wisata Jember.

8. Dira Park Ambulu

343405020 624735903032082 8404693912147038155 n
Instagram.com/acyam01

Jika kamu mencari tempat wisata jember yang terjangkau dan cocok untuk keluarga atau rombongan pelajar di Jember, Jawa Timur, Taman Wisata Dira Park adalah jawabannya. Dira Park merupakan taman rekreasi lengkap dengan berbagai wahana permainan dan fasilitas yang memadai.

Harga tiket masuknya sangat terjangkau, menjadikan tempat wisata ini pilihan untuk liburan hemat yang tak perlu diragukan lagi.

Taman Wisata Dira Park di Jember menawarkan banyak kegiatan dan aktivitas bagi para wisatawan. Kamu dapat berenang, menikmati wisata kuliner, naik wahana air, dan menemukan berbagai spot foto menarik di tempat ini. Selain itu, taman wisata ini juga menjadi tempat untuk kegiatan Outbound dan kumpul keluarga.

Lokasinya masih asri dan sejuk, sehingga membuat kamu akan betah berlama-lama di Taman Wisata Dira Park Jember. Dengan beragam wahana permainan dan fasilitas yang tersedia, tempat ini menjadi tujuan ramai bagi wisatawan pada akhir pekan dan liburan sekolah.

Meskipun ramai pengunjung, kamu tetap akan merasakan kenyamanan berwisata di sini, karena Taman Wisata Dira Park dibagi menjadi beberapa zona dan dibangun di atas lahan yang luas. Lokasi Taman Wisata Dira Park Jember yang merupakan salah satu tempat wisata favorit di Jember berada di sisi selatan kota Jember.

Tepatnya tempat wisata ini ada di Jl. Kota Blater No.KM.4, Watukebo, Andongsari, Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Rute menuju taman wisata ini cukup mudah, dan begitu sampai di sana, kamu tidak perlu khawatir tentang parkir kendaraan karena tersedia area parkir yang luas. Jam buka Taman Wisata Dira Park Jember adalah dari pukul 07.30 hingga 17.30 WIB.

Harga tiket masuk ke Taman Wisata Dira Park Jember sangat terjangkau, rekomendasi untuk dikunjungi. Dengan membayar Rp 15.000 per orang, wisatawan sudah dapat menikmati hampir semua wahana di dalam taman wisata ini. Jika ingin menaiki wahana air, seperti sepeda air, kamu hanya perlu menambahkan biaya sebesar Rp 5.000.

9. Loko Lori Jember

Loko lori adalah salah satu sarana transportasi bersejarah yang digunakan pada masa penjajahan untuk mengangkut tebu dari kebun ke pabrik gula. Saat ini, peninggalan bersejarah ini dapat ditemukan di Jember. Penggunaan loko lori membantu memudahkan akses dari kebun tebu ke pabrik gula, memberikan keuntungan bagi masyarakat sekitar pabrik.

Meskipun zaman telah berubah, beberapa daerah di Jawa Timur masih menggunakan loko lori dalam proses produksi dan pengiriman tebu. Di Jember, terdapat wisata loko lori yang memberikan kesempatan bagi wisatawan dan masyarakat untuk memahami lebih dalam tentang transportasi ini.

Untuk mengunjungi tempat wisata Jember ini, kamu perlu memperhatikan jam operasionalnya. Wisata loko lori buka setiap hari selama 24 jam, dan pada hari Minggu, beroperasi dari pukul 06.30 hingga 15.00 WIB. Nikmati kunjungan ini bersama keluarga atau teman untuk memperkaya pengalaman liburan kamu . Pastikan untuk membawa keperluan pribadi agar perjalanan wisata berjalan lancar.

Destinasi ini adalah pilihan tepat untuk liburan hemat tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, karena pengunjung dapat menikmati fasilitasnya secara gratis. Jadi, pergi berlibur bersama keluarga besar tanpa harus khawatir tentang biaya menjadi kenyataan ketika berkunjung ke Jember.

Meskipun gratis, pengelola tetap menyediakan fasilitas yang memadai untuk mendukung kegiatan wisatawan selama berada di sana. Kamu dapat berlama-lama menikmati tempat wisata Jember ini tanpa perlu khawatir tentang fasilitas yang disediakan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini ketika kamu berkunjung ke kota Jember.

10. Taman Botani Sukorambi

1
Instagram.com/taman.botani.sukorambi

Taman Botani Sukorambir merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi kebanggaan warga Jember. Terletak di Jalan Mujahir, Desa Sukorambi, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur, sekitar 8 km di arah barat laut dari Kota Jember. Taman Botani ini menonjolkan koleksi hewan dan tumbuhan yang beragam.

Di sini, kamu dapat menemukan berbagai jenis tumbuhan yang dipadukan dengan kolam renang, lembah indah, dan hamparan sawah yang luas. Dengan luas 8 hektar, Taman Botani Sukorambi berada di kaki bukit dengan titik terendah sekitar 100 meter di atas permukaan laut.

Dibangun sejak awal tahun 2006 dan diresmikan pada tahun 2007, taman ini menampilkan beragam tanaman, mulai dari tanaman hias hingga tanaman obat. Bagian atas taman seluas 4.5 hektar memiliki kebun khusus dengan lebih dari 300 spesies tanaman herbal, serta sekitar 200 spesies bunga dan buah-buahan.

Selain itu, Taman Botani Sukorambi juga menjadi rumah bagi berbagai hewan seperti kuda, kelinci, dan burung. Tempat wisata Jember ini menawarkan pengalaman rekreasi yang lengkap, cocok untuk keluarga dan pelajar yang ingin berwisata sambil belajar. Tarif masuk pada hari libur sebesar Rp.7000 dan hari biasa Rp.6000.

Selain menikmati keindahan alam di Taman Botani Sukorambi, kamu juga dapat menikmati kesejukan air di pemandian yang disediakan. Fasilitas Outbound juga tersedia di tempat ini, menjadikannya pilihan tepat untuk keluarga. Taman Botani Sukorambi dikelilingi oleh area persawahan dan kebun sayur-mayur yang menambah pesona alamnya.

Kamu akan menemukan kolam renang dengan berbagai ukuran, termasuk kolam renang untuk anak-anak, dewasa, dan muslimah, semuanya lengkap untuk kenyamanan pengunjung. Selain hemat tempat wisata di Jember ini memang menawarkan fasilitas yang lengkap. Oleh karena itu berkunjung ke Taman Botani Sukorambi saat liburan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tips Liburan Hemat ke Tempat Wisata di Jember

Jember adalah sebuah daerah di Jawa Timur yang terkenal dengan Jember Fashion Carnival dan tembakau yang mencapai pasar dunia. Tak hanya itu saja, ternyata kota yang satu ini juga menyimpan banyak destinasi wisata alam menarik dan sayang untuk tak dikunjungi.

Keindahan alamnya yang mempesona membuat kawasan ini menjadi pilihan menarik untuk berlibur. Jika kamu berencana untuk berlibur atau menjelajah wisata Jember dengan hemat, berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Pilih Transportasi Kereta Api

Jika kamu berasal dari jauh atau luar provinsi Jawa Timur, pertimbangkan untuk menggunakan kereta api menuju Kota Jember. Salah satu alasannya karena biaya perjalanan lebih terjangkau. Kota Jember dilayani oleh banyak stasiun kereta api.

Semua itu termasuk stasiun-stasiun yang melayani perjalanan jarak menengah dan jauh seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Purwokerto, Surabaya, Malang, dan Banyuwangi. Dengan 9 stasiun yang ada di Jember, kamu akan lebih mudah memilih destinasi wisata yang diinginkan. Selain itu liburan menggunakan transportasi ini juga lebih hemat.

2. Hemat Transportasi dengan Sewa Sepeda Motor

Setelah tiba di Jember, kamu akan membutuhkan kendaraan untuk mengeksplorasi keindahan kota karnaval ini. Sayangnya, angkutan umum di Jember kurang menguntungkan. Jika kamu berlibur dengan jumlah orang kurang dari 4, pertimbangkan untuk menyewa sepeda motor. Ini akan lebih menghemat biaya transportasi.

3. Cari Hotel di Dekat Alun-alun Jember

Tidak banyak hostel atau penginapan dekat tempat wisata Jember, sehingga menginap di kawasan Alun-alun Jember bisa menjadi pilihan yang baik. Ada banyak hotel murah yang bisa kamu temukan di sekitar Alun-alun, dan ini akan membuat kamu lebih dekat dengan beberapa wisata gratis, seperti Alun-alun Jember.

4. Belanja oleh-oleh di Pasar Tanjung

Jika kamu ingin membawa oleh-oleh dari Jember dengan harga yang bisa dinegosiasikan setelah melakukan kegiatan wisata Jember, Pasar Tanjung adalah tempat yang tepat. Pasar tradisional ini menawarkan berbagai barang dan oleh-oleh dengan harga yang lebih terjangkau.

Namun, jika mencari oleh-oleh murah dengan harga yang bisa kamu tawar dan dapatkan dengan harga terjangkau maka bisa mengunjungi Jember Souvenir Center, seperti Primadona Shop, Taste of Souvenirs, Sari Rasa Shop, dan Souvenir Shop Purnama Jati.

Buat kamu yang mencari liburan hemat, Jember adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Kabupaten besar di Jawa Timur ini kaya akan tradisi, budaya, dan keindahan alamnya. Jadi, jangan ragu untuk menikmati liburan seru di Jember meskipun dengan budget yang minim!

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments