Kampung Budaya Betawi – Wisata Edukasi Kebudayaan Betawi

Kampung Budaya Betawi

Ibukota juga memiliki berbagai destinasi yang banyak diincar oleh para wisatawan. Beberapa diantaranya yaitu Kota Tua Jakarta, Dunia Fantasi, Taman Mini Indonesia Indah, maupun Taman Margasatwa Ragunan. Namun tidak hanya sekedar rekreasi yang begitu menyenangkan saja. Jakarta juga menyediakan salah satu wisata yang memiliki nilai kebudayaan.

Kampung Budaya Betawi merupakan wisata yang cocok dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi untuk lebih mencintai kebudayaan sendiri dan menghargai kebudayaan lain yang ada di Indonesia. Wisata yang membahas seputar kebudayaan yang ada di Ibukota serta adat istiadatnya.

Kampung Budaya Betawi ini cocok dikunjungi oleh berbagai kalangan usia karena konsep wisatanya yang bersahabat. Meskipun berada di kawasan perkotaan, Kampung wisata ini merupakan satu-satunya tempat di Jakarta yang terkesan meneduhkan.

Kampung ini memang sudah dicetuskan pada 1990an tetapi baru saja diresmikan pada tahun 2021. Sejak saat itu, banyak wisatawan dari berbagai daerah datang ke sana untuk mengenal Kebudayaan Betawi lebih dalam lagi. Ada tiga unsur yang bisa kita temukan di Kampung Budaya Betawi ini yaitu keagamaan, kebudayaan, dan juga kesenian.

292516800 523165026217294 9054795129287694174 n.webp
Foto via Instagram.com/assyifasa

Daya Tarik Kampung Budaya Betawi

Sebab Kampung Budaya Betawi ini selalu dikunjungi para wisatawan tentunya menyimpan sisi unik serta menariknya tersendiri. Mulai dari membagi kawasannya dengan tiga zona berbeda yang dinamakan zona pelestarian budaya, zona pusat kuliner, dan zona pertunjukan seni dan budaya. Ketiga zona ini berhubungan kuat dengan segala kebudayaan Betawi.

1. Zona Pelestarian Budaya

Ketika wisatawan masuk ke zona ini, wisatawan akan melihat deretan rumah khas Betawi atau biasa dikenal dengan nama rumah kebaya. Rumah kebaya ini identik dengan terasnya yang luas, material yang digunakan yakni kayu berwarna, atap yang menyerupai kebaya, terdapat banyak kamar, dan lainnya.

Wisata Menarik Lainnya :  LA Waterpark Batu - Asyiknya Bermain Air di Kampoeng Wisata Lemah Abang

Masih berada di zona pelestarian budaya, wisatawan akan menemukan sebuah museum di mana museum tersebut berisi tentang album foto Jakarta tempo dulu, sejarah adanya Jakarta, dan lainnya.

271483455 458929919098437 6309747441407699767 n
Foot via Instagram.com/liayuliani12

Bahkan tidak hanya itu saja, di Museum Betawi juga wisatawan akan menemukan beberapa koleksi barang-barang antik seperti sepeda ontel, alat musik klasik, bir oletok, ornamen tua, lukisan, hingga batik.

Biasanya wisatawan memanfaatkan lokasi ini untuk berburu spot foto. Apalagi ketika wisatawan mengenakan kebaya encim tentu suasananya benar-benar mirip layaknya Jakarta jaman dulu.

2. Zona Pusat Kuliner

Zona ini cukup menyenangkan bahkan menjadi favorit bagi beberapa wisatawan. Di sana wisatawan akan menemukan berbagai hidangan lezat khas Jakarta seperti kerak telor, ketoprak, laksa, soto Betawi, roti buaya, dan masih banyak lagi. Untuk harga berbagai macam kuliner di Kampung Budaya Betawi ini ditaksir dengan harga Rp 8.000 hingga Rp 43.000.

271548990 290324196405683 8626290649216351163 n
Foto via Instagram.com/liayuliani12

Di zona ini pula wisatawan bisa melakukan kegiatan agro wisata. Ada berbagai macam jenis pohon buah yang bisa kita temukan di sana yaitu melinjo, mangga, rambutan, ibu mede, cempedak, dan masih banyak lagi. Buah-buah tersebut bisa kita bawa pulang juga dengan harga mulai dari Rp 12.000.

3. Zona Pertunjukan Seni dan Budaya

Zona pertunjukan seni dan budaya ini merupakan zona yang asyik untuk dinikmati. Di sana wisatawan bisa melihat berbagai pertunjukan keren seperti aneka tarian khas Betawi, pertunjukan ondel-ondel, iringan musik tanjidor, gambang Kromong, lenong, pencak silat, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya sekedar melihat saja, wisatawan juga bisa mencobanya dengan belajar langsung dalam sebuah kelas pelatihan yang biasanya diadakan setiap pukul 15.00 hingga pukul 17.00 pada hari Sabtu dan Minggu.

271404755 659521158561191 405350854164131875 n
Foto via Instagram.com/liayuliani12

Tidak hanya itu saja, Kampung Budaya Betawi juga menyuguhkan destinasi wisata air yang tidak kalah seru. Wisata air ini menyediakan fasilitas seperti sepeda air, bebek air, perahu kano, hingga memancing. Wisatawan bisa berkeliling danau menaiki wahana air tersebut sambil berburu spot foto keren di sana.

Wisata Menarik Lainnya :  The Legend Star Jawa Timur Park 3, Auto Keliling Dunia!

Harga Tiket Kampung Budaya Betawi

Masuk ke Kampung Budaya Betawi ini terbagi ke dalam beberapa kategori tiket masuk yakni bagi wisatawan lokal sebesar Rp 5.000, wisatawan asing Rp 10.000, dan mahasiswa serta pelajar Rp 3.000.

Selain itu, wisatawan yang ingin menikmati wahana air akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 15.000 untuk satu putaran danau. Dan ada juga tiket penitipan kendaraan yang dibanderol mulai dari Rp 2.000 setiap kendaraan.

Lokasi dan Jam Buka Kampung Budaya Betawi

Bagi wisatawan yang ingin mengenal kebudayaan Betawi lebih dalam dan mendapatkan banyak edukasi seputar Ibukota, bisa mampir ke Kampung Budaya Betawi ini yang terletak di Jalan Moch Kahfi II, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12640. Map klik disini.

Wisatawan yang melakukan perjalanan dari arah pusat Kota Bogor bisa masuk ke Jalan Yol Jagorawi menuju ke Jalan Bungur Raya. Dari sana wisatawan belok kanan ke Jalan Tanah Baru dan sampai di Jalan Moch Kahfi. Jarak tempuhnya dari arah Kota Bogor sekitar 1 jam 30 menit hingga 2 jam tergantung kondisi lalu lintas.

Kampung Budaya Betawi ini memiliki durasi waktu operasional mulai pukul 09.00 hingga pukul 15.00 WIB. Dengan durasi tersebut wisatawan bisa leluasa berkeliling menyaksikan keanekaragaman seni dan budaya yang ada di Betawi.

Akomodasi

Untuk menemukan tempat penginapan di sekitar Kampung Budaya Betawi terbilang sangat mudah. Salah satunya yang bisa kita kunjungi yakni Reddoorz Premium Gandaria Jagakarsa yang berlokasi di Jalan Gandaria I No.10, RT.10/RW.2, Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12610.

Wisatawan bisa sampai di sana hanya dengan waktu sekitar 12 menit perjalanan. Lalu tarif penginapan di tempat ini cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 219.000 hingga Rp 474.000 per malam.

Wisatawan bisa mengunjungi tempat ini di akhir pekan bersama keluarga, terutama wisatawan Jakarta dan sekitarnya.

5/5 - (1 vote)
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...