Edukasi Seru Seputar Kampung Budaya di Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampoeng Wisata Cinangneng

Layaknya Kampung Budaya Sindang Barang, Kampoeng Wisata Cinangneng juga cukup diminati para wisatawan. Beragam hal seputar kebudayaan Sunda bisa kita temukan di Kampoeng Wistaa ini.

Selain Bandung, Bogor juga diminati banyak wisatawan karena mampu menyuguhkan beragam destinasi wisata yang akan membuat wisatawan takjub. Dilengkapi dengan pesona alamnya yang indah dan suasana sejuknya Kota Bogor menjadikan kota ini sebagai tempat pelarian ternyaman bagi wisatawan dari Ibukota.

Mungkin wisatawan hanya tau seputar kawasan Puncak Bogor saja yang dinilai sebagai surganya pariwisata. Sebenarnya, beragam tempat wisata tersebut di segala pelosok Kota Bogor. Mulai dari wisata alam yang memiliki pesona begitu indah, taman hiburan yang di lengkapi dengan wahananya yang menarik, hingga aneka kuliner yang berhasil membuat wisatawan selalu ketagihan untuk datang ke Bogor.

Tidak hanya sekedar itu saja, di Bogor juga terdapat beragam tempat bernilai edukasi seperti museum dan kampung budaya. Bicara mengenai kampung budaya sendiri, ada beragam jenis kampung budaya yang bisa kita temukan di Bogor salah satunya yaitu Kampoeng Wisata Cinangneng.

1030690
Foto via Googlemaps/Peter Langerak

Daya Tarik Kampoeng Wisata Cinangneng

Dari pertama masuk ke Kampoeng Wisata ini kita akan disambut oleh pepohonan rindang yang begitu meneduhkan. Datang ke sana, wisatawan bisa belajar seputar alam, pertanian, hingga kebudayaan.

Hal pertama yang bisa kita lakukan di Kampoeng Wisata ini yaitu menanam padi dan membajak sawah. Kita akan didampingi langsung oleh seorang petani untuk belajar tata cara melakukan pembibitan, merawat tanaman hingga ke tahap memanen padi. Selain itu, kita juga bisa bermain lumpur sambil memandikan kerbau. Kegiatan ini bermanfaat untuk melatih keberanian serta ketangkasan si kecil.

Tidak hanya belajar seputar pertanian saja, di Kampoeng Wisata Cinangneng juga kita akan belajar seputar kebudayaan Sunda. Hal pertama yang akan kita lihat di sana yaitu ruangan musik. Ruangan musik ini menyuguhkan berbagai koleksi alat musik tradisional seperti gamelan, angklung, suling, gendang, dan masih banyak lagi. Wisatawan bisa belajar memainkannya sambil menghafal lagu-lagu daerah khas Sunda.

Wisata Menarik Lainnya :  Edukasi Seputar Alam di Jendela Alam Bandung Dijamin Menyenangkan

Bahkan, wisatawan bisa belajar tarian tradisional Sunda yaitu Jaipong. Meskipun hanya sekedar latihan, wisatawan bisa mengenakan kostum tari Jaipong. Kegiatan ini bisa diikuti oleh berbagai kalangan usia. Itulah sebabnya Kampoeng Wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga.

Tidak hanya sekedar bertani dan mengenal berbagai kesenian, di sana juga terdapat sebuah area untuk melatih kekreatifan si kecil. Si kecil bisa melukis di atas caping pak tani, membuat kerajinan wayang, hingga memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang baru yang masih layak untuk dipakai.

Dan ada juga salah satu aktivitas yang cukup menarik di Kampoeng Wisata Cinangneng yakni membuat olahan kue dan jamu. Untuk kue yang akan kita buat ini cukup bervariasi mulai dari kue putu, dodongkal, kue bugis, dan masih banyak lagi. Bahkan kita juga akan belajar membuat jamu yang memiliki beragam khasiat dan kegunaan yang baik untuk tubuh.

Selain dijadikan sebagai ajang rekreasi, Kampoeng Wisata Cinangneng juga menyediakan fasilitas saung yang bisa ditempati untuk makan. Ada berbagai macam hidangan yang bisa kita cicipi mulai dari paket nasi liwet, sayur asem, semur jengkol, dan masih banyak lagi. Masakan khas Sunda ini dibanderol dengan tarif mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 56.0000.

2022 06 07
Foto via Googlemaps/Liat Habibi

HTM Kampoeng Wisata Cinangneng

Mengikuti segala kegiatan yang ada di Kampoeng Wisata Cinangneng ini, terbagi ke dalam beberapa paket seperti untuk 10 orang sebesar Rp 125.000, untuk 20 orang Rp 145.000 dan Rp 20.000 untuk satu orang pengunjung.

Wisatawan yang ingin mencoba beberapa fasilitas seperti membuat kue, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 15.000.

Lokasi dan Jam Buka

Untuk wisatawan Bogor mungkin sudah tidak asing lagi dengan lokasi Kampoeng Wisata Cinangneng ini di mana wisatawan bisa menemukan berbagai tempat wisata asyik di sana. Kampoeng Wisata Cinangneng ini berlokasi di Jalan Babakan Kemang RT. 01/ 02, Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Ciampea, Cihideung Udik, Ciampea, Bogor. Map klik disini.

Wisatawan yang berada di kawasan Pusat Kota Bogor bisa datang ke sana dengan mengendarai kendaraan pribadi atau menaiki kendaraan umum jurusan Terminal Laladon dan lanjut ke Ciampea. Jarak tempuh menuju Kampoeng Wisata Cinangneng ini sekitar 40 hingga 50 menit perjalanan dari arah pusat Kota Bogor.

Wisata Menarik Lainnya :  Kampung Batik Semarang, Wisata Belanja Hingga Edukasi Batik di Kota

Kampoeng Wisata Cinangneng beroperasi setiap hari sehingga bisa diakses lebih leluasa oleh para wisatawan. Untuk jam operasional Kampoeng Wisata Cinangneng ini mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 15.00 WIB.

Akomodasi

Meskipun bukan di kawasan pusat Kota Bogor, di sekitar Kampoeng Wisata Cinangneng juga kita akan menemukan beberapa tempat penginapan salah satunya yaitu Wisata Rumah Joglo yang terletak di Tegal Waru, Jalan Raya Situhiang, Rt.04/Rw.01, Tegal Waru, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16620.

Jarak tempuhnya dari lokasi Kampoeng Wisata Cinangneng sekitar 5 menit perjalanan. Wisata Rumah Joglo ini memiliki banyak jenis penginapan yang dibanderol mulai dari Rp 245.000 hingga Rp 780.000 per malam tergantung paket penginapan yang kita inginkan.

Wisatawan yang ingin menambah keaktifan serta kreatifitas dan wawasan si kecil bisa datang ke Kampoeng Wisata Cinangneng ini. Tempat ini lebih menarik jika dikunjungi bersama keluarga.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.