big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Hutan Kertas, Destinasi yang Memukau di Karawang

Hutan Kertas Karawang

Mungkin kamu pernah beranggapan bahwa Karawang hanya dikenal sebagai kota industri yang rutin, tanpa memiliki daya tarik wisata yang menonjol. Namun, pada kenyataannya, di tengah kawasan industri ini terdapat banyak sudut-sudut menarik yang cocok untuk diabadikan dalam foto Instagram pada destinasi wisata di Karawang.

Salah satu yang patut disebutkan adalah Hutan Kertas, destinasi alam yang telah beroperasi sejak tahun 2017 dengan menampilkan pemandangan alam yang memukau. Dengan luas wilayah mencapai 1,5 hektar, area wisata ini menawarkan beragam kegiatan yang mengundang minat. Mulai dari berpose untuk berfoto, bersantai, piknik, menikmati hidangan lezat, hingga berkemah.

Alamat : Kutamekar, Kec. Ciampel, Karawang, Jawa Barat
Lokasi : Google Maps
Harga Tiket : Rp 20.000,00

Sekilas Tentang Hutan Kertas Karawang

274077659 2033849286787019 8190133789042532669 n
Instagram.com/hutankertas

Destinasi wisata ini berdiri di atas tanah yang dimiliki oleh PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi kertas. Perusahaan ini merupakan salah satu anak perusahaan yang bernaung di bawah Sinar Mas Group. Namun demikian, penting untuk diingat bahwa tempat wisata ini bukanlah kepunyaan langsung dari Sinar Mas Group.

Semua cerita ini berawal dari pandangan tajam sejumlah pemuda yang mengenali potensi lahan milik Pindo Deli sebagai tempat yang cocok untuk penanaman pohon eucalyptus dan acacia yang berfungsi sebagai penghijauan.

Kecantikan pohon-pohon berbunga ini menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk datang dan menikmatinya. Luas area ini pun menjadi tempat berkumpulnya warga, khususnya kalangan remaja.

Pada tahun 2017, Firdaus Hoerul Baqi mengajukan proposal izin penggunaan lahan kepada PT. Pindo Deli. Kejutan datang ketika perusahaan memberikan izin dengan syarat bahwa area tersebut harus dijaga dan dikelola dengan baik. Namun, perlu dicatat bahwa ada persyaratan tambahan, yaita Daus harus bersedia melepaskan kendali atas area tersebut jika suatu saat perusahaan memerlukannya.

Saat ini, Daus tengah mencari cara untuk mengembangkan lebih lanjut destinasi wisata ini. Berita positifnya, Pemerintah Daerah telah melirik keberadaan wisata alam ini dan mendorong pihak pengelola untuk mendaftarkannya dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia.

Meski sayangnya, wisata alam ini tidak berhasil memenangkan kompetisi tersebut, sehingga pengelola harus berputar otak untuk menghadirkan elemen menarik yang baru guna meningkatkan daya tarik wisata alam ini.

Lokasi dan Rute Menuju Hutan Kertas

Tempat tujuan ini terletak di Kutamekar, di Kecamatan Ciampel, Karawang, Jawa Barat. Meskipun terletak di tengah kawasan industri, daya tarik wisata alam ini sudah cukup dikenal dan posisinya sangat strategis, memudahkan kamu dalam pencariannya.

Jika kamu berbasis di Bekasi, mencapai lokasi ini akan menjadi langkah mudah. Dalam waktu sekitar satu jam kamu akan tiba di tempat wisata alam ini.

Apapun rute yang kamu pilih satu-satunya hal yang perlu dilakukan adalah memasuki Tol Jakarta-Cikampek dan keluar di gerbang Tol Karawang. Setelah itu, ikuti panduan arah menuju kawasan industri. Dari situ, ambil belokan pertama ke jalan masuk ke pabrik kertas Pindo Deli, dan terakhir, belok kiri untuk mencapai tujuan.

Jam Operasional Hutan Kertas Karawang

Setiap tempat wisata pasti memiliki jam operasionalnya masing-masing, termasuk Hutan Kertas. Nah untuk kamu yang mau berkunjung ke tempat ini catat jadwalnya operasional berikut:

Senin – Kamis08.00 – 23.00 WIB
Jumat08.00 – 00.00 WIB
Sabtu – Minggu08.00 – 23.00 WIB

Biaya Tiket Hutan Kertas Karawang

Untuk menikmati keindahan alam yang estetis ini, harganya begitu terjangkau. Terlebih lagi, di dalam area, tiket kamu dapat ditukar dengan hidangan kentang goreng serta segelas es teh manis.

Tiket dewasa pada hari kerjaRp15.000,00
Tiket dewasa pada akhir pekanRp20.000,00
Tiket anak-anak di bawah 8 tahun dan lanjut usiaRp5.000,00
Biaya parkir kendaraanRp3.000,00 – Rp5.000,00

Daya Tarik Hutan Kertas

Hutan kertas merupakan salah satu wisata yang sangat layak untuk kamu kunjungi. Terlebih tempat ini juga memiliki aneka ragam daya tarik yang sulit untuk ditolak. Beberapa diantaranya adalah:

Spot Foto Kece

28764835 182062682411788 6433541403711635456 n
Instagram.com/hutankertas

Sama seperti suasana Hutan Pinus Sentul, tempat wisata alam yang dikelilingi oleh pepohonan eucalyptus dan acacia ini juga mempunyai sudut-sudut menarik bagi Instagram. Jalur setapak yang mengular di antara pohon-pohon menjulang tinggi, menciptakan latar yang indah untuk potret pengunjung.

Terutama saat dedaunan turun, suasana seolah menjadi musim gugur yang memikat!. Di samping itu, tempat ini menawarkan area lain seperti lorong-lorong melingkar, jembatan-jembatan, serta kafe dan restoran yang memancarkan aura estetis.

Tidak heran jika wisata alam ini bahkan menawarkan layanan fotografi preweding. Adapun bagi yang ingin memanfaatkannya, biayanya sebesar Rp200.000,00. Harga ini sudah termasuk tiket masuk serta segala fasilitas tiket untuk tiga orang.

Sky Paper

Salah satu ikon menarik di destinasi wisata ini adalah Sky Paper. Jembatan yang populer ini memiliki ketinggian dan panjang yang cukup imposan. Desain melengkungnya yang terkesan anggun dan rentan terbawa angin, mungkin akan menggugah perasaan was-was pada beberapa orang.

Namun, setelah mencapai titik ini, sebaiknya kamu memberanikan diri untuk mencobanya! Pasalnya, jembatan ini juga memancarkan aura estetis yang sempurna untuk menjadi latar belakang foto-fotomu. Tapi, bagi yang ingin menaklukkan jembatan ini, diperlukan tiket tambahan dengan harga Rp10.000,00.

Beristirahat dan Berpiknik

Setelah puas berfoto kamu berkesempatan merasakan hembusan angin sembari duduk santai di tengah-tengah hutan ini. Tempat ini menyediakan sejumlah gazebo berukuran sedang yang ideal untuk beristirahat bersama keluarga. Selain gazebo, hammock-hammock berwarna cerah juga tersedia untukmu.

Sambil menikmati momen bersantai kamu bisa pula menikmati bekal makanan dan berpiknik di tengah alam ini. Tempat ini memperbolehkan pengunjung membawa makanan dan minuman dari luar. Namun, bagi yang enggan repot membawa bekal, tak perlu khawatir, sebab tempat ini menawarkan pilihan restoran dan kafe.

Restoran ini menghidangkan beragam hidangan, termasuk makanan tradisional Indonesia. Kamu bisa menikmati santap di gazebo atau merasakan kenyamanan restoran. Harga makanan di restoran ini sangat bersahabat dengan dompet.

Suasana Malam yang Memukau di Hutan Kertas

43476608 342946026534820 6679293070995119200 n
Instagram.com/hutankertas

Bagi mereka yang berada di sekitar wilayah Karawang, mengunjungi tempat ini di malam hari adalah rekomendasi yang patut dipertimbangkan! Suasana wisata alam ini akan berubah menjadi lebih memukau saat malam tiba. Cahaya LED-nya akan memberikan penerangan yang memikat.

Fasilitas yang Ada di Hutan Kertas

Secara menyeluruh, Hutan Kertas sebagai tempat wisata alam telah dilengkapi dengan fasilitas yang komprehensif dan memadai. Di bawah ini adalah beberapa diantaranya.

  • Area parkir luas
  • Ruang mushola
  • Kafe
  • Tempat pemandangan fotogenik
  • Lokasi toilet
  • Gazebo
  • Ruang pertemuan
  • Area perkemahan
  • Penyewaan perlengkapan perkemahan
  • Toko suvenir

Tak perlu menunda lagi, cobalah untuk mencari waktu luang dan ajaklah keluarga untuk bermain di tempat yang mengagumkan ini di Karawang. Keberadaan fasilitas yang lengkap, suasana yang menenangkan, dan tempat-tempat menarik untuk berfoto pastinya akan membuat kamu betah tinggal lebih lama di sini, terutama bagi yang menyukai tempat yang tampil estetis.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments