Wisata Gunung Kasur Cipanas, Review Wisata Melihat Keindahan Alam

Gunung Kasur Cipanas

Gunung Kasur merupakan nama gunung yang diambil dari legenda nenek moyang dulu karena terdapat sebuah lempengan batu berbentuk kasur yang dilengkapi bantal dan juga guling.

Bicara soal sejarah, menemukan sejarah tidak hanya dalam bentuk sebuah museum saja. Kita juga bisa menemukan tempat-tempat bersejarah diberbagai tempat salah satunya gunung. Di Jawa Barat sendiri, kita akan menemukan berbagai macam gunung mulai dari Gunung Salak, Gunung Cereme, Gunung Gede, dan masih banyak lagi.

Ada sebuah misteri yang sampai sekarang masih belum terkuak. Seperti Gunung Padang yang membentuk sebuah piramida, ada juga sebuah gunung yang diperkirakan dibangun pada zaman Megalitikum setelah pembangunan Gunung Padang.

Ulasan Gunung Kasur

Namanya Gunung Kasur diambil dari legenda nenek moyang yang dulu hingga saat ini terdapat sebuah lempengan sebuah batu berbentuk kasur yang dilengkapi bantal dan juga guling.

Batu-batu tersebut tidaklah dibentuk tetapi secara alami sudah tersimpan di sana tertata rapi seperti ranjang pada umumnya. Uniknya kasur tersebut berbahan dari batu yang memiliki tekstur keras dan sudah pasti tidak empuk seperti halnya kasur.

Tak jauh dari batu tersebut ada bekas telapak kaki yang dipercayai bahwa pemiliknya merupakan salah seorang Patih Pertama Cianjur. Bahkan di atas puncak Gunung Kasur terdapat makam kramat.

116074044 337317647276070 6265096600945936904 n 2
Foto via Instagram.com/wisata.gunungkasur

Makam itu adalah makam Eyang Jaya Paksi atau seorang keturunan Kerajaan Banten. Banyak beberapa sejarah yang masih belum terkuak dari keberadaan batu-batuan tersebut, kapan terjadinya, dan ada kisah apa dibalik tempat tersebut.

Namun meskipun masih misterius, Gunung Kasur ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan terutama yang berasal dari Bandung, Jakarta, juga Banten.

Tempatnya ini layaknya Tebing Keraton Bandung atau Setu Ciembang Sumedang karena keindahan alamnya yang dapat kita lihat dari sana sangat menakjubkan.

Di atas ketinggian 1.080 mdpl, kita bisa menikmati indahnya pemandangan pegunungan. Seolah di mana kita berdiri adalah rotasi bumi berputar. Selain indahnya pemandangan hamparan pohon rindang, sejuknya udara sangat terasa meneduhkan.

Wisata Menarik Lainnya :  Cibalung Happy Land, Destinasi Wisata Alam Keluarga yang Patut Disambangi

Apalagi jika menikmati keindahan tersebut pada sore hari, saat di mana matahari mulai menenggelamkan sinarnya dan malam menggantikan posisi untuk menemani langit maka akan terjadi panorama keindahan semesta dibalik ciptaan yang Maha Kuasa.

Sebagian penggiat hiking juga traveler-traveler yang mencari tempat berburu wisata menarik, Gunung Kasur menjadi tidak asing lagi di telinga. Bahkan rencananya, Gunung Kasur akan membuka fasilitas motor trail dan paralayang seperti di Puncak, Bogor.

Tak hanya itu, tidak hanya berpusat pada wisata yang menyenangkan dan menantang namun juga di sana akan dibuat sebuah museum atau tempat eduwisata bagi para pengunjung.

Berburu spot foto di Gunung Kasur adalah tempat yang paling pas. Semakin hari fasilitas beserta tempat spot foto yang ada di sana semakin dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

Namun untuk mencapai puncak wisatanya kita perlu mendaki terlebih dahulu, hal ini karena belum ada jalan alternatif seperti tangga atau semacamnya. Jadi Gunung Kasur ini sangat cocok untuk yang menyukai kegiatan menakluki ketinggian.

Di tempat yang jauh dari kemewahan, jangan khawatir tidak menemukan tempat makan. sebab di sana banyak beredar rumah-rumah makan yang dibangun oleh warga sekitar sebagai bentuk UMKM mereka. Meskipun tidak begitu lengkap, makanan-makanan yang ditemukan di sana cukup untuk mengisi perut.

Lokasi Gunung Kasur

Wisatawan bisa melihat keunikan Gunung Kasur tersebut di Desa Gadog, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Wisatawan dapat memakan waktu hingga 1 jam 30 menit perjalanan dari pusat Kota Bogor. Map klik disini.

Tiket Masuk Gunung Kasur

Untuk masuk ke kawasan Gunung Kasur kita tidak dikenakan tarif masuk, hanya saja kita akan dikenakan tarif parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 5.000 dan untuk roda empat sebesar Rp 10.000. Liburan tentu tidak melulu mengeluarkan banyak uang. Dengan datang ke sana, kita bisa liburan hemat ditemani pemandangan cantik.

Gunung Kasur ini di buka setiap hari. Biasanya pengelola membuka kawasan ini mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Akomodasi Terdekat

Dan bagi para pengunjung yang ingin melakukan penginapan, kita bisa bermalam di salah satu tempat penginapan yaitu Shine BnB Cianjur yang terletak di Jalan Selamat No.60, Bojongherang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Wisata Menarik Lainnya :  Desa Wisata Peniwen: Wisata Alam dan Edukasi Info Terbaru 2022

Untuk harga tarif per malamnya ditaksir dengan harga Rp 296.000 dengan fasilitas yang tentunya menunjang.

Rate this post
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.