Gunung Api Purba Nglanggeran, Menjelajahi Bebatuan Raksasa dan Gua Misterius di Yogyakarta

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran berlokasi di desa Nglangggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Daerah ini seolah bagaikan gerbang waktu yang seolah bisa untuk membawa para pengunjung untuk menikmati indahnya panaroma alam yang indah. Dengan cara menyusuri bebatuan raksasa dan gua misterius.

Daya Tarik Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Ada juga bebatuan raksasa yang tersusun bagaikan patung alam yang dipahat. Terdapat jalur trekking yang cukup menantang dan memicu adrenalin yang cukup menantang. Apalagi, ada aktivitas outdoor yang bisa dilakukan di wisata Jogja ini.

Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Gunung Api Purba Nglanggeran
Google/@Pak Busan

Gunung Api Purba Nglanggeran memiliki pemandangan alam menakjubkan. Terdapat bebatuan raksasa yang tersusun dengan rapi seolah jadi patung alam yang dipahat. Terdapat nama bebatuan yang cukup unik seperti Batu Kasur, Batu Menoreh, Batu Tumuk, dan bebatuan lain. Ada gua misterius yang menyimpan legenda cukup menarik.

Gua ini menawarkan suasana yang sangat sejuk dan misterius serta menjadi tempat yang cocok untuk berpetualang. Pemandangan alam yang indah disini seperti hamparan sawah hijau membentang, perbukitan karst, dan sungai Oya. Terdapat Gunung Merapi dan Gunung Lawu yang bisa dilihat dari kejauhan.

Panorama sunrise dan sunshite yang kian memikat dihiasi dengan langit gradiasi warna jingga dan ungu, berpadu dengan adanya bebatuan raksasa dan siluet perbukitan dan menciptakan suasana magis yang kian tidak terlupakan.

Embung Nglanggeran menjadi salah satu destinasi wisata yang didatangi. Merupakan telaga buatan yang bisa digunakan untuk berenang, memancing, atau bersepeda air.

Disana ada beberapa gua di Gunung Purba Nglanggeran, salah satunya Gardu Pandang. Pengunjung dpaat menikmati panorama alam dengan pemandangan 360 derajat.

Aktivitas Outdoor yang Cukup Menantang

Gunung Api Purba Nglanggeran
Google/@SARYANTA

Terdapat banyak aktivitas outdoor yang bisa dilakukan di Gunung Purba Nglanggeran yang menawarkan berbagai ativitas menarik seperti melakukan trekking dengan jalur yang cukup menantang dengan tingkat kesulitan yang cukup parah, pada jalur ini bisa menjelajahi bebatuan raksasa, gua tersembunyi, dan puncak bukit yang menakjubkan. Ada juga pos pengamatan pada setiap jalur.

Pengunjung juga dapat memicu adrenalin dengan melakukan panjat tebing di Gunung Api Purba Nglanggeran dan menjadi pilihan tepat. Tebing curam dengan bebatuan raksasa ini sangat menantang untuk bisa ditaklukan untuk merasakan ketegangan dan kepuasaan saat bisa mendakinya.

Ingin menikmati pemandangan alam menakjubkan, Gunung Api Purba Nglanggeran bisa dilakukan dengan melewati persawahan hijau membentang, perbukitan karst. Dengan merasakan adanya agin sepoi semilir seakan memanjakan mata.

Mengabadikan Momen Spot Foto Instagrammable

Gunung Api Purba Nglanggeran
Google/@Arief R Ramadhan

Gunung Api Purba Nglanggeran sangat cocok untuk mengabadikan momen foto yang sangat instagrammable. Hal ini sangat tidak boleh untuk dilewatkan karena banyaknya destinasi yang sangat memukau disana.

Fasilitas Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran
Google/@Roma_rockclimb

Ada beberapa fasilitas yang bisa dirasakan oleh para pengunjung ketika berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran seperti berikut ini:

Pusat Informasi

Takut tersesat ketika mengunjungi Gunung Api Purba Nglanggeran, maka pengunjung dapat nih ke pusat informasi untuk mencari tau tentang destinasi alam ini. Selain itu dapat mempelajari mengenai sejarah, budaya, dan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan.

Tempat Parkir

Tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Dimana para pengendara gak takut gak kebagian parkir.

Mushola

Tersedia mushola disana yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Hal yang berguna untuk melakukan ibadah bagi umat Muslim.

Warung Makan

Terdapat warung makan yang menjual makanan dan minuman. Sehingga, kalau kelaparan atau kehausan bisa melipir kesini.

Toko Souvenir

Ingin membawakan oleh – oleh untuk orang dirumah. Maka, bisa membeli cenderamata di toko souvenir khas Gunung Purba Nglanggeran.

Area Camping

Pengunjung yang masih berada di Gunung Api Purba Nglanggeran. Maka, bisa melakukan camping atau berkemah disana.

Tips Mengunjungi Gunung Api Purba Nglanggeran

1.Kunjungin Gunung Api Purba Nglanggeran waktu terbaik ada di pagi atau sore untuk menghindari terik matahari yang panas pada siang hari.

2. Bawalah topi, kacamata hitam, dan sunscreen berguna untuk melindungi dari sinar matahari.

3. Siapkan saja minum air putih yang sesuai takaran agar tidak dehidrasi

4. Jagalah kebersihan dan jangan merusak atau mengotori tempat.

Gunung Api Purba Nglangggeran memang memiliki wisata alam yang indah. Bahkan memiliki aktivitas outdoor yang cukup menantang.

Avatar for Rieke Hendrayani
Rieke Hendrayani Wanita yang menyukai membaca, menulis, mendengarkan musik.
Avatar for Rieke Hendrayani
Rieke Hendrayani Wanita yang menyukai membaca, menulis, mendengarkan musik.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments