big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Gua Embultuk, Pesona Alam Blitar yang Penuh Tantangan

Gua Embultuk

Mau ke tempat wisata dengan nuansa berbeda dan penuh tantangan? Datanglah ke Gua Embultuk yang terkenal akan keindahan stalaktit dan stalagmitnya.

Namun untuk ke sana kamu memerlukan tenaga ekstra karena medan yang dilalui lumayan ekstrem. Maka dari itu jika ingin liburan ke wisata Blitar ini perhatikan kesehatan badan kamu.

Alamat : Desa Tempakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66163.
Lokasi : Google Maps.
Harga tiket : Rp50.000 (jasa pemandu).
Jam buka : 08.00 – 14.00 WIB.

Informasi Umum

Pesona Blitar bukan lagi berbicara soal wisata sejarahnya sebagai tempat kelahiran Bung Karno. Melainkan sudah menjelma menjadi kota pariwisata yang modern dan kekinian. Sekarang ini marak sekali bermunculan tempat wisata baru dengan konsep yang sedikit out of the box.

Salah satu wisata Blitar yang tengah digandrungi anak muda saat ini adalah Gua Embultuk. Sebuah gua bersejarah yang mana dulu sempat dijadikan tempat persembunyian seorang simpatisan PKI. Begitu masuk ke dalam kamu akan takjub melihat stalaktit dan stalagmit yang begitu mempesona.

Penemuan gua ini sendiri sudah sejak ribuan tahun lalu. Di mana keberadaannya ditemukan oleh warga yang sering beraktivitas di sekitar kawasan tersebut. Seperti penggembala kambing, ibu-ibu yang sedang mencuci, atau orang tengah membasuh diri.

Untuk masuk ke dalam Gua Embultuk, kamu perlu menyusuri sungai dengan ketinggian air cukup dalam. Diperlukan fisik dan mental yang kuat jika ingin memasukinya. Bagi yang tidak kuat sebaiknya jangan coba-coba karena jarak yang harus ditempuh sekitar 1,5 km.

Panjang Gua Embultuk sendiri kurang lebih 1500 meter dengan luas dan tingginya kira-kira 3 meter. Dibandingkan gua-gua lain yang ada di Kabupaten Blitar, gua ini jelas tampak berbeda. Kondisinya terlihat sangat alami serta mempunyai hiasan stalaktit dan stalagmit yang masih berair.

Suasana di dalam gua kian mengesankan saat suara gemericik air mulai terdengar. Kesan alaminya begitu terasa hingga kamu seolah-olah tengah berada di surga dunia. Namun dibalik keindahannya, Gua Embultuk mempunyai beberapa keunikan yang jarang diketahui oleh khalayak umum. Penjelasan selengkapnya akan dibahas pada sub bab di bawah ini.

Keunikan Gua Embultuk

Gua Embultuk yang penuh dengan sejuta pesona ini menyimpan banyak sekali keunikan. Bukan hanya soal keindahan alamnya. Melainkan mengenai sejarah dan segala apapun yang ada di dalam gua. Tanpa perlu berlama lagi berikut beberapa keunikan tersembunyi dari Gua Embultuk yang jarang diketahui oleh turis.

Stalaktit dan Stalagmit

Watu Gong Goa Embultuk Blitar
Sumber : Googlemap/Pandu Aji Wirawan

Banyak wisatawan dari luar Blitar berbondong-bondong mengunjungi Gua Embultuk hanya demi ingin melihat pemandangan menakjubkan di bagian dalamnya. Yaitu adanya deretan batuan stalaktit dan stalagmit yang menghiasi setiap celah dinding gua. Hal semacam ini jangan sampai kamu lewatkan dan ambil gambar sebanyak mungkin sebagai kenang-kenangan.

Semakin masuk ke dalam, stalaktit dan stalagmit kian memancarkan keindahannya. Semua warna yang terpancar sangat mempesona. Sehingga membuat mata pengunjung menjadi terpana begitu melihatnya. Warna-warna tersebut berasal dari algae yang hidup di dalam Gua Embultuk.

Kalau kamu ingin masuk ke dalam gua sebaiknya minta ditemani oleh pemandu. Mereka jauh lebih mengerti medan yang ada di dalam gua. Kamu pun bisa menjelajahi isi gua dengan aman dan tentunya tidak akan tersesat. Jangan malu untuk bertanya semisal kamu mengalami masalah saat memasuki gua.

Wisata Bersejarah

Gua Embultuk mempunyai julukan lain yaitu Umbul Tuk. Kata tersebut diambil dari Bahasa Jawa berarti sumber air yang naik. Wisata ini sudah ada sejak tahun 1983 dan menjadi saksi biksu pemberontakan PKI yang terjadi antara tahun 1965 – 1966.

Menurut warga sekitar, dulunya Gua Embultuk menjadi tempat persembunyian salah seorang anggota PKI. Gua ini sengaja dipilih karena letaknya yang tersembunyi sehingga sangat sulit untuk ditemukan. Kabarnya hingga sekarang peralatan milik PKI masih ada di dalam gua.

Sekarang Gua Embultuk menjadi tempat wisata alam bersejarah yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun turis asing. Hampir setiap hari wisata ini tidak pernah sepi dan selalu ramai. Dalam satu hari ada saja segerombolan wisatawan yang datang berkunjung.

Spot foto

Gua Embultuk juga menyuguhkan beragam spot foto unik dan tak biasa. Salah satu spot yang sering dijadikan objek foto adalah batu selendang putri. Sebuah ruangan besar yang letaknya berada di ujung gua. Nama selendang putri sendiri diambil dari berbatuan di sana yang bentuknya mirip selendang.

Tempatnya sendiri cukup luas sehingga mampu menampung wisatawan dalam jumlah banyak. Akan tetapi petugas tidak mengizinkan siapapun berlama-lama di dalam gua. Dikarenakan jika terlalu lama takutnya kadar oksigen semakin berkurang.

Ambil foto seadanya saja dan jangan berlama-lama. Jika sudah selesai segera keluar dari dalam gua. Hati-hati saat melangkah karena permukaan tanahnya digenangi air. Saat hendak keluar selalu ikuti arahan petugas dan jangan melakukan kegiatan di luar instruksi.

Fasilitas Umum

Dikarenakan pengelolaan Gua Embultuk dilakukan secara swadaya oleh warga sekitar. Maka jangan heran jika fasilitas umum yang tersedia masih tergolong sederhana. Namun setidaknya mereka sudah berusaha memberikan pelayanan terbaiknya.

Area parkir di wisata ini sangat luas dan muat untuk sepeda motor maupun mobil. Jadi kamu tak perlu khawatir tidak kebagian tempat parkir. Untuk toiletnya cukup bersih dan nyaman saat digunakan.

Pihak pengelola juga menyediakan mushola sebagai tempat ibadah untuk pengunjung muslim yang hendak menunaikan shalat lima waktu. Kalau merasa lapar sudah disediakan warung makan dengan beragam menu makanan dan minuman yang menggugah selera.

Tips Liburan

20171203 141750
Sumber : Googlemap/Goa Umbul Tuk

Buat kamu yang ingin liburan ke Gua Embultuk harus membuat perencanaan dan persiapan yang matang. Mulai dari mengecek kondisi badan, kendaraan perbekalan, dan perlengkapan yang mau dibawa. Pastikan semua sudah siap dan tidak ada satupun yang tertinggal.

Untuk perlengkapan utama yang mesti kamu bawa adalah baju ganti dan peralatan mandi. Karena saat memasuki gua kamu akan melewati aliran sungai. Otomatis baju yang kamu pakai akan basah kuyup.

Jangan lupa juga membawa obat-obatan pribadi buat kamu yang menderita penyakit tertentu. Dan sebisa mungkin kenakan sepatu yang tahan air dan nyaman saat digunakan menyusuri sungai. Paling penting bawalah senter atau alat penerangan karena sudah pasti suasana di dalam gua itu gelap gulita.

Begitu sampai di sana mintalah salah seorang pemandu menemani kamu masuk ke dalam gua. Selalu waspada dan ikuti semua arahan yang diberikan. Tetap jaga kebersihan tempat wisata dan jangan merusak fasilitas yang ada.

Dari penjelasan singkat tadi apakah kamu tertarik mengunjungi Gua Embultuk? Jika iya sebaiknya kamu datang beramai-ramai bersama teman atau keluarga. Tentunya jauh lebih seru ketimbang liburan seorang diri. Dan pastinya ada seseorang yang bisa diajak mengobrol dan berbagai cerita.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments