Truck Collision Attorney, Construction Accident Lawyer Near Me, Accident Attorney Fresno CA, Pedestrian Accident Attorney Near Me, Truck Accident Attorney Near Me, Oil Rig Injury Lawyer, Motorcycle Accident Lawyer Near Me, Offshore Accident Lawyer, El Paso Accident Lawyers, Birth Injury Lawyer Near Me, Car Accident Lawyer Near Me, Personal Injury Attorney Nearby, Mesothelioma Attorney Assistance, 18 Wheeler Accident Lawyer San Antonio, Mesothelioma Law Firm, Wrongful Death Attorney Near Me, Houston Trucking Accident Attorney, Truck Accident Attorney Dallas, Aviation Accident Lawyer, Car Accident Lawyer Jacksonville, DUI Defense Lawyer, Maritime Lawyer New Orleans, California Auto Accident Lawyer, Auto Accident Attorney California.

Pulau Derawan, Keindahan Terbaik di Ujung Timur Kalimantan

Pulau Derawan Kalimantan

Pulau derawan adalah salah satu keindahan terbaik yang ada di ujung timur Kalimantan yang harus kamu kunjungi!

Tidak dapat dipungkiri bahwa keindahan alam di Indonesia sungguh mengagumkan. Setiap pulau di Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke, memiliki pesona yang unik. Salah satu pulau yang sangat menawan adalah Pulau Derawan, yang terletak di Kalimantan Timur.

Lokasi : Google Maps.
Kemiripan wisata di Jawa : Karimun Jawa

Dikatakan bahwa pulau ini merupakan surga tersembunyi dengan daya tariknya sendiri. Keindahan alami terumbu karang yang indah, pasir putih yang bersih, dan air laut yang bening berwarna biru, sungguh memukau mata.

Pulau ini selalu ramai dengan wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara, yang tertarik untuk menyaksikan keindahan dan keelokan pemandangan bawah laut di Pulau Derawan. Jika kamu tertarik dengan kecantikan Pulau Derawan, berikut ini adalah penjelasan yang lengkap mengenai Kepulauan Derawan.

Asal Usul Pulau Derawan

Terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Pulau Derawan telah menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Kalimantan Timur. Legenda mengenai asal usul empat pulau terkenal di Kepulauan Derawan telah lama diceritakan oleh masyarakat lokal dari generasi ke generasi.

Pada zaman dahulu, terdapat dua keluarga yang tinggal di pulau yang berbeda dan bermaksud mengadakan pernikahan antara anak-anak mereka di Pulau Panjang. Keluarga laki-laki dan keluarga perempuan berlayar menuju Pulau Panjang menggunakan kapal layar.

Namun sayangnya, kedua kapal mengalami kecelakaan sebelum mencapai tujuan, menyebabkan semua penumpang tenggelam. Konon, anggota keluarga tersebut berubah menjadi empat pulau yang sekarang kita kenal.

Adapun nama Pulau Derawan berasal dari nama calon mempelai perempuan yang masih perawan atau lajang. Sementara itu nama dari Pulau Kakaban mengambil nama dari sang kakak. Pulau Sangalaki diambil dari calon mempelai laki-laki, dan Pulau Maratua disebut sebagai bentuk jelmaan calon mertua dari pihak perempuan.

Cerita ini menjadi asal usul nama empat pulau terkenal di Kepulauan Derawan, yang terus diceritakan oleh penduduk setempat dari masa ke masa.

Disamping cerita atau legenda dari pulau ini awal dari Derawan sendiri adalah sebuah desa administratif, namun kemudian diubah menjadi desa wisata. Hal ini mendorong penduduk setempat untuk selalu menjaga kebersihan. Kelestarian alam dan kebersihan pulau tersebut membuat Pulau Derawan terlihat sangat alami.

Pada tahun 2005, pemerintah mengakui nilai keindahan pemandangan laut Pulau Derawan dengan mendaftarkannya sebagai salah satu warisan dunia UNESCO. Kawasan ini juga sering disebut sebagai Pulau yang Belum Terjamah, sebuah tempat yang masih alami dan memikat banyak wisatawan yang datang berkunjung.

Pilihan Akses Menuju Pulau Derawan

346636676 809249360563002 1279606778032664585 n
Instagram.com/mukmin_rena

Tidak perlu khawatir tentang akses menuju pulau yang alami dan eksotis ini, karena tersedia berbagai opsi transportasi. Pulau yang indah ini dapat dijangkau dengan mudah melalui jalur udara, darat, dan laut, sehingga perjalanan dapat disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

1. Jalur Darat

Untuk akses darat, biasanya digunakan oleh wisatawan lokal yang tinggal di Pulau Kalimantan. Kamu dapat memilih menggunakan bus atau mobil travel. Wisatawan juga dapat menggunakan jalur darat setelah tiba di Kalimantan Timur dan melanjutkan perjalanan ke Pulau Derawan.

Untuk rutenya sendiri mulai dari kota Palangkaraya-Banjarmasin-Balikpapan-Samarinda-Tanjung Radeb-Tanjung Batu dan terakhir adalah Pulau Derawan.

2. Jalur Udara

Bagi wisatawan yang berasal dari luar Pulau Kalimantan maupun luar Indonesia, jalur udara adalah pilihan yang nyaman untuk mencapai Pulau Derawan. Setelah mendarat di Bandara Balikpapan, perjalanan dapat dilanjutkan melalui Berau atau Tarakan, kemudian menyeberang ke pulau tujuan menggunakan Speed Boat.

Daya Tarik Pulau Derawan

294222967 569613858205802 5696797383356636106 n
Instagram.com/noahmaratuaresort

Sebelumnya telah disinggung jika Pulau yang satu ini memiliki keindahan yang sangat memukai. Hal tersebut tentunya tak lepas dari berbagai keistimewaan yang dimilikinya. Tak heran jika pulau ini kemudian menjadi tujuan wisata yang sangat diminati oleh para wisatawan. Adapun keistimewaan dan daya tarik yang dimiliki oleh pulau ini diantaranya:

1. Taman Laut dengan Kelas dan Kualitas Dunia

49398046 281752989156779 1077679333011503727 n
Instagram.com/noahmaratuaresort

Di bawah permukaan laut Kepulauan Derawan terdapat beragam kehidupan laut yang menakjubkan, termasuk 870 jenis ikan. Mulai dari ikan kecil hingga pari manta raksasa, serta 460 jenis karang. Pemandangan bawah laut di Pulau Derawan sungguh memukau dan dapat membuat kita terpesona.

Bahkan, wisatawan dapat dengan mudah menemukan kelompok pari manta yang berenang di sekitar pulau setiap hari. Pengalaman unik lainnya adalah bisa berinteraksi dengan ikan-ikan tersebut, memberi makan mereka sambil berenang atau hanya melihat mereka dari atas kapal.

2. Pulau yang Terjangkau untuk Dijelajahi

Selain menikmati keindahan bawah laut, wisatawan juga dapat menjelajahi pulau ini sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Pulau Derawan memiliki pantai-pantai yang indah dan masih alami, dengan pasir putih yang bersih.

Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, wisatawan dapat berkeliling pulau sambil menikmati kealamian Pulau Derawan. Sambil duduk santai di pinggir pantai, kita juga bisa berinteraksi dengan ramahnya warga Suku Bajau.

3. Wahana Air Menarik

Selain keindahan bawah lautnya, Pulau Derawan juga menawarkan beragam fasilitas yang lengkap. Terdapat restoran, kafe, dan berbagai wahana air yang seru dan menyenangkan. Di sini, kita dapat mencoba beraktivitas seperti naik kano, banana boat, perahu layar, dan berbagai permainan air lainnya. Semua ini akan semakin memuaskan liburan di Pulau Derawan.

4. Penginapan Eksklusif dengan Pemandangan Laut Langsung

Salah satu hal menarik lainnya di Pulau Derawan adalah berbagai penginapan yang tersedia di area tersebut. Ada penginapan yang terletak di tengah laut, menawarkan pemandangan langsung ke laut yang indah dari jendela kamar.

Banyak penginapan di pulau ini memiliki konsep eksklusif, jauh dari keramaian, dengan pemandangan laut lepas di sekitarnya. Harga penginapan juga bervariasi, mulai dari harga Rp 150.000 per malam, kita bisa mendapatkan penginapan dengan fasilitas yang memadai.

Untuk yang mencari penginapan mewah, tersedia juga pilihan dengan harga mulai dari Rp 700.000 per malam. Namun, bagi yang memiliki anggaran lebih terbatas, terdapat homestay.

5. Pengalaman Kuliner yang Tak Boleh Dilewatkan

Selain keindahan alamnya yang menawan, pulau Derawan juga menawarkan pengalaman kuliner yang tak boleh dilewatkan. Sebagai sebuah pulau yang kaya akan sumber daya laut, pulau ini memiliki makanan khas yang erat kaitannya dengan laut.

Kima-kima, tehe-tehe, dan Elai adalah beberapa contoh kuliner terkenal dari Derawan. Kima-kima adalah hidangan khas yang terbuat dari kerang laut dan diolah seperti ikan asin kering. Meskipun harganya cukup mahal, kima-kima mudah ditemui di toko-toko yang dijalankan oleh penduduk setempat.

Sementara itu, tehe-tehe adalah makanan yang dibungkus dengan cangkang landak laut. Di dalamnya terdapat beras ketan yang dicampur dengan santan, kemudian dibungkus menggunakan daun pandan. Setelah itu, makanan ini dimasak selama sekitar satu jam hingga matang. Rasanya mirip dengan ketupat, namun dikemas dalam cangkang landak laut.

Selanjutnya, Elai adalah buah khas pulau Derawan yang menyerupai buah durian. Daging buah ini berwarna oranye kekuningan. Namun, jika kamu mencari camilan yang lezat dan manis di pulau ini mak bisa mencoba sarang semut atau yang lebih dikenal sebagai “kue jah” oleh penduduk setempat.

Camilan ini terbuat dari campuran gula merah dan adonan yang menyerupai bihun, kemudian dibentuk menjadi silinder.

Kegiatan Menarik di Pulau Derawan

Jika kamu berencana mengunjungi pulau Derawan, pastikan untuk membuat daftar aktivitas yang bisa dilakukan di sana. Berikut adalah beberapa kegiatan yang direkomendasikan saat berada di kawasan wisata Derawan.

1. Snorkeling dan Diving

292394682 456115516294807 8907393569794361116 n
Instagram.com/noahmaratuaresort

Tidak bisa dilewatkan saat mengunjungi Derawan, snorkeling dan diving adalah kegiatan yang wajib dilakukan. Pemandangan bawah laut di tempat ini sangat menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan. Terdapat terumbu karang indah dan berbagai biota laut lainnya yang mempercantik surga bawah laut Derawan.

Derawan memiliki beberapa spot terbaik untuk snorkeling dan diving. Spot Old Piezk, misalnya, cocok untuk melihat kehidupan unik dan indah ikan-ikan di dasar laut. Jika ingin menyaksikan keindahan karang, spot Coral Garden sangat direkomendasikan. Bagi penggemar aktivitas ekstrem, spot Shark Point menawarkan kesempatan untuk melihat hiu secara dekat.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menemukan spot menyelam lain yang tak kalah menarik. Misalnya saja seperti Tuturuga Point dan Blue Triggel Wall.

2. Mengunjungi Konservasi Penyu

Pulau Derawan adalah tempat persinggahan penting bagi penyu untuk bertelur. Untuk menjaga kelestarian penyu dan mengurangi risiko kepunahan, penduduk setempat telah membangun konservasi penyu. Kamu bisa mengunjungi tempat ini dan melihat bagaimana bayi penyu dibudidayakan.

Selain itu, penduduk setempat juga telah membangun tambak ikan sebagai mata pencaharian, sehingga mereka tidak lagi melakukan penangkapan ikan liar di perairan lepas. Hal ini memberikan manfaat ganda, penduduk setempat mendapatkan mata pencaharian sambil menjaga ekosistem terumbu karang agar tetap terjaga dan tidak rusak.

3. Mengunjungi Pulau-pulau Lainnya

Selain Pulau Derawan sendiri kamu juga bisa mencoba berkunjung ke beberapa pulau lain yang cantik dan menarik di Kepulauan Derawan. Misalnya saja kamu bisa berkunjung ke Pulau Kakaban, Pulau Maratua, dan Pulau Sangalaki. Mengunjungi pulau-pulau ini merupakan pengalaman yang sayang untuk dilewatkan.

Nah jika kamu tertarik untuk mengunjungi pulau-pulau tersebut maka bisa menyewa speedboat. Kamu bisa menemukan tempat penyewaan speedboat di sepanjang pantai Pulau Derawan dengan sangat mudah. Speedboat ini memiliki kapasitas 3-4 orang dengan harga sewa mulai dari Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000.

Jika kamu ingin menggunakan speedboat yang lebih besar dengan kapasitas 6-12 orang, tarifnya berkisar antara Rp 8.000.000 hingga Rp 10.000.000. Oleh karena itu, lebih baik jika kamu berlibur bersama keluarga atau teman di Derawan agar dapat memanfaatkan speedboat secara optimal.

4. Menikmati Keajaiban Senja dan Matahari Terbit di Derawan

292849858 407165488115744 1377339817949330692 n

Tidak hanya Bali atau Lombok yang mempunyai pantai dengan pemandangan matahari terbenam dan terbit yang menakjubkan. Di sini, kamu dapat menikmati keindahan luar biasa dari senja dan matahari terbit.

Pantai-pantai di Pulau Derawan akan memberikan pengalaman tak terlupakan ketika menyaksikan senja dan matahari terbit. Duduklah di tepi pantai sambil menanti momen untuk menyaksikan pesona matahari terbit atau terbenam.

Destinasi Menarik di sekitar Pulau Derawan

Seperti halnya Pulau Derawan, pulau-pulau di sekitarnya juga memiliki banyak tempat menarik yang dapat dikunjungi. Setiap pulau memiliki daya tarik wisata yang unik. Berikut ini adalah daftar destinasi menarik yang terletak di sekitar Pulau Derawan.

1. Danau Ubur-Ubur

Pernahkah kamu mencoba berenang bersama ubur-ubur? Jika belum, kunjungilah Danau Ubur-Ubur yang terletak di Danau Kakaban. Kamu tidak perlu khawatir akan keamanannya karena ubur-ubur di sini tidak berbahaya.

Tempat wisata ini adalah salah satu dari tiga habitat ubur-ubur yang tidak menyengat. Jumlah ubur-ubur yang menghuni danau ini mencapai ribuan bahkan lebih.

Pulau Kakaban memiliki luas sekitar 774,2 hektar dan keunikan dari pulau ini adalah satu-satunya di Indonesia yang memiliki danau di tengahnya. Pemandangan ini benar-benar unik dan langka yang hanya bisa ditemukan di Pulau Kakaban.

2. Gua Cahaya Biru

Masih di Pulau Kakaban, jika kamu mencari petualangan ekstrem yang menawarkan pengalaman luar biasa, kunjungilah Gua Cahaya Biru. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai Pulau Kakaban.

Namun, jangan berharap akan menemui gerbang masuk yang indah dengan tulisan “Selamat Datang”. Sebaliknya, pintu masuknya berupa gua di bawah permukaan air laut yang memiliki bentuk seperti bibir goa. Seru sekali, bukan?

3. Pulau Sangalaki

Sebuah pulau yang sangat eksotis di Berau, Pulau Sangalaki menawarkan pantai berpasir putih yang luas dan lokasi menyelam terbaik. Ini adalah tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Derawan. Pulau ini memiliki luas sekitar 15 hektar dan sering dijadikan tempat singgah oleh penyu-penyu.

Di Pulau Sangalaki, kita dapat menikmati pemandangan sempurna dari pantai dan laut biru yang kaya akan keanekaragaman hayati. Terutama saat senja tiba, suasana pantai ini menjadi sangat romantis.

4. Titik Manta Ray

Jika ingin berenang bersama puluhan ikan Manta Ray, kunjungilah Titik Manta Ray. Tempat yang satu ini tidak terlalu jauh dari Pulau Sangalaki. Jika berkunjung kamu juga tak akan rugi karena Titik Manta Ray adalah salah satu tempat snorkeling terbaik di Derawan.

Di sini kamu tak hanya bisa menyaksikan keindahan bawah lautnya saja. Namun kamu juga bisa melihat pemandangan unik ikan Manta Ray yang sedang mencari makan. Pada waktu-waktu tertentu, terutama dari siang hingga sore hari, kita dapat melihat banyak ikan Manta Ray yang sedang berburu plankton kecil.

5. Danau Labuan Cermin

Disebut Danau Labuan Cermin karena airnya yang sangat jernih, bahkan kita dapat melihat dasar danau dengan jelas. Danau Labuan Cermin terletak agak jauh dari Pulau Derawan, sekitar 7 jam perjalanan jika melalui Tanjung Redeb.

Oleh karena itu akan lebih baik jika kamu ke tempat ini setelah mengunjungi Derawan saja. Singkatnya kamu bisa menjadikan Danau Labuan Cermin sebagai tujuan terakhir untuk dikunjungi.

6. Gua Haji Mangku

Sebenarnya, menyebut tempat ini sebagai gua mungkin tidak tepat, karena posisinya tegak lurus dengan air yang menggenang di dalamnya. Namun, jika disebut sebagai danau, ukurannya juga tidak sebesar danau pada umumnya.

Untuk mencapai Gua Haji Mangku, kita dapat berjalan kaki selama sekitar 7 jam atau menggunakan speedboat selama 15-20 menit saja. Namun, jika ingin menggunakan speedboat, kita perlu menunggu pasang air agar speedboat dapat berlabuh tidak terlalu jauh dari pintu gua. Di dalam gua ini, kita akan menemukan genangan air dengan warna biru yang indah. Jika ingin merasakan adrenalin, kita dapat melompat ke dalam Gua Haji Mangku dan terjun ke dasar danau.

Berbagai destinasi wisata menarik dan terbaik ini tentu yang bisa kamu temukan di Derawan. Jadi tak ada salahnya untuk paling tidak sekali mencoba mengunjunginya.

Hotel dan Penginapan di Pulau Derawan

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati liburan yang panjang di Pulau Derawan, tersedia berbagai pilihan hotel dan penginapan yang dapat dipilih. Mayoritas tempat menginap di Pulau Derawan dikelola oleh penduduk lokal, sehingga harganya masih terjangkau.

Contohnya, terdapat homestay bernama Sari Cottage Derawan, Derawan Dive Resort, Fisheries Eco Villa, Derawan Dive Lodge, Mirroliz Pelangi Cottage, Derawan Beach CAFÉ & Cottage, dan lain sebagainya. Biaya menginap di homestay di Pulau Derawan tentunya sangat terjangkau dan ramah dikantong.

Untuk permalam menginap sambil menikmati suasana yang indah dan nyaman di malam hari kamu hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp 150.000 saja, terjangkau kan?

Jika memiliki anggaran lebih, kita dapat memilih Cottage yang menawarkan kenyamanan ekstra. Dengan biaya sekitar Rp 250.000 per malam, kamu dapat mendapatkan tempat yang lebih mewah.

Bagi yang ingin bepergian dalam kelompok besar, ada opsi untuk menyewa resort atau vila. Harga sewanya juga tak terlalu mahal per malam. Hal ini tentunya akan lebih ekonomis daripada menyewa penginapan per kamar.

Namun, bagi kamu yang tidak ingin repot, kini banyak tersedia paket wisata Pulau Derawan yang dapat dipilih. Harganya bervariasi, tetapi biasanya memerlukan minimal 2 orang untuk mengikuti paket tersebut. Dalam hal ini pastikan untuk memilih agen wisata yang terpercaya agar tidak tertipu.

Perkiraan Biaya Liburan ke Pulau Derawan

Untuk mendapatkan tiket pesawat termurah dari Jakarta ke Bandara Kalimarau Berau dan sebaliknya, harganya berkisar antara Rp 2.600.000 hingga Rp 3.000.000 per orang. Sementara itu, tiket termahal bisa mencapai Rp 4.100.000 per orang.

Setelah tiba di Berau, para wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan mobil. Ongkos mobil dari Bandara Kalimarau ke tujuan penjemputan ditetapkan sebesar Rp 700.000 per sekali antar. Perjalanan dengan mobil dapat memakan waktu hingga dua jam, melintasi jalan terjal dan berkelok-kelok yang dikelilingi oleh perkebunan kelapa sawit dan aktivitas pertambangan batubara.

Sebenarnya, para wisatawan dapat mengambil jalur Jakarta-Tarakan untuk menuju Derawan dengan biaya tiket pesawat yang lebih terjangkau, yaitu sekitar Rp 1.700.000 hingga Rp 2.600.000. Waktu tempuh dari Tarakan ke Derawan sekitar tiga jam menggunakan speedboat besar dengan biaya sekitar Rp 1.500.000 hingga Rp 2.500.000 untuk kapasitas 15-20 orang.

Jika ingin mengunjungi pulau Maratua dan Kakaban, biaya akan meningkat. Selanjutnya ada biaya speedboat yang harus kamu siapkan juga demi bisa mencapai pulau-pulau tersebut. Untuk pulau dengan jarak tempuh satu jam dari Derawan, biayanya sekitar Rp 1.200.000 sampai dengan Rp 1.400.000 dengan kapasitas 15 orang.

Untuk penginapan di resort Pulau Derawan yang terletak di atas laut dengan jembatan papan yang indah, tarifnya adalah Rp 1.700.000 per hari per malam untuk kamar VIP, dan Rp 700.000 untuk kamar standar tanpa televisi dan kulkas. Namun, terdapat juga homestay atau motel yang terletak di belakang resort utama Derawan.

Homestay-homestay ini merupakan rumah-rumah penduduk yang telah diubah menjadi tempat penginapan. Tarifnya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 150.000 hingga Rp 200.000 per hari per malam. Homestay ini sangat cocok bagi para backpacker.

Agar lebih mudah untuk di pahami di bawah ini adalah perkiraan biaya atau rincian biaya perjalanan liburan ke pulau Derawan per orangnya:

  • Tiket pesawat Jakarta-Balikpapan-Berau PP sekitar Rp 2.600.000 untuk harga termurah dan Rp 4.100.000 untuk harga termahal.
  • Tiket pesawat Jakarta-Tarakan PP berkisar antara Rp 1.700.000 hingga Rp 2.600.000.
  • Biaya sewa mobil dari Bandara Kalimarau Berau menuju Pelabuhan Tanjung Batu yang harus kamu bayar berkisar Rp 700.000 untuk sekali antar.
  • Tarif atau ongkos untuk menyewa speedboat besar dari Tarakan ke Derawan sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000.
  • Tarif speedboat berangkat dari Pelabuhan Tanjung Batu menuju Pulau Derawan yang harus kamu siapkan sekitar Rp 1.200.000 sampai Rp 1.400.000,00
  • Biaya untuk menginap per hari atau per malamnya sekitar Rp 1.700.000 untuk kelas VIP. Adapun jika kamu memilih kelas standart biayanya sekitar Rp 700.000,00
  • Bila ingin lebih terjangkau kamu bisa memilih homestay di perkampungan rumah penduduk sekitar dengan biaya Rp 150.000 sampai dengan Rp 200.000,00 per malamnya

Biaya yang ada diatas pastinya akan bermanfaat bagi kamu dalam membuat anggaran liburan. Akan tetapi jika ingin lebih terjangkau lagi kamu bisa coba liburan ramai-ramai dengan sahabat atau orang terdekat. Selain itu kamu juga bisa mencari promo tiket pesawat yang murah sehingga bisa lebih hemat.

Tips Hemat Liburan ke Pulau Derawan

Untuk kamu yang tertarik mengunjungi Derawan dan ingin menghemat biaya agar bisa menikmati keindahannya, ada beberapa tips yang dapat kamu ikuti.

1. Pilih Transportasi yang Paling Terjangkau

Jika kamu ingin liburan hemat memilih transportasi yang tepat adalah salah satu hal yang sangat penting dan wajib diperhatikan. Apabila kamu berasal dari luar Kalimantan, seperti Surabaya, Bandung, atau Jakarta, sebaiknya pilih transportasi udara saja agar lebih hemat.

Jika dari Jakarta sebaiknya naik pesawat dengan tujuan Balikpapan. Sesampainya di Balikpapan baru kamu bisa melanjutkan penerbangan ke Berau.

Setelah tiba di Berau, perjalanan akan dilanjutkan dengan mobil travel umum menuju Tanjung Batu, dengan waktu tempuh sekitar 2,5 sampai 3 jam. Dari Tanjung Batu, naiklah speedboat untuk menyeberang ke Kepulauan Derawan.

Jika tiket pesawat dari Balikpapan ke Tarakan lebih murah, kamu bisa memilih opsi tersebut. Dari Tarakan, naiklah speedboat dengan waktu perjalanan sekitar 3 jam menuju Pulau Derawan. Jika ingin menghemat biaya sewa speedboat, kamu dapat bergabung dengan open trip yang biasanya sudah termasuk penginapan dan makan selama 3 hari 2 malam dengan harga sekitar Rp 1,7 juta per orang.

2. Manfaatkan Low Season

Pilihlah waktu kunjunganmu saat low season atau di luar masa liburan ramai. Selain dapat menghemat biaya, kamu juga bisa menikmati wisata dengan lebih leluasa. Hindari waktu liburan akhir pekan, dan jika memungkinkan, ambillah cuti di hari kerja agar merasakan suasana seperti memiliki pulau pribadi.

3. Tentukan Destinasi yang Dikunjungi

Karena ingin lebih menghemat biaya, tentukan destinasi mana yang ingin kamu kunjungi dengan selektif. Terutama dalam hal wisata air, pilihlah yang paling menarik hatimu. Tentukan sejak awal, jangan sampai keputusan diambil setelah kamu tiba di sana. Hal ini akan membantu dalam menyusun itinerary.

4. Siapkan Perlengkapan Sendiri

Sesuaikan perbekalanmu dengan tujuan liburanmu di Derawan. Misalnya, jika tujuanmu adalah diving atau snorkeling, bawalah perlengkapan sendiri agar tidak perlu menyewa di sana yang akan menambah biaya.

Selain itu, bawalah perlengkapan pribadi seperti alat mandi, makanan, dan obat-obatan. Jika ada keluhan kesehatan khusus dan obatnya sulit ditemukan di lokasi, penting untuk membawanya dari rumah agar tetap aman. Agar kulit terlindungi jangan lupa juga membawa dan menggunakan tabir surya.

5. Bawalah Uang Tunai yang Cukup

Siapkanlah sejumlah uang tunai yang cukup saat kamu berlibur ke kepulauan, karena kemungkinan sulit menemukan mesin ATM di sana. Pastikan uang tunai yang kamu bawa sesuai dengan estimasi yang telah kamu susun dalam itinerary.

Hindari membawa terlalu banyak uang tunai untuk menghindari pemborosan dan juga menjaga keamanan diri. Tetaplah waspada dan prioritaskan keselamatan selama perjalananmu.

Dengan mengikuti tips hemat ke Derawan di atas, kamu dapat menikmati liburanmu dengan lebih terjangkau. Selamat menikmati pesona keindahan Derawan!

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments