big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

5 Gua di Bali Bisa Jadi Alternatif Liburan Menantang Sekaligus Menyenangkan

Gua di Bali

Liburan ke Bali tidak hanya sekedar berburu eksotisme sunrise dan sunsetnya di pantai cantiknya saja. Di sana juga wisatawan dapat menemukan destinasi wisata berupa gua yang yang tidak kalah asyik.

Meskipun jarang sekali wisatawan datang untuk mengunjungi Gua di Bali, namun aktivitas ini wajib dicoba khususnya bagi yang tertarik dengan hal yang berbeda.

Dengan liburan ke gua yang ada di Bali ini, wisatawan tentunya akan mendapatkan pengalaman berharga dan tidak terlupakan. Bahkan ada beberapa gua yang punya nilai sejarahnya tersendiri.

Pilihan Gua di Bali

Bagi yang ingin mengeksplorasi destinasi wisata Gua di Bali, bisa mampir ke tempat berikut ini. Tempat wisata Bali ini dijamin seru dan menyenangkan, cocok dikunjungi bersama teman.

1. Gua Lawah

2021 10 27 1 1
Foto via Googlemaps/ReeTha

Gua Lawah menjadi rekomendasi wisata gua di Bali pertama yang bisa dikunjungi. Gua ini punya keunikan yang tidak dimiliki oleh gua lainnya yang ada di Bali. Keunikan tersebut berupa banyaknya kelelawar yang ada dalam gua.

Ada ribuan kelelawar yang berhasil membuat banyak orang penasaran. Itulah mengapa gua tersebut disebut sebagai Gua Lawah. Gua ini juga dinilai asri dan syahdu, terutama adanya pohon besar di atas sebuah gua.

Saat masuk ke gua, wisatawan akan menemukan beberapa ornamen khas Bali yang biasa digunakan untuk pemujaan. Keberadaan ornamen inilah yang membuat gua ini terkesan mistis yang magis.

Jam Operasional: 24 jam.
Alamat: Jalan Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali 80761.

2. Gua Gajah

2021 06 14 1
Foto via Googlemaps/Annisa Jemb

Gua Gajah ini merupakan destinasi wisata alam, sejarah, dan sekaligus budaya yang bisa dikunjungi ketika sedang berlibur di Bali. Gua di Bali ini kental akan nilai edukasi sejarah dan budayanya.

Hal itu bisa dilihat dari banyaknya artefak peninggalan Hindu dan Buddha di dalamnya. Masuk ke gua tersebut seolah sedang menjelajahi waktu.

Namun tidak sembarang orang bisa masuk ke gua ini karena dinilai suci. Wisatawan perlu izin lebih dulu pada pihak pengelola dan wajib mengenakan pakaian sopan dan kain putih yang disediakan di sana.

Jam Operasional: 08:00 WIB – 18:00 WIB.
Alamat: Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

3. Gua Jepang – Klungkung

2022 02 09 1
Foto via googlemaps/Mangde Wira

Gua Jepang tidak hanya bisa ditemukan di Kota Batu dan Bandung saja. Bali juga memiliki destinasi Gua Jepang yang ada di kawasan Klungkung.

Sesuai dengan namanya, gua di Bali ini merupakan salah satu peninggalan zaman penjajah Jepang di Bali. Dulunya, gua ini digunakan sebagai bunker yang dikhususkan untuk tentara Jepang berlindung dari musuh. Tidak heran, gua ini punya 16 mulut gua yang sempat dihuni oleh puluhan tentara.

Karena merupakan salah satu peninggalan sejarah, Gua Jepang ini terbilang cukup terawat. Sebelum masuk ke dalam gua, wisatawan sebaiknya mengabadikan momen di depan gua yang berumur ratusan tahun ini.

Jam Operasional: 24 jam.
Alamat: Jalan Raya, Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali 80752.

4. Gua Giri Putri

Gua Giri Putri ini cocok dikunjungi bagi para pencinta alam. Gua di Bali ini berada di atas ketinggian 150 mdpl dengan panjang sekitar 310 meter. Gua ini akan memberikan pengalaman menantang.

Selain digunakan untuk keperluan wisata, biasanya masyarakat lokal mengunjungi gua ini untuk beribadah. Banyak pengunjung yang penasaran mengenai ritual keagamaan yang dilakukan di sana serta memiliki suasana yang sakral. Namun di samping itu, gua ini punya pemandangan yang menawan.

Jam Operasional: 24 jam.
Alamat: Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771.

5. Gua Garba

Rekomendasi gua di Bali terakhir yaitu Gua Garba. Diperkirakan gua ini telah berdiri sejak abad ke 12 masehi.

Tidak hanya memiliki umur yang tua saja, keunikan lainnya terletak pada bentuk guanya yang mirip seperti ceruk. Dulunya, gua ini dijadikan sebagai tempat bertapa. Tampilan luar gua ini bisa dikatakan unik karena terkesan klasik serta adanya peninggalan kuno berupa tapak kaki milik petapa sakti.

Jam Operasional: 24 jam.
Alamat: Pejeng Kelod, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali 80552.

Itulah informasi mengenai destinasi wisata berupa gua di Bali yang bisa ditemukan. Bagi yang suka kegiatan anti-mainstream bisa mampir ke salah satu gua tersebut.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments