Candi Rambut Monte, Telaga Air Penuh Sejuta Misteri

Candi Rambut Monte Blitar

Selain terkenal akan wisata sejarah, ternyata Kabupaten Blitar juga mempunyai wisata alam yang mempesona bernama Candi Rambut Monte. Sebuah tempat wisata berupa telaga air yang dipenuhi keindahan alam dan berbagai cerita mistis.

Satu hal menarik dari wisata satu ini ialah airnya berwarna biru dengan kumpulan ikan purba hidup di dalamnya. Jadi minat untuk mampir di wisata Blitar satu ini?

Alamat : Tirtomoyo, Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66187.
Lokasi : Google Maps.
Harga Tiket : Rp 5.000.
Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB.

Daya Tarik Candi Rambut Monte

2020 06 27
Sumber : Googlemaps/Yefa Tan

Candi Rambut Monte mungkin masih terdengar asing di sebagian telinga masyarakat Indonesia. Bagi yang belum tahu wisata ini terletak di Kabupaten Blitar dan menjadi salah satu destinasi populer beberapa tahun belakangan. Tak hanya berfungsi untuk tempat wisata saja. Pemerintah setempat juga menjadikannya sebagai kawasan cagar budaya.

Alasan yang melatarbelakangi Rambu Monte sebagai cagar budaya ialah karena terdapat candi bersejarah di wisata tersebut. Di mana candi itu sering digunakan sebagai tempat peribadatan oleh pemeluk agama Hindu pada zaman dulu. Entah itu untuk ibadah sehari-hari atau perayaan acara keagamaan tertentu.

Masyarakat sekitar biasa menyebut candi tersebut dengan sebutan Candi Rambut Monte. Penampakannya akan langsung terlihat begitu kamu masuk ke area wisatanya. Ukurannya memang cukup kecil, tetapi masih termasuk ke dalam salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang sangat berharga.

Tidak hanya ada candi saja, masih banyak daya tarik lainnya yang dimiliki oleh wisata Candi Rambut Monte. Diantara-Nya ada telaga, ikan purba, sumber dandang, dan kolam renang. Kalau mau tahu lebih banyak silakan kamu simak ulasan pada sub bab berikut.

Kolam Renang

Wisata Candi Rambut Monte juga mempunyai wahana kolam renang yang bisa kamu coba. Pihak pengelola sengaja menyediakan kolam tersebut agar pengunjung dapat merasakan bagaimana kesegaran air yang berwarna biru layaknya air laut itu. Airnya sendiri berasal dari sumber mata air bendungan Sumber Dandang.

Sumber Dandang adalah bendungan kecil yang lokasinya tidak jauh dari telaga Rambut Monte. Air dari bendungan ini akan terasa hangat saat masuk waktu pagi. Lalu akan berubah bersuhu dingin begitu memasuki siang hari.

Dikarenakan kawasan wisata ini terkenal dengan aura mistisnya. Saat berenang selalu patuhi setiap peraturan yang ada. Tujuannya tidak lain agar kamu terhindar dari hal-hal tidak dinginkan. Jadi jangan melakukan aktivitas tertentu yang bisa membahayakan keamanan dan keselamatan diri kamu.

Sumber Dandang

Saat mengunjungi Candi Rambut Monte jangan lupa sempatkan waktu sebentar untuk melihat keindahan sumber dandang. Sebuah bendungan kecil dengan warna airnya tidak jauh berbeda dengan sisi telaga Rambut Monte. Dimana warna biru tosca menghiasi setiap aliran sungainya.

Dulu lokasi ini sering dimanfaatkan warga sekitar untuk mandi atau sekedar membasuh diri. Hal ini dikarenakan airnya masih tergolong jernih dan alami. Namun semenjak ada tragedi seorang wisatawan tenggelam di area ini, pemerintah setempat langsung melarang siapapun berenang atau mandi di kawasan Sumber Dandang.

Sebagai alternatifnya Anda cukup bersantai di tepi bendungan sembari melihat pemandangan alamnya yang memukau. Duduk dan rasakan hawa sejuk serta embusan angin sepoi-sepoi membelai wajahmu. Resapi suara gemericik air yang mengalir di setiap aliran bendungan tersebut.

Nuansa semacam itu tentunya akan membuat jiwa terasa tenang. Pikiran yang tadinya carut marut seketika langsung enteng seperti tidak ada beban sama sekali. Tempat ini memang cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan seorang diri.

Ikan Sengkaring

IMG 20190714 114602
Sumber : Googlemaps/Jay Nall

Kejernihan Telaga Rambut Monte menyimpan pesona yang tiada habisnya. Perlu kamu ketahui, di dalam telaga ada puluhan ekor ikan purba bernama Ikan Sengkaring. Tubuhnya memiliki panjang sekitar 30 cm dengan warna abu kecokelatan dan bagian sisik terlihat lebih tegas.

Lalu ukuran kepala dari ikan ini terlihat jauh lebih besar daripada tubuhnya. Kalau kamu perhatikan sekilas, fisiknya seperti gabungan antara ikan hiu dan ikan lele. Bagi masyarakat Pulau Jawa ikan ini termasuk hewan yang dikeramatkan.

Tidak ada satupun orang yang berani menangkap, memancing, atau memasaknya. Lantaran Ikan Sengkaring tergolong langka dan hanya bisa ditemukan di dua tempat saja. Yaitu Telaga Rambut Monte di Blitar dan Pemandian Banyu Biru di Pasuruan.

Telaga Rambut Monte

IMG 20221227 151451
Sumber : Googlemaps/Fa “Fa”

Sisi telaga adalah bagian paling menarik yang ada di wisata Candi Rambut Monte. Banyak orang dari luar Blitar rela datang jauh-jauh hanya untuk menyaksikan keindahan Telaga Rambut Monte secara langsung. Kejernihan air berwarna biru serta rimbunnya pepohonan adalah pemandangan alam yang sangat ingin dilihat oleh wisatawan.

Untuk mencapai telaga kamu perlu menuruni tangga yang sedikit landai. Lokasinya berada persis di bawah Candi Rambut Monte. Setelah berhasil turun dari tangga kamu akan menemukan sebuah kolam ikan tak terurus.

Tepat di kolam ikan itu ada sebuah pondok kecil yang bisa kamu gunakan sebagai tempat bersantai. Dari situ pula kamu dapat melihat pemandangan Telaga Rambut Monte secara lebih jelas. Air jernih berwarna biru serta Ikan Sengkaring yang berenang di dasar kolam.

Suasana sekitar telaga sangat tenang dan tidak ada keriuhan sama sekali. Kamu bisa bersantai sepuasnya tanpa ada gangguan apapun. Rasanya seperti tengah berada di telaga milik pribadi. Hal ini dikarenakan jumlah wisatawan yang datang ke kawasan ini terbilang masih sedikit.

Fasilitas Candi Rambut Monte

Kamu tidak perlu khawatir soal fasilitas umum di wisata ini. Karena pihak pengelola telah menyediakan berbagai macam fasilitas yang lengkap dan memadai. Salah satunya tempat parkir luas untuk menampung kendaraan roda dua dan empat.

Sayangnya jika membawa kendaraan pribadi kamu harus membayar retribusi parkir. Untuk kendaraan roda dua seperti sepeda motor dikenakan tarif Rp 5.000. Sementara mobil tarif parkirnya sebesar Rp 10.000. Sebelum berangkat pastikan kamu sudah menyiapkan sejumlah uang tunai dalam dompetmu.

Lalu untuk fasilitas toiletnya juga tak perlu kamu khawatirkan. Pasalnya di wisata ini sudah tersedia dua toilet terpisah. Satu khusus perempuan dan lainnya untuk laki-laki.

Di sana juga ada warung lesehan yang menyuguhkan berbagai macam menu minuman dan makanan enak-enak. Dengan begini kamu tak perlu bersusah payah membawa bekal dari rumah. Apalagi harga makanan yang dijual sangat terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.

Tips Liburan Ke Candi Rambut Monte

Sebaiknya kamu selalu patuhi aturan yang berlaku di Candi Rambut Monte. Sebab di sana banyak aura mistis menyelimutinya dan kawasan tersebut juga termasuk wisata sejarah yang dilindungi. Hormati dan hargai setiap kepercayaan yang dianut oleh warga sekitar.

Paling penting kamu harus memakai pakaian yang sopan. Sebisa mungkin kenakan pakaian tertutup dan tidak memperlihatkan bagian tubuh yang tak sepantasnya terlihat.

Selama liburan pastikan kamu selalu menjaga kebersihan tempat wisata. Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan. Dan jangan mencoret-coret bangunan candi atau merusak fasilitas umum.

Semoga informasi tadi bisa membantu kamu mengenal lebih dekat mengenai wisata Candi Rambut Monte. Jika tertarik mengunjunginya lebih baik kamu datang pas hari kerja. Suasananya masih tergolong sepi sehingga kamu bisa bersantai dengan nyaman. Sementara kalau akhir pekan pasti sangat ramai oleh kunjungan wisatawan dari luar Blitar.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments